Home

Friday, October 7, 2011

New Vocab New Project

Pengen nge-list kosakata apa saja yang dah disuarakan oleh Hafizh. Lupa lupa inget sih, tapi diantaranya mungkin yang ada di bawah ini. Belom banyak memang, belom sebanyak anak tetangga. hiks..eyangtinya tuh kadang suka ngebandingin, eh..anaknya mbak ini sudah pinter ngomong ini itu..bla bla...haduh, jd grogi, tapi dibikin santai lah...beda2 kan ya...

Kosa kata di bawah ini nanti bukan yang dikuasai barusan tapi rangkuman dari dia udah mulai bisa ngoceh yang membentuk suatu kata. Dari umur brapa ya, lupa hihi..kalo ga salah setahunan kali ya. Dan sejauh ini, kebanyakan yang dikuasai baru berupa kata, kadang cuma suku kata, soalnya yang disebut yang blakang doang hehe....Kalo untuk menggabung 2 kata kayaknya belom terlalu bisa, bisa tapi cuma 1 atau 2 gabungan aja.

Oke let’s review...

  • da (kuda)
  • ita (ikan)
  • wa' (pesawat)
  • mam wah (maem buah)
  • bok (bobok)
  • yuk (ajakan-ayuk)
  • taa (kereta)
  • pi (sapi)
  • pi (pipis)
  • tuut (bunyi kereta api)
  • kung (eyang kakung)
  • bek (bebek)
  • ayah
  • puh (pus-kucing)
  • iek (BAB)
  • mik (mimik)
  • nyen (nenen)
  • moh (ga mau)
  • dek (dedek-liat anak kecil/bayi)
  • nak enak (ndak enak)
  • iyang (hilang)
  • guwang (buang)
  • buur (burung)
  • dool (gol-kalo lihat sepak bola)
  • bii (mobil)
  • mbek (kambing)
  • jah (Gajah)
  • pak (buka)
  • ja (kerja)
  • men (permen)
  • bek (bebek)
  • pem (pampes)
  • cii (kelinci)
  • jan (hujan)
  • yam (ayam)
  • dah (sudah)
  • bis (habis)
  • puk (kerupuk)
  • ti (roti)
  • duk (duduk)
  • bu' (ibu)
Kata gabungan yang dia bisa: Mam wah..(maem buah), dah bis (sudah habis), nak enak (ndak enak-biasanya sambil geleng2)

Kira2 itu deh yang dikuasai Hafizh di usia 22 bulan ini.
Rencananya ke depan tiap ada kosa kata baru mau aku catat dan tandai di umur brapa dia bisa ngucapin kata baru itu. Ih rempong amat yak? Kaya kurang kerjaan hehehe....emang!!!!

Bukan apa2 sih, bukan sok rajin tapi butuh banget data2 seperti itu nantinya. Berhubungan dengan kuliah S2 ini. Walopun baru awal kuliah kalo bisa memang harus dipikirin dari sekarang mau bikin tentag apa. Walopun teori blom ada juga gpp. Yang penting dapet datanya dulu.

Kalo nanti misalnya aku milih kajian lingustik pemerolehan bahasa anak atau apalah, kan enak soalnya dah ngumpulin data dari sekarang. Pengamatan kan butuh waktu juga. Kalopun tar ga kepake juga ga papa, gak ada ruginya kan bikin dokumentasi perkembangan bahasa anak sendiri hehe.

Kenapa tertarik dengan kajian ini? Gara2nya pas baca Psikolingustiknya Pak Soenjono Dardjowidjojo (hadeuh ejaan lama), pas bab pemerolehan bahasa (istilah kerennya language acquisition) yang kebetulan emang jatah presentasiku, rasanya seru. Pas bagian “kalo umur segini biasanya kata yang diucapkan yang berawalan huruf ini..dan tahapan2 selanjutnya “ aku langsung nginget2 Hafizh. Seru banget, karena ngeliat sendiri buktinya, ga baca teori doang. Jadi umur Hafizh ini memang pas banget diamati perkembangan bahasanya.

Bpk Soenjono ini sendiri juga mengamati perkembangan bahasa cucunya (namanya Echa) dari mulai tahapan cooing (sebelum tahap babbling), sampe umur 4 tahun..buat diteliti...wooow....Kalo aku ga mungkin lah sampe 4 tahun umur Hafizh..kelamaan, jatah bikin tesis cuma 1 semester, ambil data paling banter setahun dari sekarang, jadi mungkin ga serumit beliau..yaeyalah..sape elu? haha...

Jadi, ceritanya Hafizh dibikin project sama ibunya hihihi...

4 komentar:

Lidya - Mama Pascal said...

vocabnya sudah lumayan banyak ya,senang kalau anak sudah bisa bicara

sari said...

iya..mb..tp ga sebanyak anak tetangga hehe...alhmdulillah semoga makin ceriwis..tinggal ibunya tar kewalahan hehe

Allisa Yustica Krones said...

Hohoho...mantep banget nih mbak, perkembangan anak dijadikan bahan project. bagus banget itu..objek pengamatannya gak jauh2, hehehe

sari said...

mam allissa: iya...yang deket2 aja..biar praktis hihihi...*aslinya males*

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh