Home

Thursday, December 17, 2009

Cerita Persalinanku



Alhamdulillah, bisa nyempetin waktu dikit buat online, di sela-sela Hafizh bobo’ hehe....
Sebenernya agak yang gimana gitu mau cerita..jadi melow..pengen mewek juga...

Minggu yang lalu saat kehamilan dah memasuki usia 40 minggu, cemas dan khwatir banget. Temen2 seperjuangan dah pada nglairin, mereka rata2 maju seminggu/2 minggu.

Memang sih....blom lewat HPL (HPL 9 Des). Tapi tetep aja harap2 cemas.


Sabtu tgl 5 Des masih sempe kondangan sepupu (dengan Kamis dan Jumat yang full acara di rumahnya, aku ikut juga ke sana)..ga berasa capek, makanya aku enjoi aja.


Minggu, 6 Desember 2009

Hari Minggu-pun masih sempet ikutan tes CPNS Pemkot Semarang. Alhamdulillah dapet tempat ujian yang deket rumah. Suami mau nungguin tapi aku bilang ditinggal pulang aja gpp, lagian tempatnya deket, kalo ada apa2 kan tinggal telpon.


Waktu tes, dede di perut gerak terus, kontraksi lumayan kenceng...sampe mringis2 tapi masih bisa ditahan. Sambil berdoa, keluarnya tar aja kalo ibu dah selese ngerjain tes ya nak..hehe....(nekat ya padahal itu dah 6 des, sementara HPL 9 des hehe....)


Alhamdulillah bisa lancar ngerjain sampe selesai, tapi soal hasil ya blom tau, yang penting bisa diselesein semua gitu...abis itu masih sempet bilang sama suami pengen jalan2 di Java Mall sekalian makan siang, hehehe...plus nyari DVD film baru (filmya Gerard Butler hihi...)


Minggu sorenya bezuk kakak ipar yang bed rest di RS, dan malemnya kondangan lagi di nikahan temen. Banyak yang heran, ini bumil dah deket HPL kok masih berkeliaran hehe....


Senin, 7 Desember 2009 Pagi

Perut mulai mules tapi masih jarang frekuensinya. Masih sempet ngrapiin pakean yang udah disetrika, sok sibuk lah pokoknya.
Coba SMS dsog..katanya kalo emang dah kontraksi teratur Selasa bisa langsung ke RS. Masih sempet bobo siang, kebetulan hubby sift malem, jadi pas di rumah juga.

Sore, jam 16.00


Sore bangun tidur, siap-siap mandi. Pas di kamar mandi, kok ada flek..dikit tapi warnanya merah banget..sempet kaget tapi mencoba tenang.
Habis mandi, bilang ke hubby, kalo ada flek...trus langsung deh ke RS sore itu juga.Pamit ke nyokap, tar nyokap nyusul.

Perjalanan ke RS lumayan mules..sampe di sana langsung disuruh masuk ke R. Bersalin, buat di cek dah ada bukaan pa blom. Stelah di cek ternyata bukaan 1 longgar. Disuruh nunggu dr-retno (my dsog).

Jam 16.45


Nunggu di R. bersalin, deg2an...akhirnya dr retno dateng, pas dia dateng, tiba2 berasa ada yang mengalir kaya pipis..aku cuma njerit pelan “Lho..lho dok..kok saya pipis” plus kaget, kaya ngompol ga tertahan. Ternyata ketubanku dah pecah.
Karena ketuban dah pecah, dah ga boleh turun dari tempat tidur lagi, langsung dikasi obat buat biar mules dan cepet bukaan (karena ketuban dah pecah)...langsung mules...tapi masih bisa dihandle...

Sambil disuapin suami, ngbrol ma suami....plus update status FB hehe.....

Sekitar jam 19.00


Dicek dah bukaan 6 kali..termasuk cepet kata bu bidan, mengingat ini anak pertama. Mulai deh mulesnya semakin sering dan “mblandreng” kalo orang jawa bilang, nyeri luar biasa di pinggang dan punggung...sudah mulai remes2 apa aja yang di deket aku, ya tangan suami, ya bantal, sambil terus baca sholawat, istighfar,al fatihah..pokonya sebisanya aku...

Yang masuk RS bersalin kebetulan cuma boleh 1 orang, jadi suami gantian sama bapak sama ibu..
Oiya, bidan selalu meriksa dah bukaan berapa dengan merogoh miss V....hoadooh itu sakitnya luar biasa...

Menjelang bukaan 9-10 itu berasa banget..mules kaya pengen pup gede..pengen ngeden sengeden2nya tapi blom boleh...katanya tar bengkak dan si dede makin susah keluar...berusaha manut tapi ga bisa..curi2 ngeden dikit hehe...dimarahi bu bidan...


Tiap kontraksi en mules dateng tarik napas panjang..oiya..karena napasku pendek2..aku dikasi selang oksigen.. Ampun..sakitnya....tapi demi bukaan lengkap yang bentar lagi datang, ditahan mati2an..sampe teriak dikit, pokoknya yang penting ga ngeden....suami mulai di R bersalin seterusnya...sementara bapak ibu..kakak2ku..om dan sodara yang lain menunggu di r. tunggu....

Sekitar jam 21.00.

Bu bidan dateng dan ngecek pembukaan, ternyata dah lengkap...alhamdulillah, dsog masuk dan semuanya siap...lega deh, akhirnya proses pembukaan selesai..saatnya ngeden...
“ya sekarang ngeden yang kuat..dengerin aba2..” Mulai deh dibantu bidan di kiri aku, dsog di kanan aku, sementara suami di samping sambil mbantu aku nunduk...sambil ngasi semangat..

Ngeden..ngeden..dan ngeden....entah sampe berapa kali sampe kurang lebih 1/2 jam aku ngeden...ga ada hasil...aku berulang kali tanya...”udah keliatan dok..” dokter bilang belum... ada bidan yang nangkring di atas kepalaku yang ikut ndorong bayi dari atas...ga berhasil juga...aku dah mulai kehabisan napas dan kelelahan..mana ada ngejenku yang salah pula....

Tiap saat detak jantung bayi diperiksa...ga tau kenapa dedek di dalem kok ga ikut gerak ya...kan katanya si dede ikut gerak..kita cuma bantu aja... Aku dah bingung setengah mati kenapa dedek ga turun juga...kata dokter kalo di vakum pun blom bisa soalnya si dede blom turun...intinya ngedenku ga berhasil apa2....

Suster bantu ngasi semangat...ayo ibu..sayang lho..ibu dah bukaan 10..cepet lagi...usahakan bisa normal..aku dah desperate...sampe akhirnya dr. bilang si dede ga boleh kelamaan di dalem, tar bisa biru...dan ngedenku dah kelamaan...sempet bingung kok aku ngden lama padahal ada yang cuma ngeden 2-3 kali bebi langsung keluar..Ya Allah gimana ini...tetep berdoa dan suami tetep ngasi semangat.


Akhirnya setelah sekian lama ga berhasil, diputuskan operasi...lagsung luluh lantak...kayaknya merasa ga berguna ..wong tinggal ngeden aja kok ga bisa...hiks..tapi semua demi si dedek...ga baik kelamaan di dalem...
Aku sempet bilang sorry sama suami karena si dede ga bisa lahir normal, tentu saja suami bilang “ Gpp..yang penting keselamatan si dede’...iya juga sih..akhirnya pasrah.

Sementara nunggu dokter bedah, anestesi, dll dateng...aku ngeden2 sendiri..siapa tau bisa..gila gak sih....


Akhirnya setelah operasi selama kurang lebih 1/2 jam jam 22.04 lahirlah permata hati kami dengan berat 3,4 kg dan panjang 51 cm....tangisnya kencang..(aku dibius lokal jadi bisa denger) tapi berasa nggliyer juga...sempet ditunjukin bebinya...aku cuma berucap syukur alhamdulillah dan tanya..sehat kan dok..lengkap kan? hehe....

Langsung dimandiin, diadzani..oiya..dah ga kepikiran IMD, aku udah thele-thele, gagal total pokoknya....kaya orang mabok antara sadar dan enggak...tau2 dah di kamar pasien....


Selasa, 8 Des

Paginya si adek dianter ke kamar, aku blom boleh turun karena masih diinfus sama dikateter. Alhamdulillah pagi itu pertama kali aku dan suami liat si dede...ganteng...sehat...bonus lesung pipit hehe...seneng banget...
Langsung deh poto2an sama si dede’ hehehe.....

Banyak yang njenguk, sodara, temen, tetangga...dan banyak cerita yang dibagi. Sebenrnya ada masih tersisa kekecewaan terbersit tentang peristiwa di r.persalinan senin malam itu...masih heran kenapa ya aku ga bisa ngelahirin normal..padahal bukaan dah lengkap, bayi ga sungsang...kehamilanku juga ga bermasalah...tinggal gong-nya aku gagal...hiks...kyaknya aku merasa kurang berjuang gitu...ga tau deh..

Trus kayaknya sia-sia aja selama ini aku senam hamil, jalan pagi, baca artikel2 hamil sehat dan persalinan normal...pokoknya merasa gimanaa gitu...yang lain bisa lairan normal sementara aku yang selama kehamilan sehat2 aja kok malah ga bisa normal, tapi mau gimana lagi...demi keselamatan si dede'


Temen/sodara yang njenguk semua menghibur, “gpp yang penting anak ibu selamat, ngelairin sesar ato normal sama2 perjuangan seorang ibu..”

Tapi ada yang nyebelin juga..yang bilang gini “Wah kalo tau akhirnya harus disesar, mending dari awal aja ya mbak...ga usah pake ngrasain sakit2 sampe bukaan 10, sakitnya dobel” ..huh...kita kan emang ngarepin lair normal....mana tau kalo ada kejadian kaya gini...


Ya emang...aku ngalamin dua-duanya...ya sakit menjelang persalinan normal...ya sakit karena harus disesar...tapi ga masalah..semua sakit itu terbayar jika melihat dede’ tersayang yang sehat dan lucu.


Akhirnya kami sangat bersyukur atas kelahiran si dede’ ganteng yang kami beri nama “HAFIZH ABHINAYA PRADIPTA WIBOWO”


Hafizh dari Bahasa Arab yang artinya menjaga atau melindungi

Abhinaya dari Bahasa Sansekerta artinya semangat

Pradipta dari bahasa sansekerta artinya cahaya (bisa juga anak pertama)

Wibowo...nama bapaknya hehehe....

Just the three of us



Next...cerita minggu2 pertama bersamad’baby....

8 komentar:

d'Happy Couple said...

hehehe,, iya lahiran normal tau sesar sama aja ya...
yang penting si dede nya ga knapa-knapa...
hhohoho,, semakin banyak nih kandidat calon pacar nya Aurel (wakakakakkakk)

sintia palumbo said...

selamat ya mbak...aku juga pengennya lahiran normal..doakan yah, baby hafizh lucu banget, udah keliatan cakepnya hehe

Icha said...

@Anthie
Hihihi jadi dirimu mo besanan ama sapa Sis ?. Tinggal pilih ajah deh si Aurel nti. Hehehe...

@Sari
Iyaahh say, sama ajah mo normal / cesar. Yang penting kita udah berjuang maksimal dan smua sakit udah ga b'ati apa2 lagi yah setelah liat cii dede. Hihihi...lutuuu banget ciii baby Hafizh...Muaahhh dari tante Icha & baby Zaki yaahh sayaaanggg...;-*

sari said...

@Bubun Aurel: iya setuju...semua perjuangan hehe...wah aurel dirbutin banyak cowo nih hehe...biarlah ia kelak yang menentukan *halah...hehe...*

@Mba Sin: Makasih ya mbak..salam kenal ya..iya semoga tar lairan lancar ga ada kendala...banyak berdoa ya...iya ni udah keliatan cakep kayak sapa ya hehe...

@Bunda Zaki: Iya btul btul....salam sayang juga ya tante icha dan mas zaki.. :)

Dian said...

Selamat ya atas kelahiran putra pertamanya ! Salut benar2 perjuangan seorang ibu !

namaku wendy said...

subhanallah alhamdulillah, selamat yah mbak gpp operasi juga yg penting si ibu dan adek sehat ^_^ wen terharu wis mbaca cerita persalinannya, jadi degdega'an nunggu giliran nih hehehe
iyah ih ddnya cakep hihihi

ke2nai said...

selamat yaaaa... jd inget pengalaman sy sendiri wkt ngelahirin anak pertama. dr bukaan 1 sp 10 juga cpt, cuma 5 jam. tp krn babynya gak bs keluar juga akhirnya caesar.

sempet ada penyesalan juga sih.. tp yg penting selamat dua2nya deh.. skrg sih sy ambil positifnya aja, walopun anak yg ke-2 juga lahir caesar tp setidaknya kan juga sempet ngerasain gimana rasanya mulesnya org normal :D

sari said...

@ Mba dian:makasih ya mbak :)

@wendy: makasi mba wen...semoga tar persalinannya lancar ya...calon dedeknya cewe pa cowo nih..(kali aja bisa besanan) wkwkwkwkkk....

@Bunda Ke2nai: wah kok sama persis ya pengelaman persalinannya...iya sempet kecewa juga (berarti wajar ya..) tapi yang penting semua sehat dan selamat...pengen nambah lagi gak bun..hehe...

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh