Home

Thursday, November 26, 2009

Tentang Persiapan Menyusui




Si dede bowie bentar lagi lahir, siap-siap jadi ibu perah nih hehe....

Semua ibu punya cita-cita pengen nyusuin anaknya dong, udah pasti (eh...emang ada yang nggak ya?). Kalo aku sih pengen banget, setelah melihat berbagai manfaat ASI buat bayi. Dalam hal ini ASI exclusive (ASIX).

Kebetulan sejak hamil brapa bulan dah rajin banget ngumpulin artikel soal Menyusui ini, dan ternyata banyak yang belum aku tahu, dan agak kaget juga hehe....diantaranya adalah:

  • Tentang istilah ASIX, dulu, setauku si bayi yang dikasi ASI pokoknya disebut diberi ASI exclusive, padahal kan ngga, disebut ASI exclusive kalo ga dicampur dengan susu formula...hehe...
  • Trus, ternyata ASI itu bisa diperah dan disimpan untuk kemudian diberikan pada si bayi. Penyimpanannya juga dengan waktu bervariasi, sesuai suhu yang digunakan buat menyimpan. Pas banget buat ibu bekerja.

Trus, semakin tertarik deh ngumpulin artikel mengenai ASI, ASIP, ASIX, pokoknya all about ASI deh. Diantaranya (silakan di klik buat melihat isinya)
Dan, masih banyak lagi, tapi artikel di atas yang terpenting.

Wuah banyak nih yang harus disiapin, dari mulai peralatan, dan yang terpenting mental. Iya, mental, itu yang sering disebut-sebut di artikel kalo pada dasarnya semua ibu dianugerahi "2 pabrik susu" dan semua bisa memberikan buat bebinya, bahkan yang memiliki permasalahan dari mulai Payudara kecil, puting melesak ke dalam, semuanya bisa memberikan ASI, wow....

Seru dan terharu juga liat blog ibu2 yang berjuang memberikan ASI exclusive, pengen banget bisa kaya mereka, harus pede nih...Insya Allah, semoga aku bisa ngasi yang terbaik buat anakku.

Sementara ini persiapan pemijatan dan pengompresan dah dikit2 mulai dilakuin buat memperlancar ASI, trus juga mulai ngumpulin botol kaca UC1000 buat nampung ASIP. Lumayan udah dapet selusin hehe....buat bekal si dede kalo dah mulai ditinggal ngajar nanti. Alhamdulillah, ngajar juga ga full-full amat, jadi ninggal rumah cuma bentar2 aja, masi bisa nyusuin.

Meniru pengalaman temen yang juga dosen, tiap jam selesai mengajar dia pulang buat nyusuin, kebetulan rumah deket dengan tempat ngajar hehe....ikutan semangat nih...

Oiya temenku ini juga pesen kalo ngasi ASI exclusive biasanya masih dianggap yang gimana gitu...hari gini kok ngirit amat, kan banyak sufor yang bagus-bagus. Pesennya sih jangan didengerin omongan minor kaya gitu, ASI-lah yang terbaik. Trus jadi kepikiran, kayaknya iya deh. Pas aku cerita sama nyokap soal menampung ASI aja nyokap malah heran, masa sih ASI bisa disimpen, emang masih bagus dikasi buat bayi? Ya dijelasin lah, sudah ada penelitiannya dari WHO tentang Menyimpan ASI ini, asal dengan prosedur yang tepat ga masalah.

Trus sodara sepupu ada yang bilang selama ngasi ASI juga dicampur susu formula, sama kadang pisang yang dialusin, padahal bebinya masih belum 6 bulan. Katanya si kasian kalo selama 6 bulan si bebi cuma ngandelin ASI aja, tar kelaperan. Haduuuhh....jadi bingung juga...

Tapi Insya Allah memang ASI yang terbaik, di Alqur’an juga ada kan perintah buat menyusui, bahkan sampe 2 tahun. Hmmm....mudah-mudahan bisa sampe segitu. Bercita-cita boleh dong.. :)

Harus siap-siap doyan sayur, minum sari kurma, dan yang terpenting percaya diri bisa memberikan ASI.

Ya Allah, lancarkanlah ASI-ku sehingga aku bisa memberi yang terbaik buat anakku, amiinnn....

SEMANGAT!!!!!!

1 komentar:

teefa sinatriya hakim said...

amiiiiiiiinnnn juga...
kalo aku malah niat banget jd stay home mum biar bisa full buat ngurus anak.dan yg paling susah emang 'nutup kuping' dr omongan orang termasuk mama sendiri.
oiya,soal yg IMD itu suami diajarin juga mbak.jadi ntar kalo abis lahiran ada yg bantuin ngingetin org RS buat IMD.yaa jaga2 takut kalo ada yg lupa.sapa tau juga kitanya udah lemes duluan.

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh