Home

Wednesday, August 5, 2009

Singkong ala Thailand



Mulai posting soal masak-masakan ah..
Sebenernya sih di blog yang lama udah sering masak2an tapi begitu merid malah jadinya agak males hehehe... Mulai dari yang gampang2 kali ya.. Kali ini coba bikin cemilan..eh cemilan pa dessert ya..halah apapun lah..yang penting enyaaakkk..

Kemarin kebetulan pengen banget bikin singkong keju susu, udah deh beli singkong trus dibikin, nah..kan masih ada sisa tuh..dibikin singkong ala thailand aja enak tuh..
Singkong yang dimasak kaya gini sebenernya sering dimasak nyokap sejak lama, cuma ga tau kalo yang namanya masak singkong model gitu itu tuh namanya singkong ala Thailand. Taunya si pas ga sengaja browse di food blog gitu.. Resepnya kaya gini nih (diambil dari sini-NCC)


Singkong Thailand

Bahan:
500 gr singkong/ubi kayu
100 gr gula pasir
200 ml air
½ sdt garam
200 ml santan instant (misal Kara)
1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air
Cara membuatnya:
  1. Rebus singkong dan air hingga matang.
  2. Masukkan gula pasir, masak terus hingga gula meresap.
  3. Tuang santan instant. Didihkan sekali lagi.
  4. Tuang tepung maizena cair, aduk rata hingga mendidih dan mengental.
  5. Angkat. Sajikan.
Gampang banget kok, dan rasanya enak banget..manis manis gurih gitu..apalagi kalau dapet singkong yang bagus, zat tepung (bener ga ya) dari dalem singkong keluar dan bikin kuahnya agak mengental gitu..hmm..yummy.... Kaya gini neh jadinya...




3 komentar:

Dhika Ranti Paramita & Arvianto said...

aku juga sering bikin ini mama sari..
kalo si mba pulang kampung sering bawa singkong segambreng,, jadi di bikin ini..
atau kalo nggak singkong nya di rebus pake gula merah sampe mengental,, trus di goreng deh,,

Dian said...

Apapun namanya kalo singkong seperti itu cara mengolahnya ya hampir sama seperti kolak singkong cuma di modifikasi aja jadi namanya beda tapi itu gak penting apapun namanya yang penting rasanya yang makyuzzz

sari said...

@ Anthie:waah boleh juga tuh dicoba..thanx ya...
@ dian :iya mbak....singkong diapa2in enak..gampang pula ngolahnya..dan rasanya enak..murah meriah hehe...

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh