Home

Sunday, July 17, 2011

Tantrum

Kayaknya Hafizh mulai sering menunjukkan tanda-tanda tantrum.
Kalo dulu mungkin belum terlalu kelihatan ya, sekarang karena udah gede dan mulai banyak tahu, emosinya berkembang, mulai timbullah masa-masa tantrum ini.

Dari yang aku baca, gejala tantrum biasanya muncul pada usia 2-3 tahun.
Kalo pas lagi kumat tantrumnya gitu, wadooh jangan ditanya..ibunya sampe ngos2an keringetan emosi tingkat tinggi (tapi ditahan) menghadapi si bocah ini. Sabar..sabar...
Tantrumnya biasa muncul di tempat umum, di tempat banyak orang, apa emang gitu ya. Padahal kalau sehari2 di rumah sama aku dia manut2 aja, manis, diperintah apa atau dilarang juga ngamuknya nggak segitunya. Cari perhatiankah dia?

Pernah nih, pas di pusat perbelanjaan gitu. Kebetulan selesai belanja di supermarket aku pengen nyariin sendal buat Hafizh di lt.2. Supermarket ada di lt.1 Karna cuma mau nyari sendal bentar si ayah tak suruh nunggu di bawah aja sambil nungguin troli belanjaan hehe... Naiklah aku ke lt.2 sama Hafizh. Hafizh emang paling excited kalo diajak ke tempat2 umum gitu, ga mau digendong, maunya jalan sendiri. Padahal jalannya dia tuh ya lari..haha..jadilah aku kaya ditarik2 gitu sama si Hafizh.

Karena aku mau milih2 sendal, biar ngga lari aku gendong dia. Dianya ogah, sambil mlorot2in badannya gitu, maunya lari lari...untungnya cepet dapet sandal yang ukurannya pas. Langsung deh aku gendong Hafizh ke kasir buat bayar. Ndilalah..eh kebetullan kok ya kasirnya penuuh banget, antrinya panjang. Sebel..padahal di situ ada 4 mesin kasir tapi yang ada mbaknya cuma satu..terpaksa antri deh..Hafizh jelas ga sabaran maunya lepas dari gandengan aku, udah aku nasehatin..Hafiz sayang...ini bayar dulu..ga usah lari2 dulu..sini ibu gendong...dianya ogah...akhirnya keluar deh tantrumnya itu...teriak2 kaya mau nangis, plus ndlosor ndlosor di lantai, aku bangunin ndlosor2 lagi..haduuuhh..mana berat pula si Hafizh ini hehe...

Rasanya emosi banget, apalagi orang-orang pada ngeliatin...akhirnya karena aku ga kuat lagi, hafizh aku gendong dan bawa turun, ga jadi bayar (nota masih aku bawa). Aku mesti ngasi hafizh ke ayahnya dulu baru antri kasir. Ya gitu lah...ndlosor2nya itu lho yang sekarang makin sering ia lakuin kalo keinginannya ga dipenuhi. Kadang aku diemin dulu bentar tapi nangisnya makin kenceng..akhirnya digendong deh...

Trus kadang suka buang2 mainan, kalo pas main trus ada kejadian yang bikin dia bete, misalnya disuruh mandi, diminta mainannya...dia langsung marah dan mainannya di lempar-lempar. Aku selalu setenang mungkin ngasi nasehat ga boleh kaya gitu. Padahal ngasi nasehat sebisa mungkin hindari kata “tidak boleh” ya...tapi susah prakteknya hehe....

Tapi alhamdulillah tantrumnya Hafizh ga sampe yang parah misalnya sampe nggigit, mukul, nendang ataupun sampe njedot2in kepala..duh jangan sampe deh (ketok2 meja..)

Tentang tantrum dari mulai gejala, penyebab, sampe cara mengatasinya bisa dibaca lengkap di sini

Pe-er banget nih buat ibu2 kaya aku yang anaknya mulai terserang tantrum hehe...mudah2an diberi kesabaran..jadi ibu ga mudah ya ternyata :) SEMANGAT!!!!

3 komentar:

Lidya said...

semoga bisa sabar menghadapinya ya bun

Icha said...

Salaman bun. Zaki juga gitu kalo ga mau mandi, ga mau digendong, ga mau di ganggu, atopun keinginannya ga diturutin ( misal ga mau cuci kaki ato sikat gigi ). Moga2 kita slalu sabar yah bun. Amiin...

sari said...

mb lidya: iya mbak...dipanjangin ususnya hehehe..thanks

icha: amiinn...bun..iya konon katanya ini awalnya challenging two hehe...

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh