Home

Tuesday, August 18, 2009

Roti Goreng Isi Tuna


Wiken lagi..saatnya masak-masakan. Hehe, masaknya cuma wiken doang aja bangga..

Yah lumayan lah buat pemanasan sebelum ntar tinggal sendiri dan masak sendiri.

Yang dibikin juga yang gampang-gampang aja dulu.
Kali ini pengen banget masak cemilan,
Roti Goreng Isi Tuna.

Roti Goreng Isi Tuna

Bahan:


6-8 lbr roti tawar kupas
2-3 butir telor ayam kocok lepas

Tepung panir kasar/Bread Crumb (aku pake merk Mama Suka)

1 sdm margarin untuk menumis
Minyak untuk menggoreng


Adonan isi:


1 bh tuna kalengan (merk apa aja, kemarin yang ada kebetulan King Fisher)

1 butir Bawang Bombay yang besar, cincang kasar

2 siung bawang putih, geprek, cincang
2-3 sdm tepung terigu
1/2 gelas susu cair

Garam secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Keju cheddar parut *optional* kebetulan kemarin ada sisa di kulkas


Cara Membuat:


Buat adonan isi:

  1. Buka kemasan tuna, suwir-suwir daging tuna hingga agak kecil-kecil
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih cincang dengan margarin sampe layu dan harum
  3. Masukkan daging tuna yang sudah disuwir ke dalam tumisan, aduk2 sebentar
  4. Masukkan tepung terigu, susu cair, aduk hingga mengental dan kalis (jumlah susu disesuaiin, pokoknya jangan sampai adonannya jadi terlalu encer)
  5. Bubuhi lada dan garam
  6. Masukkan keju parut
  7. Aduk-aduk terus, angkat, sisihkan
Penyelesaian
  1. Siapkan roti tawar, tangkubkan 2 lbr roti tawar, trus potong jadi 4 bagian
  2. Oleskan bahan isi pada tiap bagian, lakukan sampai habis
  3. Masukkan ke dalam kocokan telur
  4. Baluri dengan bread crumb hingga seluruhnya tertutupi
  5. Goreng hingga kuning keemasan
  6. Sajikan dengan saus sambal dan mayones.
Bisa jadi banyak banget, kalau misalnya kebanyakan bisa disimpen di kulkas (dalam keadaan sudah dibalur telur dan breadcrumb) jadi tar kalo mau tinggal goreng aja.
Rasanya enyak, crunchy gimana gitu hehe...
Kaya gini nih penampakannya

Kebetulan ada semangka sama strawberry, dibikin jus dah, segerrrr....

*Jajanan ala cafe made in sendiri hehe*



6 komentar:

d'Happy Couple said...

Hihiihhi,,, suami ku uda sering tuh request roti goreng nya sekali-kali isi tuna doong,, tapi berhubung bumil ga suka ikan,,jadi ga pernah di turutin,,heheheheheeh,,
Jadi selama ini kalo ga daging asap,,ayam cincang yg di tumis kalo ga daging giling tumis,,heheheheheh,,,
Aku juga makanya nya pake mayo sama saos sambel,,hihihih
Mama sari,,aku lagi addict sama ice milo nih,,pagi ini aja uda minum ice milo 2 gelas besar (bener-bener besar gelas nya,,hehehehe),, ga berenti-berenti minum ampe kembung,,hihihihi

namaku wendy said...

huaaa yakin itu pasti enak banget, tuna gitu loh tapi hiks berhubung lagi sensi banget sama bombay dan bawang putih, wen musti nyerah dan nahan diri deh wat gak nyobain, daripada tar ujungujungnya keluar semua hehehe:p
wen baru 4bln mbak, tu tehnya masih nyisa 5botol lagi hehehe

sari said...

@mama anthie: haha iya, mama anthie ga suka ikan ya, btw aku juga pengen yang isi laen kaya punyamu, tar kapan2 coba, nyontek resepnya ya..
Iya, pake saus sambel plus mayo memang enyaaaakkk...
Aku juga udah lama ga minum milo, minumnya susu bumil, jadi lupa rasa milo kaya apa, tapi kemarin sempat nyoba emang syegerrr hehe...

@mba wendy: wah dah 4 bulan ya..semoga sehat terus ya? ga usah pake bawang kan gpp, tunanya mungkin dah berbumbu juga, btw mau dong tehnya hehe..(kok bisa sama ngidamnya haha...)

dian sigit said...

wah 6 bulan masih kolu masuk dapur ya..dulu aq serasa mo pingsan tiap nyium bau masakan

d'Happy Couple said...

Hehehe,,iyaaaa,,ga suka ikaaan.. Jadi rengekan si mas ga di dengerin deh,,si mas addict banget sama ikan,,,
Hueheheh,,,bumil jahat yaaa,,,,
Waktu itu aja,,, sempet bikinin tumis tuna,,si bumil pengen mun2 nyium bau nya,, teramat sangaaaat ga sukaaa,, heheheh,, maaf ya mas,,i love yuuw dehh pokoknya,,hihihihi

sari said...

@dian: justru sekarang2 ini mulai agak rajin masuk dapur, kemarin2 blas ga pernah (bukannya karena mual ato apa, tapi karena emang males hehehe....) lagian yang simpel2 aja kok, yang lauk susah2 tetep nyokap hehe

@Anthie: bikinin masakan ikan buat si mas tapi mama anthienya pake masker kan bisa hahaha (saran yang aneh)

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh