Home

Thursday, May 20, 2010

Cumi - Udang Saus Padang

Posting masakan ah...

Dah lama ga posting masakan nih..bukannya ga masak, masak sih tiap hari (kalo ga males) hehehe...tapi motret hasil masakannya ga selalu, soalnya suka diliatin suami, trus dikomentarin deh...kapan dong makannya kalo sibuk motoin makanannya terus hehehe....

Dibeliin suami cumi plus udang dari pasar ikan (searah sama kantornya), di sana bisa dapet banyak dengan harga yang murah, puas deh...

Resep yang gampang dan standar tapi pasti enak, dibikin saus padang aja, nyontek dari sini...resepnya gampang2, dan bahannya ga nyusahin, soalnya kalo liat masakan bahan dan bumbunya yang deretannya panjang suka males duluan...

Cumi/Udang Saus Padang

Bahan : 500 gr udang/cumi segar ukuran sedang
1 sdm minyak goreng 50 ml air

Bumbu halus:
12 buah cabai merah
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdt terasi, panggang
½ sdt gula pasir
1½ sdt garam
3 cm jahe

Cara membuat :

1. Kupas udang, sisakan ekornya, kerat punggungnya dan bersihkan.Cumi: bersihkan, pisahkan kepalanya, potong cincin.
2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu hingga harum dan kering.
3. Masukkan udang/cumi ke dalam tumisan bumbu, aduk rata dan masukkan air saat cumi/udang mulai berubah warna. Masak hingga udang matang dan air mengering. Angkat dan sajikan hangat.

Note : Selain udang dan cumi, bisa juga menggunakan kerang, kepiting.
dari resep dekap-Joy of Cooking

4 komentar:

Dian said...

Jeng jadi buat aku ngiler deh karena kepingin hehehe pasti rasanya makyuzzz! kalo ada waktu kunjungi blog masakan aku ya di http://warnawarnidapurnyadian.blogspot.com/

endahhh said...

Ngiler udangnya.. Hiks... Tapi aku ga bakat masak...

Ayu said...

duh mbak sari...
cuminya keliatannya enak tuh, jd lapar deh heheh.. besok mau nyoba masak cumi jg ah,hehe..

sari said...

@mb dian:iya mba..seafood emang buat siapa aja ngiler, kecuali yang bakat alergi hehe..iya..segera meluncur ke dapurnya mba dian :)

@endah: kalo aku nomer satu cumi, udang kesukaan suami...

ah ini bikinnya gampang kok, ga perlu bakat, tinggal cemplang cemplung, cuma ngebersihin cuminya yang agak ribet hehe...

@mb ayu: siipp..jangan lupa diposting ya, sapa tau bisa tukeran resep hehe...

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh