Home

Monday, August 15, 2011

My toddler is a Copycat



Yes, emang bener banget, di usianya yang 20 bulan ini, Hafizh selalu niruin apa aja, terutama pekerjaan rumah, soalnya hal2 itu kali ya yang dia sering lihat sehari-hari. Copycat-nya sih mulai sejak sebelum ini, semakin ke sini semakin hobi..hehe

Selain copycat dia juga maunya ngerjain sendiri hal2 macem bawa makanan (di piring plastiknya dia), trus buka2 kulkas sendiri, dll.

Coba cari di babycenter soal perkembangan anak 20 bulan, dan nemu ini:

Tiny helpers

Your child loves to help: "Me do it" and "By self!" are two of a toddler's favorite declarations. Take advantage of that built-in desire by involving your child in simple chores.

Many jobs are beyond his ability, but he can work alongside you to help with simple tasks, such as putting dirty spoons in the dishwasher, wiping up his own food spills, watering plants, or placing napkins on the table. Taking part in household activities makes your 20-month-old feel important – like a contributing member of the team.

Toddlers don't distinguish between work and play. They just like to do. Encourage this attitude now, and your child may be an ongoing helper around the house. Be sure to offer specific approving praise, whether or not the job is done perfectly: "Wow, thanks for putting all those napkins on the plates!"

Sejauh ini siy kalo ga bahaya2 banget ya nggak aku larang, soalnya makin dilarang biasanya dia makin penasaran hehe...seperti yang pernah aku bilang, dia suka nyapu, suka megangin blender, trus kalo di dapur suka ambil2 susruk trus buat main masak2an...

sapu yang bersih ya nak...

niruin sholat

Trus, foto di bawah ini waktu mau bikin pancake, liat aku ngaduk2 pake whisk gitu eh dianya lengen, dimintalah whisknya dan dia asik ngaduk2 adonan hehe...


mau jadi the next masterchef :)

Wah, kalo udah pinter niruin kaya gini, kudu ekstra hati2 dalam bertindak dan bertutur kata..halah ..haha...

3 komentar:

Lidya said...

benar2 copy cat ya, asalyang baik2 gpp kan

Allisa Yustica Krones said...

Anak-anak memang suka banget niru ya mbak, makanya pas lagi masa-masa kayak gini ortu musti nunjukkin semua yang 'baek-baek', jangan sampe ngomel-ngomel ato marah-marah di depan anak, apalagi sampe ngucapin atau berperilaku kasar, hehehe

sari said...

mb lidya: iya mbak...jadi filter juga buat kita supaya mengurangi kebiasaan2 buruk hehe...

mb allissa: setuju...anak2 cepet banget nyerap dari lingkungan soalnya...mudah2an jangan sampe kelepasan marah2 hehe..

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh