Pages

Thursday, July 11, 2019

Ke Bogor Lagi (Kuntum Farmfield dan Bogor Kota)

Kalau di Bekasi emang pikniknya yang deket ya ke Bogor, tapi kalau biasanya bosen ke Puncak, apalagi males macetnya, ya ke Bogor Kota. Ga kalah serunya kok.

Ke Bogor kali ini Hafizha udah hampir 2 tahun, udah lumayan enak diajak jalan, tapi karena lagi seneng-senengnya lari dan jalan ya gempor juga hehe. Alhamdulillah si mbak mau diajak jadi bisa gantian ngejar dan gendong Hafizha hahaha...salah ayah sih ga bawa stroller, karena mikirnya Hafizha akan ga betah di stroller, hhmm..iya juga sih, secara anak itu ke mall aja bawaanya mau lompat mulu dari stroller hehehe.

Ke Bogor di ujung penghabisan liburannya Mas Hafizh, pengennya sih agak jauhan gitu ke Malang, tapi nunggu adek Hafizha agak gedean deh. Gini nih kurang enaknya kalo anak usianya terpaut jauh jadi banyak pertimbangan haha kesian ya si kakak...gapapa lah semua harus disyukuri.

Tujuan ke Bogor kemarin ga banyak, cuma pengen staycation di hotel aja sama ke Kuntum Farmfield. Kuntum Farmfield wisata edukasi letaknya di daerah Tajur, ga jauh dari pusat kota Bogor dan tempat kita menginap. Begitu masuk ke Bogor langsung ke Toko ADA di jalan Pakuan searah mau ke Kuntum Farmfield.




Seneng banget deh di toko ini, di Bekasi ga ada soalnya. Di Semarang dulu langganan belanja apa aja ya di ADA, belanja bulanan sama beli baju, alat tulis, pernik-pernik semuanya ada dan murah daripada di mall lain. Makanya begitu tahu ada toserba ADA di Bogor seneng banget dong hehe...

Di ADA beli tas sekolah buat Hafizh sama mainan buat adek Hafizha, habis itu langsung cus ke Kuntum. Jaraknya sih ga terlalu jauh, cuma Bogor kota kan macet ya hehehe.

Tiket masuk Kuntum Farmfield Rp 60.000,00 per orang, Hafizha ga diitung hehe. Harga tiket udah termasuk aneka makanan ternak, seperti rumput, wortel, makanan ikan, makanan unggas. Kalau mau nambah bisa beli lagi di dalam dari mulai Rp 5000 per makanan hewan. Anak-anak seneng banget dan excited ngasih makan kambing, kelinci, ikan dll. Apalagi adek Hafizha jerit-jerit kesenengan dan maunya jalan mulu, eh lari deng hehe.


Kuntum Farmfield tempatnya cukup luas dan sejuk meski letaknya di Bogor kota. Ada aneka area hewan dari mulai kambing, kerbau, bebek, angsa, marmut, kelinci, sapi, ikan dan kolam keceh buat anak. Kalau mau bisa juga naik kuda keliling area. Oiya, bisa bawa stroller tapi jalannya banyak undakan dan naik turun meski banyak juga kawasan yang bisa dilalui stroller.


Di sana juga bisa petik buah jambu dan sayur, nanti ditimbang pas mau pulang. Di dalam juga lengkap ada musholla dan cafetaria, tapi untuk makan besar bisa di luar Kuntum tapi masih ada di kawasan yang sama. Waktu itu kita makan di cafe apa ya lupa namanya, menunya enak-enak dan harga standar lah ga terlalu mahal.



Overall tempat wisata ini cukup menarik dan menyenangkan buat anak-anak sekaligus bisa jadi sarana liburan edukatif buat mereka.










Kelar dari Kuntum dan makan langsung cuss ke hotel. Kita pilih hotel di kawasan Pangrango, biar deket sama banyak resto enak hehe, tepatnya di The Mirah Bogor. Lagi-lagi kena macet padahal tempatnya ga jauh lho cuma harus muter karena jalan Pajajaran satu arah.

Kita pesen 2 kamar karena bawa mbak, pengennya sih ada connecting door tapi termyata habis, tapi alhamdulillah sebelahan kamarnya hehe yaiyalah. Hotelnya sih ga terlalu besar cuma aku suka. Interiornya keren dan kamarnya juga luas dengan harga 600ribuan. Kamar mandi juga luas, dan yang bikin seneng lagi lantainya berkarpet, penting banget karena Hafizha itu suka lari-larian, rawan kepleset dan nggeblak hehe.









Malamnya kita ngedate berdua jalan kaki di sebelah hotel, ke Kedai Kita, kangen sama Pizza Kayu Bakarnya. Anak-anak di kamar sama si mbak karena Hafizha udah bobok juga. Kedai Kita di malam minggu rame banget, sempet waiting list. Sebenernya pengen nyoba kafe-kafe di sekitar hotel tapi Hafizh pengen pizza ya u dah ke Kedai kita aja hehe.

Breakfastnya di hotel enak dan variatif, ples ada kolam renangnya. Hafizha seneng banget berenang padahal airnya dingin, emang bandel nih anak hehe. Siang kita check out dan makan siang searah pulang. Pulangnya mampir beli oleh-oleh Lasagna Gulung dulu di Makaroni Panggang (1 grup) di Jl. Salak.

 

Trus buat makan siang tadinya pengen nyoba resto yang ngehits Kluwih Sunda, tapi antriannya buset banyak dan lama waiting listnya, akhirnya pindah ke resto deket-deket situ, di De Leuit. Emang masih musim liburan sih ya, apalagi wiken jadi tempat makan pada penuh hehe...






Wednesday, March 13, 2019

Hafizha 19 Bulan

Assalamualaikum...

Hafizha alhamdulillah udah 19 bulan, imunisasinya udah lengkap semua (yang wajib) tinggal booster-booster aja. Kalau imunisasi yang dianjurkan belum lengkap. Ga tau kenapa nih anak kedua kok lebih santai hehe..bukannya nanti ngga imunisasi lho ya, tetep nantinya ambil imunisasi yang dianjurkan itu kok.

Di 19 bulan ini anak wedok alhamdulillah udah banyak kosa katanya meski masih belum terlalu jelas, biasanya sih diambil suku kata belakangnya aja. Coba ya ibuk list kosakata Hafizha akhir-akhir ini:

ayah
ibuk
apis (hafizh)
piti (Mbak fitri, yang momong di rumah)
aik (naik)
ayiii (lariii)----biasanya kalau dikejar masnya hehe
bukak
maem
mimik
nyenyen (nenen)
ais (nangis)
baca baca
dadah
antik
adi (mandi)
apalagi ya...lupa hehe

trus beberapa nama hewan seperti :
(jadi biasa ditunjukkan gambar kita nyebut suku kata depannya dan dia nerusin belakangnya)
ga-jah
ku-da
kelin-ci
sa-pi
mo-nyek
bu-rung
i-kan

tapi kadang jadi rancu..misal ditanya: ini ayah bowo, ini ibuk sa....(dia jawabnya pi) wkwkwkkwk gapapa deh ibuknya disamain sapi hehe....

Hafizha ini anaknya suka gemes sama kakaknya, kakaknya enak-enakan tiduran dia nyamperin, nyubit lah apa lah sambil mukanya kaya gemes2 gt hehe...udah mulai bisa berantem. Ternyata kakaknya kadang suka baper juga hihihi, pernah sampe nangis malah hehee...

Lagi senang-senangnya lari juga, kalau lari kaya ga ada remnya. Misalnya lagi jalan-jalan di mall maunya jalan ga mau di stroller/gendong. Mayan ngos-ngosan sih ngejar dia, apalagi bapaknya haha..biar langsing 

Alhamdulillah semoga kalian berdua sehat terus ya nak, jadi anak soleh dan solehah...aamiin....
Wasasalamualaikum...


Wednesday, January 30, 2019

Don't judge a situation by a single picture



Di jaman medsos ini memang mudah menyebarkan sebuah foto dengan asumsi sendiri dan menjadi viral, Tapi pernahkah orang yang memfoto itu betul-betul tahu latar belakang atas kejadian yang ada di foto? Bisa mempertanggung jawabkannya, kalau iya sih gapapa. Tapi kalau yang terjadi adalah sebaliknya, foto yang dia ambil, dia beri caption sesuai apa yang ada di pikirannya (yang mana belum tentu benar), dan terlanjur dishare ribuan orang, sehingga orang terbawa berpikir seperti si pengunggah pertama (dalam hal ini negatif), apa ga takut jatuhnya fitnah.


C'mon gaisss be wise, ga selalu apa yang nampak itu mencerminkan yang sebenarnya terjadi. Plis jangan nyinyir dengan berdalih...yaah kalau wartawan apa dong, menyebarkan perilaku kejahatan ga boleh dong, yaelah itu mah beda. Maksud saya fenomena akhir-akhir ini yang terjadi, cekrek, upload, viral, share ribuan kali. Efeknya berbahaya lho.


Contoh nih ya:
1. Ibu2 hamil berdiri di kereta, sementara bapak-bapak asik duduk dan ngobrol, langsung yang komen julidin si bapak-bapak, padahal mana tahu si ibu ini capek duduk, atau dia mau posisi turun jadi mau siap-siap. Pastikan misal pengen menshare demi kebaikan dan pesan moral, ya harus tahu, bukan cuma dapet fotonya langsung upload dengan caption yang gitu deh...


2. Ada video bapak-bapak lagi di tengah jalan, melihat ibu-ibu jatuh diem aja ga nolongin, tapi orang-orang sekitarnya alhamdulillah sigap, orang pada membully si bapak sampai akhirnya muncul klarifikasi orang yang tahu banget si bapak, bahwa bapak itu memang agak (maaf) keterbelakangan mental, nah kasian kan.


3. Anak Jokowi, pas wawancara duduknya sok banget, hanya dengan satu foto langsung menjudge macem-macem, yang sombong lah, ga punya tata krama lah, padahal bisa jadi itu foto pas jeda iklan, dia pegel ya apa salahnya


4. Cawapres, berdiri di tengah-tengah warga, dibandingin sama capres satunya yang jongkok ngobrol sama warga, langsung deh cawapres dibully ga sopan, sok, sombong, padahal mana tahu situasnya beda, yang satu mau nanya ke warga, yang satu emang lagi pidato dan biar orang yang duduknya agak jauh bisa kedengeran, mana tahu dia udah minta ijin/minta maaf sama warga dulu sebelum pidato.


5. Pembantu yang ngga dibelikan makan sama majikannya di resto, difoto, trus rame-rame membully si majikan. Nah ini takut kejadian di saya hehe, soalnya biasanya kalo kita makan di luar dan ngajak si mbak, misal menu yang dipesen si mbak datang duluan, kan otomatis saya suruh dia makan dulu, saya gendong si bayi, selesai makan, gantian saya makan dia gendong bayi...dikira ga dibeliin makan karena pas orang liat pas si mbak ga makan dan saya makan, waduuhhh viraalll hehe langsung deh saya dibully..mudah2an nggak ya


Yah itulah contoh bahwa kita sebaiknya ga segampang itu mengaplod gambar dengan caption sesuka hati, yang kita sendiri ngga tau kebenarannya seperti apa.


Wednesday, January 2, 2019

Libur Akhir Tahun 2018

Akhir tahun 2018, seperti yang sudah-sudah pasti liburan ke Semarang. Ngepasi pas libur sekolah, bisa cuti panjang, dan ada pertemuan keluarga rutin tiap akhir tahun, ya dari keluarga saya juga dari keluarga suami.

Sudah di-arrange ibuk ambil cuti selama 5 hari dari tanggal 21 sampe 31, masuk tanggal 2 Januari 2019, wih mantap ya hehehe alhamdulillah. Kalau suami mah cuti kapan aja bisa...Hafizh juga masih libur dan si embak bisa sekalian pulang kampung dia, rumahnya juga Semarang.

Kita berangkat Jumat dini hari jam 1-an gitu deh biar ga terlalu macet dan ga panas juga soalnya naik mobil dan bawa bayi. Berhenti sebentar buat sholat subuh di rest area jam 4, lanjut jalan lagi jam 6, sampe Semarang cepet banget jam 9 udah sampe, alhamdulillah...jalan tol terus sampe Semarang. Mulus. Terimakasih Pak Jokowi :)

Sampe Semarang banyak agenda menanti, diantaranya acara selapanan dan akikah adek ipar, piknik bersama ke Magelang, silaturahmi ke yang ngerayain natal, dll, dan hampir tiap hari kita keluar rumah hehehe...mumpung di Semarang, dipuas-puasin deh. Sebenernya takut juga anak bayi kecapekan, tapi bismillah...soalnya si bayi ini ga bisa ditinggal, nangis kalau sama orang lain, jadi maunya ya sama yang dikenal aja hehe...

Di sana sempat ke khitan center karena luka Hafizh khitan belum kering, di Semarang khitan centernya bagus, nyaman, dokter dan petugasnya ramah. Tau begini sunatnya di Semarang aja hehe...dan selama dibersihin lukanya itu Hafizh jejeritan, duuh ga tega dengernya, kalau di dokter Semarang lukanya diperban dan dikasi betadine, kalau di Bekasi kan enggak, dibiarin gitu aja, katanya tar kering sendiri. Tapi ternyata ga kering-kering dan malah kaya infeksi gitu karena suka kena air pipis. Alhamdulillah sejak diperban dan rutin dibetadine mulai mengering, tapi masih belum bisa sekolah anaknya.

Pas di Semarang ga banyak wiskul yang heboh gitu semua dicobain, soalnya ada bayi, pasti ribed deh hehe kebanyakan sih dibungkus jadi dimakan di rumah, kemarin sempet mbungkus nasgor babat, bakmi jowo, sate martawi, apalagi ya...lupa hehe. Sementara kalau kita pengen makan di luar kita pilih tempat yang nyaman, ber AC gitu hehe biar anak bayi leluasa jalan kesana sini..kemarin sih ke resto dan coffeeshop baru diSemarang yang sekarang semakin banyak.

Begitulah, cerita liburan akhir tahun kami, biar foto yang berbicara deh ya hehe...yang jelas, begitu balik ke sini melow lagi deh hehehe...semoga segera bisa pindah Semarang, aamiin...


Gambar mungkin berisi: makananGambar mungkin berisi: 3 orang, termasuk Sari Kusumaningrum, orang tersenyum, luar ruanganGambar mungkin berisi: 1 orang, makan dan duduk



Gambar mungkin berisi: 4 orang, termasuk Sari Kusumaningrum, orang tersenyum, bayi dan luar ruanganGambar mungkin berisi: 1 orang, luar ruangan


Gambar mungkin berisi: 2 orang, termasuk Sari Kusumaningrum, orang duduk, tabel dan dalam ruanganGambar mungkin berisi: 5 orang, termasuk Sari Kusumaningrum, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

Thursday, December 13, 2018

Hafizh Khitan

Alhamdulillah, Rabu kemarin, 12/12/2018 Mas Hafizh dikhitan. Sudah sejak beberapa bulan lalu kami sudah sounding ke Hafizh soal khitan. Sebenarnya libur lebaran 2018 kami berencana nyunatin Hafizh di Semarang. Namun karena satu dan lain hal jadinya belum terlaksana, waktu itu selain acara padat dan si adek Hafizha masuk RS karena muntah-muntah.

Soal kesiapan sebenernya Hafizh siap-ga siap untuk dikhitan. Dia sebenernya masih takut tapi dia pengen disunat karena rata-rata teman sekolahnya udah pada sunat hehe. Nah ini bedanya dengan di Semarang, kalau di sini rata-rata anak dikhitan ketika usia masih dini, umur TK dan awal SD gitu lah, sedangkan di Semarang dan orang Jawa pada umumnya khitan dilaksanakan pada saat anak masuk usia 11 tahun ke atas atau rata-rata kelas 5/6 SD bahkan ada yang udah SMP baru sunat hehehe.

Sebenarnya, berdasarkan baca dan konsultasi ga ada ketentuan sunat/khitan harus umur berapa, cuma ya ga bagus kalau udah terlalu gede. Ya udah menurut kami juga udah saatnya Hafizh sunat, bentar lagi dia memasuki masa ABG. Setelah nanya-nanya sana sini akhirnya memutuskan sunat di salah satu klinik masih di satu kawasan perumahan. Klinik ini dulu juga yang mengadakan khitanan masal di masjid deket rumah, dan kebanyakan anak-anak warga cluster sini memakai jasa klinik ini, yoweslah ikut aja hehe.

Akhirnya Rabu Hafizh kita antar ke klinik, setelah sebelumnya (siang) kita berdua (aku sama suami) hunting hadiah dulu buat Hafizh. Tadinya bingung enaknya dikasih hadiah apa ya, biar termotivasi buat sunat gitu hehehe....tablet...tapi dia tar demen gadget dan ga bagus juga buat mata lihat gambar di layar kecil gt, apa PC? buat tugas sekolah maksudnya, e tapi udah ada laptop, dan rencana pengen beli laptop 1 lagi, klau ada PC tar malah mubazir dobel-dobel. Hafizh sempat nyeletuk pengen PS (Play Station) tapi ibuk spontan bilang NO. Karena ibuk takut Hafizh kecanduan game, tapi dipikir2 asal kita bisa ngatur, dan kendali di kita mudah2an sih ga masalah ya.

Ya udah akhirnya jam istirahat siang suami jemput di kantor dan hunting PS di Mangga Dua hehe. Oiya balik ke pergi ke klinik ya...sebelum ke klinik kita mampir ke Find Out Coffee buat makan, tentang kafe ini tar deh dibahas sendiri ya hehehe. Sampe di Klinik jam 9 karena Hafizh dapat giliran jam 10, fiuuuh malam banget, katanya emang klinik ini laris.

Sebelum sunat :)

Makan yang banyak yaaa....

Ya udah, di sana ga lama dipanggil, Hafizh udah  mewek, ibuknya ikut mewek hehe. Dia sempet nangis kejer waktu dibaringin di tempat tidur, ibuk dong ikutan galau. Akhirnya setelah dibujuk ayah dan dokter proses khitanpun berjalan lancar alhamdulillah....no more drama sesudah itu. Anaknya sih masih mewek hehe. Gapapa lah semua udah berlalu.


Cuma bisa moto pas ini, ga bisa moto karena ibuk galau, akhirnya berdoa deh hehe...

Alhamdulillah sekarang tinggal perawatan aja di rumah. Sunat sekarang canggih, anak udah bisa aktifitas biasa, ga ada perban2an...cepet kering mudah-mudahan. Oiya ternyata kata dokter Hafizh ada fimosis, pantesan kalau pipis dia lama keluarnya sedikit-sedikit. Alhamdulillah berarti keputusan khitan sekarang tepat, tadi pagi katanya pipisnya banyak dan kenceng udah ga sedikit-sedikit lagi.

Alhamdulillah, semoga Hafizh jadi anak soleh ya nang...semoga kami bisa mendidikmu dengan baik, mengantarkanmu ke gerbang remaja, dewasa dst, mampukan kami ya Allah...aamiin...


Before-after :D



Bayi kecil ini sekarang udah sunat, udah gede aja kamu naaakk....


Tuesday, December 11, 2018

Hafizha 16 Bulan

Alhamdulillah...16 bulan...

Udah bisa apa aja dek...

Jalan udah lancar, cenderung kaul (kalap) jalan mulu, di mol juga gitu, maunya jalan sendiri ga mau digandeng
Ngomong, belum sih, baru sebatas racauan yang belum terbentuk, tapi udah rameee gt meracaunya, paling bisanya nerusin kata seperti : iiii....bu....aaaa...yah... (blakangnya doang)

BB
BB cenderung minimalis meski makannya apa aja mau, sekarang sih 9,2 kg termasuk sedang lah..

Imunisasi
Ibuk agak pemalas nih mentang2 yang wajib 9 bulan udah lengkap belum imunisasi lagi, harusnya ada imunisasi yang sunah-sunah seperti Varicella, Influenza dll


Motorik Kasar dan Halus
Soal motorik kasar anak ini rada nekat untuk ukuran anak cewek hehe...aktif gitu. Kalau motorik halus sejauh ini diajak mainan masuk-masukin benda, mudeng dia, trus masuk2in ring donat meski belum urut, diminta masukin baju kotor ke keranjang, bentar lagi bisa disuruh beli mecin di warung hahaha...

Oiya soal alergi alhamdulillah udah jauuuhhh berkurang, paling merah di area tertentu kayak kaki, kadang lengan/muka dikit tapi dioles mustela udah bersih lagi. Susunya juga udah gak yang full terhidrolisa (yang mahal itu, baca: pregestimil) haha..sekarang mulai diturunin ke Chilkid PHP, harga separonya, masih lebih mahal sih daripada susu biasa hehe...ples sekarang minum probiotik, katanya probiotik ini aman untuk mencegah alergi (eksim atopik) dan menjaga daya tahan tubuh.

Mudah-mudahan sehat terus ya dek...


Maaf ya dek ibuk ga serajin waktu mas Hafizh dulu, mendokumentasikan lewat tulisan segala perkembanganmu di blog, tapi kalau di instagram mah ibuk rajin hehehe....




Sukanya begini nih, manjat prosotan trus dadah2...hehehe


Udah bisa main boneka-bonekaan...lucu emang mainan anak cewek ya hihi..
.




Hai Gadis Kriwilku...





Balada Nilai

Musim ulangan, menjelang musim liburan juga.
Jadi mau cerita sesuatu nih, minggu-minggu UAS sudah selesai, nilainya pun udah dibagi, minggu ini terima raport.

Beberapa nilai mata pelajaran yang dibagikan, 5 diantaranya nilai Hafizh 100, alhamdulillah masya allah, ibuk ga pernah menargetkan atau mengharap sedemikian rupa, Hafizh mau belajar, enjoy di sekolah baru aja ibuk udah seneng banget, ini tambah nilai bagus, walaupun kalau belajar cuma pas ulangan aja, serius...ga mengada-ada bukan merendahkan diri meninggikan mutu.

Jadi model belajar Hafizh itu ya jelang UTS dan UAS, ibuk ikut nemenin belajar, biasanya belajar habis sholat magrib. Ibuk nyuruh Hafizh belajar baca-baca materi dulu, kemudian ibuk ngasi tebakan/soal buat dijawab Hafizh, itu juga ga lama, kalau udah keliatan dia ogah2an ya ibuk berhenti. Selama kelas 1 dan 2 kemarin sih masih sempet donlod soal-soal dari internet gt, kan banyak tuh, tapi klas 3 ini ga sempet hehe yaudah bikin soal aja sendiri dari buku.

Ibuk selalu pesen sama Hafizh, kalau di sekolah kamu dengerin bener-bener kalau bu guru njelasin sesuatu, jadi akan selalu ingat, ga usah diulang lagi di rumah juga pasti inget, mungkin dia nurut hehe...kebetulan di sekolah Hafizh ga ada PR, jadi ya tiap hari kalau ga ada ulangan/tes ya dia nyantai, nonton TV, main lego, main sama adeknya, tapi tetap no gadget karena gadget berlaku sabtu minggu aja.

Dan menyambung soal nilai, ada salah seorang ortu yang wa ibuk, nanya-nanya nilai Hafizh, bandingin jumlah nilai 100, trus bilang nilai anaknya menurun karena tes di kala sakit (Oiya anaknya pemegang juara kelas selama ini, dan Hafizh pas rapor mid kemarin kebetulan peringkat 2, ga ada peringkat di rapor sih, cuma dikasi tau gurunya). Si ibu ini nanya terus, mula-mula ibuk jawab santai, tapi obrolannya seputar nilai melulu, anaknya dulu nilainya tinggi karena les mat dan inggris, dia nanya Hafizh les apa, ibuk jawab ga ikut les apa-apa. Kok bisa nilainya bagus-bagus, cara belajarnya gimana? dll...lama-lama jadi kesannya gimana gt, dan dia menyayangkan anaknya nilai turun karena sakit pas UAS kemarin jadi ga fokus katanya, nilai 100 nya dikit...

Sampe sini bacanya jadi sedih ga sih, sepertinya ibu ini nilai minded, anaknya terbiasa nilai tinggi, begitu turun dia kaya sedih dan kurang bisa nerima gt...ibuk bilang, namanya anak sakit bu, yg penting sembuh dulu, nilai mah bisa dikejar lain waktu. Dia semacam khawatir nilainya disalip Hafizh gt lho..padahal ibuk ga merasa gitu salip2n apalah...tau sendiri kan aku ini orangnya termasuk nyantai...percuma anak di push kalau ga enjoy...ga aku banget lah...

Bingung kadang nanggepin wa nya...selalu yang dibahas nilai...