Pages

Thursday, July 21, 2011

Main Lego

Hafizh sekarang lagi demen sama mainan yang nyusun2 sama gabung2in kotak itu loh..apa ya namanya..lego kan ya?

Sebenernya sih di tas legonya tulisannya buat 3th+ tapi wong ini dibeliin eyangtinya...hehe...Tapi Hafizh emang mania banget, sejauh ini sih belum bosen. Awalnya dia cuma seneng karena ada banyak barang dalam satu tas (isinya yang 128 biji satu tas), warna warni pula. Tapi akhirnya setelah liat kakak2 sepupunya yang ikutan mainan lego dan ngebentuk2 macem2 kaya mobil, rumah dll..akhirnya dia ngeh kalo kotak2 kecil itu bisa digabung2in.



Ga langsung bisa ngebentuk bentuk juga sih, nggabungin aja blom bisa, dia cuma ditempelin antar kotaknya...tapi setelah diajarin cara nempelinnya agak ditekan, dia akhirnya seneng gabung2in. Dari yang susun2 satu kotak memanjang...sampe bentuk aneh2...yang penting nggabung hehe....

Sekarang makin lama dia makin suka ngebentuk bentuk, setelah liat kakak2nya itu, salah satunya ya bikin ini...




Ini maksudnya mobil hehe...mobil tumpuk2...tapi lumayanlah dia ngerti kalo kotak yang ada rodanya ditaruh paling bawah hehehehe....cuma ini satu2nya bentuk yang kayaknya bisa diterjemahkan sebagai mobil, bentuk2 lain aku ga tau..pokoknya tumpuk2 gitu dan dia senang setelah berhasil nyusun hehe....

Dia juga mau disuruh ngrapiin masuk2in lego2 ke tas (kalo pas lg manis), tapi kalo lagi marah, bisa dilempar lempar ga jelas..capek beresinnya secara legonya kecil2 dan banyak hehehe....

Yang lucu, tiap mau diajak pergi ke manapun, dia langsung tenteng tas yang isinya lego itu...hehehe...kaya poto ini..ini mau diajak keliling depan rumah tapi dia langsung angkut itu tas :)

Sunday, July 17, 2011

Tantrum

Kayaknya Hafizh mulai sering menunjukkan tanda-tanda tantrum.
Kalo dulu mungkin belum terlalu kelihatan ya, sekarang karena udah gede dan mulai banyak tahu, emosinya berkembang, mulai timbullah masa-masa tantrum ini.

Dari yang aku baca, gejala tantrum biasanya muncul pada usia 2-3 tahun.
Kalo pas lagi kumat tantrumnya gitu, wadooh jangan ditanya..ibunya sampe ngos2an keringetan emosi tingkat tinggi (tapi ditahan) menghadapi si bocah ini. Sabar..sabar...
Tantrumnya biasa muncul di tempat umum, di tempat banyak orang, apa emang gitu ya. Padahal kalau sehari2 di rumah sama aku dia manut2 aja, manis, diperintah apa atau dilarang juga ngamuknya nggak segitunya. Cari perhatiankah dia?

Pernah nih, pas di pusat perbelanjaan gitu. Kebetulan selesai belanja di supermarket aku pengen nyariin sendal buat Hafizh di lt.2. Supermarket ada di lt.1 Karna cuma mau nyari sendal bentar si ayah tak suruh nunggu di bawah aja sambil nungguin troli belanjaan hehe... Naiklah aku ke lt.2 sama Hafizh. Hafizh emang paling excited kalo diajak ke tempat2 umum gitu, ga mau digendong, maunya jalan sendiri. Padahal jalannya dia tuh ya lari..haha..jadilah aku kaya ditarik2 gitu sama si Hafizh.

Karena aku mau milih2 sendal, biar ngga lari aku gendong dia. Dianya ogah, sambil mlorot2in badannya gitu, maunya lari lari...untungnya cepet dapet sandal yang ukurannya pas. Langsung deh aku gendong Hafizh ke kasir buat bayar. Ndilalah..eh kebetullan kok ya kasirnya penuuh banget, antrinya panjang. Sebel..padahal di situ ada 4 mesin kasir tapi yang ada mbaknya cuma satu..terpaksa antri deh..Hafizh jelas ga sabaran maunya lepas dari gandengan aku, udah aku nasehatin..Hafiz sayang...ini bayar dulu..ga usah lari2 dulu..sini ibu gendong...dianya ogah...akhirnya keluar deh tantrumnya itu...teriak2 kaya mau nangis, plus ndlosor ndlosor di lantai, aku bangunin ndlosor2 lagi..haduuuhh..mana berat pula si Hafizh ini hehe...

Rasanya emosi banget, apalagi orang-orang pada ngeliatin...akhirnya karena aku ga kuat lagi, hafizh aku gendong dan bawa turun, ga jadi bayar (nota masih aku bawa). Aku mesti ngasi hafizh ke ayahnya dulu baru antri kasir. Ya gitu lah...ndlosor2nya itu lho yang sekarang makin sering ia lakuin kalo keinginannya ga dipenuhi. Kadang aku diemin dulu bentar tapi nangisnya makin kenceng..akhirnya digendong deh...

Trus kadang suka buang2 mainan, kalo pas main trus ada kejadian yang bikin dia bete, misalnya disuruh mandi, diminta mainannya...dia langsung marah dan mainannya di lempar-lempar. Aku selalu setenang mungkin ngasi nasehat ga boleh kaya gitu. Padahal ngasi nasehat sebisa mungkin hindari kata “tidak boleh” ya...tapi susah prakteknya hehe....

Tapi alhamdulillah tantrumnya Hafizh ga sampe yang parah misalnya sampe nggigit, mukul, nendang ataupun sampe njedot2in kepala..duh jangan sampe deh (ketok2 meja..)

Tentang tantrum dari mulai gejala, penyebab, sampe cara mengatasinya bisa dibaca lengkap di sini

Pe-er banget nih buat ibu2 kaya aku yang anaknya mulai terserang tantrum hehe...mudah2an diberi kesabaran..jadi ibu ga mudah ya ternyata :) SEMANGAT!!!!

Sunday, July 10, 2011

Kabar terbaru Hafizh (19 bulan)



Hafizh sekarang sudah 1,5 tahun lebih 1 bulan. Sudah gede ya...hehe...Berhubung emaknya dah lama ga online, jadi ada bulan2 yang terlewatkan nggak di review. Yang jelas, Hafizh sekarang makin canggih bikin ibunya elap kringet, ngos2an ngejar-ngejar dan kadang pusing karena banyak maunya si bocah ini hehe....

Perkembangan berbicaranya sudah mulai mau niruin kata2 walopun kadang kalo gak mood dianya cuek aja. Misalnya, dia seneng lihat gambar2 hewan, binatang atau alat transportasi yang harganya murah meriah itu lho, 1500 perbiji. Sambil nunjuk2 plus bergumam ga jelas. Nah waktu diaajarin bilang mis: ini gajah..ini kuda atau apa, kadang dia ngikutin walopun buntutnya doang “jaah...” “daa...”. Tapi kadang dia ga mau, malah nunjuk2 sambil nyebut dengan kosa katanya yang dia bikin sendiri hehe....

Trus dia juga sudah bisa bilang piii..piii..yang mana artinya adalah pipis, tapi sayangnya dia bilang sesudah dia ngompol. Jadi dia diem gitu ga mau bergerak, takut kepleset kali, soalnya pernah kepleset pipisnya sendiri. Ini pe er nih buat ibunya, mulai rajin ngajarin Toilet Training.

Suka banget bikin jantung copot, suka lari2 kenceng, kalo dikejar dia malah tambah kenceng plus ketawa2 ngeledek gitu. Kalo misalnya ngelakuin hal yang dilarang, misalnya..”ayo Hafizh ga boleh keluar...” eh dia malah keluar sambil mukanya itu kaya ngledek gitu, jadi makin gemes aja hehe....

Copycat banget, dari mulai ngelakuin pekerjaan di rumah kaya nyapu gitu, sampe kadang ikut2an bedakan sendiri (tutup muka).Kalo yang nyapu, kebetulan di rumah ada dua sapu, kalo aku pas nyapu, dia langsung ambil sapu trus ikutan, kalo pas bersihin kipas angin, dia ikutan bersihin, bahkan waktu mindahin motor, dia ngintil di belakang ikutan ndorong motornya (ga beneran, cuma megang aja..gaya doang dia mah hehe...).

Apa ini pertanda dia rajin? Amin kalo gitu..hehe...Trus kalo liat setrika (gak nyala) dia langsung nggosok2in tuh setrika, keseringan liat aku nyetrika juga hehe. Btw, dia perfeksionis juga loh. Kalo ada sampah kertas ato plastik di lantai gitu langsung dia ambil trus buang keluar (gak di tempat sampah tapi hehe...), trus kalo ada baju kotor yang agak keluar dikit dari tempatnya(ember), langsung dia masukin ke dalam biar rapi hahaha..lucu banget.

Trus kadang ada hal2 yang aku larang tapi malah tambah bikin dia penasaran. Kaya misalnya mainin air dispenser. Pertama tama aku ga bolehin, tapi dia ndeket terus, akhirnya aku ajak sekalian dia ngeluarin air sambil bilang “ udah ya..ini bukan mainan, nanti kena panas bla bla...” entah dia ngerti atau nggak, yang jelas dia ga penasaran lagi dan ga terlalu berminat mainan dispenser lagi.

Kadang kalo pas ngeblender jus atau bumbu, kan suaranya keras tuh, dia langsung dateng dan ngliatin. Aku ajak dia megangin tutup blendernya, eh dia seneng hehe...getar getar gimana gitu kali ya hehe....

Ya begitulah, semakin besar semakin ngerti, semakin pinter meniru, semakin tinggi rasa penasaran dia dan semakin ngeyel kalo dilarang, jadi harus ekstra hati2 dan pinter2 ngebujuk hehe...

Jadi tambah semangat baca2 artikel about parenting...:)

Ini naik sepeda pura puranya pake helm..hihi...dia sendiri lho yang make *sumpah*