Pages

Saturday, July 31, 2010

Belanja yuukkk

Ini Hafizh wkt 7 bulan...waktu diajak ngemall pertama umur 3-4 bulanan masih tiduuuurr aja hehe...sekarang dah mudeng kali ya..jd dianya ngerasa seneng liat bnyk orang..lampu-lampu...mainan anak2..hehe...ga mau tidur sama sekali walo kliatan ngantuk berat..bahkan mimik botol pun dia dengan posisi duduk jd agak ndangak gitu..pdhl biasanya kan maunya sambil tiduran. Ga mau kelewatan sedetikpun acara jalan2nya kali yaa..hehe..


Ayah : duduk sini ya naaakk...
Hafizh : iya yaahh...(hafizh masih ndeso nih blom pernah naik troley hehe)

eits itu ada jajanan enak keknya...

lhoh..kepalanya ayah ilang hehe....


iya bener ambil jajanan yang itu yah...


aseeekkk...ini yang kumau..hehe cuma dipegang aja sih..ga dimakan hehe...

Wednesday, July 28, 2010

Ketika Bayi Sembelit



Kemarin, sekitar harian Hafizh sembelit..hiks kasian banget. Ini sembelit pertama Hafizh sejak mulai MPASI. Sewaktu belom MPASI ga pernah sembelit karena banyakan mimi ASI yang mana jarang menimbulkan sembelit. Jadi waktu pertama kena sembelit kemarin itu bingung banget plus khawatir tentunya.

Sembelit saat bayi memulai MPASI emang kadang terjadi, bisa jadi perut dan organ pencernaan bayi masih beradaptasi dengan yang namanya solid food. Yaa..meskipun tau ini bisa aja terjadi tetep panic.com juga hehe.

Pola pup Hafizh setau aku mulai teratur, jadi tiap hari bangun pagi jam 4-5 gitu dia mesti pupi. Jadi pas dua hari dia ga pupi bingunglah emaknya...begitu pup malah nangis2 kejer dan pupnya keras.
Aku inget inget kayaknya tiap hari aku kasi buah tiap siang. Jadi Hafizh mamnya 2 kali makan besar pagi sama sore dan siangnya aku kasi puree buah, kadang dikasi selingan ager/puding buah bikinan sendiri.

Tapi memang sebelum sembelit aku sempet dia kasi bubur beras merah (gasol) yang dicampur sama ati, apa ati bkin sembelit? ato mungkin juga pengaruh obat? Hafizh minum mucopect karena batuk. Ah aku ga tau, bisa aja salah satu dr itu.

Yang jelas kasian banget, misalnya pas dia maen gitu trus tiba2 kepalanya diselehin trs kya lemes gitu ternyata dia ngeden sekuat tenaga. Kadang sampe keringetan. Sempet dibeliin mikrolax tapi aku ga tega hehe..akhirnya dibanyakin maem pepaya (dibkin puree) diseling sama pear. Reaksinya ga langsung sih, tapi alhamdulillah sekarang pupinya dah normal lagi.

Oiya, soal sembelit dan cara mengatasinya ada artikel bagus ini:

Penyebab Sembelit

Karena ada berbagi hal menjadi penyebab sembelit, maka perlu mencari apa dasar penyebab sembelit bayi; antara lain masalah organ setempat, misal adanya: kelainan metabolisme, fisura (retak/rekahan), pembengkakan, tumor, kelainan saraf setempat dll. Bila dokter telah menentukan tidak ada masalah dan/atau kelainan seperti tersebut diatas, kemungkinan lain sembelit bisa jadi karena:

  • Kekurangan cairan, kata lain kurang minum. Metabolisme pada bayi yang tinggi memungkinkan mengeluarkan cairan (kencing, keringat) lebih banyak, bila tidak segera diganti dengan cukup minum sering menyebabkan kurang cairan, hingga menyebabkan tinja keras, tidak lunak dan kurang lembab ( less moist ). Tabel di bawah, dapat digunakan sebagai patokan perhitungan berapa banyak bayi membutuhkan cairan setiap harinya. Maksud cairan adalah ASI (atau minuman lain misal juice, kuah yang sesuai usia bayi dan petunjuk dokter).

  • Pengeluaran cairan berlebihan juga bisa lingkungan misal karena cuaca panas, membuat bayi banyak berkeringat. Atau ruang ber pengatur udara (AC) meski berhawa sejuk tetapi menyebabkan udara kering, jadi bayi yang berada didalamnya perlu diberi banyak ASI (minum).

  • Residu (sisa pembuangan) yang berlebihan, antara lain pembuangan protein yang umumnya bersumber dari lauk-pauk hewani dan nabati (kacang-kacangan). Dalam hal ini tips yang dapat membantu mengatasi, berilah bayi cairan lebih banyak. Bagi bayi yang sudah mendapat makanan padat, pemberian lebih banyak tepung-tepungan dan buah tertentu (pisang, papaya) sering dapat menolong.

  • Selain residu protein, residu mineral juga sering membuat sembelit. Protein dan mineral berlebih menjadikan tinja menyerupai kotoran kambing, berbungkil-bungkil. Coba tengok bila ibu memberi bayi suplemen (sering disebut) vitamin, apakah juga mengandung mineral misal zat besi (ferum/iron), bila demikian sampaikan keluhan ini pada dokter sambil bertanya apakah suplemen perlu dihentikan dahulu, atau dikurangi dosisnya.

  • Pemberian obat-obatan tertentu misal antibiotik, obat flu juga memberi efek samping sembelit.

Kalau bayi sudah mulai diberi makanan tambahan, dan buah, namun masih sembelit juga, amati jenis sayur mayur dan buahnya. Kalau ternyata sayur mayurnya sudah lengkap (lebih dari satu macam), dan buahnya selain cukup porsinya, berasal dari jenis buah yang tidak bikin sembelit (salak dan buah lain yang banyak getah), kemungkinan penyebabnya bukan itu. Bisa jadi memang kurang mendapat minum air putih.

Apabila sudah diberi air putih masih sembelit juga, tentu ada yang tidak beres dengan pencernaannya. Ada beberapa kelainan usus pada bayi baru lahir yang bikin sembelit. Usus yang melipat, terlilit, atau ada bagian usus besar yang mengalami kelainan pada pangkal anus, kesemua itu juga bisa muncul dengan gejala sembelit. Untuk itu perlu pemeriksaan lanjutan lebih dalam guna memastikannya.

Kasus bayi sembelit dapat diatasi dengan pemberian pencahar, namun harus atas pengawasan dokter. Jangan memberi sembarang pencahar karena pencahar sendiri bukanlah obat sembelit, melainkan hanya untuk mengatasi sesaat. Penyebab sembelitnya sendiri yang perlu dilacak, agar sembelitnya bisa tuntas ditanggulangi.

Oleh : dr. Handrawan Nadesul

(Sumber: www.sahabatnestle.co.id)

Trus, menurut Wholesomebabyfood.com, buah dan sayur yang sangat disarankan bila bayi mengalami sembelit (4-12 bulan/ yang sudah mulai MPASI) :

  • apricots
  • prunes
  • peach
  • plums
  • pear
  • kacang-kacangan
  • bayam
  • pepaya (ini aku tambahin sendiri, soalnya di sono jarang ada pepaya kali yee..hehe)
  • oatmeal

dan, perlu dihindari dulu (dikurangi) yang namanya cereal, beras, pisang,apple sauce. Oiya apel itu ternyata buah yang bikin sembelit selain pisang, itu kalo dimakan sama daging buahnya. Kalo juice-nya aja enggak (menurut situs ini).


Wednesday, July 21, 2010

Hafizh 7 bulan

Mayan telat nih update ulbul ke 7-nya Hafizh, tapi yaa..lebih baik telat daripada tidak sama sekali ehehe...

Satu kata di bulan ke 7 ini : makin bikin keringetan :)

Kenapa? Karena si kuntal kuntil (dijuluki gini soalnya kaki kecilnya itu selalu gerak gerak ga bisa berenti, alias kuntal kuntil-istilah di rumah) sudah semakin banyak manuvernya. Yang paling aku tandai perkembangan terbarunya adalah Hafizh udah jago merayap hihihi. (baru apa udah ya..hehe soalnya seangkatannya ada yang dah jago merangkak)

Padahal kan kita menantinya dia buruan merangkak gitu. Setelah kemarin sempet ongkog-ongkok kaya mau merangkak..eh semakin ke sini dia malah demen merayap. Tadinya pas ongkog2 gitu kita pancing sama mainan biar dia maju merangkak maksudnya. Tapi berhubung dia blom bisa malah nyungsep, lama lama mungkin sadar blom bisa merangkak akhirnya dia ngesot ke depan pake dadanya alias merayap hehehe.

Semakin ke sini semakin hobi, karena udah jago merayap, dia jadi makin ngglitis (bahasa indonya apa ya...pokoknya apa2 yang di depannya, terutama yang blom pernah diliat, mau dia raih). Merayapnya cepet banget, suut suut suut...kadang kasian juga hehe..tapi kayaknya dia seneng.
Karena semakin ngglitis itulah jadinya emaknya harus rajin2 mindahin badannya manakala posisinya sudah mengkhawatirkan. Ngamuk juga kadang-kadang, misalnya dia udah di depan leptop, aku pindahin badannya, padahal dia pengen banget megang leptop hehe.
Pernah juga satu kali aku tinggal bentar ambil minum di dapur, eh dia nangis sambil ngikutin aku by ngesot-ngesot haha..kacimaannn...

Kata temen si wajar bayi merayap gitu. Anaknya dulu juga merayap dulu, merangkak trus berdiri. Bahkan anak tetangga ada yang ga pake fase merangkak tapi cuma merayap langsung deh belajar jalan. Jadi ga ada yang perlu dikhawatirkan.

Yang lainnya, sekarang Hafizh gampang nangis, hiks..knapa ya. Apa makin gede makin berkembang emosinya jadi gitu. Ditinggal dikit aja langsung nangis. Jadi aku bisa ngerjain apa-apa (masak, nyuci) kalo dia udah bobok, kalo dia melek ya mesti nemenin dia main. Kalo ambil apa gitu terpaksa dia aku gendong, daripada nangis jejeritan, alhasil boyok pegel.com deh, ngewer-ewer anak 8,5kg memang tidak mudah hahaha.

Paling enak kalo di rumah eyangnya, banyak temen, jadi asal dia ada yang nemenin, ga perlu digendong2 juga udah anteng.

Daaan mainannya semakin tidak bermutu, ahaha maksudnya dia udah bosen sama mainannya. Lebih seneng mainan botol telon, tempat bedak, tas kresek. Pernah dibeliin mainan eh yang dia mainin malah plastik pembungkusnya bwahahaha...

Yah itu aja sih, yang paling gampang diliat soal perkembangnnya di bulan ke 7 ini ya hobinya merayap itu tadi. Dan soal MPASInya dia udah mulai suka nyembur2 plus ngelepehin makanan hiks...tapi emaknya ga akan nyerah :).



Thursday, July 15, 2010

Review MPASI 6-7 bulan

Acara mamam mamam makin seru...direview ah..

Hafizh sekarang udah 7,5 bulan. Berarti udah mulai mamam selama 1,5 bulan. Trus, apa aja yang udah dicobain buat MPASI-nya? Hihihi..kelinci percobaan kali..

Seperti review sebelumnya, awal MPASI dimulai dengan bubur gasol beras merah wangi. Dan alhamdulillah awal2 MPASI tidak ada kendala berarti, ga ada acara tutup mulut, paling2 rewek kalo dia ngantuk aja (ibunya salah moment hehe...)

Setelah nyobain Gasol (yang udah dicoba baru gasol beras merah wangi dan beras coklat), nyobain sayur sama buah juga.

Walopun banyak daftar buah dan sayur yang sudah bisa mulai diperkenalkan, tapi ternyata sampe dengan umur 7,5 bulan ini masih ada buah dan sayur yang belom dicobain. Bisa karena stok satu jenis sayur/buah terlalu banyak jadi ga habis2 atau buahnya yang ada di kulkas (eyangnya) itu2 aja heheheh...

Yang udah dicobain:

SEREALIA:
gasol-gasolan
oatmeal

SAYUR:
kentang
kabocha (labu kuning)
zukini
brokoli (harusnya 8 bulan sih, tapi inii dah 7,5 bulan gpp kali ya hehe...)
ubi jepang
jagung manis

BUAH:
apel
pear (sweet pear, xiang lie), paling sering ada di kulkasnya eyangnya hafizh hehe...
Pisang (pisang ambon, pisang raja)
Melon
Jeruk baby
alpukat mentega

Protein (mulai 7 bulan)
Tahu (tahu sutra/tofu)

Gasol Hafizh ga begitu suka, kecuali dicampur yang manis-manis kaya pear ato apel. Lagian emaknya juga udah pengen ngasi nasi tim hihihi.
Alhamdulillah segala sayur yang dicobain dia mau mau aja. Ga ngebayangin puree brokoli campur apel rasanya kaya apa hihihi...nyatanya dia mau kok hehe...Puree campur lain yang dicoba misalnya:

  • puree zukini pisang
  • puree zukini apel
  • puree apel jeruk baby
  • Puree kentang pear
  • Puree labu apel
  • Beras merah + melon
  • Beras coklat + pear
  • puree kentang + jagung manis
  • dll (tergantung kreatifitas dan adanya apa di kulkas hehehe)

Kemarin di SPM liat kacang merah pengen nyobain juga, trus ada pepino (bentuknya lonjong warna ungu ada salur-salurnya), kata mama meralda di forum TUM rasanya enyak. Jadi pengen juga tar nyoba.

Masih banyak kan sayur yang perlu dicoba? Masih ada terong, labu siam, wortel, bayam, bunga kol (khusus 3 terakhir katanya pas umur 8 bulan aja, karena mengandung nitrat, baby 8 bulan baru bisa ncerna).

Buah yang belum dicoba: pepaya (aku ga suka baunya) hehe egois.com. sama mangga.

Rencananya di 7,5 bulan ini mau mulai diperkenalkan protein lain selain tahu seperti daging ayam sama tempe. Oiya, kaldunya juga.

Kayaknya ribet amat ya? Ah enggak juga. Soalnya sekali bikin langsung bisa buat 3 hari atau bahkan seminggu. Itulah untungnya rajin berkunjung ke Forumnya urban mama, milis MPASI rumahan sama Wholesome babyfood, plus banyak intip2 blognya para ibu-ibu pinter :). Disana banyaak banget cara mengolah makanan, dan membekukannya sehingga mudah buat nyiapin menu untuk si kecil.
Dan lebih murah tentunya (habis liat bubur instan merk M**l** sekotak 12 rebu-an cuma brapa kali makan tuh, hehe).


salah satu contoh puree labu kuning, bukan buatanku, ini ambil dari sini hehehe...
Emaknya harus rajin bikin beginian sekarang :)


Oiya, soal makanan instan, Hafizh dah pernah nyoba hehehe. Yang pernah dicoba biskuit farley, sama bubur cerelac kacang hijau. Waktu itu pas boyongan ke rumah eyangnya Hafizh dan harus tinggal di sana beberapa minggu, coz eyangnya Hafizh dua2nya pas sakit, yangkung di RS, yangti di rumah, jadi nemenin yangti gitu lah..plus tengok2 yangkung juga.
Nah waktu itu blom sempet beli bahan, trus beli instan deh. Tapi sampe sekarang masih banyak, karena dipake cuma buat darurat aja hehe.

*Berusaha memberikan yang terbaik yang aku bisa buat anakku sayang*

Tuesday, July 13, 2010

Akhirnya...Spanyol!!

http://www.citifmonline.com/site/img/news/

Akhirnya...selamat buat pendukung La Furia Roja...selamat jadi kampiun di event akbar 4 tahunan di Afsel ini..selamat datang Juara Baru...

Belanda..hiks..nasibmu...Juara tanpa mahkota (mencoba menghibur diri sendiri)

Euforia WC dah berakhir...coba piala dunia itu 2 bulan, pasti puas hehehe...
Piala Dunia di Afrika ini beberapa hal unik yang perlu diinget:

  • vuvuzela, terompet khas afrika yang suaranya kaya nyamuk, bikin gatel kuping
  • pelatih trendi-si Joachim Loew, pelatih Jerman
  • Paul si gurita, peramal dadakan yang tiba2 jadi idola
  • Jabulani, nama bola keluaran adidas yang dipakai di piala dunia 2010 ini
Well, sampai jumpa di Piala Dunia 2014, di Brazil....(Hafizh dah punya adek blum ya..kikikiki)

Salah satu fans Belanda yang kecewa..tapi tetep pringas pringis hehehe...

Wednesday, July 7, 2010

Masih Demam World Cup

Lagi lagi curhatan ga penting..ibu2 kok curhatnya soal bola, mbokyao soal anak, keluarga, harga cabe, hahaha...

Yah, mumpung masih dalam event World Cup yang cuma 4 tahun sekali, yuuk mareee....
Akhirnya, setelah Italia pulang kampung, aku sibuk nyari jagoan lain..ga seru dong nonton ga ada yang dijagoin..apalagi Italia pulang awal banget, masa di sisa World Cup aku hanya meratapi nasib Italia..no way!!!

Dan akhirnya pilihan jatuh ke Tim Oranje Belanda. Ya biarpun nenek moyang mereka penjajah kita, tapi ntah kenapa aku punya feeling tim ini bakal "berbicara" di WC kali ini. Cailah..bahasanya kaya Bung Rayana Jaka Surya hehe...


Daaaannn terbukti kan, akhirnya Belanda masuk final. Saat bikin tulisan ini pas lagi menanti pertandingan Spanyol vs Jerman. Jadi tinggal nunggu siapa yang bakal jadi finalis menemani Belanda.

Kenapa Belanda? Jawabnya : Gara-gara terpengaruh sama prediksi Master Deddy Corbuzier yang mana menyebutkan kalo juara WC kali ini negara yang identik dengan cuaca dingin hehe...


Ga sia-sia deh beliin baju bola (Netherland) buat Hafizh,akhirnya Belanda maju final...tapi..selama ini ada pameo yang menyatakan Belanda itu juara tanpa mahkota.
Selama ikut World Cup, sering masuk semifinal tapi ga pernah bisa lolos dan jadi juara, kasian ya hehe...

Btw..suami yang tadinya ngejagoin Inggris yang cuma bisa meringis di WC kali ini akhirnya beralih jagoan juga ke Argentina. Tapi malah lebih tragis, karena Argentina dibantai sama Jerman hihi..kasian deh si ayah...


Akhirnya..semoga Wesley Sneijder cs bisa jadi juara di WC 2010 kali ini. Sekian.:)

Adek Wesley Sneijder, andalan tim oranje
skysports.com