Pages

Friday, April 8, 2011

Perpusda Jateng

gambar ambil dari sini

Perpustakaan milik pemerintah di setiap provinsi/ kota mesti ada kan ya...dan saya salah satu orang yang ga mau nyia-nyiain fasilitas ini hehe...

Kalo masih sekolah/kuliah berkeliaran cari referensi di perpusda (aku nyebutnya perwil-perpustakaan wilayah) memang kayaknya tuntutan gitu, tapi ternyata berkeliaran di perwil dengan alasan hobi bisa juga kok kejadian. Karena eh karena di perwil ini ga cuma buku yang “serius” aja yang disediain di sana. Banyak (banget) buku2 asyik yang sangat layak buat diburu.

Ga cuma novel (yang lumayan lengkap) yang ada di sana, buku2 umum macem buku parenting, buku2 agama (dari yang dikemas serius sampe yang gaul), buku tips, resep masakan, buku2 hobi(craft, berkebun dsb), buku kesehatan, sampe buku yang tergaul dan lagi happening banget ada semua, dengan catetan kita beruntung pas ga ada yang lagi minjem hehe...

Beneran, koleksi di sini banyaaak dan lengkap. Surga deh buat yang suka baca. Sampe sekarang aku masih suka berkeliaran di sini. Kadang ada yang nanya heran, kok rajin amat hari gini ke perpus, hehe..Blom tau dia, yang dipinjem buku macem apa dulu, seringnya sih novel, sama buku parenting atau motivasi.

Bahkan aku tamat Sophie Kinsela yang Serial Shopaholic itu juga dapet dari perwil ini.
Jadi ga melulu harus beli demi memuaskan hasrat buat membaca banyak buku. Beli yang memang bener2 bakal ga ngebosenin dibaca berulang-ulang. Kadang kalo pas minjem dapet yang bagus sering juga difotokopi hihihi...*nakal*

Kalo dulu ketentuannya, dalam satu waktu bisa minjem 4 buku (2 fiksi, 2 nonfiksi), dengan waktu 2 minggu, tapi sekarang cuma boleh 2 aja (1 fiksi, 1 non) buat 2 minggu juga. Jadinya sering blom 2 minggu dah balik lagi ke perwil.

Pokoknya seneng banget bisa manfaatin fasilitas ini, pas banget buat yang hobi baca tapi ga selalu punya duit buat beli buku hihihi....


Perpusda Jateng

JL. Sriwijaya 29 Semarang

Thursday, April 7, 2011

(Again) Semarang Book Fair

Yeaaayyy...kemarin lagi-lagi ada pameran buku...
Kali ini ga di Gd Admiral lagi, tapi di Gedung Wanita JL Sriwijaya (Semarang)
Lebih suka di sini sih, tempatnya lebih luas dan ga panas. Dan kayaknya peserta pamerannnya lebih banyak.
Acarannya sih seperti biasa, semingguan lah. Dan daku sudah meniatkan diri akan ke sana dan tentunya lebih dari satu kali haha...dan hari terakhir wajib ke sana. Kenapa? Soalnya biasanya hari terakhir pada banting2an harga hihihihi....

Dan ternyata memang ke sana lebih dari sekali, tepatnya tiga kali hehehe...
Emang ya, event ini senantiasa bikin bokek dah...tapi puwassss...
Dapet apa aja sih...banyak.
Dari mulai buku anak-anak, buku resep, buku2 soal agama, buku parenting, novel, motivasi, sampe paket majalah murah (20rb dapet 4 biji he..)
Penerbitnya macem-macem, dari Yogya yang paling banyak. Dan yang paling suegerrr...Gramedia yang biasanya cuma diskon 10 % aja, di pameran ini banyak ngasi diskon, buku baru diskon 20% plus banyak buku2 dipukul rata 10rban hehe...cihuy kan?

Wes pokoknya sampe pusing dan gemeter deh kalo ke sana, habis rasanya pengen nyari terus buku2 yang bagus walopun sadar betul uang di dompet tak akan cukup haha...

Yang jadi favorit aku, ada satu stand namanya Yusuf Agency...ga tau ini toko buku, distributor atau gimana (ga sempet tanya). Di sini rasanya adrenalin kita ditantang habis-habisan (maap rada lebay) buat nyari buku yang bagus2 smua, mana banyak koleksinya, termasuk buku-buku “harta karun” yang bisa aja kita temuin di sana dengan harga murah banget. Di sini sistem harganya pukul rata, ada yang 5rban, 10rb, 15rb, 20rb plus buku2 yang tebel macem kitab atau kamus2 gitu aku kurang tahu.
Novel bagus2, yang model thriller gitu cuma 20rb saja. Mayan banget buat yang seneng koleksi novel.

Pokoknya kalap deh, apalagi aku sempet dapet buku yang harganya 15rb dapet dua biji yang mbahas soal membiasakan anak membaca buku sama panduan bermain balita gitu lah...gila ya buku bagus gitu cuma seharga 2 mangkok mi ayam haha....udah baca isinya sekilas dan yakin bagus.

Oiya, buku buat Hafizh juga jadi prioritas, berusaha cari buku2 hardcover yang murah cencunya...agak jarang sih, banyakan yang ga hardcover, tapi tetep dibeli, lagian Hafizh dah gak gitu brutal nyobek2 buku :)

Ampunnn dijee...mau dibawain uang seberapapun bisa abis kalo gini caranya...

Ahhhh I love book fair.....