Pages

Monday, August 31, 2009

Manfaat Si Pisang Ambon

http://temanbaikanda.blog.friendster.com/files/banana.jpg


Ada beberapa buah yang aku suka banget. Bukannya buah yang lain ga suka, hampir semuanya suka, kecuali nanas. Buah yang aku sebutin ini biasanya bisa doyan banget makannya, diantaranya adalah semangka, mangga sama pisang (ambon).

Lagi kepengin ngomongin pisang ambon, cos katanya baik buat ibu hamil.Setelah browsing2 ternyata memang bener banget, buah yang jadi favorit aku ini kaya akan manfaat terutama buat bumil.

Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A44RE, Vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram.

Kandungan buah pisang sangat banyak, terdiri atas mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya.

Untuk mendapatkan manfaatnya kita tak boleh asal mengonsumsinya, pilihlah pisang yang sudang matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, pisang matang lebih mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorsi ke dalam peredaran darah. Terbuktikan manfaatnya. Jadi jangan ragu menyantap buah pisang ya.

Berbagai manfaat pisang

1. Sebagai sumber tenaga
Pisang dapat dicerna dengan mudah, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Untuk ibu hamil
Pisang juga disarankan para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Penderita Anemia
Dua pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Penyakit usus dan perut
Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalamm segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan kholik untuk menetralkan keasaman lambung.

5. Baik bagi penderita lever
Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

6. Manfaat bagi luka bakar
Daun pisang digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

7. Manfaat bagi diabetes
Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yang belum matang yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda, merupakan makanan tambahan bagi orang yang menderita penyakit gula.

8. Kencatikan wajah
Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari.

9. Mengatur bobot badan
Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

Source: http://lpjk14.forumotion.net/kesehatan-f19/manfaat-pisang-t91.htm

Banyak banget ya ternyata manfaat si buah pisang ini, jadi tambah semangat nih hehe....

Thursday, August 27, 2009

Gong Bojawi (Bukber plus Nostalgila)






Weleh-weleh..puasa kok yang diomongin makanan melulu hehe...
Ceritanya kemarin janjian sama mantan pacar buat pulang bareng dan buka di luar. Biasanya si suami subur ini lembur sampe jam 8, sedangkan aku cukup sampe jam 4 saja kerjanya hehe..jadi jarang bisa pulang bareng. Eh kok ujug2 dia minta pulang bareng, katanya pengen buka bareng di luar, kebetulan 4 hari puasa sebelumnya selalu buka puasa di rumah saja.

Kepengennya cari tempat makan di daerah Tembalang, katanya sekalian mau nostalgia. Dulu pas pacaran kebetulan pernah cari makan di sana. (cari makan dalam arti jajan bukan kerja hehe). Akunya lupa, emang kita pernah makan di daerah Tembalang gitu? (soalnya berhubung kita orang Semarang Bawah jadinya hampir ga pernah keluyuran cari makanan sampe di kawasan Semarang atas ini).

"Pernah kok, itu lho pas dulu mau buka pake berantem dulu sepanjang perjalanan,"

Hahah..inget aja, dulu memang pas perjalanan bukber di Tembalang ini diwarnai pertengkaran sepanjang perjalanan gara2 masalah ga penting banget (marah karena dikagetin, yang ngagetin balik marah2 gara2 tak marahin hihi..ga penting banget kan?)

Halah pembukaannya panjang banget,
Akhirnya siangnya mikir, enaknya makan di mana ya di daerah Tembalang itu. Kayaknya aku males makan di situ lagi, pengen cari yang lain.Langsung deh nulis status di FB, tanya tempat makan enak di Tembalang, dan langsung berbagai jawaban diterima.


Banyak banget, sampe bingung. Ya bingung milih dan bingung ini tepatnya di mana, secara daku jarang ke sana. Ada yang nyaranin Bebek Gendut, Mi Aceh, Ayam Bakar apa gitu, dll. Yang bikin aku pengen si Bebek Gendut, katanya enyak. Bebeknya besar plus kremesan dan ada sambel ijonya, sounds delicious.

Langsung deh lapor ke suami, list yang udah dikasi itu, tapi pilihannya tetep satu. Tempat nostalgia waktu itu, yawes lah..hehe….


Akhirnya jam 4 brangkat dari kantor, jalannya dipelan-pelanin, biar pas magrib sampe sana. Setelah mendaki gunung lewati lembah akhirnya sampe di Tembalang, liat jam..eh masih jam 5 kurang. Haduh kok masih lama. Aku saranin, gimana kalo nongkrong di deket UNDIP dulu, malah diketawain, masa perut buncit masih mau nongkrong kaya ABG hahaha…


Diputuskan langsung ke TKP. Sampe sana jelas masih sepi. Orang kurang kerjaan mana yang antri buka puasa jam 5 kurang. Gpp deh daripada muter2 ga jelas, pantat juga udah pegel. Oalah ternyata tempatnya bernama GONG BOJAWI, salah satu tempat yang juga direkomen sama temen di FB, dulu ga sempet liat nama tempat makannya.

Letaknya di depan Perum Graha Estetika.

Tempatnya si enak banget, ala jawa gitu..ada saung2nya, pake bambu, dari tiker sampe meja (all lesehan).





Yowes leyeh2 dulu sambil liat tipi plus nyicil pesenan.

Menunya berbagai ikan ayam bebek yang dimasak aneka macam, goreng bakar dsb.Plus nasi goreng roti bakar, kentang goreng juga ada, lumayan komplet lah.

Karena aku masih terbayang-bayang dengan bebek, aku pesen bebek bakar ajah, si mas gurami bakar plus es kolak sama es teh buat aku.

Gak lama santai2 bentar disambi nunggu bedug dengan nonton sitcom SSTI, akhirnya adzan magrib berkumandang. Alhamdulillah, langsung deh diserbu.



Appetizernya tahu aci beli di pinggir jalan hehe...kruncy kruncy gurih...





Pesanan si mas, gurami bakar, nasi sama lalapnya ga kepoto




Bebek bakarku...


Ini baru es kolak beneran


Alhamdulillah enak banget ternyata, bebeknya empyuk dan menteganya kerasa banget, sambelnya emang dikit tapi puedes banget, cocok deh pokoknya, guraminya oke juga, trus kolaknya juga mantaf, puas deh pokoknya, walopun ternyata haragnya bukan harga mahasiswa (padahal berada di kawasan kampus) hehe…


Pas perjalanan pulang diriku baru merasa kalo bnayak banget tempat makan seru di Tembalang, wah..harus mulai berpaling dari rute jajan yang biasanya nih, biasanya ke arah simpanglima, sekali kali coba di Semarang atas terutama kawasan Tembalang ini, lain kali deh…(Bebek Gendut, next time ya...hehe)






Monday, August 24, 2009

Menjalani awal puasa

Alhamdulillah, 2 hari di awal puasa kemarin bisa aku jalani dengan baik sampai datangnya bedug magrib tiba. Hari Sabtu kbetulan masi ngantor, pulang setengah hari. Kebayang dong panasnya kaya apa, dah gitu naek motor lagi sama suami. Panasnya minta ampun, kaya di gurun (kaya yang pernah aja ke gurun hehe...)

Pas hampir sampai rumah, mampir bentar di alfamart cos ada yang mau dibeli, di dalem alfamart sejuuuuukkk banget (ya maklum abis panasan di luar hehe), rasanya ga pengen keluar dari situ, pengen gelar tiker trus boboan hahaha....

Akhirnya sampailah kita di rumah, langsung deh bobo'an bentar ga kerasa jam 5 menjelang. Lanjut mandi dan duduk manis di depan TV hehe
Kebetulan hari itu nyokap ga masak. Katanya untuk hari pertama ini semua hidangan beli semua (yang spesial tentunya hehe), idep idep (haduh ungkapan yang tepat dalam bahasa indo apaan ya?) ngerayain ultah ke 10 ponakanku tersayang si Bella.

Seru banget menunya, ada nasi rawon, beli di JL. Stadion, Rawon Pak Ndut, komplet sama perkedel plus sambalnya, trus es kelapa muda plus nata de coco, aneka roti-rotian beli di Danti, plus lumpia semarang, dan ga lupa bandeng presto...(haha semarang banget menunya).

Begitu bedug tiba, langsung si bumil ini menyerbu meja, yang pertama dilakukan adalah menghajar si es kelapa muda dan lunpia, alhamdulillah...nikmat tiada tara (kebetulan dah lama ga beli lumpia hehe )

Asiklah kita makan dan terutama minum itu es kelapa muda, sampai akhirnya..perut si bumil penuh dengan minuman, rasanya ga enak banget, padahal belum makan malam juga....waduh..ampuni aku ya Allah..gara2 rakus malah jadinya aku menyengsarakan diri sendiri, sholat magrib jadi telat.

Puasa hari ke dua, ambil pengalaman dari hari pertama. Ga mau lagi grasa grusu makan segala macem. Alhamdulillah yang terjadi di hari pertama tidak kejadian lagi di hari ke dua, makan jadi enak, sholat juga enak. Kebetulan di puasa ke dua iseng ngabuburit ke simpang lima. Wah, layaknya ramadhan taun lalu sepanjang Jl. Pahlawan penuh dengan anak ABG kuliahan menjajakan aneka es, kolak dll. Jadi inget dulu pernah kaya gitu juga pas masi kuliah, hehehe....

Nunggu bedug di masjid Baiturrahman sama sekalian cari koko sama kupluk buat si mas. Ramee banget suasananya, pas bedug tiba, batalin puasa dengan segelas es tebu yang dijual di sana. Hebat, es tebu yang biasa dijual di pinggir jalan sekarang dijual ala Teh Tongji gitu...di booth yg keren. Puasa memang ngrejekeni (memberi rejeki) buat bnyak orang :)
Habis batalin puasa langsung pulang cos pengen maem di rumah aja.

Yang aku rasain selama puasa ini (dibanding pas ga hamil), ga ada bedanya tuh. Gak yang lemes parah, lemes biasa si wajar, namanya juga puasa. Alhamdulillah alarm yg harus diwaspadai sama bumil yang menjalankan ibadah puasa seperti gemetar, pusing, keringat dingin, ga terjadi. Dan gerakan si bowie di perut juga tetep lincah-lincah aja. Jadi Insya Allah akan terus puasa, semoga....amiiinn...

Thursday, August 20, 2009

Asyiknya Langgam Jawa


Menyambung postingan tentang musik buat bayi dalam kandungan,


Oiya, ga tau knapa aku lagi seneng lagu langgam jawa (yang asli lho) yang klonengan asli gamelan lengkap gitu ada sindennya (bukan sinden beken lho ya haha ). Enak juga kok didengerin, nglaras kalo org Jawa bilang.Udah gitu trus liyer-liyer, bobo jadi enak hehe.

Dan kebetulan ayah mertua aku liat seneng banget nembangin jowo buat cucu-cucunya yang lain, dan aku pengen banget dan bercita-cita kalo Dede Bowie dah lair juga kebagian lantunan tembang jowo mbah kakungnya itu.

Kayanya jarang gitu ya, sekarang anak kecil ditembangin jowo kalo mau tidur, jadi pengen banget gitu, mumpung bapak mertua ini orang jadul yang masih kental banget jawanya, jadi diminta nembang mocopat apapun hayuk hehe..

Ga tau deh efeknya apa kalo anak ditembangin jawa gitu, apakah dampaknya sama dengan kalo disetelin Mozart hehe. Yang penting kan menenangkan, menurutku si kaya gitu. Lagian sapa tau ini salah satu cara nguri-uri kabudayan Jawi dan anakku masih kebagian musik kaya gini ditengah gempuran musik yang macem2 sekarang ini :-$ (haha..opo sih..)

Tak lelo lelo lelo legung...haha...seru banget kayaknya


Oiya, btw, eniwei..dah mau masuk bulan puasa nih, 2 hari lagi, untuk itu kami segenap keluarga Arif-Sari mau ngucapin sama semuanya:

"Met menjalankan puasa di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, mohon maaf kalo ada kesalahan"

Insya Allah bumil ikut puasa nih, semoga kuat ya.. :)

Tuesday, August 18, 2009

Roti Goreng Isi Tuna


Wiken lagi..saatnya masak-masakan. Hehe, masaknya cuma wiken doang aja bangga..

Yah lumayan lah buat pemanasan sebelum ntar tinggal sendiri dan masak sendiri.

Yang dibikin juga yang gampang-gampang aja dulu.
Kali ini pengen banget masak cemilan,
Roti Goreng Isi Tuna.

Roti Goreng Isi Tuna

Bahan:


6-8 lbr roti tawar kupas
2-3 butir telor ayam kocok lepas

Tepung panir kasar/Bread Crumb (aku pake merk Mama Suka)

1 sdm margarin untuk menumis
Minyak untuk menggoreng


Adonan isi:


1 bh tuna kalengan (merk apa aja, kemarin yang ada kebetulan King Fisher)

1 butir Bawang Bombay yang besar, cincang kasar

2 siung bawang putih, geprek, cincang
2-3 sdm tepung terigu
1/2 gelas susu cair

Garam secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Keju cheddar parut *optional* kebetulan kemarin ada sisa di kulkas


Cara Membuat:


Buat adonan isi:

  1. Buka kemasan tuna, suwir-suwir daging tuna hingga agak kecil-kecil
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih cincang dengan margarin sampe layu dan harum
  3. Masukkan daging tuna yang sudah disuwir ke dalam tumisan, aduk2 sebentar
  4. Masukkan tepung terigu, susu cair, aduk hingga mengental dan kalis (jumlah susu disesuaiin, pokoknya jangan sampai adonannya jadi terlalu encer)
  5. Bubuhi lada dan garam
  6. Masukkan keju parut
  7. Aduk-aduk terus, angkat, sisihkan
Penyelesaian
  1. Siapkan roti tawar, tangkubkan 2 lbr roti tawar, trus potong jadi 4 bagian
  2. Oleskan bahan isi pada tiap bagian, lakukan sampai habis
  3. Masukkan ke dalam kocokan telur
  4. Baluri dengan bread crumb hingga seluruhnya tertutupi
  5. Goreng hingga kuning keemasan
  6. Sajikan dengan saus sambal dan mayones.
Bisa jadi banyak banget, kalau misalnya kebanyakan bisa disimpen di kulkas (dalam keadaan sudah dibalur telur dan breadcrumb) jadi tar kalo mau tinggal goreng aja.
Rasanya enyak, crunchy gimana gitu hehe...
Kaya gini nih penampakannya

Kebetulan ada semangka sama strawberry, dibikin jus dah, segerrrr....

*Jajanan ala cafe made in sendiri hehe*



Thursday, August 13, 2009

Musik Buat Bayi dalam Kandungan

Si Baby Bowie ntar mau diperdengarkan musik apa ya? Trus apa memang penting?

Ada banyak pendapat dari para ahli, ada yang bilang janin dapat bergerak jika diperdengarkan sesuatu dari luar, ada juga yang bilang tidak ada bukti penelitian yang menyatakan bahwa janin yang diperdengarkan musik tertentu dapat mempengaruhi kecerdasannya, ada juga yang bilang tidak ada yang tahu gerakan bayi waktu mendengar musik itu karena dia senang atau justru merasa terganggu, lha trus gimana dong.

Sementara itu....di situs yang lain ahli saraf menemukan bahwa getaran suara musik klasik seperti punya Beethoven atau Mozart bisa merangsang saraf otak untuk berosilasi(atau berayun), dan jika ini terjadi pada bayi maka akan mampu merangsang kecerdasan bayi. Trus psikolog anak Dr Surastuti bilang, sejak anak ada dalam kandungan memang bisa distimulasi dengan musik, diajak berbicara dan diberikan elusan kasih sayang. Trus kenapa musik klasik? Karena musik klasik memiliki berbagai macam harmoni yang terdiri dari nada2 yang dapet memberikan gelombang alfa yang memberikan ketenangan, kenyamanan dan ketentraman yang cucok banget buat ibu hamil yang pengen relaks, yang nantinya secara tak langsung bikin efek positif buat si bayi.

Ya, kita ambil kesimpulan, boleh2 aja memperdengarkan musik buat si bebi dalam perut, tapi karena tujuannya biar menimbulkan rileks dan ketenangan, ga harus lagu klasik juga, lagu apa aja yang penting si ibu suka dan bukan lagu yang keras lho ya (misal aku suka Mr. Big, masi pikir kalo mau ndengerin lagu ini, apalagi yang ngebeat banget hehe..). Dan jangan juga berharap anak trus jenius karena habis diperdengarkan lagu Mozart. Karena getaran2 yang mungkin ditimbulkan itu cuma mnciptakan kondisi yang bagus buat bayi, bukan menjadikan bayi pinter. Pinternya mah pinter2 emak sama bapaknya ngedidik ntar-ntar.

Jadi terserah deh mau dengerin musik buat si bebi ato ga, yang terpenting kalo memang mau dengerin musik adalah karena anda menikmatinya bukan biar anaknya pinter.

Lagipula, jangan lupa, ada yang penting juga, sering2 ngaji jg bagus banget biar si dedek tar terbiasa denger orang ngaji, surat apa aja, tapi yang biasanya dibaca bumil si katanya surat maryam, yusuf, ar rahman sama yasiin. Tapi menurutku sih semua surat bagus, yang penting rajin apa ngga si mak sama bapaknya hehe.
Kalo aku belum rajin2 amat hehe, kalo denger murotal gitu sering, tapi blum afdol kali ya kalo bukan ayah ibunya ndiri yang bacain. Pokoknya semua ada manfaatnya deh.

Selama ini si kebetulan yang sering dibaca malah asmaul husna, soalnya di kantor setiap sebelum mulai kerja ada baca asmaul husna bareng gitu, jadi akunya seneng bisa bareng2, kalo sendiri di rumah kadang suka lupa pas sampe di tengah2 bacaan hehe..

Kalo soal musik, kebetulan nyimpen satu kaset Mozart (judul kasetnya When You Were Born, ada gambarnya ibu hamil), ada beberapa lagu. Kaset ini sebenernya dikasi si Santi dah lamaaaaa banget, dari jaman kuliah. Waktu itu memang aku suka instrumen2 yang kalem gitu, trus dikasi lah sama si santi. Tapi kok buat ibu hamil ya, tapi jadi kerasa sekarang bisa sangat bermanfaat hehe

Trus ada lagi kaset Spa Sound, kompilasi instrumen2 yang menenangkan gitu (yang biasa di pasang di spa spa gitu kali..) ada instrumen dari Kitaro dan yang laennya.
Trus, akhir2 ini sering burning dari kantor instrumen lain kaya yanni, kitaro, sama yang lain (sampe yang cicit cuit burung juga ada hehe)

Dan semuanya aku dengerin terutama kalo malem mau bobok. Kalo temen2 gimana?

Wednesday, August 12, 2009

Cerita Teh Botol


Ga tau kenapa, akhir2 ini sukaaaa banget sama teh botol Sosro. Dulu si biasa aja, sekarang maniak banget. Pernah dibeliin teh ini yang kemasan kotak, uh ga enak, ga seseger kalo minum dari botolnya. Ada sensasi tersendiri ketika menyeruput teh ini dengan memegang botolnya yang dingiiinnn....aneh ya hehe..

Dan harus teh botol sosro, bukan yang lain. Kalo dulu teh botol apa aja suka, frestea, Tekita (yang besar dan isinya banyak itu), Hi-C (masih ada gak ya, teh kesukaan waktu istirahat jamann skulah dulu), sama Indoteh (teh favorit pas KKN di rumah Pak Lurah, lha adanya itu hehe).
Kalo sekarang yang paling manteb ya teh botol Sosro, ada pait2nya gimana gitu.. Aku suka teh botol Sosro...

*posting ngiklan ga penting* :)

Tuesday, August 11, 2009

Ayam Tepung Saus Tiram dan Jamur Goreng Tepung




Minggu kemarin habis jalan sehat 17-an leyeh2 aja di rumah. Pada kecapekan, soalnya medan di tempat tinggal saya ini mendaki gunung lintasi lembah..hehe pokoknya dah kaya medan outbound gitu.
Aku sih ga ikut jalan2, cuma nunggu di garis start/finish hehe. Ga kuat kayaknya walopun disediain jalur yang pendek khusus buat manula(termasuk ibu hamil mungkin hehe..)

Pengen masak yang gampang2aja. Rencananya sih pengen bikin Nasi Gila, tapi kok belum beli bakso sama sosisnya. Adanya ayam di panci yang udah diungkep (biasanya cuma dibikin ayam goreng tepung aja).
Iseng2 dimasak kaya gini aja judulnya. Bumbunya ni kira2 ya, soalnya aku pake filing aja langsung tuang ga pake diukur-ukur hehe...


Ayam Tepung Saus Tiram

Bahan:

250 gr Daging ayam (lebih enak bagian dada)
1/2 bks Tepung Kobe
Tepung terigu buat campuran.

Bumbu:
1 siung bawang bombay (lebih juga boleh kalo suka), iris tipis
3 siung bawang putih, geprek, cincang.
3-4 sdm Saus tiram
Saus sambal botolan (tergantung selera pedasnya)
3 sdm Kecap manis
3 sdm Kecap Inggris
Merica bubuk secukupnya
Sejumput gula pasir
Sedikit air

Cara bikinnya:

  1. Ayam dipotong kotak-kotak kecil. Kebetulan ayam yang aku pake udah diungkep, tapi ga diungkep jg gpp.
  2. Balur ayam dengan campuran tepung Kobe dan tepung terigu (soalnya kalo pake Kobe doang keasinan)
  3. Goreng ayam sampe matang, sisihkan.
  4. Buat sausnya, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  5. Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap inggris, saus sambel, dan merica.
  6. Tambahkan sedikit air, masak hingga meletup-letup dan mengental.
  7. Masukkan ayam tepung yang sudah digoreng tadi. Masukkan ayam tepungnya paling terakhir biar renyahnya tetep ada.
  8. Sajikan.

Tarraaaa...inilah hasilnya, enyak deh...dimakan pake nasi anget...uh mantabbbsss surantabs!!!






Jamur Goreng Tepung
Buat cemilan enak nih..walopun sekarang dah banyak yang jual di kaki 5, enakan bikin sendiri, lebih gurih dan jadinya banyaaakkk :|

Bahan:

Jamur Tiram 1 bks (beli di pasar, 1 bks sekitar Rp 2500)
(Jamur tiram jarum yang mekar warnanya putih)
Telur ayam 1 butir
Tepung Terigu
Garam
Merica bubuk

Cara bikin:

Gampang banget, jamur dicuci bersih, trus disuwir agak kecil
Trus kocok telur ayam, bubuhi garem dikit.
Masukkan jamur tadi ke dalam telur, masukkan ke terigu yang udah dicampur garam sama merica (ato bisa juga pake bumbu instan mis; royco, masako).
Goreng hingga matang.
Hmm..enak kriuk-kriuk, rasanya kaya daging ayam loh...
Oiya, dimakannya pake cocolan sambel botol biar mantebbbb!!!



Habis tu.dikompletin deh pake es blewah..lagi musim blewah nih.



Ga usah resep2an ya, semua juga bisa bikin hehe..

Syuegerrrrr....

Saturday, August 8, 2009

USG 5 bulan



Kemarin akhirnya kejadian juga buat cek kehamilan di bulan ke 5 ini, tepatnya 21 minggu kali ya..

Sebenernya mau daftar senin kemarin, ternyata DSOG-nya ada seminar 3 hari, jadi baru praktek hari Kamis. Dikasi dokter pengganti, dokter cowok sih, aku daftar aja pokoknya, dapet antrian nomer dua, lumayan..

Ternyata sorenya masku malah bilang "kok cowo?" haha..emang kenapa kalo cowo, namanya juga dokter, ya ga masalah hehe..tapi memang aku ga sreg juga sih, bukan karena cowoknya, lebih karena bukan dokter yang biasanya, jadi ga enak tar konsultasinya. AKhirnya diputusken, nunggu kamis aja deh , gpp.

Hari Kamis daftar lagi pagi2 via telpon, tau dapet nomer brapa? nomer 24 (means jam 9 malem baru dapet giliran). Haduuw..mana betah aku jam segitu masih berkeliaran di luar rumah? haha gaya banget...memang akhir2 ini aku tidur awal, jam 1/2 8 malem aja dah liyer2..

Heran, padahal dah daftar pagi2 kok ya dapet nomer buntut gitu, usut punya usut, ternya pasien dokter retno yang sama2 kecele udah daftar kaya aku kemarin, langsung daftar buat hari kamis.
Huu..curang..enggak ding, akunya aja yang katrok, setauku kalo preksa hari itu daftarnya ya hari yang sama, ternyata, daftar seminggu sebelumnya juga udah bisa hehehe.....

Ya akhirnya daftar hari Jumat aja, dapetlah nomer 7, masi mendingan bangetlah...

Dan hari Jumat kemarin, habis pulang kantor langsung deh meluncur ke TKP, tapi berhubung dapet gilirannya sekitar jam 5.30 sore, makan dulu aja deh. Ceritanya traktiran dari my birthday boy..haha.

Ga enak juga ga bawa kado, udah minta maap dia malah bilang "Kamu ni apaan sih, ya gpp dong, kaya pacaran aja pake kado2an.." Haa..asik-asik..apa itu berarti aku ga usah beli kado beneran (dasar pelit hehe..). Tapi kata2mu itu dianggep ga berlaku kalo aku tar ultah ya mas? :D

Makan agak spesial dikit, di Mamamia Steak, di JL Arteri Sukarno Hatta (Tuh, nama Sukarno Hatta ada kan di Semarang, siapa tuh dulu tokoh politik yang bilang nama proklamator kok cuma buat bandara, gak ada buat jalann raya..).

Pucuk dicinta ulam tiba tuh..pas siangnya browsing2 soal makanan dan pas ada gmbr chicken steak, aku langsung pengeeennn...
Langsung deh hajar tuh chicken cordon bleu sama es teh tarik...wah nikmatnya tiada tara...:))

Habis tu langsung meluncur ke DSOG, ga lama antri langsung dipanggil.
Pertama dateng yang ditanya langsung keluhan, dan keluhanku adalah:

  1. Sering pusing kliyengan tiba2 dan berkunang-kunang
  2. Sering mual dan pengen mun-mun kalo makan agak banyak dikit (bahkan porsi yang biasa)
  3. Sering anyang-anyangan
  4. Plus sekalian nanya, ramadhan ini bole puasa apa ngga
Habis itu ditimbang sama diukur tensi kaya biasanya, semuanya bagus, tapi kok beratku masih 52 kg ya, padahal nimbang di rumah kok 54, timbangannya salah kali..
Trus langsung USG deh..

Waa..si Bowie usil banget, mau diliat jenis kelaminnya malah ditutupin pake pahanya, malu kali ya dia, katanya di usia ini organ otak udah sempurna, dan organ2 lain juga, tapi paru-paru belum berfungsi. Pembentukan kulit mulai sempurna, tapi aku lupa nanya berapa berat bebiku..huu..kalo dokternya ga bilang apa2 berarti beratnya normal kali ya, maksudnya ga kekecilan. Oiya, pas di USG Si Bowie nguap lhoh hehe....
Katanya tar udah bisa ngenyot ibu jari juga..hii lutunya...

Dan setelah menemukan angle yang tepat, ternyata bebinya cowo....huuu..ayahnya langsung senyam-senyum gitu...aku tau dalam pikirannya pasti kata2ini : (asik, si bowie meh tak ajak futsal hehe...)

Trus jawaban2 dari keluhan-keluhanku adalah:
  1. Katanya kurang minuman dan makanan manis2, kalo di usia ini katanya dibanyakin manis2 gpp, kalo tar 8 bulan baru deh dikurangi. Emang si aku kurang begitu suka yang terlalu manis2 gitu secara aku udah titik titik hahaha...
  2. Mual dan pengen muntah wajar aja gpp, soalnya perut memang kapasitasnya udah beda sama perut normal, caranya makan sedikit aja tapi sering, jangan langsung banyak biar perut gak begah
  3. Buat anyang-anyangan dikasi obat namanya Urotractine 400mg
  4. Puasa boleh aja asal kuat, tapi jangan dipaksa
Kalo vitaminnya sama kaya kemarin, dikasi Prenatin DF yang udah komplet termasuk DHA dan Folat.

Yup, gitu lah acara cek up di 5 bulan...

Oiya, begitu sampe di rumah dan tidur2an, tendangannya kenceeeeeng banget dan sering.

Friday, August 7, 2009

My Hubby B-day

Hari ini ulang tahun hubby...
Ulang tahun dia yang pertama setelah merid..tapi ngga bisa ngasi supraiz party ato kado yang gimana gitu..pas malam pergantian hari tadi malem..hubby pas ga ada di samping aku..hiks..sedih juga..ya masalah kerjaan gitu lah..ga bisa ditinggal.

Bisanya cuma telpon sama ngucapin..huu..padahal dulu berangan-angan, pas ulangtahun sebelum ini, "wah seneng ya taun depan, pas aku ultah, kamu udah ada di samping aku, hehe.." ternyata ga kejadian juga...

Gpp deh, toh kebersamaan Insya Allah selalu ada walopun pas hari spesial itu si kebersamaan malah lolos begitu aja.

Dan lagi..aku juga belum beli kado..hihi..istri macem apa aku ini, hehe
Lha wes, semenjak hamil ini aku udah ga bisa kemana-mana sendiri, selain karena mobilitas terbatas (udah ga boleh naik motor sendiri), kalo jalan kemana gitu mesti ditemenin hubby, mau kuluyuran sendiri juga ga enak..hehe...mau blanja onlen kok belum pernah nyoba, takut ribet..
Ya wes, belum berhasil kebeli deh tu kado..tapi tar walopun telat, mesti cari something buat kadonya hubby, apa ya...(mikirnya baru sekarang hehe...)

Ndilalah kok ya pas akunya males masak, kan bisa tuh masakin apa yang spesial gitu..pigimana ini..dasar istri pemalas.=P~

Ini aja nih..pas tadi brangkat kerja..si mamas belum pulang, jadi blom ketemu nih...baru tar sore ketemuan sekalian mau preksa ke DSOG.

Yaweslah...Anyway...Met ultah ya mamas sayang...semoga keberkahan selalu meliputi mamas dan keluarga kecil kita nanti..dimudahkan segalanya, dan selalu dalam lindungan-Nya..amiiinnn....(kadonya nyusul ya mas..hehe)

I LOVE U FULL.. ^:)^ muah...

Thursday, August 6, 2009

Jajanan tradisional yang murah meriah

Bukan..bukan mau posting masakan lagi hehe..besok2 aja lagi..

Cuma mau cerita kalo beberapa hari ini tanpa daku sadari kok aku suka dan pengennya jajanan tradisional berhari-hari berturut-turut ya...

Dimulai dari minggu kemarin..pas jalan2 ke simpang5 (tempat joging dan ngumpulnya wong semarang di minggu pagi) pas pagi aku pengen jajanan yang isinya getuk komplet, isinya ada macem2 (maafkeun..kalo istilah ini asing bagi temen2 yang bukan orang jawir hehe...namanya emang aneh2): ada gatot, tiwul, cenil, klepon, putu mayang, gobet, trus apa lagi aku lupa, dimakan pake parutan kelapa sama gula merah yang dicairin..murah meriah, 2rb dapet banyaaak dan kenyaaaaang hehehe...

Trus satu hari kemudian pengen singkong sama kimpul (kimpul bahasa indo-nya apa ya? semacam umbi2an gitu deh..). Menyusul kemudian pengen apem, iya kue apem yang biasanya ada di kendurian gitu..apemnya enak..menul-menul hehe..

Trus kemarin itu yang barusan aja diposting, ada singkong yang dimasak pake kuah santen kental, walopun judulnya ala Thailand, tapi namanya singkong, adalah makanan yang tradisional dan telah dikenal lama sejak nenek moyang kan? hehe..lebay...

Dan yang terakhi, hari ini aku pengen banget ketan yang dibubuhi kelapa parut sama kinca (gula merah yang dicairin) plus es kolak pisang hehehe...
Ketannya beli di pinggir jalan pas mau brangkat ngantor tadi, sementara kolaknya masih diusahain sama suami buat teman makan siang ntar hehe..

Kata temenku, Si Santi : Mudah2an anaknya ntar calon generasi yg peduli akan warisan leluhur, nguri2 budaya kita baik berbentuk apapun termasuk makanan. :)


Wednesday, August 5, 2009

Singkong ala Thailand



Mulai posting soal masak-masakan ah..
Sebenernya sih di blog yang lama udah sering masak2an tapi begitu merid malah jadinya agak males hehehe... Mulai dari yang gampang2 kali ya.. Kali ini coba bikin cemilan..eh cemilan pa dessert ya..halah apapun lah..yang penting enyaaakkk..

Kemarin kebetulan pengen banget bikin singkong keju susu, udah deh beli singkong trus dibikin, nah..kan masih ada sisa tuh..dibikin singkong ala thailand aja enak tuh..
Singkong yang dimasak kaya gini sebenernya sering dimasak nyokap sejak lama, cuma ga tau kalo yang namanya masak singkong model gitu itu tuh namanya singkong ala Thailand. Taunya si pas ga sengaja browse di food blog gitu.. Resepnya kaya gini nih (diambil dari sini-NCC)


Singkong Thailand

Bahan:
500 gr singkong/ubi kayu
100 gr gula pasir
200 ml air
½ sdt garam
200 ml santan instant (misal Kara)
1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air
Cara membuatnya:
  1. Rebus singkong dan air hingga matang.
  2. Masukkan gula pasir, masak terus hingga gula meresap.
  3. Tuang santan instant. Didihkan sekali lagi.
  4. Tuang tepung maizena cair, aduk rata hingga mendidih dan mengental.
  5. Angkat. Sajikan.
Gampang banget kok, dan rasanya enak banget..manis manis gurih gitu..apalagi kalau dapet singkong yang bagus, zat tepung (bener ga ya) dari dalem singkong keluar dan bikin kuahnya agak mengental gitu..hmm..yummy.... Kaya gini neh jadinya...




Monday, August 3, 2009

Baju hamil yang bukan baju hamil…


-->

Haha..bingung ngga baca judul di atas…
Yaa..masih berkutat seputaran kebutuhan ibu hamil.
Kalo kemarin kan tentang kebutuhan undies yang bolak balik beli karena udah beli ga cukup lagi ga cukup lagi..
Kalo sekarang tentang baju hamil.
Tau sendiri kan kalo memasuki usia usia kehamilan yang sekarang ini (5 bulan-21 minggu) perut sudah mulai membesar dan kelihatan, dada juga. Jadi sudah harus mulai hunting yang namanya baju hamil. Kalau celana hamil memang sudah dipake di saat kehamilan masuk usia bulan, so sekarang saatnya baju hamil (atasan).
Niat sih hunting baju hamil, pas kemarin-kemarin perut belum terlalu besar, liat-liat di counter khusus baju2 hamil gitu tapi kok nda ada yang sreg dan langsung tuing-tuing gitu (hehe..maksudnya langsung naksir gitu..)
Habisnya modelnya gitu2 aja sih…apa aku kali yang kurang memperluas area huntingnya..ga tau deh..
Trus ga sengaja liat ada sale baju biasa (maksudnya bukan baju hamil) kok bagus2 yah..dan tau sendiri kan baju yang lagi “in” sekarang ini banyak banget yang model lebar2 gitu..ya kaos, ya dress…pokoknya baju biasa tapi kaya baju hamil, jdi bisa banget neh…
Trus coba deh di kamar pas, ternyata nyaman banget dan diperkirakan bisa buat sampe hamil besar tar..soalnya pas bagian dada sama perut longgar gitu..
Jadinya..sekarang suka liatny gak di bagian hamil, tapi di bagian umum aja, cari yang lebar2 gitu…
Kaya kemarin aku habis dapet baju yang model butterfly (ato ada yang nyebut model kelelawar) gitu..nyaman banget..karetnya di bawah perut, dan perutku bisa tertampung dengan nyamannya. Rata-rata emang blus lengan pendek..jadi harus dipakein kaos dalem yang tipi situ (kaos deker ato manset)..keren deh hehehe…
Trus kapan lagi, dapet juga baju lain yang baru di sale, model potongan di bagian dada gitu (model baby doll kali ya..masih musim juga kan…) trus perutnya lebar..bagus lagi warnanya…yawdah beli juga…
Trus juga sekarag ini lagi seneng browsing di butik online..baju yang modis2 gitu dengan model yang sangat bisa dipake buat ibu hamil..
Kaya yang model ini nih:









yang di atas ini semua koleksi dari www.bajularas.com





kalo yang atas ini dari Citara shop



Lucu2 ya…
Yang dipinggangnya ada belt tentu dilepas dong...tetep bagus kan...jadi pengen shopping online jg..blom pernah si soalnya...mikir ongkirnya takutnya kemahalen hehehe...belinya harus sekalian banyak kali ya :) *sambil ngelirik suami*
Begitulah maksudku dengan baju hamil yang bukan baju hamil….jadi pas ga hamil nanti teteup dong masi bisa dipake.
Tapi ngga menutup kemungkinan jika ada baju hamil yang modelnya bagus ditaksir juga hehehe…
Sekarang ini yang belum punya, baju buat kondangan…dengan kondisi hamil seperti sekarang ini..paling praktis batik kali ya..
Kalo harus njaitin kebaya..waduh ribet amat yak…