Home

Tuesday, August 11, 2009

Ayam Tepung Saus Tiram dan Jamur Goreng Tepung




Minggu kemarin habis jalan sehat 17-an leyeh2 aja di rumah. Pada kecapekan, soalnya medan di tempat tinggal saya ini mendaki gunung lintasi lembah..hehe pokoknya dah kaya medan outbound gitu.
Aku sih ga ikut jalan2, cuma nunggu di garis start/finish hehe. Ga kuat kayaknya walopun disediain jalur yang pendek khusus buat manula(termasuk ibu hamil mungkin hehe..)

Pengen masak yang gampang2aja. Rencananya sih pengen bikin Nasi Gila, tapi kok belum beli bakso sama sosisnya. Adanya ayam di panci yang udah diungkep (biasanya cuma dibikin ayam goreng tepung aja).
Iseng2 dimasak kaya gini aja judulnya. Bumbunya ni kira2 ya, soalnya aku pake filing aja langsung tuang ga pake diukur-ukur hehe...


Ayam Tepung Saus Tiram

Bahan:

250 gr Daging ayam (lebih enak bagian dada)
1/2 bks Tepung Kobe
Tepung terigu buat campuran.

Bumbu:
1 siung bawang bombay (lebih juga boleh kalo suka), iris tipis
3 siung bawang putih, geprek, cincang.
3-4 sdm Saus tiram
Saus sambal botolan (tergantung selera pedasnya)
3 sdm Kecap manis
3 sdm Kecap Inggris
Merica bubuk secukupnya
Sejumput gula pasir
Sedikit air

Cara bikinnya:

  1. Ayam dipotong kotak-kotak kecil. Kebetulan ayam yang aku pake udah diungkep, tapi ga diungkep jg gpp.
  2. Balur ayam dengan campuran tepung Kobe dan tepung terigu (soalnya kalo pake Kobe doang keasinan)
  3. Goreng ayam sampe matang, sisihkan.
  4. Buat sausnya, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  5. Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap inggris, saus sambel, dan merica.
  6. Tambahkan sedikit air, masak hingga meletup-letup dan mengental.
  7. Masukkan ayam tepung yang sudah digoreng tadi. Masukkan ayam tepungnya paling terakhir biar renyahnya tetep ada.
  8. Sajikan.

Tarraaaa...inilah hasilnya, enyak deh...dimakan pake nasi anget...uh mantabbbsss surantabs!!!






Jamur Goreng Tepung
Buat cemilan enak nih..walopun sekarang dah banyak yang jual di kaki 5, enakan bikin sendiri, lebih gurih dan jadinya banyaaakkk :|

Bahan:

Jamur Tiram 1 bks (beli di pasar, 1 bks sekitar Rp 2500)
(Jamur tiram jarum yang mekar warnanya putih)
Telur ayam 1 butir
Tepung Terigu
Garam
Merica bubuk

Cara bikin:

Gampang banget, jamur dicuci bersih, trus disuwir agak kecil
Trus kocok telur ayam, bubuhi garem dikit.
Masukkan jamur tadi ke dalam telur, masukkan ke terigu yang udah dicampur garam sama merica (ato bisa juga pake bumbu instan mis; royco, masako).
Goreng hingga matang.
Hmm..enak kriuk-kriuk, rasanya kaya daging ayam loh...
Oiya, dimakannya pake cocolan sambel botol biar mantebbbb!!!



Habis tu.dikompletin deh pake es blewah..lagi musim blewah nih.



Ga usah resep2an ya, semua juga bisa bikin hehe..

Syuegerrrrr....

4 komentar:

ke2nai said...

sy sering bikin jamur goreng tepung, krn itu kesukaannya Nai. Tp yg resep ayamnya blm pernah di coba tuh.. Kapan2 di coba ah.. *liat postingan pas jam makan siang, bikin laper aja.. hehehe...*

sari said...

iya..bun..ayo dibikin, gampang banget tinggal cemplang cemplung aja hehe....met maksi ya bun...

namaku wendy said...

huaaa jadi pengen laper liat menunya tu hihihi
iya nih lagi musim blewah, dmana-mana ada sampe blenek liatnya:p
salam kenal mbak sari:)

sari said...

salam kenal juga mba wendy...iya dimana-mana ada blewah..pas banget mau puasa..

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh