Pages

Wednesday, March 31, 2010

Blackforest buat ultah kakung


Tanggal 31 Maret ini eyang kakungnya Hafizh ulang tahun yang ke-60, karena emang lagi seneng2nya baking akhirnya coba bikin kue lagi..sekarang coba bikin Black forest.

Penasaraan banget pengen bikin BF yang ada pager2 coklatnya gitu, setelah browsing-browsing caranya ternyata cuma dengan modal punggung sendok doang udah bisa hehe...baru tau aku *ndeso*

Ini sih katanya ide dari Teh uceu..master di dunia perbakingan lah pokoknya hehe... Seneng dong karena ga harus punya cetakan coklat yang emang agak susah ditemui di kotaku ini.

Setelah panggang cakenya, dengan ditemeni asisten setia (ponakan) yang selalu heboh ngrecokin pengen bantuin hehe..akhirnya mulai deh menghias hias (bagian paling menyenangkan sekaligus menegangkan)

Pas cake masi dipanggang aku coba bikin pagernya, DCC dilelehin trus dituang pake sendok sama diteken dikit. Karena ga punya meja marmer, akhirnya dipakelah bagian belakang loyang...kan alus juga hehe...


Oiya pake mika plastik juga, biar ngletek coklatnya gampang, tadinya aku ga pake, waduh susah banget ngleteknya..mesti mleyat mleyotin loyang supaya coklatnya mau lepas.

Pager coklatku blom konsisten bentuknya, ada yang kurus ada yang ndut alias mbleber haha...ga papa namanya baru pertama bikin...


Daaann, karena ga sabar pengen buru2 ngehias, coklat lebar di bagian tengah kue (yang buat ditulisin ) malah meleleh kena kue yang masih agak hangat....ohh..nooo..akhirnya dimasukin kulkas deh...biar ga nyampur sama buttercreamnya. Entahlah teori seperti ini ngawur apa nggak hehe...


Oiya, itu bukan pelit ya kalo cerinya cuma 4..soalnya di toko deket rumah tinggal itu hihihi...akhirnya dipenuhin sama permen coklat aja.

Biar agak centil, dikasi pita merah...tapi coba liat tulisannya masih belepotan haha...ah ga pa ga papa..well...lumayan lah buat pemula hehehe *menghibur diri sendiri*


Hepy b-day ya Kakung...semoga sehat selalu biar bisa main sama cucu-cucunya..amiinn....

Finally....we're moviiiingg...



Akhirnya setelah ditunda tunda lumayan lama, si hubby and si wifey ini plus si kecil pindahan juga ke rumah sendiri. Seperti yang udah diceritain..rumah dah lama jadi tapi blom juga ditempatin dengan berbagai alasan (dari aku) hihihi...akhirnya dengan tekat bulat memberanikan diri menempati rumah baru..bismillah....


Dengan dianter tetangga tetangga..kita pindahan plus acara ngeslubi (seremoni pindahan ala orang Jawa) hari Jumat tanggal 26 Maret 2010. Suasana seneng plus haru..pokoknya campur2..apalagi beberapa hari menjelang pindah aku sempet yg melow gimanaaa gitu mikirin "Ya Allah, bentar lagi hidup sendiri, berumah tangga yang sebenarnya..apa aku bisa...aku masih pengen deket sama bapak ibu" dan sebagainya dan sebagainya...mungkin karena aku bontot plus cewe satu2 nya di rumah hehehe....

Daaannn...begitu semua pulang, langsung deh..oh nooo...nangis bombay...ihiks...
Apalagi paginya pas hubby berangkat kerja, means aku di rumah sendiri sama Hafizh...melow lagi...udah ah yang dicritain melow melulu hehe...

Hari Sabtu pagi karena blom belanja dan punyanya yang praktis2 bangsa sosis, mi instan, dll, akhirnya sarapan nasi goreng sosis aja..hihi sekarang pagi2 dah masak..padahal di rumah ortu..walah palingmasih klesotan aja hehe...

Siangan dikit, ada tukang sayur lewat..beli apa bingung, akhirnya beli sayuran yang buat sop sama tempe, bawang bombay, bakso, itu aja..aku blom mau ribet masak hehe....

Sayur sop itu juga rencananya mau takbikin capcay, kan ada bakso sama sosis...tapi ternyata..aku blom punya saus tomat, merica, bahkan garem...adanya masako, itu juga dibawain nyokap...

Nyokap bawain lumayan banyak bumbu, tapi lupa gak dibawain garem..hiks..mau keluar kayaknya ga ada warung yang deket..akhirnya ya pake masako ajah..

Siangan dikit hubby telp katanya temen kantor mau main, ada 10 orang..karena aku ga mungkin masak banyak dalam waktu singkat akhirnya beli deh...ada soto, siomay, bakso, sama sate...wah tau gitu aku ga usah masak tadi pagi hehe....

Minggu paginya hubby ke Lombok...hiks, baru pindah bentar dah ditinggal, untungnya rumah si kakak deket, cuma beda gang masuk aja..akhirnya dua krucil anaknya menemani aku hehe...

Dan minggu agak siangan yangtinya hafizh datang, dengan bawa belanjaan yang siap dimasak..asiiikk..ada udang, ikan mujair, dan lain2...senangnya...

Ya gitu deh awal-awal pindahan, masih berasa kangen rumah banget...kata temenku..dinikmati aja, buat baking juga..haha iya...aku bakalan rajin baking nih kayaknya daripada kesepian...dengan catatan Hafizh dalam kondisi aman terkendali..hehe...

Thursday, March 25, 2010

Birthday Cake for Hafizh

Tanggal 18 Maret kemarin ponakan tersayangku ultah yang ke-7.
Karena kakaknya pas ulang tahun juga tak bikinin kue ultah, makanya sekarang aku juga pengen bikinin buat dia, sekalian memberdayakan loyang dan mikser yang lama nganggur...mumpung masih semangat juga setelah sempet bikin beberapa kue tempo hari.

Soal dekor mendekor kue aku masih noooollll banget, minder abis deh kalo liat punya ibu2 keren yang dekorasinya canggih punya.
Pernah ikut kursus dekor sekali doang, selebihnya modal nekat, hehehe...sama beli buku dekor kue yang ada VCD panduannya.

Karena si Fachri ini suka Spongebob, yawdah tak bikinin itu. Oiya..aku baru bisa pake buttercream aja dekornya, belum merambah kefondant, padahal kata temen curhat soal kue, mbak sari, mainan fondant enak loh..kaya mainan lilin waktu TK hehe...next time deh nyoba.

Oiya, pengen coba juga yang pake edible image...ah pengen coba semuanya hehe maruk...

Nah, inilah kue ulang tahun sederhana ala bundanya Hafizh, hehe...


Kue dalemnya pake Brownies kukus resepnya alm. Bunda Inong, enaak banget...semuanya suka.
Hiasannya masih standar banget ya..jadi malyu akyu....

Bandingin dengan kue sebelumya di bawah ini yang aku bikin setahun lalu, sama aja ato ada kemajuan? hehe....

Yang penting bisa nyenengin ponakan...dan berbuah pesenan dari temenku buat ultah anaknya April ntar..hehe...bondho nekat alias bonek tenan...Insya Allah berlanjut ke pesenan2 brikutnya...amiinn *ngarep*

Thursday, March 18, 2010

Back to Baking

Setelah sekian lama loyang-loyangku nganggur, ovenku juga, mixer juga, plus beberapa peralatan yang mencelat entah kemana, akhirnya memberanikan diri dan meniatkan diri bangkit dari baking blue, hehe...

Langsung deh hubungi si temen yang kebetulan penyuka cake tape keju. Dulu dia sempet nanyain trus soal si cake taju ini, minta dibikinin buat oleh2 kalo balik ke Jakarta...tapi dengan berbagai alasan (yang intinya males) aku kemukakan.

"Jeng, mau cake taju nggak buat oleh oleh?" (kebetulan dia pas pulkam)
"Waa..mau banget, emang dah bisa baking2 lagi?" tanya si nino' keheranan.
"Ya disempet2in, hehe...lagian dah kangen megang oven..ups mixer hehe..."

Akhirnya dia minta cake tape keju 3 biji sama brownies kukus 2 biji.
Si brownies kukus ini yang agak bingung mau bikin pake resep sapa, dulu pernah pake Ny. Liem ternyata malah gatot, meskipun enak dimakan tapi bentuknya ga cantik hehe..salah apanya aku ga tau, kayaknya konversi loyangngnya mungkin, ato keseringen dibuka tutup pancinya hehe...

Coba coba resepnya Bunda Inong (alm), dan alhamdulillah sukses, jadinya cantik dan enaakk..hehe

Ga berasa capek bikin 5 loyang gitu, apa karena seneng? hehe gatau deh...
Dibikinnya pas Hafizh bobok dong, dan kalo dia bangun, sama eyangnya bentar, kebetulan pas dia pengen mimik, pas jatah manggang adonan, aman deh..





Yaahh..semoga ga euforia sekejap saja, pengennya serius bikin2 kue lagi, masih banyak yang perlu dipelajari. Kan katanya pengen jadi bakul kue dan punya bakery hehehe....amiiinn....

Thursday, March 11, 2010

Hafizh's First Book

Kemarin kemarin ini sempet tertarik liat Kaka Zakinya Bunda Icha sama Tifa mamanya Mas Zayyan dah punya soft book (cloth book). Lucu gitu...langsung deh meluncur ikutan pesen di Babyjasmine book.

Buku ini jelas nggak mengajarkan bayi membaca (emang bayi ajaib) hehe...cuma mengenalkan bayi dengan warna warna, gambar-gambar, soalnya bukunya rame penuh warna gitu...bayi kan suka sama benda yang warnanya mencolok gitu, dan juga melatih stimulasi otak bayi dan mengenalkan kecintaan membaca sedini mungkin.

Setelah transfer, dateng deh bukunya.



Lucu banget isinya, Hafizh blom bisa menikmati bener sih..baru diuwek uwek aja..hehe Gpp deh, yang penting dia menunjukkan ketertarikan sama benda baru ini hehe....


Jangan ikut-ikut dong...ini kan buku buat bayi...

Digantung di stroller lucu juga

Hafizh 3 Bulan

Udah 3 bulan kamu naakk....ga terasa....(terasanya kalo gendong aja..tambah mantaabb hehe..)

Kebetulan kemarin abis imunisasi DPT 2 sama Polio (yang ke tiga kalo ga salah-emak2 pelupa).
Dan beratnya waktu ditimbang dah 6650 gram (naik 350 gr dari 2 minggu yang lalu) dan panjangnya 61 cm.

Timbangan Bu Bidan sesek banget sih, udah ga muat lagi..aku jadi mati gaya deh ga bisa gerak....

Kalo aku liat sama berat anak lain yang seumuran, Hafizh ni termasuk jumbo, sama yang umur 4 bulanan aja banyakan dia. Seneng sih..grafiknya juga naik berarti. Tapi kadang takut juga..anakku kegendutan ga ya?

Kalo diliat sih, Hafizh ni badannya ga yang gendut gimanaaaa gitu. Biasa aja, tapi beratnya emang manteb.
Anak tetangga ada juga yang gendut gitu, tapi karena dikasi pisang sama nasi yang dialusin gitu (duuh nggak banget, ga kasian apa sma lambung anaknya).

Hafizh baru mik susu aja. Ah yang penting sehat, dan dia lincah2 aja, ga merasa keberatan badan hehe...
Hafizh memang ga ASI ekslusif karena satu dan lain hal. Udah dicampur sufor. Tapi porsinya ga lebih banyak daripada ASI, cuma 1/3 aja. Jadi mudah2an tar Hafizh bisa mimik ASI aja ga perlu disuport sama sufor. Dan ASI ku semakin lancar dan banyak.

Di 3 bulan ini Hafizh :


  • Udah tengkurep, walopun bersusah payah, tapi kepala blom bisa 90 derajat, dan blom bisa balikin badannya lagi. Jadi harus kudu waspada. Pernah nih pas tidur malem, aku denger suara “uh ah uh..” eh ternyata dia udah tengkurep..duh serem.
  • Boboknya dah (semakin) rusuh. Dah keluar keluar dari kojong. Kayaknya perlu beli perlak yang lebih gede lagi hehe..
Adek mau kemana?

  • Ngocehnya semakin heboh, dan akan tambah heboh kalo ngantuk (ngoceh2 kaya mao nangis)
  • Bisa angkat kedua tangan bersamaan, nguntel-untel tangan, mainan tangannya sendiri hehe...
  • Suka liat tipi, hihi...kalo pas mukanya madep tipi, pasti deh serius banget, gak kedip hehe...
  • Boboknya dah teratur, bangun 2 kali cuma mimik, abis itu bobok lagi. Udah ga ngantukan lagi kalo diajak keluar rumah, seneng liat2 yang blom pernah dia liat kali ya hehe....
  • Seneng mainan ludah Seneng ngemutin tangan sampe klomoh (belepotan) ke muka.
Itu deh kayakya perkembangan Hafizh sampe sekarang, sehat terus ya nak...
Go Hafizh go....

Wednesday, March 10, 2010

First Award


Wow..seumur umur ngeblog..baru kali ini dikasi award hehe..ndeso.com

Dulu, pas musim berbagi award pengen banget dikasi tapi gak ada yang ngasi, hehe...(ngeblog aja jarang, cuma jadi silent reader aja kok ngarep award kekekeke....)

Makasih ya mba dian, dah dikasi award *peluk-peluk mbak dian*

Dan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, award ini harus dibagi ke beberapa orang, monggo sami dipun terima awardnya (bahasa jawa ngaco), kalo dobel ya maap hehe...

1. Mba astien
2. Tifa
3. Bunda icha
4. Mrs Olive
5. Santi :p

Monday, March 8, 2010

Kembali Ngajar




Ga terasa...3 bulan lebih aku ngendon aja di rumah ga kerja (tepatnya ga ngendon aja ding..ke mall juga hehe)...Cuti melahirkan disambung sama liburan semesteran anak kuliahan..ajiiibbb bener...

Sekarang waktunya sibuk lagi. Well, sebenernya ga gitu sibuk juga ding. Kebetulan semester ini jadwal ngajar cuma hari Senin sama Selasa doang, selebihnya libur...acik acik acik...

Seneng banget, coz masih pengen kruntelan lebih lama sama Hafizh ndutku.:D<"/>..dan lagi selama ngajar 2 hari itu, di sela-sela jeda jam kuliah, aku masih bisa “lari” ke rumah bentar, buat nyusuin tentunya dan main-main bentar. Alhamdulillah rumah - kampus cuma 10-15 menit :x

Senin ini hari pertama masuk, dapet jadwal pagi pulak..malesnya...
Pas masuk, setelah memastikan kalo kelas yang aku masuki adalah kelas Bahasa Inggris akupun mulai ber cuap cuap, dari mulai perkenalan, sampe mulai nyuruh ngabsen.

“Ini kelas Jurusan Matematika klas 2E, kan? - iseng aku nanya.
“Bukan, bu...ini 2F”

Gubraakkk.:-O.lah kok 2F? Aku lirik lagi jadwalku, Masya Allah ternyata aku jadwal kelas 2E hari Senin jam 08.40 (the next class).

Tengsin juga, udah terlanjur ngecipris :"/>...aku salah liat jadwal ternyata. Klas 2F ini ternyata juga pas mata kuliah Bahasa Inggris, tapi sama dosen lain yang setelah aku lirik list dosennya adalah seorang cowok.

Mahasiswa juga ga ngeh, mereka iya iya aja..coz di daftar emang ga dikasi nama dosen pengampu, :D

Duh...udah kemrungsung ternyata salah jadwal, mau nunggu sampe 8.40 kok kelamaan..akhirnya cabut pulang hehe (tapi balik lagi dong buat ngajar tar)

Waktu aku bilang aku salah masuk kelas, mhsiswa2 pada bilang “Waa..penonton kecewa...” hehe...kali aja menurut mereka tampangku ramah dan ga galak (dilarang protes)...jadi mereka merasa seneng masuk kelasku..padahal belum tau aja mereka..aku bisa lebih sadis daripada Sumanto kekekekeke....

Dan untungnya, dosen asli blum nongol...kalo iya, pastilah aku malu, apalagi kalo ternyata orangnya cakep kekeke *Husss...*B-)

Dasar...emak emak pikun marikun ;))

Thursday, March 4, 2010

Serabi Londo aKA Pancake

Gini ternyata serabinya orang sono..hehe...
Kaya begini nih..buat sarapan ternyata..kalo di sini..wah jelas kagak nendang jek
Harus ada nasi hehe...

Tapi kalo makannya lima biji boleh juga buat sarapan xixixixixi....

Ternyata bikinnya gampang banget...yang bikin enak tentu aja toppingnya yang bisa dikasi macem-macem (keju, coklat, es krim..asal jangan sendal wkwkwkkk)

Pancake Coklat

Bahan :

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram gula pasir
  • 30 gr susu bubuk(pake dancow)
  • 10 gram baking powder (nggak pake, pas nggak ada soalnya)
  • 2 butir telur ayam kocok lepas
  • 200 ml susu cair (dibikin dari dancow juga)
  • 30 gram margarin dicairkan
Cara bikinnya:

1. Campur terigu, susu, gula
2. Masukkan telur ayam, tambah susu cair, dan margarin cair
3. Aduk2 sampe rata jangan sampai masih ada perintilan2
4. Siapin wajan pancake (wajan dadar apa aja yang penting yang ga lengket)
5. Goreng.

Trus-trus (kalo aku) dikasi topping saus coklat yang dah jadi (produk Mariza), enaaaakkk...(sayangnya pas ga ada keju di rumah)