Pages

Saturday, December 31, 2011

Kumpul anak cucu


Liburan agak panjang natal plus tahun baru ini, pakdhenya Hafizh dari Sidoarjo liburan ke Semarang. Kebetulan juga banyak sodara di Semarang yg ngrayain natal jadi skalian berkunjung ke rumah mereka.

Jadinya,di rumah ortu kumpul anak cucu,biarpun boboknya sempit2an tp seru hehe. Apalagi cucu2nya yg jumlahnya 5 biji tambah bikin rame.
Cucu yg paling gede, Bela udah SMP,adeknya klas 3sd,ada lg yg TK,trus Hafizh,baru yg terkecil umur 1,5 th.

Hrsnya nih, Hafizh mainnya sama sepupunya yg kecil it kan ya? Tp enggak tuh, dia malah mainnya sm spupunya yg TK sama klas 3 SD. Klo sm yg kecil malah dia takut hehehe...

Jangan tanya berantem ato nggak, sering malah. Kalo ditinggal mumpet ato ditinggal sm kakaknya dia langsung nangis kejer hehe. Heboh deh pokoknya.

Kadang suasananya penuh canda tawa, kadang penuh jerit tangis hehehe
Tapi intinya semua hepi....

Kemarin itu bikin chicken burger kaya yang dibikin beberapa hari sebelumnya, laris manis dan pada suka hehe..alhamdulillah...


Tumben bisa kumpul bareng tanpa berantem,, sambil menikmati kentang goreng plus chicken burger (suap-suapan) hehehe...


Hafizh lagi ketawa liat tingkah kakak sepupunya...

Wednesday, December 28, 2011

Chicken burger

Habis blogwalking ke beberapa blog yang banyak memajang makanan enak, jadi kepikiran pengen bikin burger sendiri, pengennya sih bikin beef burger tapi tadi pas ke pasar dagingnya lagi kosong, jadinya ayam aja sementara...

Resepnya kira2 aja, cemplang cemplung aja hehe...dari yang aku lihat di beberapa blog si bahannya hampir sama komposisinya, ya diinget-inget aja cara bikinnya:

Chicken Burger

bahan:

ayam giling 500 gr
telur ayam 1 butir
tepung panir 5 sdm

bumbu:
bawang bombay 1 biji dicincang halus
bawang putih 3 butir cincang halus
garam dan merica secukupnya

cara membuat:

1. campur ayam giling dengan bumbu2, tepung panir dan telur.
2. Aduk/uleni sampai rata
3. bulat dan pipihkan tipis2, ukuran sesuai selera, lebih baik kecil2 biar cepet mateng
4. siapkan wajan anti lengket, lelehkan margarin
5. goreng sebentar hingga matang (kalo saya sukanya agak gosong2 gitu permukaannya hehe...)

Saus:

Sebenarnya saus yang pas saus BBQ gitu kali..tapi lagi ga punya saus BBQ yang dah jadi jadi bikin ala2 saus steak gitu

bawang putih cincang ditumis, tambah saus tiram, saus tomat, kecap, merica, air...tambah maizena yang dikentalkan...dirasain kalo kurang asin bisa ditambah garam, soalnya biasanya saus tiram kan udah asin ya...

Pelengkap: jagung manis dan wortel yang dipotong kecil2...trus dikukus...




Voila..ini jadinya chicken burger cemplang cemplung hehe...nyaaammm...si Hafizh nambah terus (emaknya juga :)). Oh iya, makannya pake nasi ya , ga pake roti bun itu..ga kenyang lah...perut Jawa soalnya hehe...

Friday, December 23, 2011

Aduh...awas...awas....

Perkembangan kosa kata Hafizh semakin ke sini Alhamdulillah semakin banyak, dia semakin mau dan suka niruin. Tadinya kan males gitu kalo suruh niruin dan asik sendiri dengan mainannya, sekarang exited banget membeonya.

Tapi niruinnya masih kebanyakan suku belakang katanya aja yang diambil, walopun ada beberapa kata yang dia udah bisa ngucapin secara utuh.

Makanya suka bingung kalo dia bilang 'daa..' maksudnya bisa sepeda atau kuda. Saking suka niruin, kadang percakapan yang emang gak dalam rangka mengajari dia (misal aku lagi ngobrol sama suami) eh dia niruin hehe...makanya kudu waspada nih coz ada beo yang siap merekam semua kata2 kita...

Diantara kata2 yang dia ucapkan, akhir2 ini dia sering banget bilang "aduh" sama "awas-awas". Dia sudah mengerti konsep aduh digunakan saat orang merasa kesakitan, misalnya jatuh, kecepit dll.

Tapi nii..kadang dia suka lebay gitu make kata "aduh", misalnya pas aku duduk di sebelahnya dan dia mungkin merasa kesempitan karena ada aku, dia bilang "aduh..aduh..aduh" berulang-ulang sambil mukanya nunjukin kesakitan hahaha.....

Atau kalo pas jatuh, begitu jatuh kan aku samperin dan tanya..."kenapa dek? jatuh ya?" eh dia jawab "tuh...aduh...". Jadi dia laporan kalo dia jatuh sama plus bilang "aduh". Aduh-nya telat hihihi....gak pas dia jatuh tapi pas dia bilang kalo jatuh...ada ada aja

Trus selain "aduh" dia juga suka bilang "awas..awas". Entah dia sering denger ato gimana, tapi perasaan aku ga pernah ngajarin dia deh hehe....jadi kalo dia mau lewat trus ada yang ngalangin dia bilang "awas...awas" sambil nyingkirin badan orang yang ngalangin dia hehe...

Plus, kalo misalnya dia ga mau dijejerin duduknya, dia ngusirnya dengan kata awas2 itu tadi sambil dorong2 badan orang ybs, hehe...

Wednesday, December 14, 2011

Rolade Ikan


Nama kerennya dari resep aslinya sih Fish Terrine (dari Bahasa Prancis), tapi nampaknya seperti rolade ikan atau siomay ikan...ya sebangsa gitu deh.

Dapet dari resep di Buku Panduan Menu Balita Sebulan. Bikinnya lumayan gampang, dan ga cuma balita yang doyan, yang tua juga hihihi....

Rolade Ikan

Bahan:

500 gr fillet kakap
1 wortel potong kecil
1 jagung manis pipil
6 buncis, iris (saya ga pake buncis)
1-2 butir telur
kurleb 50 ml susu segar

Bumbu:

2 batang daun bawang iris
3 siung bawang putih cincang
1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Blender ikan hingga lembut. Campur dengan sisa bahan. Aduk rata
  2. Bungkus adonan ikan dengan plastik. Gulung dan tekan hingga padat, lalu kukus 10 menit.Potong bulat dan sajikan
Gampang ya? Khusus ibunya habis dikukus trus digoreng, rasanya lebih gurih hehehe....

Note: klo adonannya terlalu lembek ga bisa padet bisa dikasi maizena dikit.



Thursday, December 8, 2011

Hafizh 2 Tahun



Yeaaayy...Rabu kemarin (tanggal 7 Desember) Hafizh berulang tahun yang ke-2. Ga dirayain yang gimana-gimana sih. Cuma pesen kue ultah buat sendiri dan bagi2 makanan aja ke tetangga.

Kebetulan di tempat eyangnya Hafizh ketempatan arisan, dan karena aku masih terdaftar jadi penduduk sana ya ikut arisan juga. Sekalian lah acara Ultah Hafizh dibarengin sama arisan PKK yang kebetulan kelompok PKK di tempatku itu (Dasa Wisma) berulang tahun yang ke-2 juga. Kok bisaaa bareng hehe...

Btw soal pesta yang dibarengin sama arisan ibu2 PKK ternyata juga dialami sama Zayyan. Kata mamanya ultah Zayyan juga bareng sama acara arisan di tempat eyangnya. Yaaa kok bisa sama sih hehe...

Jadi nih temanya, Birthday at Arisan PKK, dresscode ijo-ijo ala PKK hahaha...





Kue Upin-Ipin kesukaan Hafizh

Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan di sepanjang usiamu nak, jadi anak yang cerdas, sehat, sholeh, menambah kebahagiaan dan kebanggaan kami orang tuamu.

Kiss-kiss Hafizhku Sayang....

Friday, December 2, 2011

Success is (sometimes) a long journey

Masih menyambung postingan sebelumnya, tapi kali ini fokusnya lebih ke salah satu poin yang dibahas kemarin. Soal usaha seseorang yang berbeda satu sama lain. Kenapa satu orang (terlihat) lebih cepat sukses dibanding orang yang lainnya dengan usaha yang kurang lebih sama.

Saya ngga ngiri kok karena orang sudah ada garis kesuksesannya sendiri-sendiri. Saya bangga punya temen yang udah sukses di usia muda, tentu jujur saya juga pengen sama suksesnya.


gambar dari sini

Namun perjalanan buat ke sana kan tiap orang ga sama. Entah berliku liku atau lurus mulus semua itu jadi bagian menuju kesuksesan. Misalnya apa yang saya alami: udah berapa belas kali ngelamar PNS, atau sekian kali melamar di perusahaan-perusahaan, ternyata saya sekarang malah ada di posisi sekarang ini: mengajar.

Padahal profesi yang berhubungan dengan ngajar mengajar, entah itu guru maupun dosen saya kurang begitu berminat. Makanya pas kuliah saya ngga ambil Bahasa Inggris yang kependidikan, saya ambil yang sastra inggris, jadi berharapnya tar lulus ya kerja kantoran lah hehehe...

Namun nasib membimbing saya masih terus berhubungan dengan bidang bahasa Inggris secara murni, entah itu penerjemah di suatu perusahaan, tutor di lembaga bhs inggris, sampe editor bahasa inggris. Sempet ngerasain kerja 8-4 yang melelahkan, ya di pabrik buku itu. Kalo deadline malah sampe nginep segala. Pekerjaan sebagai editor inilah yang mengantar saya berkenalan dengan seorang dosen (yang kebetulan pengarang buku yang saya edit) yang menggeret alias menarik saya menjadi dosen juga di Universitas tempat dia mengajar.

Karena pertimbangan sudah berkeluarga, saya ambil tawarannya...akhirnya dimulailah dunia sebagai pengajar yang dahulu sangat saya hindari hehehe...

Pertama kali sih rasanya gimana gitu...yaaahhh kok malah kecebur ngajar beneran hehe...ibu saya yang seneng, soalnya dari dulu saya memang diarahkan buat jadi guru atau dosen, katanya bagus buat cewek..ga tll menyita waktu bla bla bla hehe...

Akhirnya dijalani, walo pertama grogi dan kurang menikmati tapi begitu melihat banyak sisi positip, diantaranya waktu fleksibel, jadi makin ke sini makin enjoi aja, dan akhirnya memutuskan buat ambil S2 yang artiya saya memang sudah serius di bidang ini.

Mungkin memang jalan saya di sini, ga ketrima pas nglamar di mana-mana mungkin memang diarahinnya ke sini, mungkin begitu...kita kan ga pernah tau mana yang terbaik buat kita, cuma Allah yang tahu.

Sekarang sih seneng dan sangat menikmati seperti saya bilang, atur waktunya gampang banget...siang bolong mau jalan ke mol juga bisa...anak kuliahan libur panjang, saya juga dong hehehe....dan yang terpenting waktu buat Hafizh banyak...eh waktu buat bapaknya juga ding hehehe

Pokoknya sekarang dijalani yang sebaik-baiknya..targetnya sih karena saat ini baru dosen swasta...ngincernya dosen PNS hihihi....

Oiya, selain itu cita2 saya sejak dulu pengen punya bisnis sendiri juga masih tetap menyala-nyala...semangatnya doang tapi..realisasinya belum hihihi. Cita2nya sih selain ngajar juga pengen punya usaha sampingan apaaa gitu....

Walopun sudah mencoba keras hal2 yang dulu saya inginkan dan ternyata tidak terkabul sampe saya akhirnya terdampar jadi pengajar, saya ga nyesel...at least sudah berusaha dan itu semua proses..lebih nyesel kalo kita ga mencoba apapun...kita ga tau apa yang memang baik buat kita...langkah pertama mengantar ke tahap selanjutnya..dan selanjutnya dan selanjutnya...

Okeeehhh sekian penggalauan jilid 2, eh...ga ding ini bukan penggalauan..ini renungan malam :)

Tuesday, November 22, 2011

Belajar untuk (Selalu) Bersyukur

Peringatan: content postingan ini full penggalauan, ati2 tar ketularan galau :)


  • Kenapa ya si anu gampang banget meraih impiannya tanpa harus susah payah berjuang?
  • Buset dah, si itu baru lulus kuliah langsung ketrima perush BUMN yang keren itu.
  • Eh, si anu baru coba tes cpns sekali langsung lolos, enak benerrr!
  • Enak kali ya jadi dia, gaji suaminya banyak, sampe gajinya sendiri ga pernah dia ambil.
  • Buset dah (buset lagi hehe), enak bener hidupnya, shopping sana sini tanpa harus khawatir kekurangan uang.

Jujur kadang hal2 seperti terlintas walopun kita tau betul apa makna syukur, dan apa makna Allah telah membagikan rejekinya masing-masing. Pemikiran2 negatif ini kadang ujug ujug alias tiba-tiba terlintas begitu saja di saat (terutama) kesusahan (yang ga seberapa) mendatangi hidup kita.

Why me? itu mungkin yang terlintas...

Melihat orang dengan mudah meraih kesuksesan tanpa harus banyak mengeluarkan keringat, melihat begitu mudahnya orang memuaskan keinginan mereka, dan lain sebagainya.
Kadang perasaan bosan berjuang karena hasil yang tak kunjung sesuai harapan kita memenuhi pemikiran kita.

Kita lupa berapa banyak yang telah kita dapat karena sibuk dengan apa yang belum kita dapat. Sampai akhirnya lupa bersyukur, astagfirullah aladzim....

Kenapa ya dari tadi yang muncul kata “kita”, yang bener saya kaleee....hehe...

Enggak tau kenapa dan kena angin apa sudah beberapa hari ini hatiku menggalau seperti ini.Saya memang cuma manusia biasa yang ga sempurna, pemikiran2 itu pernah muncul di benak saya. Tapi Alhamdulillah saya selalu diingatkan untuk tidak terus melihat ke atas. Walopun kalo dah inget, ga menutup kemungkinan perasaan itu muncul lagi di saat ada pemicunya...hihihi....

Pas ngobrol dengan temen yang senasib jadi dosen luar biasa- maksudnya dosen luar belum diangkat jadi dosen tetap- (kita lagi ngomongin temen lain yang sakseis abis dalam usia yang sangat muda, jauh lah dibandingin sama saya, pencapaian saya belum seperti dia).

Kata-kata seperti “Enak ya jadi dia, masih muda, udah sukses, ga perlu berjuang terlalu lama, kita yang tua2 gini masih gini2 aja...” sambil ketawa-ketawa tentunya, karena temen ngbrol saya ini sama gemblungnya kalo lagi menggalau hehe.

Walopun menggalaunya sambil ketawa2, ada kata2 yang bikin “jleb” saya. Si temen saya ini bilang “Mbak Sari sih enak, udah merit punya anak...itu anugrah lho mbak? Doain saya ya mbak..biar cepet nyusul mbak...udah umur segini nih..”

“Jleb” banget!!! Memang, kalo kita lagi serius memikirkan apa yang belum kita punyai, yang udah kita dapet ga dirasa. Padahal buanyaaak yang dah kita dapet. Banyaaaaakkkkk banget.


Fabiayyi aalaa rabbikumaa tukadzdzibaan?

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

tiga puluh satu kali Allah SWT menyatakan hal ini dalam Al-Qur’an…


Cukup sudah penggalauan minggu ini. Back to activity. Banyak tugas menanti. SemangKaaaa....

Saturday, November 12, 2011

Hafizh 23 bulan



Ga konsisten nih..milestone Hafizh kadang ditulis kadang enggak :) Wah udah mau 2 tahun aja ini bocah...sebulan lagi...dan PR terbesar adalah TT alias Toilet Training dan menyapih. Soal menyapih ini yang masih jadi pikiran..halah..maksudnya aku antara dilema mau menyapih dengan sengaja atau biar dia yang menyapih dirinya sendiri.

Dalam lubuk hati terdalam sih pengennya dia menyapih dirinya sendiri, tapi semakin ke sini kok kayaknya malah makin heboh nenen, padahal ASI juga udah mulai berkurang, mungkin ia menemukan kenyamanan dengan “ngedot” walopun ASInya dikit...naahh..ini yang aku ga begitu sreg. Takutnya dia terusan ngedot gitu ke ibunya...jadinya tiap di rumah bawaannya nempel melulu. Kalo coba dialihkan ke kegiatan lain, bisa keslimur sih (keslimur-teralihkan perhatiannya) tapi cuma sebentar habis itu maunya nempel lagi...


Yah, kita lihat saja nanti...


Trus soal milestone...alhamdulillah soal kosakata udah lumayan banyak. Dan kalo dikasi tau kata baru dia udah mau niruin, kalo dulu kan cuek2 aja..sekarang udah mau ngikutin. Dan ada kata2 lama yang dulu ga jelas, sekarang dia bisa lumayan jelas, walopun tetep, suku kata belakang aja yang baru diambil..lumayah lah ya..
misalnya kata ‘buka’ dulu dia bilangnya pak..pak...sekarang dia bisa bilang “kak..kak...”

Trus anehnya dia bisa bilang mik ais...(mimik es) atau niruin iklan sosis sonais...tapi kalo bilang Miki Mos (mouse) dia bilangnya Miki Moohh...hehe...


Bener kali ya apa yang dikatakan orang kalo anak laki2 lebih ke motorik kasarnya dulu, soalnya dibanding anak tetangga dengan usia yang sama (cewek) kosa kata Hafizh agak tertinggal...tapi Hafizh lebih lincah kaya kitiran..main bola lah..lari2an lah..heboh pokoknya...


Eemm apa lagi ya...oiya Hafizh ini dermawan banget haha..apa seh..pokoknya suka ngasih2 gitu..kalo ada orang dateng (tamu) baik orang gede maupun anak kecil langsung deh barang yang dia punya, entah mainan, makanan, dikasi sama tamu itu...kayaknya kepuasan buat dia ngasi2 gitu...hehe....


Untuk BBnya masih batas normal lah..ga gendut2 amat juga tapi ga kurus juga, pas2an...kalo soal makan masih on-of..kadang lahap sampe bikin terharu...kadang sehari ga mau makan nasi juga pernah....tapi sekarang lebih sante ngadepinnya ga panikan kaya dulu.


Pak Blangkon

Ya begitulah cerita di 23 bulan ini...bulan depan mikir...mau dirayain ga ya hehe...

Wednesday, October 26, 2011

Mystical Weaning

Halah ini judulnya apa to ya...hehe...
Maksudnya adalah weaning dengan cara-cara yang berbau mistis.
Begini ceritanya.....

Menjelang Hafizh dua tahun ini ada wacana untuk segera menyapihnya. Banyak yang menyarankan ini itu, dikasi ini dikasi itu, dioles ini dioles itu...yang mana kesemuanya terlihat tidak berperi keASIan hehe....

Kayaknya anak dipaksa gitu ya, wong masih mau nen kok dipaksa suruh lepas. Tapi repot juga sih kalo tar mau masuk sekolah masih nen.. :))

Jadinya gimana? Bingung juga. Pengennya sih seperti yang di forum2 ibu2 yang mana ada istilah Weaning with Love...anak memweaning alias menyapih dirinya sendiri tanpa harus ada proses2 "kekerasan" seperti di atas. Kaloupun ada usaha dari kita untuk menyapih ya dengan cara baik-baik. Anaknya disugesti dan diajak omong baik-baik kalo udah gede gak nenen lagi, nenen buat adik bayi, dsb....

Aku udah coba cara yang ngobrol tiap malem mau tidur gitu, tapi kayaknya anaknya ga peduli tetep aja sampe sekarang ngenyot hihihi....entah kurang lama atau memang cara ini ga efektif di dia. Kalo siang bisa dialihkan ke main main...tapi kalau tidur wah jangan harap bisa tidur di puk puk doang, harus kudu wajib nenen.

Anehnya kalo tidur siang dan akunya kerja, dia bisa lho...dengan cuma dipuk-puk sama eyangtinya sama minum susu (dot). *Hafizh emang plus ngedot selain ASI*

Kadang aksi Nenennya menggila, maksudnya aku diuber terus pengennya nenen mulu sampe kadang ga bisa ngapa2in, mau masak ga bisa mau bikin tugas ga bisa...ujung2nya uring2an sendiri...anaknya ngerasa trus nangis deh...hiks maap ya naak....

Itulah jadinya kepikiran, apa disapih segera aja ya, kao uring2an terus juga kasian anaknya, lagian toh udah 2 tahun.

Naah disaat lagi bingung ini denger cerita dari tetangga anaknya dah disapih menjelang umur 2 tahun, dah lepas dari nenen, anaknya tidurnya semakin nyenyak dan makannya juga jadi banyak. Pengen banget deh kaya gitu.

Setelah tanya2 ternyata cara weaningnya ga repot, cuma di bawa ke mbah2 gitu, disuwuk (didoain) suruh minum air putih langsung deh ga doyan nenen. Ajaib ya....

Ternyata emang banyak yang manfaatin model weaning kaya gini, aku sempet tertarik, tapi akhirnya ragu2...kok bisa sih langsung gak nenen gitu ya..malah jadinya horor hihihi....

Ya sudahlah...jalani aja dulu toh belum 2 tahun juga (masih 2 bulan lagi). Katanya eyang kakungnya juga kasihan kalo dilepas sekarang...berdoa dan berusaha pake cara2 yang make sense aja..semoga bisa..amiiinn...

Sunday, October 16, 2011

Tart Labu


Awalnya lihat resep ini di
Urban Mama, kok kayaknya gampang dan ga terlalu banyak bahan, dan lagi mengandung labu parang yang ga diragukan lagi gizinya. Biasanya cuma dibikin kolak aja sekarang coba dibikin kue. Resepnya dari mbak adisanita yang ada di sini


TART LABU
Bahan:
  • 125 gr margarin.
  • 130 gr gula pasir.
  • 4 butir telur.
  • 200 gr tepung terigu.
  • 1 buah labu siam/labu parang (gunakan seperempatnya saja), rebus, haluskan. Aku pake labu parang,beli di pasar cuma Rp 2000 aja :)
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa.
Cara membuat:
  • Kocok margarin, gula pasir sampai lembut. Masukan telur satu persatu sambil dikocok terus.
  • Tambahkan tepung terigu dan labu sambil diaduk perlahan.
  • Tuangkan santan, aduk kembali lalu masukan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin.
  • Oven sampai matang selama 45 menit.




Kalo versi resep aslinya, di atasnya dikasi toping kismis, tapi karena lagi ga punya kismis, toppingnya diganti pake meises, enak juga hehe...
Jadinya ga secantik punya mbak adisanita hehe..soalnya meisesnya meleleh jadi mbeleber kemana-mana. Tapi yang penting rasanya kaan...:)

Tapi naburin meisesnya setelah setengah mateng aja soalnya biar meisesnya ga tenggelem dan bisa tetep jadi topping (di atas kue maksudnya).


Hafizh suka banget, soalnya teksturnya lembut kaya kue lumpur gitu, kalo dimasukin kulkas dimakan dingin2 hampir kaya pudding roti...hhmmm...yummmi....(ibunya juga doyan)

Oke, selamat mencoba....

Wednesday, October 12, 2011

Nugget sayur homemade


Sebenernya udah lama banget pengen bikin nugget sayur ini, tapi terkendala faktor M..males hehehe...sukanya yang praktis, beli jadi hehe...

Ternyata bikinnya gampang, browsing banyak banget resep nugget ini, tapi aku ga plek sih nyontonya, yang bahannya ga ada ya ga dipake, pokoknya cempalng cemplung aja dan rasanya ternyata oke.

Nugget Ayam Wortel

Bahan:

300 gr daging ayam giling
2 buah wortel diserut pake parutan keju, biar hasilnya halus kecil kecil
2 sdm terigu
1 butir telur ayam
2 siung bawang putih haluskan
garam, merica secukupnya

bahan pencelup dan pelapis:

susu cair, telur ayam, tepung panir/bread crumb


Cara buat:

1. Campur ayam giling, wortel serut, terigu, bawang halus, garam, merica, tambahin tepung panir dikit (kira2 2 sdm). Aduk rata

2. lihat kekentalannya, jangan sampe adonan jadi encer, tar kalo dibungkus dan dikukus jadinya ga bagus.

3. setelah diaduk rata, masukkan ke cling wrap trus gulung dan ikat rapat. Atau bisa juga pake loyang (saya pake cling wrap soalnya ogah ribet nyuci loyang hihi..)

4. Kukus sampe matang (kira2 15-20 menit)

5. Setelah matang, keluarkan dari cling wrap atau loyang, potong2 sesuai selera

6. Siapkan bahan pencelup, campur 1 butir telur plus susu cair buat pencelupnya, dan tepung panir/bread crumb buat pelapisnya

7. Celupkan nugget yang sudah dipotong potong ke adonan pencelup (susu+telur) kemudian gulingkan ke panir, lakukan sampai nugget habis.

8. Goreng deh...biar makin nempel tepung panirnya bisa dimasukin ke freezer dulu.

9. Sisa nugget bisa disimpen di freezer ditutup rapat bisa tahan seminggu, tapi saya biasanya ga smpe seminggu dah habis sih hehe...

Jadinya banyak juga loh ternyta...puas deh, beda jauh diitung2 klo beli jadi, memang agak repot sih..tp yg penting ga ada pengawetnya hehe...trus ayamnya kerasa bgt krn ga bnyk campuran tepung seperti kalo kita beli di luar hehe.

Sayurnya bisa divariasi sm yang lain, sejauh in br coba wortel, enak..ga terasa wortelnya jd yg ga sk wortel ga akan komplen hehe. Tapi pas coba dicampur brokoli rasanya kok tajem ya, lengur2 gimana gitu..kerasa bgt, mungkin kbnyakan hehe....

Oiya..ada jg versi resep yg bikinnya pake roti tawar, suka2 aja sih mau pake resep yang mana.
Tar kapan2 coba bikin nugget pake ikan ah...

Friday, October 7, 2011

New Vocab New Project

Pengen nge-list kosakata apa saja yang dah disuarakan oleh Hafizh. Lupa lupa inget sih, tapi diantaranya mungkin yang ada di bawah ini. Belom banyak memang, belom sebanyak anak tetangga. hiks..eyangtinya tuh kadang suka ngebandingin, eh..anaknya mbak ini sudah pinter ngomong ini itu..bla bla...haduh, jd grogi, tapi dibikin santai lah...beda2 kan ya...

Kosa kata di bawah ini nanti bukan yang dikuasai barusan tapi rangkuman dari dia udah mulai bisa ngoceh yang membentuk suatu kata. Dari umur brapa ya, lupa hihi..kalo ga salah setahunan kali ya. Dan sejauh ini, kebanyakan yang dikuasai baru berupa kata, kadang cuma suku kata, soalnya yang disebut yang blakang doang hehe....Kalo untuk menggabung 2 kata kayaknya belom terlalu bisa, bisa tapi cuma 1 atau 2 gabungan aja.

Oke let’s review...

  • da (kuda)
  • ita (ikan)
  • wa' (pesawat)
  • mam wah (maem buah)
  • bok (bobok)
  • yuk (ajakan-ayuk)
  • taa (kereta)
  • pi (sapi)
  • pi (pipis)
  • tuut (bunyi kereta api)
  • kung (eyang kakung)
  • bek (bebek)
  • ayah
  • puh (pus-kucing)
  • iek (BAB)
  • mik (mimik)
  • nyen (nenen)
  • moh (ga mau)
  • dek (dedek-liat anak kecil/bayi)
  • nak enak (ndak enak)
  • iyang (hilang)
  • guwang (buang)
  • buur (burung)
  • dool (gol-kalo lihat sepak bola)
  • bii (mobil)
  • mbek (kambing)
  • jah (Gajah)
  • pak (buka)
  • ja (kerja)
  • men (permen)
  • bek (bebek)
  • pem (pampes)
  • cii (kelinci)
  • jan (hujan)
  • yam (ayam)
  • dah (sudah)
  • bis (habis)
  • puk (kerupuk)
  • ti (roti)
  • duk (duduk)
  • bu' (ibu)
Kata gabungan yang dia bisa: Mam wah..(maem buah), dah bis (sudah habis), nak enak (ndak enak-biasanya sambil geleng2)

Kira2 itu deh yang dikuasai Hafizh di usia 22 bulan ini.
Rencananya ke depan tiap ada kosa kata baru mau aku catat dan tandai di umur brapa dia bisa ngucapin kata baru itu. Ih rempong amat yak? Kaya kurang kerjaan hehehe....emang!!!!

Bukan apa2 sih, bukan sok rajin tapi butuh banget data2 seperti itu nantinya. Berhubungan dengan kuliah S2 ini. Walopun baru awal kuliah kalo bisa memang harus dipikirin dari sekarang mau bikin tentag apa. Walopun teori blom ada juga gpp. Yang penting dapet datanya dulu.

Kalo nanti misalnya aku milih kajian lingustik pemerolehan bahasa anak atau apalah, kan enak soalnya dah ngumpulin data dari sekarang. Pengamatan kan butuh waktu juga. Kalopun tar ga kepake juga ga papa, gak ada ruginya kan bikin dokumentasi perkembangan bahasa anak sendiri hehe.

Kenapa tertarik dengan kajian ini? Gara2nya pas baca Psikolingustiknya Pak Soenjono Dardjowidjojo (hadeuh ejaan lama), pas bab pemerolehan bahasa (istilah kerennya language acquisition) yang kebetulan emang jatah presentasiku, rasanya seru. Pas bagian “kalo umur segini biasanya kata yang diucapkan yang berawalan huruf ini..dan tahapan2 selanjutnya “ aku langsung nginget2 Hafizh. Seru banget, karena ngeliat sendiri buktinya, ga baca teori doang. Jadi umur Hafizh ini memang pas banget diamati perkembangan bahasanya.

Bpk Soenjono ini sendiri juga mengamati perkembangan bahasa cucunya (namanya Echa) dari mulai tahapan cooing (sebelum tahap babbling), sampe umur 4 tahun..buat diteliti...wooow....Kalo aku ga mungkin lah sampe 4 tahun umur Hafizh..kelamaan, jatah bikin tesis cuma 1 semester, ambil data paling banter setahun dari sekarang, jadi mungkin ga serumit beliau..yaeyalah..sape elu? haha...

Jadi, ceritanya Hafizh dibikin project sama ibunya hihihi...

Tuesday, September 20, 2011

Minggu adaptasi

Minggu pertama masuk kuliah rada shock juga sih, langsung tegangan tingkat tinggi hahaha...
Biasanya mah kalo ngajar agak santai, walo dulu pertama ngajar grogi juga tapi lama2 cincai lah..*gayabener*. Semoga kuliah ini juga gitu ya, groginya di awal2 aja, kesana kesananya bisa enjoy dan bisa lulus tepat waktu.

Kenpa grogi, yaaa biasa lah..baru pertemuan pertama semua dosen ngasi tugas..alamakjan bener kan...yang single aja pada ngeluh, apalagi aku mak2 rempong yang dah punya buntut plus ga punya ART di rumah, kapan ngerjainnya coba..haha...ngeluh melulu ah, niat kuliah apa kagak? *toyor pala sendiri*

Tapi eh tapi, itu tugas buat satu semester kok, jadi satu mata kuliah tugasnya ya satu itu sampe akhir semester ntar (mudah2an gak ditambahi tugas lain). Trus tugas itu dipresentasikan...kerja kelompok gitu. Agak gimana yang namanya kerja kelompok, kalo dulu mash seneng aja kerja kelompok, bisa buat alasan main kan sambil ngerjain tugas, sekarang malah bikin rempong. Mau ketemuan di mana, ngerjain di rumah siapa..haduh..waktunya yang susah secara udah kerja plus dah jadi (sekali lagi) emak2 gini, mendingan kerja individu aja *sombong*

Oke itu tentang tugas, sudahlah diterima saja...
Soal temen sekarang, satu kelas isinya 38 orang dan lima diantaranya bule sodara2..bukan bule sembarang bule, ini bule from Libya (eh, oraang Libya dibilang bule juga gak sih hahaha). Ada 5 biji sekaligus, cowok semua, kayaknya sih masih single dan brondong gitu *plakkkk*. Kirain mereka dari Turki atau apalah gitu, dlu pas S1 pernah soalnya sekelas sama orang Turki.

Setelah cerita sama temen dari program pasca lain ternyata di jurusan dia juga banyak...oooh ternyata di kampusku ini banyak mahasiswa Libya *ga gaul*

Masalahnya, (masalah si mahasiswa libya itu bukan masalah saya sih), mereka kan bahasa indonya bisanya yang gampil2 aja, padahal ada beberapa mata kuliah yang pengantarnya bahasa indonesia, agak sutris lah mereka hehe....kasiyan. Untungnya cuma ssedikit, mata kuliah yang lain kalo gak bilingual ya full enggres...bahasa enggres di negara mereka jadi second language, ga kaya di negara kita bahasa enggres adalah foreign language. Jadi paling nggak mereka komunikasi dengan bahasa enggres juga dalam kehidupan sehari hari di negaranya *sokteu*.

Pernah nih di dalem lift, mereka ngbrol sama temen sesama Libya pake bahasa arab gitu...sempet agak gimana, jangan2 pada nggosipin kite haha *GR*, ya udahlah kita juga ngbrollah pake bahasa jawa juga...wkwkwkwk...mudah2an sih mereka bukan jenis bule yang ujug2 bisa bahasa jawa *kayaceritakomedi*

Kelasnya nano nano deh, ada yang seumuran bokap nyokap, ada yang kinyis2 baru lulus S1, ada yang baru hamil, ada yang belagu (haha), yang seumuran saya banyak juga. E tapi, pernah saya ditanya angkatan berapa dulu S1nya, ketika saya jawab si penanya ini ga percaya, katanya saya blom keliatan ibuk2..kirain masih seumuran dia, yang mana dia si penanya ini adalah lulusan S1 tahun 2011 ini...aduh bedanya hampir 7 tahunan bok...bisa dibayangken umur saya hehe...*GR langsung deh pake helm ga muat*

Senengnya, kita tuh kayaknya diajeni (dihormati) banget sama dosen2..beda banget sama S1 dulu, mungkin karena yang kuliah banyak yang sepuh hihi...sampe petugas TU pun beda loh..ramah...kalo di S1 dulu kan udah ga heran lagi kan kalo petugas TU nya jutek2 abis hahahaha....

Semoga minggu ke dua ke tiga ke empat dst semakin enjoy....amiiin...

Tuesday, September 6, 2011

Sekolah Lagi

Usai sudah euforia libur semesteran dan libur lebaran. Memang liburan kali ini sangat menyenangkan dan melenakan hahaha....Liburan semester anak kuliah yang emang lama (sebulanan)disambung dengan libur lebaran, mantabbb....

Dan, sekarang saatnya kembali ke realita yang ada...
Anak kuliah sudah mulai masuk (tanggal 12 sept nanti) ditambah dengan Insya Allah rencananya saya mau sekolah lagi...horeee...*eh salah ding, prihatin seharusnya :D*

Jadwal ngajar semester ini dipol-in hari Senin Selasa, sementara Rabu OFF dan Kamis-Sabtu full buat kuliah lagi. Alhamdulillah ha kebayang sibuknya hehehe...

Rencana kuliah lagi memang baru terealisasi tahun ini, tahun kemarin2 ke mana aja? Banyak alesan, masih blom niat lah, masih hamil lah, anak masih kecil lah..masih repot, dan tabungan belum cukup hihihi...*alasan utama* tapi tahun ini mau tak mau sebelum kegusur anak2 muda di bawah aku yang udah pada proses S2, bismillah ambil sekarang...

Setelah menjalani serangkaian tes ini itu, akhirnya mulai tanggal 15 Sepetember besok sudah mulai kuliah perdana. Ambil jurusan sesuai dengan jurusan S1 saya (Magister Linguistik), soalnya buat ngajar jadi harus sejalur. Siap2 ketemu dosen S1 dulu karena memang kuliah di tempat yang sama (UNDIP). Kemarin sih sebagian sudah ketemu, dan mereka sudah keliatan sepuh2 hihihi...berati saya juga sudah keliatan tua ya hehe....

Insya Allah bisa mengatur waktu antara mengajar, kuliah (dengan seabreg tugas nantinya) dan mengurus keluarga. Sempet jiper juga karena temen yang masih single aja ngeluh pusing banyak tugas, lha aku? Sudah punya 2 bayi (bayi besar dan bayi beneran) hehe...gimana tar repotnya ya...

Udahlah, bismillah aja..semoga bisa lancar tepat waktu sampai lulus nanti (sekitar 2 tahun). Jadi hafizh ga perlu lama2 buat dibuatin adik lagi *Lho????* :D

Friday, August 26, 2011

Ramadan menuju Lebaran

Lebaran menjelang, puasa tinggal 4 hari lagi. Alhamdulillah tahun ini aku ikut puasa lagi setelah 2 tahun berturut-turut absen, eh tapi yang pas hamil sempet puasa 17 hari, tapi kalau pas menyusui memang full absen sebulan.

Pas memutuskan untuk puasa, bapak sama ibuku sih fine2 aja walopun tau aku masih nyusuin Hafizh. Pertimbangannya kan Hafizh udah hampir 2 tahun, udah maem macem-macem, susu juga udah campur sama UHT plus Dancow 1+, jadi ga khawatir.

Tapi kalo dari keluarga suami, ada yang kayaknya gimana gitu, katanya apa ga kasian anaknya diajak puasa, Hafizh nangis ga kalo aku puasa, konon ASI dari ibu yang puasa rasanya "ampang" alias ga seenak biasanya, hambar..dst dst...

Hhhmm..kayaknya ngga papa deh, aku niatin dengan pertimbangan2 di atas, walopun seharian kalo aku di rumah ga pergi2 dia bakalan nagih nenen kaya biasanya hehe...menyiasatinya sih kadang aku alihkan dengan main-main atau kasi buah atau ambilin UHT. Yang susah kalo mau bobok, ini kudu wajib nenen..hehe...

Dan Alhamdulillah walopun panas tahun ini menggila, aku bisa menyelesaikan puas hingga hari ini, dan Insya Allah bisa full sebulan...soalnya aku belum dapet mens sejak nglahirin hafizh hehe....

Tahun ini seperti tahun2 sebelumnya kita ga ada acara mudik, soalnya dua2nya orang Semarang. Paling berkunjung ke sodara2, nyekar, dan makan makan tentunya hehe...Apalagi tahun ini eyangnya Hafizh ketempatan buat kumpul keluarga.

Soal belanja-belanji, tahun ini lebih santai ga kaya tahn lalu. Tahun lalu sok2an bela beli ini itu buat persediaan di rumah, eh sampe bulan Syawalnya habis masih aja tuh kue2 hehe. Soalnya lebaran malah kita nya pergi keliling. Belinya seperlunya aja, sama makanan2 instan sementara pasar belum buka, hehe....

Baju baru? Ga bisa dihindari tradisi ini emang ga bisa lepas ya hehe...Alhamdulillah ya pemirsa...(syahrince mode on) udah beli buat Hafizh, aku dan ayahnya....penuh perjuaangan, karena tau sendiri mol mejelang lebaran seseknya ampun2an....

Semoga Ramadhan tahun ini membawa berkah dan menjadikan kita manusia yang lebih baik, dan semoga kita masih diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan tahun depan.

Akhirnya, Saya, Hafizh dan Ayahnya Hafizh, mau ngucapin:

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN



Monday, August 15, 2011

My toddler is a Copycat



Yes, emang bener banget, di usianya yang 20 bulan ini, Hafizh selalu niruin apa aja, terutama pekerjaan rumah, soalnya hal2 itu kali ya yang dia sering lihat sehari-hari. Copycat-nya sih mulai sejak sebelum ini, semakin ke sini semakin hobi..hehe

Selain copycat dia juga maunya ngerjain sendiri hal2 macem bawa makanan (di piring plastiknya dia), trus buka2 kulkas sendiri, dll.

Coba cari di babycenter soal perkembangan anak 20 bulan, dan nemu ini:

Tiny helpers

Your child loves to help: "Me do it" and "By self!" are two of a toddler's favorite declarations. Take advantage of that built-in desire by involving your child in simple chores.

Many jobs are beyond his ability, but he can work alongside you to help with simple tasks, such as putting dirty spoons in the dishwasher, wiping up his own food spills, watering plants, or placing napkins on the table. Taking part in household activities makes your 20-month-old feel important – like a contributing member of the team.

Toddlers don't distinguish between work and play. They just like to do. Encourage this attitude now, and your child may be an ongoing helper around the house. Be sure to offer specific approving praise, whether or not the job is done perfectly: "Wow, thanks for putting all those napkins on the plates!"

Sejauh ini siy kalo ga bahaya2 banget ya nggak aku larang, soalnya makin dilarang biasanya dia makin penasaran hehe...seperti yang pernah aku bilang, dia suka nyapu, suka megangin blender, trus kalo di dapur suka ambil2 susruk trus buat main masak2an...

sapu yang bersih ya nak...

niruin sholat

Trus, foto di bawah ini waktu mau bikin pancake, liat aku ngaduk2 pake whisk gitu eh dianya lengen, dimintalah whisknya dan dia asik ngaduk2 adonan hehe...


mau jadi the next masterchef :)

Wah, kalo udah pinter niruin kaya gini, kudu ekstra hati2 dalam bertindak dan bertutur kata..halah ..haha...

Monday, August 8, 2011

Masterchef


Lagi suka sama program yang satu ini. Awalnya liat di Starworld masterchef yang edisi amrik, yang ada Gordon Ramsay yang mulutnya pedes abis itu hehe...nontonnya si ga dari awal, cuma trus ngikutin sampe akhirnya si Whitney dinobatkan sebagai masterchef amerika season 1.

Sudah pada tahu kan ya kalo Masterchef itu pesertanya adalah orang biasa yang ga punya latar belakang memasak, jadi di sini serunya. Tapi biarpun bukan koki profesional, kayaknya pengetahuan masak juga harus tinggi, dari sisi ingredients, teknis memasak, aneka ragam masakan, dan banyak lagi, jadi ajar lah kalo peserta kaya Sarwan di Masterchef Indonesia dieliminasi, soalnya kesononya bakal susah kalo ga ngerti banyak hal soal masak hehehe....

Setelah Masterchef Amerika yang dikenal kritiknya ampun-ampunan, ..sekarang lagi ngikutin Masterchef Australia season 2. Di sini jurinya ga begitu galak, kalopun mengkritik ya kritik yang membangun, diungkapkan adanya tapi nggak lebay, jadi kesannya alami ga terlalu drama kaya Masterchef Amrik maupun Masterchef Indonesia :).

Awalnya ngikutin sih emang kesannya ngebosenin karena kayaknya lempeng aja tanpa intrik intrik *halah* ala sinetron Indonesia. Jadi bener2 fokus ke makanan, teknik memasak..pokoknya pure acara kompetisi masak lah...tapi ternyata malah saya lebih suka yang ini daripada yang edisi Amrik. Alasannya:
  • teknik ambil gambarnya, angle2nya, pencahayaan oke banget..masakannya jadi keliatan menggiurkan
  • ga terlalu drama, wajar mengalir apa adanya...
  • ada yang ganteng hihi : Si Matthew...sayang keeliminasi
  • ada masterclass di mana disajikan teknik memasak..ini yang diadaptasi Masterchef Indonesia, kalo edisi Amrik kayaknya ga ada ya..cmiiw

Kalo edisi Amrik, emang kayaknya lebih seru, lebih menegangkan, tapi lama2 bosen juga, soalnya kadang malah ga fokus ke kompetisi MEMASAK dengan HIDANGANnya..yang ada..nangis2an, bentak-bentakan, sadis2an...ga suka...

Dan di starworld kemarin barusan selesai yang season 2 dengan pemenang Adam dan runner up nya Callum, well walopun udah 2010 yang lalu season 2 ini tapi sengaja ga cari info soal siapa pemenangnya, biar seru hehehe...

Ini pemenang Masterchef Australia season 2, Adam Liaw..cakep yak :)

Ini kontestan lainnya

Well, habis ini sebagai gantinya ada Masterchef Amerika season 2...tetep ngikutin ah hehe...Btw..suami sampe geleng2 heran liat aku tiap hari mantengin acara ini, habis gimana emang tayangnya senin-jumat, mana aku juga selalu liat re run-nya juga hahaha...

Btw Masterchef 2011 emang sudah berlangsung juga, tapi entah kapan sampe ke sini hehe...kita tunggu aja..

Oiya..yang ga boleh dilupain, ada Junior Masterchef Australia juga..ini juga seru banget. Bayangin aja, kompetisi memasak umur 7-12 tahun tapi hidangan yang mereka masak bukannya yang gampang2 juga loh..contohnya mereka bisa bikin pasta sendiri..iya serius digiling sendiri..ga pake pasta yag dah jadi...bikin steak, bikin masakan aneh2 ala barat, asian, italian, dessert yang susah2, dll, pokoknya amazed banget sama kemampuan memasak anak2 ini...jadi heran gimana ortunya pada ngajarin hehe...

Ini kontestan Junior masterchef yang lucu2 imut gemesin plus punya bakat yang amazing di bidang memasak

Kalo Masterchef Indonesia juga aku ikutin, tapi jagoanku si Fero udah kegusur, sekarang tinggal berharap sama Pak Guru Agus...

Kalo menurut aku Masterchef Indonesia mengadopsi 2 gaya amrik maupun australia, galaknya Juna kaya Gordon Ramsay, sementara elemen2nya ada yang ala masterchef australia. Lagu openingnya hampir mirip pula kalo dengerin sambil lalu hehe...

Kalo ada Masterchef Indo 2, pengen ikut..tapi ngebayangin harus mikir masak apa saat itu juga bgitu dikasi tahu bahannya kayaknya bakal mules mules grogi...haha...jadi penonton aja deh :)

note: semua foto ambil dari sini

Thursday, July 21, 2011

Main Lego

Hafizh sekarang lagi demen sama mainan yang nyusun2 sama gabung2in kotak itu loh..apa ya namanya..lego kan ya?

Sebenernya sih di tas legonya tulisannya buat 3th+ tapi wong ini dibeliin eyangtinya...hehe...Tapi Hafizh emang mania banget, sejauh ini sih belum bosen. Awalnya dia cuma seneng karena ada banyak barang dalam satu tas (isinya yang 128 biji satu tas), warna warni pula. Tapi akhirnya setelah liat kakak2 sepupunya yang ikutan mainan lego dan ngebentuk2 macem2 kaya mobil, rumah dll..akhirnya dia ngeh kalo kotak2 kecil itu bisa digabung2in.



Ga langsung bisa ngebentuk bentuk juga sih, nggabungin aja blom bisa, dia cuma ditempelin antar kotaknya...tapi setelah diajarin cara nempelinnya agak ditekan, dia akhirnya seneng gabung2in. Dari yang susun2 satu kotak memanjang...sampe bentuk aneh2...yang penting nggabung hehe....

Sekarang makin lama dia makin suka ngebentuk bentuk, setelah liat kakak2nya itu, salah satunya ya bikin ini...




Ini maksudnya mobil hehe...mobil tumpuk2...tapi lumayanlah dia ngerti kalo kotak yang ada rodanya ditaruh paling bawah hehehehe....cuma ini satu2nya bentuk yang kayaknya bisa diterjemahkan sebagai mobil, bentuk2 lain aku ga tau..pokoknya tumpuk2 gitu dan dia senang setelah berhasil nyusun hehe....

Dia juga mau disuruh ngrapiin masuk2in lego2 ke tas (kalo pas lg manis), tapi kalo lagi marah, bisa dilempar lempar ga jelas..capek beresinnya secara legonya kecil2 dan banyak hehehe....

Yang lucu, tiap mau diajak pergi ke manapun, dia langsung tenteng tas yang isinya lego itu...hehehe...kaya poto ini..ini mau diajak keliling depan rumah tapi dia langsung angkut itu tas :)

Sunday, July 17, 2011

Tantrum

Kayaknya Hafizh mulai sering menunjukkan tanda-tanda tantrum.
Kalo dulu mungkin belum terlalu kelihatan ya, sekarang karena udah gede dan mulai banyak tahu, emosinya berkembang, mulai timbullah masa-masa tantrum ini.

Dari yang aku baca, gejala tantrum biasanya muncul pada usia 2-3 tahun.
Kalo pas lagi kumat tantrumnya gitu, wadooh jangan ditanya..ibunya sampe ngos2an keringetan emosi tingkat tinggi (tapi ditahan) menghadapi si bocah ini. Sabar..sabar...
Tantrumnya biasa muncul di tempat umum, di tempat banyak orang, apa emang gitu ya. Padahal kalau sehari2 di rumah sama aku dia manut2 aja, manis, diperintah apa atau dilarang juga ngamuknya nggak segitunya. Cari perhatiankah dia?

Pernah nih, pas di pusat perbelanjaan gitu. Kebetulan selesai belanja di supermarket aku pengen nyariin sendal buat Hafizh di lt.2. Supermarket ada di lt.1 Karna cuma mau nyari sendal bentar si ayah tak suruh nunggu di bawah aja sambil nungguin troli belanjaan hehe... Naiklah aku ke lt.2 sama Hafizh. Hafizh emang paling excited kalo diajak ke tempat2 umum gitu, ga mau digendong, maunya jalan sendiri. Padahal jalannya dia tuh ya lari..haha..jadilah aku kaya ditarik2 gitu sama si Hafizh.

Karena aku mau milih2 sendal, biar ngga lari aku gendong dia. Dianya ogah, sambil mlorot2in badannya gitu, maunya lari lari...untungnya cepet dapet sandal yang ukurannya pas. Langsung deh aku gendong Hafizh ke kasir buat bayar. Ndilalah..eh kebetullan kok ya kasirnya penuuh banget, antrinya panjang. Sebel..padahal di situ ada 4 mesin kasir tapi yang ada mbaknya cuma satu..terpaksa antri deh..Hafizh jelas ga sabaran maunya lepas dari gandengan aku, udah aku nasehatin..Hafiz sayang...ini bayar dulu..ga usah lari2 dulu..sini ibu gendong...dianya ogah...akhirnya keluar deh tantrumnya itu...teriak2 kaya mau nangis, plus ndlosor ndlosor di lantai, aku bangunin ndlosor2 lagi..haduuuhh..mana berat pula si Hafizh ini hehe...

Rasanya emosi banget, apalagi orang-orang pada ngeliatin...akhirnya karena aku ga kuat lagi, hafizh aku gendong dan bawa turun, ga jadi bayar (nota masih aku bawa). Aku mesti ngasi hafizh ke ayahnya dulu baru antri kasir. Ya gitu lah...ndlosor2nya itu lho yang sekarang makin sering ia lakuin kalo keinginannya ga dipenuhi. Kadang aku diemin dulu bentar tapi nangisnya makin kenceng..akhirnya digendong deh...

Trus kadang suka buang2 mainan, kalo pas main trus ada kejadian yang bikin dia bete, misalnya disuruh mandi, diminta mainannya...dia langsung marah dan mainannya di lempar-lempar. Aku selalu setenang mungkin ngasi nasehat ga boleh kaya gitu. Padahal ngasi nasehat sebisa mungkin hindari kata “tidak boleh” ya...tapi susah prakteknya hehe....

Tapi alhamdulillah tantrumnya Hafizh ga sampe yang parah misalnya sampe nggigit, mukul, nendang ataupun sampe njedot2in kepala..duh jangan sampe deh (ketok2 meja..)

Tentang tantrum dari mulai gejala, penyebab, sampe cara mengatasinya bisa dibaca lengkap di sini

Pe-er banget nih buat ibu2 kaya aku yang anaknya mulai terserang tantrum hehe...mudah2an diberi kesabaran..jadi ibu ga mudah ya ternyata :) SEMANGAT!!!!

Sunday, July 10, 2011

Kabar terbaru Hafizh (19 bulan)



Hafizh sekarang sudah 1,5 tahun lebih 1 bulan. Sudah gede ya...hehe...Berhubung emaknya dah lama ga online, jadi ada bulan2 yang terlewatkan nggak di review. Yang jelas, Hafizh sekarang makin canggih bikin ibunya elap kringet, ngos2an ngejar-ngejar dan kadang pusing karena banyak maunya si bocah ini hehe....

Perkembangan berbicaranya sudah mulai mau niruin kata2 walopun kadang kalo gak mood dianya cuek aja. Misalnya, dia seneng lihat gambar2 hewan, binatang atau alat transportasi yang harganya murah meriah itu lho, 1500 perbiji. Sambil nunjuk2 plus bergumam ga jelas. Nah waktu diaajarin bilang mis: ini gajah..ini kuda atau apa, kadang dia ngikutin walopun buntutnya doang “jaah...” “daa...”. Tapi kadang dia ga mau, malah nunjuk2 sambil nyebut dengan kosa katanya yang dia bikin sendiri hehe....

Trus dia juga sudah bisa bilang piii..piii..yang mana artinya adalah pipis, tapi sayangnya dia bilang sesudah dia ngompol. Jadi dia diem gitu ga mau bergerak, takut kepleset kali, soalnya pernah kepleset pipisnya sendiri. Ini pe er nih buat ibunya, mulai rajin ngajarin Toilet Training.

Suka banget bikin jantung copot, suka lari2 kenceng, kalo dikejar dia malah tambah kenceng plus ketawa2 ngeledek gitu. Kalo misalnya ngelakuin hal yang dilarang, misalnya..”ayo Hafizh ga boleh keluar...” eh dia malah keluar sambil mukanya itu kaya ngledek gitu, jadi makin gemes aja hehe....

Copycat banget, dari mulai ngelakuin pekerjaan di rumah kaya nyapu gitu, sampe kadang ikut2an bedakan sendiri (tutup muka).Kalo yang nyapu, kebetulan di rumah ada dua sapu, kalo aku pas nyapu, dia langsung ambil sapu trus ikutan, kalo pas bersihin kipas angin, dia ikutan bersihin, bahkan waktu mindahin motor, dia ngintil di belakang ikutan ndorong motornya (ga beneran, cuma megang aja..gaya doang dia mah hehe...).

Apa ini pertanda dia rajin? Amin kalo gitu..hehe...Trus kalo liat setrika (gak nyala) dia langsung nggosok2in tuh setrika, keseringan liat aku nyetrika juga hehe. Btw, dia perfeksionis juga loh. Kalo ada sampah kertas ato plastik di lantai gitu langsung dia ambil trus buang keluar (gak di tempat sampah tapi hehe...), trus kalo ada baju kotor yang agak keluar dikit dari tempatnya(ember), langsung dia masukin ke dalam biar rapi hahaha..lucu banget.

Trus kadang ada hal2 yang aku larang tapi malah tambah bikin dia penasaran. Kaya misalnya mainin air dispenser. Pertama tama aku ga bolehin, tapi dia ndeket terus, akhirnya aku ajak sekalian dia ngeluarin air sambil bilang “ udah ya..ini bukan mainan, nanti kena panas bla bla...” entah dia ngerti atau nggak, yang jelas dia ga penasaran lagi dan ga terlalu berminat mainan dispenser lagi.

Kadang kalo pas ngeblender jus atau bumbu, kan suaranya keras tuh, dia langsung dateng dan ngliatin. Aku ajak dia megangin tutup blendernya, eh dia seneng hehe...getar getar gimana gitu kali ya hehe....

Ya begitulah, semakin besar semakin ngerti, semakin pinter meniru, semakin tinggi rasa penasaran dia dan semakin ngeyel kalo dilarang, jadi harus ekstra hati2 dan pinter2 ngebujuk hehe...

Jadi tambah semangat baca2 artikel about parenting...:)

Ini naik sepeda pura puranya pake helm..hihi...dia sendiri lho yang make *sumpah*

Thursday, June 9, 2011

Ekowisata Air Umbul Tlatar



Tanggal 30 Mei bulan lalu adalah ulang tahun eyangti nya Hafizh. Ga ada perayaan apa2 sih, cuma eyangti pergi sama geng pengajiannya buat makan makan di pemancingan.

Dan hari minggu kemarin adalah giliran kita2 yang ditraktir hehe...
Tadinya mau yang deket2 aja di Pemancingan Bang Khohar di daerah Bandungan Kab. Semarang, tapi berhubung kita berangkatnya terlalu semangat dan kepagian, diperkirakan jam 10an sudah sampe sana.

Ga seru dong, belom laper hehe...akhirnya setelah ngbrol ngalur ngidul di mobil kita putuskan pergi agak jauhan dikit, ke Umbul Tlatar.

Umbul Tlatar ini letaknya di Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Tempat tersebut terletak sekitar 1 kilomoter dari arah timur kota Boyolali. Aku sendiri blom pernah ke sana jadi ini pertama kalinya.

Kata eyangtinya Hafizh sih bagus, lengkap gitu buat rekreasi keluarga. Kebetulan beberapa minggu sebelumnya sempet ke sana sama anak2 TK hehe....

Fasilitas di sini meliputi:

  1. Kolam Keceh / Kolam Main Air sambil menangkap ikan
  2. Kolam renang untuk anak anak yang airnya bersih dan segar tanpa kaporit (langsung dari mata air tanah)
  3. Kolam Becak Air
  4. Pemancingan
  5. Taman dibawah pohon cemara
  6. Wahana Woodball Etasia
  7. Flying fox
  8. Terapi pijat dengan ikan (Fish Spa) dengan Ikan Rasbora dari Turki
  9. Restoran dengan menu bakar2an gitu (dengan harga terjangkau)
  10. Taman Bermain Anak-anak


Yang paling nyenengin menurut aku ya kolam kecehnya itu.Airnya bening, jadi serasa main di sungai di desa gitu hehe. Udah gitu ikannya banyak jadi siap2 serok ikan hehe....Air yang jernih ini mengalir terus menerus selama 24 jam, sumbernya dari mata air Gunung Merapi-Merbabu.


Ikan..ikan ayuk sini ikut aku...

Hafizh pertama tama takut masuk kolam keceh, tapi lama2 ia enjoy walo airnya agak dingin. Suasana hari minggu itu rame banget, untung dapet saung yang deket kolam keceh jadi asyik pemandangannya.

Selagi nunggu ikannya dimasakin, coba cemplungin Hafizh ke kolam renang yang kebetulan satu komplek dengan kolam keceh dan saung yang buat duduk2 makan. Karena ga persiapan baju renang pelampung dll, akhirnnya beli pelampung bebek2an di sana. Cuma kayaknya salah beli, belinya yang buat anak balita, bukan yang ada lobang tempat kaki gitu, jadi kalo dia make masih kebesaran.

Lagi dibujuk2 biar mau nyemplung lagi hehe....

Hafizh nangis2 ga mau, soalnya emang baru kali ini dibawa ke kolam renang, ini aja emang ga sengaja diniatin. Kan tadinya mau ke Bandungan doang. Tapi tetep dicelup celup bentar (teh kali..) biar belajar brani sama air hehe... Besok2 ya nak kita ke kolam renang di Semarang aja yang airnya ga dingin hehe...

Tak lama, eyangtinya Hafizh manggil buat makan. Yuk maree...menunya siang itu: Gurame asam manis, nila bakar, udang saus tiram sama lele bakar plus nasi lalap minum tentunya hehe...Selamat makan...lupa poto makanannya, keburu laper soalnya hehe...

Ini pemandangan di bawah saung..ikannya gede2 ya...


Ini dia the birthday girl hehehe.....


Untuk lebih puas liat foto2nya dan infonya bisa dilihat di sini

Umbul Tlatar, Desa Kebon Bimo Boyolali

Harga Tiket Masuk: Rp.1200,-/orang
Kolam keceh dan kolam renang: Rp. 3000,-/orang
Parkir Motor: Rp.300,-
Parkir Mobil: Rp.1.000,-
Becak Air: Rp.5.000,- (untuk 10 menit)

Monday, June 6, 2011

Misteri GTM

Masalah klasik banget di dunia bayi dan balita :)
Hayooo yang ga anaknya pernah ngalamin ini tunjuk jari..(empat jempol deh kalo iya)

Walopun selahap-lahapnya makan, pernah sesekali Hafizh GTM alias Gerakan Tutup Mulut, tapi ga pernah yang separah kemarin itu. Sampe sutris rasanya, paranoid takutnya kekurangan gizi, gampang sakit endebrei endebrei...

Walopun sudah sering denger nasehat bahwa GTM itu wajar terjadi, tapi tetep aja sutris.com.
Kira2 sekitar hampir 2 bulanan lah GTM edisi terbaru itu (mudah2an ga ada edisi berikutnya). Sebenernya kriteria GTM itu apa sih, bener2 ga mau makan sama sekali atau ga mau makan nasi (makan besar)? Soalnya Hafizh masih mau ngemil dan minum susu.

Kalo pas disuapin, langsung emoh geleng kepala. Atau kadang mau tapi habis itu dilepeh dengan entengnya. Dirasa-rasain masakanku enak enak aja hehe...apa mungkin dia bosen. Langsung deh buka resep coba ini itu, dibikin cantik macem2lah pokoknya, ujung2nya tetep ga mau, sedih.

Trus dicoba cara2 yang sebenernya katanya kurang baik, dari mulai makan sambil jalan2 di luar, sambil liat tivi, sambil main, semuanya ga mempan. Tetep mulutnya dikunci rapat bok.

Kadang dipaksa disuapin, pake acara nangis segala. Herannya kalo dah masuk mulut dia mau ngunyah. Apa iya dia males buka mulut, hehe aneh bener. Tapi kalo tiap suapan dipaksa kasian juga, takutnya trauma, jadi kalo dah dipaksa 3 suapan dia tetep nangis2 ya sudah berenti.

Akhirnya ngalah deh, siapin cemilan2 mengenyangkan, buah, sampe cemilan snack2 kemasan gitu. Katanya inilah penyebab anak susah makan, sudah kenyang duluan sama cemilan. Tapi pas coba ga dikasi cemilan sama sekali, Hafizh tetep ga mau makan, ya sud daripada ga ada yang masuk,kasih cemilan lagi deh.

Dan alhamdulillah sekarang masa2 GTM pun berakhir, ga tau kenapa ujug2 Hafizh pas disuapin mangap melulu. Ngemil sih jalan terus, tapi maem besarpun oye. Dan sampe sekarang tetep ga tau apa penyebab GTM kemarin itu. Kalo masalah tumbuh gigi, mestinya GTM total kali ya..ini kan enggak.

Ya kali aja lagi bosen, sekarang mumpung doyan maem, ibunya juga pengen rajin nyoba2 resep baru ah..hehe

Sunday, May 22, 2011

Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular



Liburan kecepit minggu lalu (14-17 Mei) kita manfaatin banget, kapan lagi? hehe...
Dan pilihannya adalah ke rumah kakak pertamaku (mas farid) di Sidoarjo sono. Ngapain liburan kok ke Sidoarjo, emang di sana ada tempat liburan enak gitu? Eitss...ngarepnya kan kita ini tar diajakin ke Malang gitu, haha..(tamu kurang ajar).

Tapi emang bener kok, tiap liburan selalu ditanya kapan gantian main ke sana soalnya mereka udah bolak balik ke Semarang (ya iyalah orang kampung halamannya di sini hehe). Dulu pernah ke sana pas hamil Hafizh 6 bulan, tapi dulu sama bapak ibuku plus Bella ponakanku. Sekarang beda, perginya sama Hafizh yang udah pecicilan plus ayahnya. Lagian dulu ga ke Malang, cuma liat jembatan yang waktu itu masih gress, Suramadu hihihi....

Walopun di sana sekitar 3 harian (sabtu-selasa) dan punya bebi, tapi bawaan kita dibikin seringkes mungkin, apalagi punya Hafizh banyak yang di cut, soalnya di sana kakakku juga punya bebi umur setahunan gitu, jadi kalo kurang apa2 gampang lah hehe...

Total cuma ada 1 koper gede sama satu tas bebi, plus tas tangan, udah.

Karena Sabtu masih capek perjalanan, jadi ke Malangnya hari minggunya. Sayang seribu sayang, kakak iparku dan bebinya yg setahun itu ga bisa ikut coz lagi meriang, akhirnya cuma masku sama anak sulungnya (cewek umur 4 tahunan). Ya sut, gpp deh...

Berangkat ke Malang dari Sidoarjo macet parah (pas di Porong), panas, gerah...tapi setelah itu lumayan lancar jaya. Karena nyampai Pandaan udah menjelang siang, akhirnya maksi dulu di Ayam goreng Pak H. Sholeh yang pernah diliput di Hidup Ini Indah Trans TV. Tempatnya rame makanannya enak dan memuaskan hehe.

Nyampe atas (Batu, Malang) sekitar 13.30 ternyata ujan deres bok..waduh gimana neh musim liburan malah ujan gini, hiks...Rencana begitu dateng mau ke Jatim Park 1 atau 2 gitu, akhirnya gagal deh. Langsung masuk hotel dulu sembari nunggu hujan reda plus sorenya mau ke Batu Night Spectacular.

Nginep di hotel Gradia, hotelnya sederhana, lumayan enak, bersih dan nyaman. Dan yang paling penting deket sama Jatim Park 1, 2 dan Batu Night Spectacular.

BNS (Batu Night Spectacular)

Iri waktu liat foto kakak sama keluarganya foto2 di sini, akhirnya kesampean juga ke sini hehe. Tempatnya ternyata luas juga. Oiya BNS ini bukanya sore sampe malem. Di sana ada Lampion Garden plus mainan anak2 dan dewasa, ada ski es juga, komplit deh. Indah banget, lampu di mana-mana.

Sayangnya pas ke sana masih hujan gerimis, jadi mesti pake payung ke mana mana. Udah gitu penuh sesak, maklum barengan sama anak2 yang pada piknik dari luar kota.

BNS ini ga jauh dari hotel tempat kita nginep, cuma 10 menitan aja kali naik mobil.




Batu Secret Zoo (Jatim Park 2)

Dan, paginya saat yang ditunggu, kita ke Jatim Park 2. Aku penasaran soalnya ada Batu Secret Zoo yang sering diliput di tivi itu. Satu yang bikin aku nyesel waktu ke sini, kenapa ga minjem strollernya ponakanku. Padahal konon kata mama Tifa di sini kan luas banget. Pikirku ah tar malah ribet, akhirnya gantian gendong deh.



Batu Secret Zoo emang kebun binatang terkeren di Indonesia deh kayaknya hehe. Soalnya banyak yang ngomong gitu sih, terutama review ibu2 blogger yang udah pada ke sini.
Konsepnya oke banget, memperkenalkan binatang dengan cara yang fun. Hewannya lengkap kap..Udah gitu penataan kebun binatangnya beda banget sama kebun binatang yang biasa kita lihat.
Salut deh sama arsiteknya.
Untuk review lebih lengkapnya baca di sini ya, lengkap kap...soalnya Ibunya Hafizh ini ga jago ngereview, nulisdi sini cuma mau pamer foto doang xixixixixiii....



Terbukti deh pegelnya, sampe rasanya mau pengsan, padahal udah gantian gendong Hafizh. Nyesel banget ga bawa stroller. Sebenernya ada sih kaya semacam sepeda matic gitu, sewanya 100rb per 3 jam. Tapi melihat yang berkunjungke situ pas overload gitu jalan aja susah jadi batal keinginan buat nyewa, tar malah nabrak nabrak hehe....






Makan siang ga jauh2 dari situ, masih di kompleks JP 2, di Jungle Food Court. Uniknya di sini, kita makan ditemenin leopard dari balik kaca bening gitu. Ga bisa ngebayangin deh kalo kacanya pecah diterjang hihihi....
Hafizh, ayah, pakdhe, dan kakak sepupunya...

Setelah Jatim Park 2 pengennya ke Jatim Park 1 juga dong biar lengkap, konon di sana isinya kaya dufan gitu deh...tapi dengan sangat menyesal akhirnya dibatalkan. Ga dapet tempat parkir bok..itu bis anak2 piknik aja udah bertebaran sepanjang jalan, salah hari nih kayaknya kita...mau parkir di luar itu juga jauuuuh banget. Kalo sendiri mungkin dijabanin, lah ini bawa bocah bocah jadi ga tega, plus kebayang capeknya.

Akhirnya buat ngobatin kekecewaan kita tancap ke Selecta. Kalo Selecta mah emang tempat udah lama berdiri, jadi yaaa biasa aja gitu tempatnya. Bener kata mama tifa, enak buat duduk2 gelar tikar ngeluarin rantang hihihi...

Di sini cuma bentar aja, coz mulai deh gerimis. Akhirnya pulang lagi ke Sidoarjo. Oiya, sebelumnya setelah tanya-tanya agen mama tifa, kita nemu bakso bakar yang enak, yang sering dikunjungi artis2 ibukota (halah) kalo ke Malang. Tepatnya di Jl Pahlawan Trip.

Sampe di Sidoarjo, malemnya packing2 lagi buat pulang ke Semarang, hiks...pengen lagi ke Malang.

Oiya, thanks berat buat mama tifa yang udah mau nerima dan mbalesin sms-sms spam dari saya, hehe..maklum mam ga punya Blekberi jadinya sms an doang hihihi...kapan2 kita janjian ya..

Friday, April 8, 2011

Perpusda Jateng

gambar ambil dari sini

Perpustakaan milik pemerintah di setiap provinsi/ kota mesti ada kan ya...dan saya salah satu orang yang ga mau nyia-nyiain fasilitas ini hehe...

Kalo masih sekolah/kuliah berkeliaran cari referensi di perpusda (aku nyebutnya perwil-perpustakaan wilayah) memang kayaknya tuntutan gitu, tapi ternyata berkeliaran di perwil dengan alasan hobi bisa juga kok kejadian. Karena eh karena di perwil ini ga cuma buku yang “serius” aja yang disediain di sana. Banyak (banget) buku2 asyik yang sangat layak buat diburu.

Ga cuma novel (yang lumayan lengkap) yang ada di sana, buku2 umum macem buku parenting, buku2 agama (dari yang dikemas serius sampe yang gaul), buku tips, resep masakan, buku2 hobi(craft, berkebun dsb), buku kesehatan, sampe buku yang tergaul dan lagi happening banget ada semua, dengan catetan kita beruntung pas ga ada yang lagi minjem hehe...

Beneran, koleksi di sini banyaaak dan lengkap. Surga deh buat yang suka baca. Sampe sekarang aku masih suka berkeliaran di sini. Kadang ada yang nanya heran, kok rajin amat hari gini ke perpus, hehe..Blom tau dia, yang dipinjem buku macem apa dulu, seringnya sih novel, sama buku parenting atau motivasi.

Bahkan aku tamat Sophie Kinsela yang Serial Shopaholic itu juga dapet dari perwil ini.
Jadi ga melulu harus beli demi memuaskan hasrat buat membaca banyak buku. Beli yang memang bener2 bakal ga ngebosenin dibaca berulang-ulang. Kadang kalo pas minjem dapet yang bagus sering juga difotokopi hihihi...*nakal*

Kalo dulu ketentuannya, dalam satu waktu bisa minjem 4 buku (2 fiksi, 2 nonfiksi), dengan waktu 2 minggu, tapi sekarang cuma boleh 2 aja (1 fiksi, 1 non) buat 2 minggu juga. Jadinya sering blom 2 minggu dah balik lagi ke perwil.

Pokoknya seneng banget bisa manfaatin fasilitas ini, pas banget buat yang hobi baca tapi ga selalu punya duit buat beli buku hihihi....


Perpusda Jateng

JL. Sriwijaya 29 Semarang

Thursday, April 7, 2011

(Again) Semarang Book Fair

Yeaaayyy...kemarin lagi-lagi ada pameran buku...
Kali ini ga di Gd Admiral lagi, tapi di Gedung Wanita JL Sriwijaya (Semarang)
Lebih suka di sini sih, tempatnya lebih luas dan ga panas. Dan kayaknya peserta pamerannnya lebih banyak.
Acarannya sih seperti biasa, semingguan lah. Dan daku sudah meniatkan diri akan ke sana dan tentunya lebih dari satu kali haha...dan hari terakhir wajib ke sana. Kenapa? Soalnya biasanya hari terakhir pada banting2an harga hihihihi....

Dan ternyata memang ke sana lebih dari sekali, tepatnya tiga kali hehehe...
Emang ya, event ini senantiasa bikin bokek dah...tapi puwassss...
Dapet apa aja sih...banyak.
Dari mulai buku anak-anak, buku resep, buku2 soal agama, buku parenting, novel, motivasi, sampe paket majalah murah (20rb dapet 4 biji he..)
Penerbitnya macem-macem, dari Yogya yang paling banyak. Dan yang paling suegerrr...Gramedia yang biasanya cuma diskon 10 % aja, di pameran ini banyak ngasi diskon, buku baru diskon 20% plus banyak buku2 dipukul rata 10rban hehe...cihuy kan?

Wes pokoknya sampe pusing dan gemeter deh kalo ke sana, habis rasanya pengen nyari terus buku2 yang bagus walopun sadar betul uang di dompet tak akan cukup haha...

Yang jadi favorit aku, ada satu stand namanya Yusuf Agency...ga tau ini toko buku, distributor atau gimana (ga sempet tanya). Di sini rasanya adrenalin kita ditantang habis-habisan (maap rada lebay) buat nyari buku yang bagus2 smua, mana banyak koleksinya, termasuk buku-buku “harta karun” yang bisa aja kita temuin di sana dengan harga murah banget. Di sini sistem harganya pukul rata, ada yang 5rban, 10rb, 15rb, 20rb plus buku2 yang tebel macem kitab atau kamus2 gitu aku kurang tahu.
Novel bagus2, yang model thriller gitu cuma 20rb saja. Mayan banget buat yang seneng koleksi novel.

Pokoknya kalap deh, apalagi aku sempet dapet buku yang harganya 15rb dapet dua biji yang mbahas soal membiasakan anak membaca buku sama panduan bermain balita gitu lah...gila ya buku bagus gitu cuma seharga 2 mangkok mi ayam haha....udah baca isinya sekilas dan yakin bagus.

Oiya, buku buat Hafizh juga jadi prioritas, berusaha cari buku2 hardcover yang murah cencunya...agak jarang sih, banyakan yang ga hardcover, tapi tetep dibeli, lagian Hafizh dah gak gitu brutal nyobek2 buku :)

Ampunnn dijee...mau dibawain uang seberapapun bisa abis kalo gini caranya...

Ahhhh I love book fair.....

Thursday, March 31, 2011

Almost 16 months, recovery



Judulnya ngasal hehe, maksudnya mau cerita milestone Hafizh di usia yang hampir 16 bulan (tgl 7 tar) sama masa penyembuhan sehabis opname kemarin.

Alhamdulillah setelah opname, disusul dengan kontrol 3 hari kemudian, perkembangan kesehatan Hafizh semakin menggembirakan dan semoga begitu seterusnya..amin.

Dari yang susah banget makan, sekarang nafsu makannya bikin aku terharu :) Emang bener ya kata orang2 tua, biasanya kalo habis sakit maemnya jadi “maruki” alias banyak. Berhubung dah boleh makan buah dan sayur (karena sebelumnya distop dulu) akhirnya sekarang makan apa aja dah boleh.

Selain jadi kemaruk dan selalu mangap kalo disuapin, ngemilnya juga banyak loh...yang lucu kalo kakak sepupunya lagi makan, lagsung deh dia ndeketin, duduk manis berharap disuapin hahahaha....Kakak sepupunya sih seneng banget, orang dia susah makan, jadi dia merasa “terbantu” dengan adanya Hafizh hehe...

Target mengejar ketinggalan (kemarin sempet turun beratnya waktu sakit) insya Allah segera terwujud

Trus mengenai milestonenya,
Entah kenapa sehabis sakit itu motorik kasarnya maju pesat. Jalannya semakin kokoh gak gloyoran lagi. Dan yang bikin jantungan, dia suka “outbound” sekarang. Manjat kursi sampe ke sandaran, lompat, wah bener2 kaya tentara lagi outbound. Kita yang harus sigap. Pokoknya aktivitas fisiknya semakin banyak, ini yang bikin dia ga kellihatan gemuk kali ya walo beratnya lumayan.

Kalo motorik halusnya, bisa dibilang nyenengin juga. Udah semakin rajin dan pinter kalo disuruh suruh. Duh bahasanya kesannya KDRT banget haha...maksudnya kalo dikasi intsruksi apa gitu udah banyak mudengnya. Disuruh masukin baju kotor dia ke kranjang cucian, disuruh ambil bola, disuruh ambil hape (kalo pas bunyi), disuruh ambil makanan..pokoknya cihui lah kalo disuruh suruh hahaha....

Trus misalnya pas iseng2 aku bukain gambar-gambar hewan atau benda-benda, dikit dikit dan pinter nunjuk, misalnya mana pus? mana mobil? mana bola? mana balon dsb dsb...pokoknya benda2 yang udah dia kenal.

Tapi sayangnya dia masih males ngomong, tiap diajarin kta tertentu, misal ini MOBIL..maksudnya suruh niruin dia blom bisa dan ga mau niruin...tapi bisa nunjuk bendanya. Jadi kata2 yang dia kuasai masih seputaran yang dulu2 itu, bangsa: hawo..(halo), mam, nyak (enak), eh oh...becu becu becu (betul betul betul-upin ipin)..masih blom gitu banyak lah.

Katanya sih kalo bisa jalan duluan emang bicaranya tar belakangan (lagi2 kata ortu dulu). Ga terlalu khawatir juga,pokoknya kita sering ngasi stimulasi2 gitu lah dan sering2 ngomong sama dia seakan-akan dia ngerti hehe...*terharu, begini to rasanya jadi ibu...lebay*

Kata temen, tar kalo anaknya dah pinter ngomong bingung juga loh, apalagi kalo jago ngeyel hahaha....