Pages

Tuesday, December 7, 2010

Ulang Tahun 1 Hafizh

Alhamdulillah ya Allah..ga terasa setahun sudah si kecil HAFIZH ABHINAYA PRADIPTA WIBOWO menemani hari-hari kami. Kebahagiaan tak terhingga yang dia bawa ke tengah-tengah keluarga kami. Walaupun sebagai orang tua baru kami harus banyak belajar untuk menjaga dan mendidik titipan-Mu ini.

Ya, hari ini tgl 7 Desember Hafizh-ku genap berusia 1 tahun. Yiippiee..dah bukan bayi lagi nak..hehe.Ga ada perayaan apa2 kok, cuma bagi-bagi nasi kuning aja ke tetangga sama makanan2 kecil. Ga sempet (apa males? hehe) bikin2 isi gudibeg yang lucu2...sebenernya pengen juga sih, hehe...

Jadi inget hari ini setahun yang lalu, setelah minggunya ikut tes CPNS ditemani rasa kruwel2 di perut yang menggila, akhirnya sore sekitar jam 4, mulai deh tuh nge-flek. Langsung cabut ke RS, disana ketuban pecah di bukaan 1, yang mana si bebi harus sgera lahir. Jam 9 malam bukaan dah sempurna tinggal ngeden, apa daya tenaga dah habis, dikasi oksigen pula, d’baby ga mau ikutan gerak dorong, akhirnya karena takut bebi kelamaan di dalem, diputuskan buat SC. Alhamdulillah, jam 22.04 lahirlah si ganteng (bonus lesung pipit-kata dokternya) lahir ke dunia. Alhamdulillah sehat, bayi dan ibunya.

Eee...tau2 dah setahun aja, kadang ngerasa takjub, amazed, liat ada anak kecil bobok di tempat tidur kita. Si ayah sering becanda, suka tanya gini “yang bobok di kasur tuh sapa sih?” hahahaha....

Di umur setahun ini, Hafizh udah ngapain aja? Udah banyak maunya yang jelas hehe...Milestone anak kan beda-beda ya, jadi ga terlalu parno gimana liat anak yang misalnya udah bisa jalan di usia yang blom genap setahun, sementara Hafizh masi rembetan, asal wajar ga terlalu khawatir sih..

  • makin susah bobok siang, maunya main melulu
  • liat iklan di tipi makin hobi, kadang sampe ngowoh, begitu iklannya selesai. filmnya malah dicuekin sama dia, sampe iklan yang sunsilk “Fransesca fusco” aja dia apal, langsung deh noleh begitu ada iklan itu hahahaha
  • kalo di bilang “Allahu akbar” dia langsung angkat tangannya kaya takbir, tapi ditempelin kepala doang blum bisa sedakep, jadinya kaya kepala pusing gitu haha
  • Begitu juga kalo liat yang kung-nya pake koko sama peci langsung deh dia meragain gerakan takbir. Ada kejadian lucu, waktu ada acara masak di tipi, kan kokinya pake topi putih tu, eh dia langsung meragain takbir hahahaha....dikira orang mau sholat pake kopiah kali ya
  • Kata-katanya banyak yang baru, tapi ga ada yang ngerti itu apaan.. hehe...
  • Mulai tertarik sama gambar2 di buku ato majalah, tadinya kan cuma diuwek-uwek aja, sekarang liat sambil nunjuk plus ngoceh2 ga jelas hehe...
  • Kemarin coba bikin cemilan sayur, wortel buncis brokoli dikukus dikasi ke dia, eh dia doyan...biasanya kan dicampur dibikin sup ato apa, ini dimakan gitu aja ternyata mau juga *girang*
  • Udah bisa makan sendiri pake garpu (plastik). Makanannya dipotong kecil2 terus ditusukin ke garpunya dia (kadang dia sendiri yang nusuk, kadang bisa kadang enggak) trus “haapp..” masuk deh ke mulutnya hehe...Tapi syangnya blom bisa ngontrol, jadinya maunya dimasukin terus tuh makanan, padahal mulutnya dah penuh.
  • Ini nih yang masih jadi misteri, bobok malem masih suka kebangun-bangun, bisa lebih dari 3-4 kali, emaknya yang kkriyep2 deh...untung masih ASI, jadi tinggal sodorin anteng lagi deh hehehe....ada tips ga ya biar boboknya nyenyak, kan udah gede gitu hehe...
  • Giginya udah 6 biji, 4 di atas, 2 di bawah. Tapi yang bawah miring2 gitu hiks...Suka gigit2 sadis, sakitnya aduhai...apalagi kalo pas nenen, tapi berusaha nahan (terutama pas nenen), soalnya pernah denger cerita temen (plus nasehat), temenku ini teriak pas anaknya gigit nipple-nya, eh si anak langsung kaget dan trauma dan langsung ga mau nenen lagi,ksian kan...jadi ditahan2in dikit aja sambil si bocah dikasi tau (mudah2an dia ngerti hehe..)

Yaa..meskipun blom bisa jalan, tetep aja masih bikin emaknya (ato yang ngawasin) ngos2an ngejar dia, ujug2 nempel di pinggiran meja, lepas tangan...ketawa2..padahal akunya ketar-ketir kalo nggeblak ke belakang hehe...

Selamat ulang tahun ya naaakkk...tambah pinter, sehat selalu, sayang sama ayah ibu, jadi anak yang soleh, emmwwuuuuaaaaahh

He's not a baby anymore, he's toddler now...

Saturday, November 27, 2010

Gundul Lagi



Dengan alasan supaya tar numbuhnya lebat, akhirnya digundul lagi deh...:( sebenernya kasian...ini ide eyangnya hehe....tapi ya udah..pasrah aja...tapi walopun gundul, masi tetep ganteng kok hihihi.....


Ini eyangnya sendiri (eyangtinya) yang nyukur. Ga pake ke salon apalagi embah2 dukun pijet yang dulu nyukur Hafizh. Eyang kung yang gendong, eyangti yang nyukur hehe...akunya pas lagi kerja, jadi pulang2 langsung surprais liat Hafizh yang dah bobok dan .... gundul...hehe...

Si Ceriwis

Katanya cuma bebi cewek yang bakat ceriwis...eh siapa bilang...
Hafizh kok ceriwisnya banget banget yah...
Siapa aja yang lewat depan rumah slalu dipanggil
Tadinya sempet amazed waktu ada anak tetangga usia SD gitu lewat depan rumah dan ia panggil "mbaaaakkkk"...pinter skali kamu naaaakkk...

Ternyata eh ternyata, mau yang lewat anak cewek, anak cowok, bapak2, embah-embah semua dia panggil "mbaaaakkkk..." haha..

Lagi suka nunjuk-nunjuk (dengan ibu jari diacungin) plus bilang..."hoo hoo..apah apah..." ntah maksudnya apa...pokoknya kita asal jawab aja..."ooo itu ayam..ooo itu pus (kucing) haha...sotoy banget ya kite...

Kalo ada kucing trus aku bilang "puuussss" dia ikutan tapi yang keluar "puuuuuuhhhh"
Kalo ada ayam, tangannya langsung methetin (petik jari) hehe...

Udah mudeng istilah "maem" tapi yang keluar biasanya cuma "maam". Setiap dibilang "maem yuukk" dia jawab "maam maam".
Kalo liat orang lagi makan juga bakal diteriakin"maamm" ujung2nya dikejar deh..dimintai sama Hafizh hahaha....*malu2in emaknya hihihi*

Oiya, kalo makan sesuatu pasti dia bilang"naaaakkkk....." hehe...(maksudnya enak), padahal blom tentu makanannya enak kan hehe...emang sempet diajarin sih, dipancing pancing "enak???"

Trus, kalo ngoceh yang ngga jelas gitu banyak sih...ga mudeng emaknya makanya gak di list haha...biasanya (kalo di rumah eyangnya), berdiri di pinggir jendela, lihat keluar langsung deh...ngoceh sendiri.

Trus, seneng main mobil-mobilan sambil mulutnya keluar bunyi "ngeeeengg...ngeeeng...". Tadinya sih lihat kakak sepupunya, lama-lama dia ikutan hehe...

Thursday, November 11, 2010

Baru sembuh ; Review 11 bulan

Judul yang aneh hihi..maksudnya ini posting borongan gitu hhehehehe....

Kurang lebih 2 minggu yang lalu Hafizh sakit. Panas adem gt deh. Sampe 3 hari ga ilang panas ademnya akhirnya dipreksain deh. Selain panas Hafizh jg muntah terus, pupnya encer ijo gitu. Feeling ku sih apa keracunan atau salah makan, pokoknya kemasukan bakteri lah. Kan Hafizh lagi suka gigit2 sama ngemut benda apa aja.

Menurut dokter Hafizh kena gejala muntaber, hiks sedih. Sampe rumah dan 2 hari kemudian muntahnya masih terus aja, ditambah batuk pilek juga. Kesian banget, pileknya pas malam semakin menggila. Hidung mampet sampe nenen aja dia ogah. Bingung. Akhirnya karena keadaan ga berubah, masih muntah terus akhirnya coba di tes lab, takutnya knapa2 (tipus ataw DB). Alhamdulillah semua baik hasilnya. Dan setelah itu berangsur-angsur membaik.

BBnya sempet turun dari 9,5 kg jadi 9 kg. Keliatan tirus mukanya, badannya juga lemir (lunglai). Tapi alhamdulillah setelah sakit itu sekarang nafsu makannya dah kembali, maemnya dah banyak. dah lincah main2 lagi, dan kemarin ditimbang BBnya dah 9,5.

Selain mamnya banyak, dia juga suka nyemil. Pipinya jadi gembil lagi deh :p

Lagi seneng2nya tetahan..ini lagi ditetah sama kakungnya (matanya jangan melotot gitu dong cay..hihi)

Owwiya..sekarang Hafizh dah 11 bulan lho...(review 10 bulan terlewatkan hehe).
Sekarang udah ceriwis banget. Tiap liat orang maem heboh sendiri, teriak-teriak pengen ikutan maem hihihi...tiap orang lewat depan rumah juga suka dipanggil panggil (eh eh..atau apa apa apa...).
Sukaa banget liat iklan di tipi, terutama iklan yang anak anak gitu. Pernah pas nenen di tipi ada iklan Dancow yang “susu ga usah manis-manis kan kita udah manis” langsung deh nenenya dilepas dan liat itu iklan.

Dulu sukanya iklan Sosis Sinta Jojo, sekarang semakin banyak iklan yang jd kesukaannya (suka dia liat). Mungkin karena iklan kluarnya sering jadi lagunya apal yaa...

Oiya lagi, sejak sakit kemain itu ga mau ngedot, kalo dikasi dot dibuang atau nangis nolak nolak. Akhirnya disendokin dan coba diajarin pake sedotan, eh ternyata semakin ke sini semakin jago pake sedotan hehe....dotnya pensiun dini jadinya :)

Hhhhhmmm enyaaakkk...(meskipun mbleber dikit minumnya)

Sekian postingan ngalor ngidul ini hehehe....

Tuesday, October 26, 2010

Hafizh dan Dadaaahhh....




Menceritakan apa yang terbaru dari si kecil memang ga ada bosennya (yang bosen yang baca mungkin, hehe..). Sekarang bisanya apa aja...kayaknya seru dan exciting banget. Berharap juga bisa (selalu) menjadi orang pertama yang menemukan kebisaan terbaru si kecil...semoga :)

Sekarang ini Hafizh lagi seneng2nya dadah alias melambaikan tangan. Begitu diajarin alhamdulillah bisa dipraktekin dengan sangat rajin. Kenapa rajin? Karena ga cuma orang tertentu yang dia kasih "dadah" namun juga orang-orang yang ngga kita sangka bakal dapet dadah juga dari dia.


Yang lucu nih, dia akan mulai dadah jika :
  • Orang yang mau pergi memakai helm di hadapan dia, langsung deh tangannya dadah. Kebiasaan sama ayahnya gitu, tapi ga cuma sama ayahnya, sama kakung atau yangti, dan pakdhenya juga gitu, pokoknya orang yang pake helm harus dikasi dadah :)
  • Begitu dia denger ada suara motor distater. Saat motor tetangga distater dan kedengeran sampe ke rumah ia akan langsung melambai-lambaikan tangannya hehe...padahal dia ga lihat wong lagi di dalem rumah, jadi ga jelas dadahnya sama siapa
  • Jika melihat ada orang naik motor, siapa aja..langsung deh dia dadah, padahal orangnya juga ga liat hahahaha....Pernah tuh kapan ya, abis belanja di tukang sayur yang keliling naik motor, begitu si tukang sayur menstater motor mau pergi lagi, eh si Hafizh dadah juga...co cweet hihihi...
Trus soal kiss bye alias cium jauh, lumayan bisa dipraktekin, cuma bisanya sampe nempelin tangan di mulut doang, jadi nggak dilambaiin seperti seharusnya.

Lucuuu deh liat tangan mungilnya yang dadah2 itu, ga cuma satu tangan tapi dua-duanya buat dadah semua, hihihi...

Sekian dan terima kasih :)

Tuesday, October 19, 2010

Arti Sahabat



Dapet award nii dari Bunda Fisa/Luna..awardnya plus tugas, tugasnya menjawab pertanyaan apakah arti sahabat? hhehehe...

Mumpung pas momentnya, mau ngomongin tentang sahabat sekalian aja kali ya...
Kalo tentang definisi sahabat sendiri, konon aku pernah baca begini : a friend is when you sing a song and forget the words, he/she can sing it back. Hahaha..bacanya di buku agenda sapaa gitu, pas jaman kuliah...lha kalo lagunya lagu dangdut, pada bisa bantu nyanyiin ga ya..hehe..malah ngelantur.

Jaman kuliah adalah masa paling seru menurutku, kenapa? Sementara anak lain mungkin kebanyakan masa paling menyenangkan adalah masa SMA. Kalo saya jujur pas SMA kuper banget, pendiem, penakut, agak penyendiri..jadinya punya temen ya biasa aja, ga ada yang spesial.

Di masa kuliahlah baru saya tau bener arti sahabat yang sesungguhnya, bener2 ngerasain suka duka bareng sahabat. Sahabat bukan cuma 1 atau 2 orang, melainkan 6 orang. Ya, kita bertujuh. Yang mana waktu itu kita bertujuh dijuluki seven munyuk..haha jelek amat ya namanya. Asal tau saja, munyuk means monyet. Ya gpp lah..yang penting kita bertujuh sebenernya cakep2 kok hahaha...

Dari mulai kuliah bareng, cabut bareng, jeng2 ke mall bareng, pokoknya semua bareng (ke toilet yang enggak bareng). Berantem pernah, tangis2an pernah, pokoknya kalerpul banget lah. Saya yang dulu kuper banget (walopun sampe sekarang masih) udah mulai bisa membuka diri, bisa nyaman dengan mereka dan bahkan katanya kalo udah akrab ternyata saya bisa juga “gila” hehehe...

Dan perasaan nyaman, percaya, secure sama orang lain ini memang baru saya temui di masa-masa bersahabat dengan seven munyuk ini.

Dan persahabatan kami, begitu eratnya, sampai wisudapun bita bisa barengan dalam satu periode. Kami juga pengennya dapet kerjaan dalam satu kota, biar kalo acara lunch bisa ketemuan gitu haha..tapi gak terwujud. Masing2 punya jalan sendiri2 di kota yang berlainan. Dan, rencana menikah barengan juga (sangat) susah terwujud..haha..ya iya lah.

Tapi sampai sekarang, kita tetep keep in touch. Banyak sarana mendukung, hari gini gitu loh..dan becandaan gila-gilaan masih bisa kita lakuin walopun via sms ato dunia maya. Jadi dulu waktu pisah kuliah sempet berpikiran “The Party is over” ternyata tidak, party kita tetep jalan kan gals?? (eh udah pada emak-emak ding hehe)

Hope this will last forever, miss u so much, dear fellow munyuks... :)

Kapan ya bisa bareng2 kumplit kaya gini lagi

Trus apa arti sahabat? Kalo menurut saya, di saat kita nyaman bersamanya, kita bebas mengungkapkan apa yang kita rasa tanpa harus takut, ragu, atau malu, trus bisa berbagi dalam segala suasana, suka maupun duka, bisa saling mengingatkan, bisa saling ledek tanpa ada yang marah, hahaha...Kira-kira begitu, soalnya itu yang saya alami bersama mereka.

Btw award ini boleh diambil sapa aja ya...

Friday, October 15, 2010

Balada si bercak merah


Malam takbiran lebaran lalu adalah malam takbiran paling bikin deg-degan kita (ayah dan ibunya Hafizh). Ini karena sudah 3 hari Hafizh demam yang kadang turun sendiri. Demam biasanya terjadi menjelang malam. Waktu itu kebetulan pas banget Hafizh habis dapet imunisasi campak. Tapi memang 2 hari sebelum imunisasi campak Hafizh sudah demam. Karena pas jadwal imunisasi Hafizh sudah nggak demam maka kita bawa ke bidan buat imunisasi campak. Entah kenapa setelahnya Hafizh malah demam lagi.


Kita kira ini akibat imunisasi, jadi ya penanganan pertama di kasi parasetamol dan kompres anget. Tapi karena panasnya semakin sering datang dan pergi kita jadi khawatir. Akhirnya di malam menjelang lebaran alias malam takbiran, kita bawa ke RS Elizabeth, karena kita yakin dokter pasti udah pada ga buka. Di RS juga langsung ke IGD karena poli umum&spesialis juga udah tutup.

Sampai di sana, Hafizh diperiksa dan dokter menanyai kita mulai kapan panasnya. Kemudian dokter menyarankan buat tes lab aja, ya sudah..biar yakin kita ikutin saran dokter. Kebetulan beberapa anak yang periksa dan tes lab hampir semuanya dinyatakan DB dan harus mondok, duuuhhh.... jadi tambah panik.
Hal yang paling bikin ga tega adalah sewaktu Hafizh diambil darahnya, ditusuk di lengan deket siku, disedot darahnya, ga tega banget, pengen rasanya ga ada di situ, tapi siapa lagi yang bisa nenangin Hafizh yang nangis kalau bukan ibunya.

Yang bikin bete, salah satu perawat bilang, “Wah kok kayaknya ambilnya terlalu dikit ya...ntar saya tanya petugas lab dulu ya bu...cukup apa ndak sampel darahnya, kalo ga cukup ya tar diambil lagi”

Aduh, pengen nonjok dia rasanya, ga liat apa anak seuprit gitu disuntik diambil darahnya ngerinya kaya apa perasaan kita sebagai ibunya. Tapi cuma bisa berdoa smoga sampel darahnya cukup. Dan ternyata alhamdulillah memang cukup jadi ga perlu ambil sampel lagi.

Kita menunggu kurang lebih 1 jam-an. Miris rasanya. Sementara di luar sana berkumandang takbir, di sini kita harap2 cemas di sela-sela takbir yang kami bisikkan. Akhirnya hasil lab keluar dan ternyata indikasi typus maupun DB negatif. Kata dokter, kalo 3 hari ke depan belum ada perubahan harus dibawa lagi ke sini. Karena gejala DB biasanya terlihat setelah 3 hari panas, sementara Hafizh panas yang terakhir baru 1 hari, 2 hari sebelumnya ga diitung karena Hafizh sempet sehat dan imunisasi campak.

Walopun belum sreg dengan hasilnya kita bersyukur, at least malam itu kita pulang dan rasa khawatir mulai berkurang. Dan paginya kita sholat id seperti biasa, Hafizh masih anget badannya, sampai lebaran H+2 masih anget, dan di lebaran ke 3 panasnya ilang namun muncul bercak-bercak merah di seluruh badan dan muka.

Kata orang2 ini yang namanya gabagen (Jawa). Ada yang menyarankan dikasi madu biar keluar semua, tapi aku nggak ikutin sarannya karena Hafizh masih blom ada 1 tahun, belum boleh mengonsumsi madu kan?. Hari-hari selanjutnya bercak mulai hilang dan Hafizh mulai ceria lagi. Alhamdulillah.

Setelah tanya ke bidan langganan Hafizh imunisasi, yang Hafizh alami bukanlah gabagen (campak) karena kalo gabagen biasanya disertai pilek batuk dan mata merah, sementara Hafizh enggak. Jadi itu sebangsa virus aja. Bingung juga sii ngebedain mana campak, rubella, atau roseola, karena gejalanya emang mirip-mirip, terutama bercak merahnya itu lho.

Dan setelah cari info browsing kesana kemari nemu info dari sini

Di situ dijelaskan mengenai ketiga penyakit (campak, rubella dan roseola). Kalo melihat gejalanya si kayaknya Hafizh kena roseola yang mana sebenernya ga perlu obat apa-apa. Cuma dijaga kondisinya aja, karena setelah panas turun, bercak yang muncul juga akan hilang dalam 2-3 hari.

Artikel diikut sertakan dalam Kontes Menulis: Ketika Anakku Sakit di Percik Keluarga.

Wednesday, October 6, 2010

DIY Project : Storage Box


Tsssaaahhh...judulnya gaya banget, padahal bikin kaya gini doang hehe...


Berawal dari keprihatinan seorang ibu yang sebel liat mainan anaknya slalu berantakan di mana-mana (iya, lebay..), akhirnya iseng2 bikin kotak buat tempat mainannya Hafizh ini.

Lagian memang akhir2 ini seneng banget main-main ke blog-blog DIY project/craft, jadi sekalian dipraktekin hehe...


Bikinnya jelas gampang (kalo susah saya ga mau dan males hehe), cuma bermodal kardus bekas, kain motif lucu, kain flanel, lem, double tape.
Cuma ditempel2 aja kok, yang rapi, dikasi hiasan dikit dari kain flanel, jadi deh...



Ini kardusnya bekas magic jar, merknya masih keliatan tuh hehe....
Hafizh juga muat lho masuk sini kekekekeke....




Naaah sekarang jadi lumayan rapi deh, walopun tar mainannya semakin banyak, yaaa ini kan penyimpanan sementara aja karena mainannya masih dipakai, kalo dah ga dipakai ya disimpen yang rapi ditaro di gudang hehe...



Tuesday, September 28, 2010

Hafizh 9 bulan ++

Langsung deh cekidot...ngapain aja si kuntil-kuntil ini sejauh ini?

  • Kalau kemarin demen ngesot, sekarang sudah mulai suka merangkak. Tapi ya itu, kaya masih ati2 banget, kalo dia capek trus perutnya ditempelin di lantai, langsung deh balik ngesot lagi hehehe...
  • Udah bisa duduk sendiri, tapi kadang masih perlu dikasi bantal blakangnya hehe...
  • Makin seneng manjat-manjat (rambatan). Ini yang bikin khawatir, soalnya kalo udah berhasil berdiri pegangan (meja misalnya) eh dianya bergaya lepas satu tangan sambil ketawa2 pamer gitu..jadi harus sigap, orang badannya masih gleyar-gleyor gitu.
  • Giginya masih 2 biji (atas semua) gede2, jadi kaya Spongebob hehe...tapi walopun baru dua, gigitannya aduhai bener. Kalo gigit nipple sih enggak ya..tapi tiap nempel di tangan atau pas nemu paha, langsung deh digigit..lumayan hehe....
  • Ocehannya makin banyak, mana ga ngerti pula maksudnya apaan hahaha...udah gitu kalo ngoceh seakan-akan kita ini ngerti bahasa dia, jadinya mimiknya lucu...dan makin cerewet..
  • Yang paling sering dia bilang ayaw..ayah..jelas banget bilang kata “ayah”, ga tau kebetulan apa memang dia udah bisa tau, setiap ada ayahnya dia langsung jerit “ayahh...” Lha ibunya ga disebut..huuuuhuhu...
  • Makannya alhamdulillah masih lahap, blom dan smoga ga ada acara GTM2an.
  • Kok sekarang tiap mandi dia ogah ya, tiap mau didudukin ga bisa anteng, maunya berdiri, dan kaya mau melarikan diri ga mau dimandiin, apa karena kemarin pas sakit gabag (campak) itu dia lama ga mandi, cuma sibin aja..ga tau juga
  • Makinnnn susah kalo digantiin baju/celana (baik habis mandi maupun habis pup). Gerak2 melulu ga bisa anteng, apalagi kalo dia berontak trus nangis..bisa makin lama acara ganti bajunya. Biasanya dikasi mainan tapi dia kayaknya tetep ga sabaran digantiin gitu hehe
  • Udah ngerti minta gendong, tangannya diacungkan dua2nya gitu. Apalagii kalo eyangtinya bilang “ tindak yuk..tindak..” - pergi yuk..- eh dia langsung semangat minta gendong.
  • Lagi seneng2nya tepuk tangan tapi blom bisa bunyi hehe. Kayaknya dia lagi seneng ngamatin tangannya sendiri. Kalo dipakein baju panjang dia sibuk liatin tangannya...ndeso ya haha..jarang pake baju panjang, sukanya singletan.
  • Pernah tangnnya kena selotip (tangan kiri), trus tangan kanannya nglepasin, berhasil, tapi selotipnya jadi nempel di tangan kanan, dilepas lagi sama tangan kirinya, nempel di tangan kiri, gitu terus, aku sama si ayah ngakak berdua, sengaja emang dibiarin hahaha..mukanya lucuuu banget...
  • Boboknya masih suka kebangun-bangun (bobok malem), bisa beberapa kali bangun buat nenen, mungkin karena nenen-nya bentar-bentar (dia ngantuk berat) jadi cepet haus lagi deh..Berbgai cara dah dicoba, dari mijitin kakinya sebelum bobok pake dibalur beras kencur, sampe pake produk yang “bed time” tetep aja ga ngaruh. Inpo terbaru katanya aku disuruh ngonsumsi (bukan barang haram hihi..) buah pala. Konon bikin ngantuk tuh, tar Hafizh juga ikutan ngantuk. Wah..ga brani ikutin, tar akunya beneran ngantuk eh dia nggak kan malah kaco, dia bisa bermanuver kemana mana gak ada yang jaga hehe...
  • Suka banget ngobok ngobok muka (muka siapa aja), apalagi kalo pake kacamata macem ibunya ini atau eyang2nya, langsung deh tangannya nyamber..Kalo mau bobok juga gitu, sambil nenen, satu tangan ngobok2 muka, tepatnya bibir (dikruwes2 gitu), yaa pelan2 disingkirin..ga lucu dong kalo jadi kebiasaan haha...
  • Suka main petik jari. Aku heran dia yang ngajarin atau lihat sapa ya? Perasaan di rumah gak pelihara burung loh..tapi dia petik jarinya kalo liat cicak...ih lucu banget...
  • Jogetnya (kalo distelin apa aja) makin heboh, kepalanya maju maju hehe...

Aduh apalagi yaaa...
Pokoknya makin hari makin gemesin. Sehat terus ya sayaaang.....

*Kerjaan ibunya hehe....*

Tuesday, September 21, 2010

Ngeblog lagi

Alhamdulillah, akhirnya bisa update blog lagi sebelum blog ini jamuran, (apa emang udah?) hehehe...

Pertama-pertama, mau ngucapin dulu Maaf Lahir Batin buat semuanya, maafin kesalahan saya baik yang disengaja maupun tidak, mungkin pernah koment yang kurang berkenan, atau cuma blogwalking tanpa meninggalkan jejak hehe...


Smoga liburan lebaran teman2 blogger lain sangat berkesan, baik yang mudik maupun enggak...
Crita lebaran mungkin hampir sama, sholat ied, berkunjung ke sanak saudara, makan, angpau hehe.... Kebetulan ayah dan ibunya Hafizh ini sama-sama asli Semarang, jadinya ga mudik kemana-mana..cuma keliling di semarang aja.

Malam takbiran sekeluarga agak panik, soalnya SI Hafizh panas udah 3 hari, panas diselingi adem gitu, akhirnya dibawa ke RS Elizabeth, SMG. Karena udah malem, otomatis poli anak dah tutup, ya di IRDA-nya (instalasi gawat darurat). Setelah dipreksa, akhirnya dokter nyuruh tes lab, soalnya takutnya kenapa-kenapa (types atau DB, kan lagi musim tuh..dureen kali hehe..)

Dan, setelah nunggu kurleb 1 jam, hasil lab keluar. Dan ternyata Types-nya negatif, trombosit juga normal, kalo DB katanya harus panas 3 hari berturut2 baru ketahuan, sementara Hafizh panas baru sehari, aku ngitungnya 3 hari karena dia sempet adem selama 2 hari.

Dan menurut dokter, panas yang diitung adalah yang terakhir, yg berarti baru 1 hari. Jumlah leukositnya yang agak turun, menurut dokter ini tandanya ada virus masuk, tapi entah virus apa. Ditunggu 2 hari tar kalo masi panas dibawa lagi ke dokter.
Akhirnya cuma di kasi penurun panas sama antibiotik, akhirnya pulang deh.

Selama habis dari RS itu masi panas adem, tapi lebaran ke 2 suhu badannya dah turun dan gak naik lagi, alhamdulillah, setelah adem itu keluarlah bercak2 merah di muka, tangan, badan, kaki...panik...kata yangtinya ini yang namanya gabagen (jawa: bahasa indonya ga tau apaan hehe..)


Karena masih khawatir, bawa ke dokter anak, dokter bilangnya gak gabagen (mungkin dokter ga mengenal istilah ini) tapi ya sebangsa itu, kena virus, penangannya cuma dikasi multivitamin buat mulihin kondisi tubuh karena bercak itu bakal ilang sendiri.


Kata yangtinya Hafizh dan sumber2 lain mesti diminumin madu biar merah2nya keluar semua dan sembuh. Hahhh madu? Aduuuh yang aku baca kan madu ga boleh diberikan dibawah usia 1 tahun kan ya...aku ga mau lah. AKhirnya ada usulan lain yang mungkin bisa aku terima (semoga gak salah) dikasi air kelapa ijo atau air siwalan, adanya siwalan dikasi siwalan deh (airnya). Aku icipin rasanya manis, makanya Hafizh suka hihi...semoga ga ada efek sampingnya ya...
Dan hari berikutnya bercaknya berangsur-angsur hilang, Hafiz-nya juga udah lincah lagi sampe sekarang, alhamdulillah...

Semoga sehat terus ya naaakk en bisa main-main naik sepeda lagi (blom bisa ngegowes soalnya hehe...)


Thursday, August 19, 2010

Hafizh's first playdate

Beberapa hari yang lalu sebelum puasa, Hafizh jalan-jalan ke mol (emaknya ding yang pengen hehe...). Habisnya beberapa minggu di rumah ajuah..kan bosen hihi... Cuma mamam aja sih ga bli apa-apa (niatnya), dan yang penting memang pengen ajak Hafizh ke playground gitu lah..dah brani blom ya dia hehe... Ini poto2nya:
Hafizh kliatan antusias dan excited banget, mungkin karena pertama kali. Dinaikin apa aja ga nangis, malah ketawa ketawa, tapi pas masuk ke kolam bola dia malah agak ga suka, cuma bentar aja trus kaya nangis minta diangkat hihi...

Monday, August 16, 2010

MERDEKA!!!!!!

Dear all...Hafizh mo ikutan 17-an nii..hehehe....



DIRGAHAYU RI YANG KE-65
SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA!!!!

Hafizh 8 bulan

Bertepatan dengan ultah ayahnya kemarin (tanggal 7) Hafizh ternyata juga ulang bulan yang ke 8. Alhamdulillah dah tambah gede anak ibu’ hehe...

Langsung aja ya, apa aja yang baru dari si Hafizh:

  • Makin seneng diberdiriin walopun masih geyal geyol, termasuk kalo mandi, gayaaa benerrr...
  • Masih suka ngesot daripada merangkak, apa mungkin dia dari merayap langsung belajar berdiri gak pake merangkak? ga tau juga :)
  • Makannya makin lahap, apa aja mangap deh pokoknya. Kayaknya giginya dah mau numbuh, di bagian kiri mulutnya dah lekiatan putih2 gitu tapi belum ngalamin yang namanya GTM parah
  • Makin sumeh (ini yang paling ibunya suka, soalnya berasa dia ramah gitu sama siapa aja, diajak senyum smua deh pokoknya hehehe...)
  • Sukanya grawuk grawuk alias nyakar2 pake tangan (apalagi kalo kukunya blom dipotong) wah bisa pedes tuh muka, kakungnya yang sering jadi korban coz kakungnya suka dengan ikhlas mukanya diobok obok sama Hafizh hahaha...kalo aku sih begitu dia ada indikasi mau ke sana langsung deh jauhin muka haha *muke lu jauh*
  • Kalo pas grawuk2 gitu ekspresi mukanya lucuuu banget, kaya gregetan gitu sama matanya melotot hiiii atuuutt...
  • Yang ga berubah juga adalah masih nangis heboh kalo ditinggal sendiri, walhasil masih tak gendong ke mana mana kalo mau ambil apa gitu, kecuali ada eyangnya, dioper oper deh hehe...*emang angkot*
  • Udah mudeng nonton tipi kayaknya, udah bisa ketawa liat kartun (aaah telat kamu naak..kemana aja hehe)
  • Mulai suka bunyi2an..bunyi musik apapun, henpon, mainan, pernah distelin keong racun die ketawa ketawa haha *jangan ditiru*
  • Kalo distelin musik tangannya maju maju gitu...(apa maksudnya pengen joget? haha)
  • Tidur masih suka ga nyenyak, baik tidur siang maupun malem, jadinya saat malam tiba adanya harap harap cemas, apakah akan nyenyak ato bulak balik bangun which means emaknya bakalan ikutan pusing kebangun-bangun hihihi *resiko buk...* ini yang bakal dibahas di postingan sendiri tentang pola tidur bayi, bukan dibahas ding kesannya aku pakar gitu...tepatnya sih ngeluh *sigh*
  • Suka sok manja...kalo pas digendong ayahnya, aku lewat langsung merengek minta sama aku...*halah naaakk itu sama ayah kan sama aja..ayah kan andil juga hihihi...*
  • Kalo lapar mirip ayahnya banget *manyun.com* haha..ga cuma manyun mungkin, tapi plus tereak tereak ga sabaran, itu kalo dia liat aku lagi bikinin ato masakin, ge-er amat siiy nak, emang ibu masakin kamu doang hihihi...

Kalo kelamaan masak dan ga buru2 disajikan bisa ngamuk ngamuk, hasilnya begitu makan juga harus cepet dari satu suapan ke suapan berikutnya..telat dikit langsung demo alias protes hehe...

Enak juga sih jadi cepet mamamnya dan yang pasti tandas tak bersisa, tapi kalo tiap makan nunggu dia teriak2 dulu kasian kali ya haha...

Yep kayaknya itu dulu reviewnya, oiya..Hafizh bulan ini jadwal imunisasinya (influenza) tgl 19 nanti jadi blom nimbang lagi..terakhir 8,5kg sekarang ga tau...

Sehat terus ya naak..ga papa deh makin ngglithis itu tandanya kamu lincah dan sehat..amiinn...



Monday, August 9, 2010

Hepi Bday, Ayah

Sabtu 7 Agustus kemarin si Panda gendud aKa si ayah ulang tahun, horeeee....
Ga ada perayaan apa apa yang gimana, malah kita ga serumah hiks...maksudnya pas ayah ga dirumah karena urusan pekerjaan.

Ga tau knapa sudah menjadi suatu hal yang ga aneh lagi karena momen2 penting yang kita ngebayanginnya bakal seru dan co cweet malah ga kejadian.

Dulu pas pacaran berandai-andai kalo udah nikah dan salah satu dari kita ultah atau pas wedding anniversary pasti seru, ngucapin pas teng jam 12 huhuyy...

Tapi apa daya, ultah aku dan sekarang hubby (setelah merid) kita ga ketemu di jam 12 teng itu. Bisanya cuma telpon aja. Pas wedding anniversary juga gitu, gak bisa pas ngerasainnya, baru beberapa hari kemudian bisa ngerayain berdua yang bener bener hehe...

Tapi gpp, yang penting doa senantiasa tercurah buat suami, dan keluarga kecil kita, semoga ke depannya si ayah semakin diberi kemudahan sebagai ayah, suami dan menjadi imam keluarga.

Aku ga pinter bikin puisi romantis, mau nyontek di internet memang banyak, tapi bukan aku banget, dan lagian tar diketawain suami kalo dia baca blog ini hakakakaka...

Jadi, met ultah ya ayah sayaang...we (ibu and Hafizh) love you always..emwuah 1000x


Tambah sayang keluarga, tambah lancar rejekinya, tambah lucu tapi ga boleh tambah gendut..sudah cukuuuuppp :D

Friday, August 6, 2010

Jalan-Jalan Yuuuukkk...

Ini pas acara arisan keluarga di salah satu sepupu. Begitu ada mainan kyk beginian langsung deh emaknya gatel pengen naikin Hafizh plus di poto poto hehe...padahal waktu itu duduknya masih oglek oglek lhoo...tapi gayanya oke kaann..kayak udah jago aja, ngalahin yang punya deh..haha...

Pertamanya sih kyak ndeso gitu...bolak balik tengak tengok ke arah ibunya...mau tanya kali ya..ini mainan apa ibu??? hehe...

Masih dipegangin ayah biar gak doyong..haha
Gayanya sih boleh lah...tapi jangan galak galak gitu dong nak...hehe


Biar ompong tapi ketawa pede



Ayah :Udah yuk naaakk..turun..ini diminta yang punya..
Hafizh : Tar dulu yah...masih asik niih

Monday, August 2, 2010

Fakta Baru Tak Terbantahkan

Aiyaaa.. ini apa judulnya kayak judul headline koran aja haha...
Mau cerita soal Hafizh yang ternyata semakin “ayahnya banget” :)
Dari mulai face yang kebanyakan bilang mirip ayahnya, sampe orang bilang "plek" gitu hehe...dan postur juga, katanya Hafizh termasuk bongsor, dia emang ga gendut2 amat tapi cenderung gede bongsor gitu
Trus trus...ternyata anatomi kakinya juga sama...fiuuhhhh....
Memangnya kenapa dengan anatomi kakinya? Well, ayahnya Hafizh itu paling susah cari alas kaki, ya sepatu ya sendal. Kakinya memang gede, tapi bukan sembarang gede. Gede alias mbleber alias njeber di bagian tengah kaki, kaki kapal deh hehe.

Jadi meskipun kalo bli sepatu panjangnya pas (biasanya nomer paling gede, 42-44 tgt merk) ternyata kakinya ga bisa masuk alias kesempitan. Kakinya melebar gituh..hihi

Kalo sepatu olahraga ato sandal santai mungkin masih bisa nyari karena merk2 tertentu memang ada yang super besar (ukuran bule kali). Susahnya kalo sepatu pantovel ato sandal yang agak formil gitu, dari merk A sampe Z yang biasa ada di toko2 ga da yang pas. Yang mana septu itu paling mentok di uk. 42-43. Pernah sih pas lebaran nyari sendal dipaksain bli juga walo agak sempit, alhasil baru beberapa kali dah jebol karena tak kuasa dengan siksaan desakan kaki yang bleber itu haha...
Akhirnya pesen deh kalo sepatu sma sendal formil, langsung ke pengrajin sepatu hehe.

Naah si Hafizh ternyata jg gitu, taunya pas mau nyobain sepatu yang udah lama dibeli. Sepatu yang aslinya buat umur 9-12 mos ternyata dah pas di kakinya, agak sesak malah. Karena kakinya ga bisa masuk, padahal ukuran panjangnya kayaknya lebih. Trus waktu nyari sendal karet juga gitu. Kalo panjangnya pas lebarnya nggak, kalo lebarnya pas ternyata panjangnnya nggak alias masih kepanjangan.

Ya begitulah cerita soal per kaki-an hehe...ya meskipun agak susah cari yang benar2 pas, aku ga bakalan bosen hunting sepatu/sandal demi menambah ganteng si anak lanang ini hehehe...

Like father like son..duo gemlondong hah hah hah....

Saturday, July 31, 2010

Belanja yuukkk

Ini Hafizh wkt 7 bulan...waktu diajak ngemall pertama umur 3-4 bulanan masih tiduuuurr aja hehe...sekarang dah mudeng kali ya..jd dianya ngerasa seneng liat bnyk orang..lampu-lampu...mainan anak2..hehe...ga mau tidur sama sekali walo kliatan ngantuk berat..bahkan mimik botol pun dia dengan posisi duduk jd agak ndangak gitu..pdhl biasanya kan maunya sambil tiduran. Ga mau kelewatan sedetikpun acara jalan2nya kali yaa..hehe..


Ayah : duduk sini ya naaakk...
Hafizh : iya yaahh...(hafizh masih ndeso nih blom pernah naik troley hehe)

eits itu ada jajanan enak keknya...

lhoh..kepalanya ayah ilang hehe....


iya bener ambil jajanan yang itu yah...


aseeekkk...ini yang kumau..hehe cuma dipegang aja sih..ga dimakan hehe...

Wednesday, July 28, 2010

Ketika Bayi Sembelit



Kemarin, sekitar harian Hafizh sembelit..hiks kasian banget. Ini sembelit pertama Hafizh sejak mulai MPASI. Sewaktu belom MPASI ga pernah sembelit karena banyakan mimi ASI yang mana jarang menimbulkan sembelit. Jadi waktu pertama kena sembelit kemarin itu bingung banget plus khawatir tentunya.

Sembelit saat bayi memulai MPASI emang kadang terjadi, bisa jadi perut dan organ pencernaan bayi masih beradaptasi dengan yang namanya solid food. Yaa..meskipun tau ini bisa aja terjadi tetep panic.com juga hehe.

Pola pup Hafizh setau aku mulai teratur, jadi tiap hari bangun pagi jam 4-5 gitu dia mesti pupi. Jadi pas dua hari dia ga pupi bingunglah emaknya...begitu pup malah nangis2 kejer dan pupnya keras.
Aku inget inget kayaknya tiap hari aku kasi buah tiap siang. Jadi Hafizh mamnya 2 kali makan besar pagi sama sore dan siangnya aku kasi puree buah, kadang dikasi selingan ager/puding buah bikinan sendiri.

Tapi memang sebelum sembelit aku sempet dia kasi bubur beras merah (gasol) yang dicampur sama ati, apa ati bkin sembelit? ato mungkin juga pengaruh obat? Hafizh minum mucopect karena batuk. Ah aku ga tau, bisa aja salah satu dr itu.

Yang jelas kasian banget, misalnya pas dia maen gitu trus tiba2 kepalanya diselehin trs kya lemes gitu ternyata dia ngeden sekuat tenaga. Kadang sampe keringetan. Sempet dibeliin mikrolax tapi aku ga tega hehe..akhirnya dibanyakin maem pepaya (dibkin puree) diseling sama pear. Reaksinya ga langsung sih, tapi alhamdulillah sekarang pupinya dah normal lagi.

Oiya, soal sembelit dan cara mengatasinya ada artikel bagus ini:

Penyebab Sembelit

Karena ada berbagi hal menjadi penyebab sembelit, maka perlu mencari apa dasar penyebab sembelit bayi; antara lain masalah organ setempat, misal adanya: kelainan metabolisme, fisura (retak/rekahan), pembengkakan, tumor, kelainan saraf setempat dll. Bila dokter telah menentukan tidak ada masalah dan/atau kelainan seperti tersebut diatas, kemungkinan lain sembelit bisa jadi karena:

  • Kekurangan cairan, kata lain kurang minum. Metabolisme pada bayi yang tinggi memungkinkan mengeluarkan cairan (kencing, keringat) lebih banyak, bila tidak segera diganti dengan cukup minum sering menyebabkan kurang cairan, hingga menyebabkan tinja keras, tidak lunak dan kurang lembab ( less moist ). Tabel di bawah, dapat digunakan sebagai patokan perhitungan berapa banyak bayi membutuhkan cairan setiap harinya. Maksud cairan adalah ASI (atau minuman lain misal juice, kuah yang sesuai usia bayi dan petunjuk dokter).

  • Pengeluaran cairan berlebihan juga bisa lingkungan misal karena cuaca panas, membuat bayi banyak berkeringat. Atau ruang ber pengatur udara (AC) meski berhawa sejuk tetapi menyebabkan udara kering, jadi bayi yang berada didalamnya perlu diberi banyak ASI (minum).

  • Residu (sisa pembuangan) yang berlebihan, antara lain pembuangan protein yang umumnya bersumber dari lauk-pauk hewani dan nabati (kacang-kacangan). Dalam hal ini tips yang dapat membantu mengatasi, berilah bayi cairan lebih banyak. Bagi bayi yang sudah mendapat makanan padat, pemberian lebih banyak tepung-tepungan dan buah tertentu (pisang, papaya) sering dapat menolong.

  • Selain residu protein, residu mineral juga sering membuat sembelit. Protein dan mineral berlebih menjadikan tinja menyerupai kotoran kambing, berbungkil-bungkil. Coba tengok bila ibu memberi bayi suplemen (sering disebut) vitamin, apakah juga mengandung mineral misal zat besi (ferum/iron), bila demikian sampaikan keluhan ini pada dokter sambil bertanya apakah suplemen perlu dihentikan dahulu, atau dikurangi dosisnya.

  • Pemberian obat-obatan tertentu misal antibiotik, obat flu juga memberi efek samping sembelit.

Kalau bayi sudah mulai diberi makanan tambahan, dan buah, namun masih sembelit juga, amati jenis sayur mayur dan buahnya. Kalau ternyata sayur mayurnya sudah lengkap (lebih dari satu macam), dan buahnya selain cukup porsinya, berasal dari jenis buah yang tidak bikin sembelit (salak dan buah lain yang banyak getah), kemungkinan penyebabnya bukan itu. Bisa jadi memang kurang mendapat minum air putih.

Apabila sudah diberi air putih masih sembelit juga, tentu ada yang tidak beres dengan pencernaannya. Ada beberapa kelainan usus pada bayi baru lahir yang bikin sembelit. Usus yang melipat, terlilit, atau ada bagian usus besar yang mengalami kelainan pada pangkal anus, kesemua itu juga bisa muncul dengan gejala sembelit. Untuk itu perlu pemeriksaan lanjutan lebih dalam guna memastikannya.

Kasus bayi sembelit dapat diatasi dengan pemberian pencahar, namun harus atas pengawasan dokter. Jangan memberi sembarang pencahar karena pencahar sendiri bukanlah obat sembelit, melainkan hanya untuk mengatasi sesaat. Penyebab sembelitnya sendiri yang perlu dilacak, agar sembelitnya bisa tuntas ditanggulangi.

Oleh : dr. Handrawan Nadesul

(Sumber: www.sahabatnestle.co.id)

Trus, menurut Wholesomebabyfood.com, buah dan sayur yang sangat disarankan bila bayi mengalami sembelit (4-12 bulan/ yang sudah mulai MPASI) :

  • apricots
  • prunes
  • peach
  • plums
  • pear
  • kacang-kacangan
  • bayam
  • pepaya (ini aku tambahin sendiri, soalnya di sono jarang ada pepaya kali yee..hehe)
  • oatmeal

dan, perlu dihindari dulu (dikurangi) yang namanya cereal, beras, pisang,apple sauce. Oiya apel itu ternyata buah yang bikin sembelit selain pisang, itu kalo dimakan sama daging buahnya. Kalo juice-nya aja enggak (menurut situs ini).


Wednesday, July 21, 2010

Hafizh 7 bulan

Mayan telat nih update ulbul ke 7-nya Hafizh, tapi yaa..lebih baik telat daripada tidak sama sekali ehehe...

Satu kata di bulan ke 7 ini : makin bikin keringetan :)

Kenapa? Karena si kuntal kuntil (dijuluki gini soalnya kaki kecilnya itu selalu gerak gerak ga bisa berenti, alias kuntal kuntil-istilah di rumah) sudah semakin banyak manuvernya. Yang paling aku tandai perkembangan terbarunya adalah Hafizh udah jago merayap hihihi. (baru apa udah ya..hehe soalnya seangkatannya ada yang dah jago merangkak)

Padahal kan kita menantinya dia buruan merangkak gitu. Setelah kemarin sempet ongkog-ongkok kaya mau merangkak..eh semakin ke sini dia malah demen merayap. Tadinya pas ongkog2 gitu kita pancing sama mainan biar dia maju merangkak maksudnya. Tapi berhubung dia blom bisa malah nyungsep, lama lama mungkin sadar blom bisa merangkak akhirnya dia ngesot ke depan pake dadanya alias merayap hehehe.

Semakin ke sini semakin hobi, karena udah jago merayap, dia jadi makin ngglitis (bahasa indonya apa ya...pokoknya apa2 yang di depannya, terutama yang blom pernah diliat, mau dia raih). Merayapnya cepet banget, suut suut suut...kadang kasian juga hehe..tapi kayaknya dia seneng.
Karena semakin ngglitis itulah jadinya emaknya harus rajin2 mindahin badannya manakala posisinya sudah mengkhawatirkan. Ngamuk juga kadang-kadang, misalnya dia udah di depan leptop, aku pindahin badannya, padahal dia pengen banget megang leptop hehe.
Pernah juga satu kali aku tinggal bentar ambil minum di dapur, eh dia nangis sambil ngikutin aku by ngesot-ngesot haha..kacimaannn...

Kata temen si wajar bayi merayap gitu. Anaknya dulu juga merayap dulu, merangkak trus berdiri. Bahkan anak tetangga ada yang ga pake fase merangkak tapi cuma merayap langsung deh belajar jalan. Jadi ga ada yang perlu dikhawatirkan.

Yang lainnya, sekarang Hafizh gampang nangis, hiks..knapa ya. Apa makin gede makin berkembang emosinya jadi gitu. Ditinggal dikit aja langsung nangis. Jadi aku bisa ngerjain apa-apa (masak, nyuci) kalo dia udah bobok, kalo dia melek ya mesti nemenin dia main. Kalo ambil apa gitu terpaksa dia aku gendong, daripada nangis jejeritan, alhasil boyok pegel.com deh, ngewer-ewer anak 8,5kg memang tidak mudah hahaha.

Paling enak kalo di rumah eyangnya, banyak temen, jadi asal dia ada yang nemenin, ga perlu digendong2 juga udah anteng.

Daaan mainannya semakin tidak bermutu, ahaha maksudnya dia udah bosen sama mainannya. Lebih seneng mainan botol telon, tempat bedak, tas kresek. Pernah dibeliin mainan eh yang dia mainin malah plastik pembungkusnya bwahahaha...

Yah itu aja sih, yang paling gampang diliat soal perkembangnnya di bulan ke 7 ini ya hobinya merayap itu tadi. Dan soal MPASInya dia udah mulai suka nyembur2 plus ngelepehin makanan hiks...tapi emaknya ga akan nyerah :).



Thursday, July 15, 2010

Review MPASI 6-7 bulan

Acara mamam mamam makin seru...direview ah..

Hafizh sekarang udah 7,5 bulan. Berarti udah mulai mamam selama 1,5 bulan. Trus, apa aja yang udah dicobain buat MPASI-nya? Hihihi..kelinci percobaan kali..

Seperti review sebelumnya, awal MPASI dimulai dengan bubur gasol beras merah wangi. Dan alhamdulillah awal2 MPASI tidak ada kendala berarti, ga ada acara tutup mulut, paling2 rewek kalo dia ngantuk aja (ibunya salah moment hehe...)

Setelah nyobain Gasol (yang udah dicoba baru gasol beras merah wangi dan beras coklat), nyobain sayur sama buah juga.

Walopun banyak daftar buah dan sayur yang sudah bisa mulai diperkenalkan, tapi ternyata sampe dengan umur 7,5 bulan ini masih ada buah dan sayur yang belom dicobain. Bisa karena stok satu jenis sayur/buah terlalu banyak jadi ga habis2 atau buahnya yang ada di kulkas (eyangnya) itu2 aja heheheh...

Yang udah dicobain:

SEREALIA:
gasol-gasolan
oatmeal

SAYUR:
kentang
kabocha (labu kuning)
zukini
brokoli (harusnya 8 bulan sih, tapi inii dah 7,5 bulan gpp kali ya hehe...)
ubi jepang
jagung manis

BUAH:
apel
pear (sweet pear, xiang lie), paling sering ada di kulkasnya eyangnya hafizh hehe...
Pisang (pisang ambon, pisang raja)
Melon
Jeruk baby
alpukat mentega

Protein (mulai 7 bulan)
Tahu (tahu sutra/tofu)

Gasol Hafizh ga begitu suka, kecuali dicampur yang manis-manis kaya pear ato apel. Lagian emaknya juga udah pengen ngasi nasi tim hihihi.
Alhamdulillah segala sayur yang dicobain dia mau mau aja. Ga ngebayangin puree brokoli campur apel rasanya kaya apa hihihi...nyatanya dia mau kok hehe...Puree campur lain yang dicoba misalnya:

  • puree zukini pisang
  • puree zukini apel
  • puree apel jeruk baby
  • Puree kentang pear
  • Puree labu apel
  • Beras merah + melon
  • Beras coklat + pear
  • puree kentang + jagung manis
  • dll (tergantung kreatifitas dan adanya apa di kulkas hehehe)

Kemarin di SPM liat kacang merah pengen nyobain juga, trus ada pepino (bentuknya lonjong warna ungu ada salur-salurnya), kata mama meralda di forum TUM rasanya enyak. Jadi pengen juga tar nyoba.

Masih banyak kan sayur yang perlu dicoba? Masih ada terong, labu siam, wortel, bayam, bunga kol (khusus 3 terakhir katanya pas umur 8 bulan aja, karena mengandung nitrat, baby 8 bulan baru bisa ncerna).

Buah yang belum dicoba: pepaya (aku ga suka baunya) hehe egois.com. sama mangga.

Rencananya di 7,5 bulan ini mau mulai diperkenalkan protein lain selain tahu seperti daging ayam sama tempe. Oiya, kaldunya juga.

Kayaknya ribet amat ya? Ah enggak juga. Soalnya sekali bikin langsung bisa buat 3 hari atau bahkan seminggu. Itulah untungnya rajin berkunjung ke Forumnya urban mama, milis MPASI rumahan sama Wholesome babyfood, plus banyak intip2 blognya para ibu-ibu pinter :). Disana banyaak banget cara mengolah makanan, dan membekukannya sehingga mudah buat nyiapin menu untuk si kecil.
Dan lebih murah tentunya (habis liat bubur instan merk M**l** sekotak 12 rebu-an cuma brapa kali makan tuh, hehe).


salah satu contoh puree labu kuning, bukan buatanku, ini ambil dari sini hehehe...
Emaknya harus rajin bikin beginian sekarang :)


Oiya, soal makanan instan, Hafizh dah pernah nyoba hehehe. Yang pernah dicoba biskuit farley, sama bubur cerelac kacang hijau. Waktu itu pas boyongan ke rumah eyangnya Hafizh dan harus tinggal di sana beberapa minggu, coz eyangnya Hafizh dua2nya pas sakit, yangkung di RS, yangti di rumah, jadi nemenin yangti gitu lah..plus tengok2 yangkung juga.
Nah waktu itu blom sempet beli bahan, trus beli instan deh. Tapi sampe sekarang masih banyak, karena dipake cuma buat darurat aja hehe.

*Berusaha memberikan yang terbaik yang aku bisa buat anakku sayang*

Tuesday, July 13, 2010

Akhirnya...Spanyol!!

http://www.citifmonline.com/site/img/news/

Akhirnya...selamat buat pendukung La Furia Roja...selamat jadi kampiun di event akbar 4 tahunan di Afsel ini..selamat datang Juara Baru...

Belanda..hiks..nasibmu...Juara tanpa mahkota (mencoba menghibur diri sendiri)

Euforia WC dah berakhir...coba piala dunia itu 2 bulan, pasti puas hehehe...
Piala Dunia di Afrika ini beberapa hal unik yang perlu diinget:

  • vuvuzela, terompet khas afrika yang suaranya kaya nyamuk, bikin gatel kuping
  • pelatih trendi-si Joachim Loew, pelatih Jerman
  • Paul si gurita, peramal dadakan yang tiba2 jadi idola
  • Jabulani, nama bola keluaran adidas yang dipakai di piala dunia 2010 ini
Well, sampai jumpa di Piala Dunia 2014, di Brazil....(Hafizh dah punya adek blum ya..kikikiki)

Salah satu fans Belanda yang kecewa..tapi tetep pringas pringis hehehe...

Wednesday, July 7, 2010

Masih Demam World Cup

Lagi lagi curhatan ga penting..ibu2 kok curhatnya soal bola, mbokyao soal anak, keluarga, harga cabe, hahaha...

Yah, mumpung masih dalam event World Cup yang cuma 4 tahun sekali, yuuk mareee....
Akhirnya, setelah Italia pulang kampung, aku sibuk nyari jagoan lain..ga seru dong nonton ga ada yang dijagoin..apalagi Italia pulang awal banget, masa di sisa World Cup aku hanya meratapi nasib Italia..no way!!!

Dan akhirnya pilihan jatuh ke Tim Oranje Belanda. Ya biarpun nenek moyang mereka penjajah kita, tapi ntah kenapa aku punya feeling tim ini bakal "berbicara" di WC kali ini. Cailah..bahasanya kaya Bung Rayana Jaka Surya hehe...


Daaaannn terbukti kan, akhirnya Belanda masuk final. Saat bikin tulisan ini pas lagi menanti pertandingan Spanyol vs Jerman. Jadi tinggal nunggu siapa yang bakal jadi finalis menemani Belanda.

Kenapa Belanda? Jawabnya : Gara-gara terpengaruh sama prediksi Master Deddy Corbuzier yang mana menyebutkan kalo juara WC kali ini negara yang identik dengan cuaca dingin hehe...


Ga sia-sia deh beliin baju bola (Netherland) buat Hafizh,akhirnya Belanda maju final...tapi..selama ini ada pameo yang menyatakan Belanda itu juara tanpa mahkota.
Selama ikut World Cup, sering masuk semifinal tapi ga pernah bisa lolos dan jadi juara, kasian ya hehe...

Btw..suami yang tadinya ngejagoin Inggris yang cuma bisa meringis di WC kali ini akhirnya beralih jagoan juga ke Argentina. Tapi malah lebih tragis, karena Argentina dibantai sama Jerman hihi..kasian deh si ayah...


Akhirnya..semoga Wesley Sneijder cs bisa jadi juara di WC 2010 kali ini. Sekian.:)

Adek Wesley Sneijder, andalan tim oranje
skysports.com

Friday, June 25, 2010

Jagoanku Keok

Akhirnya Italia di World Cup ini bisa ketemu sama Denmark, bukan di babak 16 besar, tapi di airport..sama sama harus pulang kampung..huwaaaaa.....

Hiks...miris skali..Italia yang mana juara dunia piala dunia 4 tahun lalu harus angkat koper lebih awal. Dari 3 kali bertanding, cuma 2 kali seri dan satu kali kalah..ga cukup poin buat dapet tiket ke 16 besar.

Salahkan Mbah Lippi yang telat nurunin Pirlo, Gattuso, dan juga salahkan sang kiper Buffon yang cedera..kok passss banget sih...pemain2 bagus pada cedera. Padahal di pertandingan ke 3 ini Italia sempet bales gol 2 biji...panasnya telat..waktu dah habis...

Udah gitu..apa emang sial ya..dua gol digagalkan, (yang satu karna offside, yang satu wasit gak liat kalo bola dah masuk gawang walopun dikit...hiks...beneran melas deh si Itali tea..)

Yawes lah..hiks hiks...

*curhatan ibu2 ga penting..* hehe...


source :
http://football.us.reuters.com/uploads/2010/06/24/fs_2010-06-24T160345Z_01_WCA460_RTRIDSP_2_SOCCER-WORLD.jpg

by the way..si captain cannavaro lagi nenangin sapa tuh..di natale kayaknya...si captain ini dulu pas maen di Parma masiy imut dengan rambut kriwulnya...mirip banget sama si dawson di film Dawson's creek, entah ide sapa kok sekarang dibotakin gitu..kliatan ga imut lagi dah..haha...

Saturday, June 19, 2010

Award dari Nova a mom to be

Ternyata eh ternyata, aku lupa belom bikin PR dari nova (a mom to be). Maap ya tante nova..hehe...


Gini nih peraturannya :
Copy this award
Let the world know who tagged you
Post title to contain this words -5 -Five -

5 names that people call you
  • Sari
  • Sarce
  • Ndil
  • mami (paling tua se geng..hiks..)
  • berry (sejarahnya ga usah dicritain..maluuu..hehe)
5 important dates in my life
  • 06-01
  • 14-02
  • 07-12
  • 17-08
  • 22-08
5 things that I’ve done yesterday
  • Nyuci bajunya Hafizh
  • Nonton bola
  • Nganterin nyokap blanja ke pasar
  • tidur
  • maen sama hafizh
5 ways to be happy
  • Shopping
  • Ngenet
  • Jalan-jalan bertiga
  • wis-kul
  • tidurrr
5 favourite movies
  • Serendipity
  • Titanic
  • Lake House
  • Armageddon
  • PS I Luv U
5 favourite hobbies
  • Jalan-jalan
  • Baca
  • Onlen
  • Nyoba2 resep baru
  • Belanja hehe...*gaya, kaya yang banyak duit aja hehe*
5 favourite people
  • Ibuk
  • Bapak
  • Misua
  • Anakku
  • Aku (narsis) haha...
5 favourite places for vacation
  • Jogja
  • Bandung
  • Bali
  • Pangandaran
  • Pegunungan
5 reasons you answer the survey
  • Dapet award dari Nova
  • seru-seruan
  • Karna aku anak yang rajin bikin pe-er *haha*
  • ga ada kerjaan
  • bentuk tanggung jawab karena dah dapet pe-er *haha berat banget bahasanya*
5 person to be tagged

Thursday, June 17, 2010

Hafizh 6 bulan



Cerita 6 bulannya Hafizh ah..agak telat dikit hehe....

6 bulan, ada beberapa moment penting, setiap bulan sih emang kayaknya ada kali ya hehe...
6 bulan saatnya Hafizh memulai MPASI juga, setelah dari 0-6 bulan mimi ASI/susu aja (soalnya ga ekslusif),akhirnya mamam juga.

As usual, imunisasi masih berjalan. Imunisasi yang wajib si udah hampir lengkap, tinggal campak aja tar di 9 bulan, tinggal yang sunah sunah aja (yang dianjurkan hehe..). So far baru Hib aja, mulai bulan depan baru deh tuh influenza.


Alhamdulillah sehat, BBnya 8,4kg, panjang tambah 3 cm dr bulan kemarin (sekarang 71cm). Tempo hari orang serumah (aku dan hubby) sempet kena batpil parah. Bayangkan anak seuprit gitu dikelilingi orang penyakitan hehe..Khawatir pasti. Tapi alhamdulillah Hafizh ga kenapa napa.

Trus udah ngapain aja di 6 bulan ini:

1. Ongkok ongkok...maju mundur ke belakang, blom berani ngrangkak. Tapi kalo soal manuver, wah sudah bikin yang jagain ekstra hati2...mulai sekarang boxnya mulai dipake. Box apa travel cot ya...ah pokoknya yang kaya jaring2 gitu lah..yang bukan box dari kayu. Jadi kalo ditinggal bentar mending masukin situ aja hehe...


2. Babblingnya dah tambah seru dan meriah lah pokoknya.


3. Kalo mainan ato apapun yang tadinya sedang dia pegang diambil, langsung deh nangis kejer.

4.kebiasaan gigitin apa aja masih berlaku..kirain karena laper..dah dikasi mamam kok masih gigit2 selimut, remote, bantal hahaha....

5. Pupnya dah terpola (ga tau nanti). Yang jelas tiap subuh gitu pasti pup..haha sama kaya sapa ya?


6. Sukaa banget kalo ada iklan Baim sama Abay yang Gery pasta yang cup cup dida cupu didada...haha...soalnya kalo ada iklan itu pasti liatin habis itu teriak teriak kegirangan sama kakinya dipancal-pancalin. Entah kebetulan ato nggak soalnya ayahnya juga sering mergoki *emang maling*


7. Tambah sumeh alias murah senyum. Semoga sumehnya tar kalo gede gak disalah gunain ya nak...hihi...


8. Kalo mandi dah pegangan pinggiran ember sendiri. Blom bisa duduk tegak tanpa dibantu soalnya.


9. Seringnya lebih tertarik sama hal-hal yang sifatnya bukan mainan. Bosen kali ya sama mainannya. Kadang lebih suka barang2 ga menarik kayak tempat bedak, tempat tisu, kabel (yang gak lagi dicolokin), remote, dompet emaknya hehe...

6 bulan menjadi ibu...woow...nano nano rasanya...