Home

Wednesday, July 28, 2010

Ketika Bayi Sembelit



Kemarin, sekitar harian Hafizh sembelit..hiks kasian banget. Ini sembelit pertama Hafizh sejak mulai MPASI. Sewaktu belom MPASI ga pernah sembelit karena banyakan mimi ASI yang mana jarang menimbulkan sembelit. Jadi waktu pertama kena sembelit kemarin itu bingung banget plus khawatir tentunya.

Sembelit saat bayi memulai MPASI emang kadang terjadi, bisa jadi perut dan organ pencernaan bayi masih beradaptasi dengan yang namanya solid food. Yaa..meskipun tau ini bisa aja terjadi tetep panic.com juga hehe.

Pola pup Hafizh setau aku mulai teratur, jadi tiap hari bangun pagi jam 4-5 gitu dia mesti pupi. Jadi pas dua hari dia ga pupi bingunglah emaknya...begitu pup malah nangis2 kejer dan pupnya keras.
Aku inget inget kayaknya tiap hari aku kasi buah tiap siang. Jadi Hafizh mamnya 2 kali makan besar pagi sama sore dan siangnya aku kasi puree buah, kadang dikasi selingan ager/puding buah bikinan sendiri.

Tapi memang sebelum sembelit aku sempet dia kasi bubur beras merah (gasol) yang dicampur sama ati, apa ati bkin sembelit? ato mungkin juga pengaruh obat? Hafizh minum mucopect karena batuk. Ah aku ga tau, bisa aja salah satu dr itu.

Yang jelas kasian banget, misalnya pas dia maen gitu trus tiba2 kepalanya diselehin trs kya lemes gitu ternyata dia ngeden sekuat tenaga. Kadang sampe keringetan. Sempet dibeliin mikrolax tapi aku ga tega hehe..akhirnya dibanyakin maem pepaya (dibkin puree) diseling sama pear. Reaksinya ga langsung sih, tapi alhamdulillah sekarang pupinya dah normal lagi.

Oiya, soal sembelit dan cara mengatasinya ada artikel bagus ini:

Penyebab Sembelit

Karena ada berbagi hal menjadi penyebab sembelit, maka perlu mencari apa dasar penyebab sembelit bayi; antara lain masalah organ setempat, misal adanya: kelainan metabolisme, fisura (retak/rekahan), pembengkakan, tumor, kelainan saraf setempat dll. Bila dokter telah menentukan tidak ada masalah dan/atau kelainan seperti tersebut diatas, kemungkinan lain sembelit bisa jadi karena:

  • Kekurangan cairan, kata lain kurang minum. Metabolisme pada bayi yang tinggi memungkinkan mengeluarkan cairan (kencing, keringat) lebih banyak, bila tidak segera diganti dengan cukup minum sering menyebabkan kurang cairan, hingga menyebabkan tinja keras, tidak lunak dan kurang lembab ( less moist ). Tabel di bawah, dapat digunakan sebagai patokan perhitungan berapa banyak bayi membutuhkan cairan setiap harinya. Maksud cairan adalah ASI (atau minuman lain misal juice, kuah yang sesuai usia bayi dan petunjuk dokter).

  • Pengeluaran cairan berlebihan juga bisa lingkungan misal karena cuaca panas, membuat bayi banyak berkeringat. Atau ruang ber pengatur udara (AC) meski berhawa sejuk tetapi menyebabkan udara kering, jadi bayi yang berada didalamnya perlu diberi banyak ASI (minum).

  • Residu (sisa pembuangan) yang berlebihan, antara lain pembuangan protein yang umumnya bersumber dari lauk-pauk hewani dan nabati (kacang-kacangan). Dalam hal ini tips yang dapat membantu mengatasi, berilah bayi cairan lebih banyak. Bagi bayi yang sudah mendapat makanan padat, pemberian lebih banyak tepung-tepungan dan buah tertentu (pisang, papaya) sering dapat menolong.

  • Selain residu protein, residu mineral juga sering membuat sembelit. Protein dan mineral berlebih menjadikan tinja menyerupai kotoran kambing, berbungkil-bungkil. Coba tengok bila ibu memberi bayi suplemen (sering disebut) vitamin, apakah juga mengandung mineral misal zat besi (ferum/iron), bila demikian sampaikan keluhan ini pada dokter sambil bertanya apakah suplemen perlu dihentikan dahulu, atau dikurangi dosisnya.

  • Pemberian obat-obatan tertentu misal antibiotik, obat flu juga memberi efek samping sembelit.

Kalau bayi sudah mulai diberi makanan tambahan, dan buah, namun masih sembelit juga, amati jenis sayur mayur dan buahnya. Kalau ternyata sayur mayurnya sudah lengkap (lebih dari satu macam), dan buahnya selain cukup porsinya, berasal dari jenis buah yang tidak bikin sembelit (salak dan buah lain yang banyak getah), kemungkinan penyebabnya bukan itu. Bisa jadi memang kurang mendapat minum air putih.

Apabila sudah diberi air putih masih sembelit juga, tentu ada yang tidak beres dengan pencernaannya. Ada beberapa kelainan usus pada bayi baru lahir yang bikin sembelit. Usus yang melipat, terlilit, atau ada bagian usus besar yang mengalami kelainan pada pangkal anus, kesemua itu juga bisa muncul dengan gejala sembelit. Untuk itu perlu pemeriksaan lanjutan lebih dalam guna memastikannya.

Kasus bayi sembelit dapat diatasi dengan pemberian pencahar, namun harus atas pengawasan dokter. Jangan memberi sembarang pencahar karena pencahar sendiri bukanlah obat sembelit, melainkan hanya untuk mengatasi sesaat. Penyebab sembelitnya sendiri yang perlu dilacak, agar sembelitnya bisa tuntas ditanggulangi.

Oleh : dr. Handrawan Nadesul

(Sumber: www.sahabatnestle.co.id)

Trus, menurut Wholesomebabyfood.com, buah dan sayur yang sangat disarankan bila bayi mengalami sembelit (4-12 bulan/ yang sudah mulai MPASI) :

  • apricots
  • prunes
  • peach
  • plums
  • pear
  • kacang-kacangan
  • bayam
  • pepaya (ini aku tambahin sendiri, soalnya di sono jarang ada pepaya kali yee..hehe)
  • oatmeal

dan, perlu dihindari dulu (dikurangi) yang namanya cereal, beras, pisang,apple sauce. Oiya apel itu ternyata buah yang bikin sembelit selain pisang, itu kalo dimakan sama daging buahnya. Kalo juice-nya aja enggak (menurut situs ini).


9 komentar:

Dian said...

Semoga Hafizh tidak sembelit lagi ya, kita aja yang dewasa kalo sembelit sakitnya minta amapun apalagi kalo masih bayi pasti kesakitan tapi belum bisa bicara

sari said...

hehe iya mbak..kasian, ga tega liatnya...emaknya kudu ekstra rajin ngasi buah2an nih hehe...

Lidya said...

kaya Pascal dulu nih mbak sampe sedih ga pup beberapa hari. Semoga Hafizh ga sembeliy lagi ya. mbak FB nya aku add ya. ternyata dari semarang ya mbak, sayang tahun in aku ga mudik nih

teefa sinatriya hakim said...

oh apel bikin sembelit jg to?tp zayyan sk skali apel,gpp kayanya.tp klo pisang sih emang iya.kasian,mpe nangis2 sedih gitu.tp enak sih klo udah gt lgsg ta'dudukin di closet sambil dipeluk trus diurut di punggung atas pantatnya.
enak ya hafizh udah terjadwal,zayyan 2-3hr skali pup-nya.malah pernah 10hr br pup.

Percik Keluarga said...

Iya, kasih makan anak gampang2 susah. Luna jg pnh kena sembelit, krn bunda terapin makanan baru selalu dicoba satu persatu, jd cpt ketahuan. Luna sembelit sama Apel.

sari said...

@mb lidya: siiip mba, dah tak confirm ya..wah asli semarang juga to hehe....

@mama zayyan: wah 10 hari? aku baru 2 hari aja dah panik hehe...iya dia udah terjadwal tiap pagi, sekarang jg dah rutin lg..

iya, apel dagingnya mengandung apa gitu yg bikin sembelit, kalo diminum juice-nya aja si gpp ga bikin sembelit (baca di wholesome babyfood)

@bunda fisa:

iya bunda, mulai MPASI mesti teliti makannya apa aja, pengamatan pupi juga penting hehehe...

armouris said...

info tentang sembelit di SIHAT SELALU - Sembelit : Kesukaran Membuang Air Besar

Yetty angga anggraini said...

Huhu Mbak Sariii..baru kejadian di aku nihhh
Quin sabtu kemaren baru First MPSUSU pake gasol beras merah..ehhh minggunya sembelit ajaa gituuu kasiannn ampe nangis kejerrr..trus ngedennya sambil ngliatin aku yg arti tatapannya teh " bundaaa sakit bundaaa" ga tegaaaaa

Foto Sex said...

Booking Tiket Pesawat Murah | TIKET PESAWAT MURAH ONLINE | JASA SEO | Kamera CCTV | Wireless Portable Sound System | HARGA EMAS | LOGAM MULIA
All about Behel atau Kawat Gigi manfaat,perawatan dan larangannya lengkap
Bejubel Market Place Terbaik Indonesia
Ezytravel - Shanghai Modern Taikang Lu
Ezytravel - Mengalami Empat Musim Di Australia Great Ocean
Ezytravel - 15 Tempat Menarik di Cina Yang Bukan Tembok Besa
Ezytravel - Jatuh Cinta Pada Pulau Jeju
Booking Tiket Pesawat Murah
Belum Temukan Tiket Pesawat Murah Kamu Temukan Disini
Ezytravel Situs Booking Tiket Pesawat Murah
Jasa Membuat Website
TIKET PESAWAT ONLINE
Packaging Solution
http://elbest-window.com/
Sari Temulawak

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh