Home

Wednesday, May 19, 2010

Revolusi Pola Makan

Saat mendengar tante masuk rumah sakit gara gara kolesterol tinggi kita jadi termenung *cailah termenung*. Maksudnya jadi mikir, tanteku itu keliatan sehat, kurus ga gemuk, rajin olahraga, ternyata punya kolesterol tinggi.

Sering kita kepikiran, ah..masih muda ini, bebas dong makan apa aja. Iya sih..tapi tuanya tar gimana kalo kolesterol menumpuk sejak muda. Yang kita tau kan penyakit karena gaya hidup jaman sekarang macem macem ya..terutama yang berkaitan dengan pola makan.

Banyak makanan enak yang ternyata sangat tidak sehat, nikmat sesaat tapi efeknya woooww....

Kemarin suami sempet preksa gula darah plus kolesterol (dalam rangka iseng nunggu antrian doketrnya hafizh), ternyata eh ternyata begini kata dokter yang liat hasil lab suami:

“Wah gulanya agak tinggi, kolesterol mintip mintip, harus diet mas!!!!”

Wah kalo masalah diet udah kapan tau aku cereweeet banget ingetin suami buat ngurusin badan. Tapi ya itu..aku istri yang tidak konsisten, cerewet sama suami soal nyuruh diet tapinya aku ngajakin jajan melulu..hahahaha...udah gitu kalo masak di rumah, aku jarang masak sayur-sayur gitu.

Aku emang picky eater, dulu konon katanya waktu aku kecil badanku cungkring jadinya biar napsu makan sering diajak jajan deh..eh keterusan sampe gede hehe.

Karena badanku tergolong susah gemuk, padahal doyan makan jajan, jadinya ya santai aja ngelahap apa aja..ternyata salah ya...gak gemuk bukan berarti ga bisa kena kolesterol tinggi, huu...jadi atut...

Lagian, kita kan pengennya sehat sampe tua, biar bisa Insya Allah mengikuti pertumbuhan anak anak hingga dewasa dalam kondisi sehat, makanya mulai mikir yang namanya pola makan sehat.

Dan biar suami pede dengan timbangan BB-nya. Soalnya tiap ditanya cuma senyum dan nyuruh aku jauh jauh dari timbangan yang sedang dia naikin...haha..

Janjinya pengen ngilangin ngurangin fast food2an, dan mulai banyak mengkonsumsi sayuran *sigh* dan menu sehat lainnya.

Jadiii..mulai deh browsing resep sayur sayur (biar ga banyak nanya hehe)

Dan juga, kurangi makanan instan...*susyeh bow*

Bukan berarti trus kita ga jajan juga, soalnya jajan (wisata kuliner) itu, nggak cuma memberi makanan buat ragawi, tapi juga buat rohani..hahaha....rasanya gimanaaa gitu kalo kangen sama makanan tertentu trus kesampean..puass!!! efeknya kan ke rohani juga hehehe....ya tapi jangan keseringan lah...

Well, browsing cara menyusun menu sehat, akhirnya nyangkut di sini..kumplit dari mulai cara menyusun menu sehat, contoh menu sehat, dibaca baca dulu, semoga bisa dipraktekin ;-)

4 komentar:

Dian said...

HAri gin gak jaminan koq mau ndut mau kurus mau makannya diet ato gak kalo sudah namanya penyakit ya datang aja soalnya selain itu juga penyakit timbul selain dari pola makan juga muncul dari pola pikir juga, jadi kita memmang haarus dari sekarang berusaha diet an mengelola pikiran supaya gak sering2 stress

sari said...

iya betul mbak...tadinya sante aja mumpung kurus hajar bleh aja ternyata eh ternyata..diam diam penyakit jahat bisa mengintai..

iya ni mulai jaga asupan makanan sama kurangin stress, pengennya...heheheh

teefa sinatriya hakim said...

iya,mamaku aja kurus cungkring ga doyan makan ternyata kolestrolnya tinggi.jadi bingung..lha aku yg kebalikannya pernah cek malah gpp.yaaa sementara aman,blm brarti seterusnya aman.

sari said...

hehe iya...waspadalah waspadalah...(kalo inget) kikiki....

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh