Home

Thursday, November 26, 2009

Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Setelah bayi dilahirkan, diletakkan di dada ibu, si anak berusaha mencari puting si ibu, prosesnya bisa cepat bisa juga lama, semua orang menunggu sampai si anak berhasil meraih puting si ibu untu pertama kalinya....kira-kira itu gambaran proses IMD (Inisiasi Menyusu Dini)

Dengan melakukan proses IMD, banyak manfaat yang didapat, diantaranya (menurut penelitian) adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh si bayi terhadap penyakit-penyakit yang berisiko kematian tinggi. Misalnya kanker syaraf, leukimia, dan beberapa penyakit lainnya.

IMD juga menambah kedekatan antara ibu dan bayi, di mana hal ini sangat penting sekali karena terbukti bayi yang dipisahkan dari ibunya, kondisinya langsung drop 25%. Bayi merasakan kenyamanan ketika di dalam kandungan, dengan IMD, bayi tidak akan kaget dan mudah beradaptasi dengan dunia luar.

Selain itu, dengan melakukan proses IMD bayi akan mudah menyusu sehingga kegagalan menyusui dapat dicegah. Kolostrum yang keluar saat awal menyusui ini juga sangat bermanfaat bagi bayi karena banyak mengandung zat-zat antibodi yang penting.

Naahhh...berhubung sebegitu pentingnya proses IMD, pengennya sih mengalami proses yang sama pas lairan nanti, dan Alhamdulillah ketika aku tanya ke RSB biasa aku preksa, ternyata memberlakukan IMD, jadi kalo tidak ada halangan Insya Allah proses IMD bisa dilaksanakan.

Untuk lebih jelas mengenai proses IMD, bisa dilihat di sini

0 komentar:

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh