Home

Thursday, March 24, 2011

Hafizh Opname

Semenjak lahir sampe umur 15 bulan ini Hafizh ga pernah sakit yang serius, palingan batpil atau demam2, dan kadang diare tapi ga parah, bisa diobatin di rumah. Makanya sakit yang sekarang ini aku kira juga sakit2 biasa, coz gejalanya sama.

Awalnya, senin malam (tanggal 14 Maret) Hafizh ujug-ujug demam. Padahal sorenya masih lari2an sama sepupunya dan siangnya sempet kita ajak pergi ke Paragon Mall. Langsung dikasi Sanmol karena dah 39 lebih, paginya dah gak panas. Sampe sore juga adem, ga ada tanda demam mau datang lagi.


Tapi menjelang petang, badannya anget lagi, sampe malem panasnya tinggi, kasi Sanmol. Trus ditunggu sampe besok, ternyata adem. Kita tunggu sampai rabu, kalo masih naik turun panasnya kita bawa ke dokter. Cos biasanya dokter kalo blom panas 3 hari kan blom bisa didiagnosa ada apa.


Akhirnya hari Rabu (16Maret) kita bawa ke dsa langganan, dr. M. Batin SpA di daerah Bulu belakang RST, ternyata yang praktek pagi itu anaknya. Padahal selama ini kita selalu preksa sama ayahnya. Ya sut lah, sama aja, anaknya juga dsa yang praktek di Hermina sama RST, pastilah bagus.


Setelah dipreksa, katanya si batpil biasa, dikasi obat deh, kayaknya si AB sama sirup batpil gitu. Dan ibu dokter pesen kalo dua hari panasnya ga turun kontrol lagi.

Rabu malemnya, ternyata masih aja panas, malah tambah muntah, berlanjut sampai kamis pagi-siang. Tiap diminumin obat selalu muntah, di kasi mamam dikit muntah, dinenenin juga muntah. Aseli panik! Mana anaknya dah tele tele alias lemes gitu.


Oiya kalo malem pas panasnya tinggi dia ga bisa bobok, tiap 15 menit bangun sambil ngerang-ngerang. Sedih liatnya, mungkin dia ngerasa panas atau gimana. Udah dibantu kompres juga. Baru bisa bobok menjelang subuh.


Kamis malem, kakungnya Hafizh nyaranin dibawa ke RS aja, soalnya anaknya dah lemes gitu. Langsung deh cabut ke RS terdekat (RS St Elisabeth). Di sana langsung masuk UGD, karena udah malem, poli anak dah tutup.


Setelah nunggu bentar, dipanggil. Diukur suhunya, 39-an, dokternya tanya “Ini udah berapa hari nangis ga keluar air mata kaya gini?” Akunya bingung dan balik nanya “Emangnya knapa dok?”. Dokter ngejawab :”Ini tanda dehidrasi bu...”

Langsung deh dicek perutnya yang katanya dah kering kaya orang tua gitu, plus diliat ujung2 jari kaki.
Katanya dehidrasi sedang. Aku bilang padahal dia nenennya juga banyak selama sakit kemarin, tapi mungkin lebih banyak muntahnya jadi dehidrasi. Dan kata pak dokter ybs harus diinfus, it means Hafizh harus opname.

Langsung deh lemes, saat itu juga langsung Hafizh diinfus. Ngeri pas liat dia dibedong trus tangannya ditusuk tusuk. Aku peluk dia kenceng, walo sebenernya aku ga tega liatnya. Ayahnya di luar, ga tegaan soalnya.

Sesudah diinfus, sekalian diambil sample darahnya, jejeritan lagi deh. Miris.
Si ayah cari kamar, dan malem itu Hafizh yang tadinya brangkat ke RS dibungkus rapet pake jaket sgala harus di lepasin bajunya, disisain kaos dalem sama pampes doang, plus AC di ruangan dinyalain dengan suhu yang lumayan dingin. Baru tau ternyata kalo anak panas ga boleh dipakein baju tebel apalagi diselimutin.

Oiya, kita disuruh pilih dokternya siapa.Duh bingung, karena dsa-nya Hafizh yang biasa ga praktek di situ, akhirnya pilih Prof Soemantri yang konon dokter anak senior di Semarang ini. Dulu, pakdenya Hafizh juga dirawat sama dokter ini. Kebayang kan betapa seniornya he...


Malem pertama di RS Hafizh boboknya nyenyak banget, alhamdulillah. Mungkinn karena dah kemasukan infus dan obat macem2.


Pas di RS itu Hafizh sempet diambil sample urin sama pupnya. Oiya, tes darah menunjukkan tidak ada gejala DB ataupun Typus, lega. Dan urine yang diteliti juga ga menunjukkan adanya penyakit apa2 (Infeksi saluran kencing misalnya, yang bisa memicu demamnya). Kalo pupnya yang cair itu memang karena ada bakteri.


Selain tes-tes itu, Hafizh juga sempet dianalisa sama dr THT, (dr Awal Prasetyo). Dan di sinilah salah satu penyebab panas ditemukan. Ada infeksi saluran telinga tengah. Ini yang bikin panas di kepala aja. Memang selama ini Hafizh panasnya di kepala doang, tangan sama kakinya nggak.

Dokter THT bilang untung ketahuan sekarang, karena kalau dah parah infeksinya bisa merusak gendang telinga dan pengobatannya bisa lebih sulit. Saat itu juga telinga Hafizh ditutul (disentil) pake alat kaya tembakan gitu (aku ga mudeng nama alatnya hehe).

Aku sempet nanya apa penyebab infeksi di telinga itu. Katanya sih bisa dari muntah yang ga jadi, trus bisa juga karena nyusuin sambil bobok, jadi kalau bisa nyusuinnya setengah bobok (anaknya). Wah padahal nyusuin sambil bobok itu paling enak, emaknya ikut liyer2 plus ga begitu pegel hehe...


Yaa gitu deh, selama di RS itu Hafizh ngabisin 6 botol infus yang sempet dipindah dari tangan kiri ke kanan karena dia usilnya minta ampun, jadinya lepas-lepas plus bengkak. Dipasangin semacam kateter buat nampung pupnya yang caair itu juga. Duh pokoke kasian banget liat dia dipasang macem2 gitu.


Hafizh dengan hape infus di tangan kirinya

Tapi ada yang lucu, satu saat tiba2 aja dia naruh tangannya yang diinfus (infus buat anak kan biasanya dipasangin semacam papan kotak kecil gitu ya, just in case si anak usil) itu ke ke kupingnya, trus bilang “ hawo hawo..(halo)...kaya orang lagi telepon gitu. Hahahhaha..bisa aja nih anak.



Biar ga bosen dan rewel, kadang diajak jalan2 keluar pake kursi roda mini ini

Selama di RS ini Hafizh kaya trauma gitu, minum obat susah banget, tenaganya kuat banget. Jadi kalo mik obat aku bawa aja ke ruang suster, soalnya dia harus dipegang 3 suster baru bisa dikendalikan. Kasiyan kamu nak..dicekokin obat gitu. Apalagi dia juga trauma sama suster2, tiap suster masuk langsung deh nangis. Tau aja dia mau diapa-apain.

Oiya, batpilnya ternyata juga makin parah, ditambah muncul sariawan juga. Duh, sakitnya borongan kamu nak..:(


Akhirnya hari Selasa Hafizh dah dibolehin pulang, alhamdulillah. Begitu dilepas infus dan kateternya, langsung deh minta turun plus jalan ke sana kemari. Ga mau dipegangin. Berasa bebas dia hehe....


Syukurlah semua itu sudah berlalu, semoga Hafizh anakku sehat terus ya sayang....
Kalo kata orang tua dulu, Hafizh didangir (kaya taneman). Kalo mau sehat dan tambah pinter yang harus ngalami yang kaya gitu dulu..duh..:(

11 komentar:

Percik Keluarga said...

Alhamdulillah ya bun, Hafizh sudah sehat dan ceria lagi. Senang banget deh lihat Hafizh bisa main :)

Hiks... kalau aku mah malah yg gak tegaan, wktu Luna ditindik, ayah-nya yg meganging. Apalagi infus dan cek darah... *Oh No!!!*. Hebat nih mbak yg satu ini :)

Icha said...

Baca dari atas udah berkaca2 ngebayangin hafizh sakit, mpe cerita ada infus kaya HP hawo hawo, jadi ngakak lagi aku. hihihi...

Hafizh cayank, moga2 kamu slalu sehat yah cayank biar bisa maen2 lagi sama smuanya. muuaaahhh...;-*

Alhamdulillah smua itu udah berlalu yah say...^_^

Btw, aku juga suka mimik in sambil boboan, jadi baenya gmn bun ?, diganjel bantal gitu kali yah ?...

sari said...

bunda fisa: iya alhamdulillah bun...hehe ini yang ga tegaan bapake, sebenernya aku juga pengen ga liat dia ditusuk2 jarum gitu tapi tar dia ngerasa ditinggal malah kasian hehe...jadi peluk dia tapi berusaha ga liat tangannya yang diinfus hehe

bunda zaki: iya, aku sama ayahnya juga ketawa2 liytnya..dia kaya spontan gitu ga ada yang nyuruh mainan infus itu hehe...

iya, alhamdulillah dah berlalu, semoga anak kita sehat terus ya...

katanya si kalo nyusuin dipangku aja, jadi jangan sambil tiduran, gitu bun...

teefa sinatriya hakim said...

akupun suka sekali nyusuin sambil bobokan,anak senang ibu senang :P

gpp deh skarang sakitnya borongan,tapi abis itu jangan sakit2 lagi yaa.
maem yang banyak ya hafizh,biar cepet seger lagi yaa.*towel towel hafizh*

lidya said...

Semog Hafidz sehat selalu y

purplekidzshop said...

Toss ah, kok sama ky Kayla sih.. kmrin hbs opname infeksi telinga tgh dan diceplus sm dr Awal juga :D ..tapi Kayla pke bonus Thypus -______-"

Iya Sar, klo anak demam gabuleh dibungkus2, pakein yg longgar, bahan adem, tanpa selimut dan pakein AC. Klo pas panas ga turun2 direndem air suam2 kuku ato kompres air anget di lipatan2 sm banyakin minum utk mencegah dehidrasi.

dian sigit said...

Doddddoooollll.. pke account tmnku ituu lagi bikinin blog :D huahuahua

ketik ulang ah!

Toss ah, kok sama ky Kayla sih.. kmrin hbs opname infeksi telinga tgh dan diceplus sm dr Awal juga :D ..tapi Kayla pke bonus Thypus -______-"

Iya Sar, klo anak demam gabuleh dibungkus2, pakein yg longgar, bahan adem, tanpa selimut dan pakein AC. Klo pas panas ga turun2 direndem air suam2 kuku ato kompres air anget di lipatan2 sm banyakin minum utk mencegah dehidrasi.

sari said...

tifa: iya..nyusuin sama bobokan emang paling enak ya hehe...oke makasih mama zayyan..kiss2 buat zayyan juga

mb lidya: amin, makasih bunda pascal-alvin

dian sigit: hihi iya kok sama ya, sakitnya barengan, lagi usum..tetanggaku 3 anak se Hafizh gt juga masuk RS dengan penyakit kurleb sama

iya baru tau kalo anak demam harus semi bugil gitu hehe..jadinya semaleman emaknya yang selimutan malahan hehe *ndeso*

semoga anak2 kita sehat terus yaa...

Allisa Yustica Krones said...

Ooo...salah satu tanda anak dehidrasi tuh nangis tanpa air matanya keluar ya mbak, baru tau saya... Tks buat infonya ya mbak..

Kalo anak demam memang sebaiknya gak pake baju hangat dan diselimutin, supaya demamnya cepat turun.

Sedih banget ya mbak kalo liat anak sakit, apalagi sampe diinfus gitu, bisa kebayang deh gimana sedihnya perasaan mbak Sari. Syukurlah sekarang Hafizh udah sehat yah, sehat2 terus ya Hafizh :)

Bundit said...

Ah..sedihnya kalau anak sakit, apalagi sampai diinfus gitu. Alhamdulilah Hafizh sudah sembuh dan ceria lagi ya mam. Ah, sakit2 Hafizh sempet ngelawak deh, papan infus dikira HP ya... hehehe :D

Mira said...

memang paling sedih kalau anak sakit... tq atas sharing pengalamannya...

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh