Home

Thursday, July 15, 2010

Review MPASI 6-7 bulan

Acara mamam mamam makin seru...direview ah..

Hafizh sekarang udah 7,5 bulan. Berarti udah mulai mamam selama 1,5 bulan. Trus, apa aja yang udah dicobain buat MPASI-nya? Hihihi..kelinci percobaan kali..

Seperti review sebelumnya, awal MPASI dimulai dengan bubur gasol beras merah wangi. Dan alhamdulillah awal2 MPASI tidak ada kendala berarti, ga ada acara tutup mulut, paling2 rewek kalo dia ngantuk aja (ibunya salah moment hehe...)

Setelah nyobain Gasol (yang udah dicoba baru gasol beras merah wangi dan beras coklat), nyobain sayur sama buah juga.

Walopun banyak daftar buah dan sayur yang sudah bisa mulai diperkenalkan, tapi ternyata sampe dengan umur 7,5 bulan ini masih ada buah dan sayur yang belom dicobain. Bisa karena stok satu jenis sayur/buah terlalu banyak jadi ga habis2 atau buahnya yang ada di kulkas (eyangnya) itu2 aja heheheh...

Yang udah dicobain:

SEREALIA:
gasol-gasolan
oatmeal

SAYUR:
kentang
kabocha (labu kuning)
zukini
brokoli (harusnya 8 bulan sih, tapi inii dah 7,5 bulan gpp kali ya hehe...)
ubi jepang
jagung manis

BUAH:
apel
pear (sweet pear, xiang lie), paling sering ada di kulkasnya eyangnya hafizh hehe...
Pisang (pisang ambon, pisang raja)
Melon
Jeruk baby
alpukat mentega

Protein (mulai 7 bulan)
Tahu (tahu sutra/tofu)

Gasol Hafizh ga begitu suka, kecuali dicampur yang manis-manis kaya pear ato apel. Lagian emaknya juga udah pengen ngasi nasi tim hihihi.
Alhamdulillah segala sayur yang dicobain dia mau mau aja. Ga ngebayangin puree brokoli campur apel rasanya kaya apa hihihi...nyatanya dia mau kok hehe...Puree campur lain yang dicoba misalnya:

  • puree zukini pisang
  • puree zukini apel
  • puree apel jeruk baby
  • Puree kentang pear
  • Puree labu apel
  • Beras merah + melon
  • Beras coklat + pear
  • puree kentang + jagung manis
  • dll (tergantung kreatifitas dan adanya apa di kulkas hehehe)

Kemarin di SPM liat kacang merah pengen nyobain juga, trus ada pepino (bentuknya lonjong warna ungu ada salur-salurnya), kata mama meralda di forum TUM rasanya enyak. Jadi pengen juga tar nyoba.

Masih banyak kan sayur yang perlu dicoba? Masih ada terong, labu siam, wortel, bayam, bunga kol (khusus 3 terakhir katanya pas umur 8 bulan aja, karena mengandung nitrat, baby 8 bulan baru bisa ncerna).

Buah yang belum dicoba: pepaya (aku ga suka baunya) hehe egois.com. sama mangga.

Rencananya di 7,5 bulan ini mau mulai diperkenalkan protein lain selain tahu seperti daging ayam sama tempe. Oiya, kaldunya juga.

Kayaknya ribet amat ya? Ah enggak juga. Soalnya sekali bikin langsung bisa buat 3 hari atau bahkan seminggu. Itulah untungnya rajin berkunjung ke Forumnya urban mama, milis MPASI rumahan sama Wholesome babyfood, plus banyak intip2 blognya para ibu-ibu pinter :). Disana banyaak banget cara mengolah makanan, dan membekukannya sehingga mudah buat nyiapin menu untuk si kecil.
Dan lebih murah tentunya (habis liat bubur instan merk M**l** sekotak 12 rebu-an cuma brapa kali makan tuh, hehe).


salah satu contoh puree labu kuning, bukan buatanku, ini ambil dari sini hehehe...
Emaknya harus rajin bikin beginian sekarang :)


Oiya, soal makanan instan, Hafizh dah pernah nyoba hehehe. Yang pernah dicoba biskuit farley, sama bubur cerelac kacang hijau. Waktu itu pas boyongan ke rumah eyangnya Hafizh dan harus tinggal di sana beberapa minggu, coz eyangnya Hafizh dua2nya pas sakit, yangkung di RS, yangti di rumah, jadi nemenin yangti gitu lah..plus tengok2 yangkung juga.
Nah waktu itu blom sempet beli bahan, trus beli instan deh. Tapi sampe sekarang masih banyak, karena dipake cuma buat darurat aja hehe.

*Berusaha memberikan yang terbaik yang aku bisa buat anakku sayang*

6 komentar:

Lidya said...

nanti aku contek juga ya menunya :) untuk Alvin nih

teefa sinatriya hakim said...

zayyan blom nyoba zuchini,dgn alesan,ntar2 kayanya bakal jarang2 masak pake zuchini.jadi (emak) males nyobain..hehehe.

sari said...

@mb lidya: hihi iya mbak silahkan..aku juga model nyontek sana sini kok hehe...kapan mulai MPASI dek alvinnya?

@mama tifa: ini juga baru sekali, hasil jauh2 ke care4, beli 2 biji doang, obat penasaran hehehe....

kayak oyong ya ternyata, klempus klempus hehehe...

BunDit said...

Hehehe seru ya kalau anak mulai MPASI. Pengn dicobain ini itu. Semoga Hafidz mamamnya banyak dan selalu sehat ya sayang :-)

sari said...

iya amin bundit...semoga ibunya juga rajinnya ga cuma di awal2 aja hehe...

ini juga hasil intip2 plus nyontek blognya bundit hehehe...

Dian said...

Pasti deh mama nya pinginnya semua di cobain deh tuk Hafizh, gpp yang penting Hafizh nya suka dan biar ntar kalo gedhe mau semua makanan dan gak rewel harus pilih2 makanan hehehe

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh