Home

Thursday, August 13, 2009

Musik Buat Bayi dalam Kandungan

Si Baby Bowie ntar mau diperdengarkan musik apa ya? Trus apa memang penting?

Ada banyak pendapat dari para ahli, ada yang bilang janin dapat bergerak jika diperdengarkan sesuatu dari luar, ada juga yang bilang tidak ada bukti penelitian yang menyatakan bahwa janin yang diperdengarkan musik tertentu dapat mempengaruhi kecerdasannya, ada juga yang bilang tidak ada yang tahu gerakan bayi waktu mendengar musik itu karena dia senang atau justru merasa terganggu, lha trus gimana dong.

Sementara itu....di situs yang lain ahli saraf menemukan bahwa getaran suara musik klasik seperti punya Beethoven atau Mozart bisa merangsang saraf otak untuk berosilasi(atau berayun), dan jika ini terjadi pada bayi maka akan mampu merangsang kecerdasan bayi. Trus psikolog anak Dr Surastuti bilang, sejak anak ada dalam kandungan memang bisa distimulasi dengan musik, diajak berbicara dan diberikan elusan kasih sayang. Trus kenapa musik klasik? Karena musik klasik memiliki berbagai macam harmoni yang terdiri dari nada2 yang dapet memberikan gelombang alfa yang memberikan ketenangan, kenyamanan dan ketentraman yang cucok banget buat ibu hamil yang pengen relaks, yang nantinya secara tak langsung bikin efek positif buat si bayi.

Ya, kita ambil kesimpulan, boleh2 aja memperdengarkan musik buat si bebi dalam perut, tapi karena tujuannya biar menimbulkan rileks dan ketenangan, ga harus lagu klasik juga, lagu apa aja yang penting si ibu suka dan bukan lagu yang keras lho ya (misal aku suka Mr. Big, masi pikir kalo mau ndengerin lagu ini, apalagi yang ngebeat banget hehe..). Dan jangan juga berharap anak trus jenius karena habis diperdengarkan lagu Mozart. Karena getaran2 yang mungkin ditimbulkan itu cuma mnciptakan kondisi yang bagus buat bayi, bukan menjadikan bayi pinter. Pinternya mah pinter2 emak sama bapaknya ngedidik ntar-ntar.

Jadi terserah deh mau dengerin musik buat si bebi ato ga, yang terpenting kalo memang mau dengerin musik adalah karena anda menikmatinya bukan biar anaknya pinter.

Lagipula, jangan lupa, ada yang penting juga, sering2 ngaji jg bagus banget biar si dedek tar terbiasa denger orang ngaji, surat apa aja, tapi yang biasanya dibaca bumil si katanya surat maryam, yusuf, ar rahman sama yasiin. Tapi menurutku sih semua surat bagus, yang penting rajin apa ngga si mak sama bapaknya hehe.
Kalo aku belum rajin2 amat hehe, kalo denger murotal gitu sering, tapi blum afdol kali ya kalo bukan ayah ibunya ndiri yang bacain. Pokoknya semua ada manfaatnya deh.

Selama ini si kebetulan yang sering dibaca malah asmaul husna, soalnya di kantor setiap sebelum mulai kerja ada baca asmaul husna bareng gitu, jadi akunya seneng bisa bareng2, kalo sendiri di rumah kadang suka lupa pas sampe di tengah2 bacaan hehe..

Kalo soal musik, kebetulan nyimpen satu kaset Mozart (judul kasetnya When You Were Born, ada gambarnya ibu hamil), ada beberapa lagu. Kaset ini sebenernya dikasi si Santi dah lamaaaaa banget, dari jaman kuliah. Waktu itu memang aku suka instrumen2 yang kalem gitu, trus dikasi lah sama si santi. Tapi kok buat ibu hamil ya, tapi jadi kerasa sekarang bisa sangat bermanfaat hehe

Trus ada lagi kaset Spa Sound, kompilasi instrumen2 yang menenangkan gitu (yang biasa di pasang di spa spa gitu kali..) ada instrumen dari Kitaro dan yang laennya.
Trus, akhir2 ini sering burning dari kantor instrumen lain kaya yanni, kitaro, sama yang lain (sampe yang cicit cuit burung juga ada hehe)

Dan semuanya aku dengerin terutama kalo malem mau bobok. Kalo temen2 gimana?

3 komentar:

Icha said...

Kalo gw, gw kasi lagu apa ajah say. Soale dikantor, tetangga duduk sebelah gw itu rutin nyetel2 smua lagu. Paling2 kalo suaranya kegedean, gw minta kecilin dikit. Kadang2 gw juga setel Mozart dikantor & malamnya gw dengerin ayat2NYA. Hihihi.

Naahhh itu dia say, kdg2 pas lagi denger lagu2 itu si dede kdg2 kedutan kdg2 anteng. Jadi bingung kan sebenernya dia keganggu / lagi bo2. Hihihi lutu banget ciiii jadi bingung kitee...;-)

namaku wendy said...

iyah lagu apa aja, bunyi-bunyian laen juga bole kek kotek ayam, cuit burung, ngorek kodok juga bisa wat merangsang perkembangan otaknya tu hehehe denger emaknya nyenyong juga bole;)

sari said...

haha..iya ya yang penting kitenya enjoy dan lagunya slow..lagu apa aja mah okey..

Share It

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh