Home

Sunday, November 22, 2009

Yang Sebaiknya Dilakukan Menjelang Persalinan

Nemu artikel bagus mengenai hal-hal yang harus bumil lakuin di minggu-minggu terakhir menjelang persalinan, kira-kira, aku dah nglakuin blom ya..coba di cek yuk....*gaya*

(Oiya, artikelnya diambil dari sini http://dep.blogsome.com/2008/07/24/menjelang-persalinan/)


Menjelang Persalinan

Ada beberapa hal penting untuk dikerjakan bagi ibu hamil pada tri semester terakhir, terutama menjelang kelahiran putra tercinta, untuk dapat melakukan persalinan normal dan dapat dilakukan dengan lancar. Berikut ini saya bagikan tipsnya:
1. Siapkan nama untuk calon buah hati tercinta. Siapkan nama untuk anak laki-laki dan untuk anak perempuan. Kecuali jika anda sudah yakin benar dengan hasil USG akan jenis kelamin bayi yang sedang anda kandung. Jika anda masih kebingungan mencari nama untuk calon buah hati tercinta, artikel saya sebelumnya yang berjudul "Name for your Baby" mungkin perlu anda tinjau kembali
Saya: Insya Allah sudah, walopun masih bingung susunannya, bolak-balik, tapi udah fix, susunannya 4 suku kata itu (sebenernya pengen tiga aja, tapi gpp deh tambah satu hehe....soal nama bebi cewe juga sudah disiapkan, just in case....hasil dari browsing internet sama buku nama bebi.)

2. Mulai siapkan keperluan untuk bayi anda kelak. Buat daftar keperluan bayi, dan jika anda mempunyai waktu luang, manfaatkan untuk berbelanja keperluan bayi. Kegiatan berbelanja sebaiknya dilakukan pada awal tri semester ketiga, karena pada akhir tri semester ketiga, ibu hamil disarankan untuk banyak beristirahat, karena kondisi tubuh yang lebih gampang merasa capek.
Saya : Udah banget, hehe...dan Insya Allah dah lengkap (dengan tetap mempertimbangkan item2 yang bakal dapet dari kado ntar). Belanjanya dicicil sih, ga langsung. Dan emang bener banget, belanja idelanya begitu masuk usia 7 bulan, kalo dah terlalu hamil gede, capek boo...minggu2 terakhir mending dibuat persiapan lairan yang bisa dateng kapan aja.

3. Pada bulan terakhir trisemester ketiga, perbanyaklah kegiatan senam hamil, yoga dan jalan-jalan pagi. Dan bagi ibu-ibu yang punya waktu lebih luang, lakukan kegiatan mengepel lantai, yang bermanfaat untuk menata posisi bayi di dalam kandungan agar bayi "mapan" di jalan lahir. Tetapi ingat, pada bulan-bulan terkahir, jangan terlalu banyak melakukan pekerjaan berat.
Saya: Rajin senam hamil emang iya banget, hehe...walopun cuma seminggu sekali, itupun dengan alesan, habis senam hamil biasanya jalan-jalan trus jajan hehe..... Kalo jalan-jalan pagi paling di sekitar rumah aja, kalo masalah mengepel, ga pernah tuh hehe...males. ALhamdulillah posisi kepala bayi emang dah bagus, dah di bawah.
Soal jalan-jalan juga, sebenernya niat banget sih kalo diajak jalan-jalan ke mall hehe...tapi seringnya kalo dah di mall gitu jadi lupa daratan, ga mau pulang-pulang, alhasil kecapekan, dan akhirnya suami agak males kalo diajak jalan2 ke mall gitu sekarang ini :( kawatir kalo akunya kecapekan, plus boros juga sih hehehe......

Pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan:
4. Atur posisi tidur anda dengan posisi miring ke kiri, posisi kaki seperti memeluk guling, tetapi jangan menggunakan guling untuk mengganjal perut anda.
Saya : Wah, kebalikannya, kalo tidur emang suka miring ke kiri, tapi ga nyaman kalo ga sama guling, jadi mesti meluk guling. Ga tau ada pengaruhnya apa nggak, yang jelas aku nyaman banget dengan posisi ini.
5. Pada waktu luang anda, duduklah pada kursi yang memiliki sandaran, dengan menghadap ke sandaran kursi tersebut, dengan posisi tangan di atas sandaran kursi.
Saya : Ga pernah, duduk biasa aja...
6. Untuk mempercepat lahirnya bayi anda ke dunia, sering-seringlah melakukan hubungan suami istri.
Saya : Ehm...maaf maaf, sama halnya yang dirasain sebagian bumil yang udah gede gini, biasanya ada keengganan melakukan ML, karena perasaan ga nyaman, dan suami juga ngerasa ga tega hehehe...(tapi kalo memang sangat disarankan biar bebinya cepet lahir, ya dipertimbangkan hihihi...)
Tiga hal tersebut bertujuan agar bayi segera berada pada posisinya, yaitu kepala bayi berada pada jalan lahir, dan juga bertujuan agar anda dapat melakukan persalinan secara normal dan lancar, terutama untuk ibu hamil yang baru pertama kali akan melahirkan.
Semoga bermanfaat…
Ya itu deh Yang Sebaiknya Dilakukan Menjelang Persalinan (disesuaikan dengan apa yang udah daku lakuin :)
Semangat!!!!!

0 komentar:

Share It

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh