Pages

Saturday, December 31, 2011

Kumpul anak cucu


Liburan agak panjang natal plus tahun baru ini, pakdhenya Hafizh dari Sidoarjo liburan ke Semarang. Kebetulan juga banyak sodara di Semarang yg ngrayain natal jadi skalian berkunjung ke rumah mereka.

Jadinya,di rumah ortu kumpul anak cucu,biarpun boboknya sempit2an tp seru hehe. Apalagi cucu2nya yg jumlahnya 5 biji tambah bikin rame.
Cucu yg paling gede, Bela udah SMP,adeknya klas 3sd,ada lg yg TK,trus Hafizh,baru yg terkecil umur 1,5 th.

Hrsnya nih, Hafizh mainnya sama sepupunya yg kecil it kan ya? Tp enggak tuh, dia malah mainnya sm spupunya yg TK sama klas 3 SD. Klo sm yg kecil malah dia takut hehehe...

Jangan tanya berantem ato nggak, sering malah. Kalo ditinggal mumpet ato ditinggal sm kakaknya dia langsung nangis kejer hehe. Heboh deh pokoknya.

Kadang suasananya penuh canda tawa, kadang penuh jerit tangis hehehe
Tapi intinya semua hepi....

Kemarin itu bikin chicken burger kaya yang dibikin beberapa hari sebelumnya, laris manis dan pada suka hehe..alhamdulillah...


Tumben bisa kumpul bareng tanpa berantem,, sambil menikmati kentang goreng plus chicken burger (suap-suapan) hehehe...


Hafizh lagi ketawa liat tingkah kakak sepupunya...

Wednesday, December 28, 2011

Chicken burger

Habis blogwalking ke beberapa blog yang banyak memajang makanan enak, jadi kepikiran pengen bikin burger sendiri, pengennya sih bikin beef burger tapi tadi pas ke pasar dagingnya lagi kosong, jadinya ayam aja sementara...

Resepnya kira2 aja, cemplang cemplung aja hehe...dari yang aku lihat di beberapa blog si bahannya hampir sama komposisinya, ya diinget-inget aja cara bikinnya:

Chicken Burger

bahan:

ayam giling 500 gr
telur ayam 1 butir
tepung panir 5 sdm

bumbu:
bawang bombay 1 biji dicincang halus
bawang putih 3 butir cincang halus
garam dan merica secukupnya

cara membuat:

1. campur ayam giling dengan bumbu2, tepung panir dan telur.
2. Aduk/uleni sampai rata
3. bulat dan pipihkan tipis2, ukuran sesuai selera, lebih baik kecil2 biar cepet mateng
4. siapkan wajan anti lengket, lelehkan margarin
5. goreng sebentar hingga matang (kalo saya sukanya agak gosong2 gitu permukaannya hehe...)

Saus:

Sebenarnya saus yang pas saus BBQ gitu kali..tapi lagi ga punya saus BBQ yang dah jadi jadi bikin ala2 saus steak gitu

bawang putih cincang ditumis, tambah saus tiram, saus tomat, kecap, merica, air...tambah maizena yang dikentalkan...dirasain kalo kurang asin bisa ditambah garam, soalnya biasanya saus tiram kan udah asin ya...

Pelengkap: jagung manis dan wortel yang dipotong kecil2...trus dikukus...




Voila..ini jadinya chicken burger cemplang cemplung hehe...nyaaammm...si Hafizh nambah terus (emaknya juga :)). Oh iya, makannya pake nasi ya , ga pake roti bun itu..ga kenyang lah...perut Jawa soalnya hehe...

Friday, December 23, 2011

Aduh...awas...awas....

Perkembangan kosa kata Hafizh semakin ke sini Alhamdulillah semakin banyak, dia semakin mau dan suka niruin. Tadinya kan males gitu kalo suruh niruin dan asik sendiri dengan mainannya, sekarang exited banget membeonya.

Tapi niruinnya masih kebanyakan suku belakang katanya aja yang diambil, walopun ada beberapa kata yang dia udah bisa ngucapin secara utuh.

Makanya suka bingung kalo dia bilang 'daa..' maksudnya bisa sepeda atau kuda. Saking suka niruin, kadang percakapan yang emang gak dalam rangka mengajari dia (misal aku lagi ngobrol sama suami) eh dia niruin hehe...makanya kudu waspada nih coz ada beo yang siap merekam semua kata2 kita...

Diantara kata2 yang dia ucapkan, akhir2 ini dia sering banget bilang "aduh" sama "awas-awas". Dia sudah mengerti konsep aduh digunakan saat orang merasa kesakitan, misalnya jatuh, kecepit dll.

Tapi nii..kadang dia suka lebay gitu make kata "aduh", misalnya pas aku duduk di sebelahnya dan dia mungkin merasa kesempitan karena ada aku, dia bilang "aduh..aduh..aduh" berulang-ulang sambil mukanya nunjukin kesakitan hahaha.....

Atau kalo pas jatuh, begitu jatuh kan aku samperin dan tanya..."kenapa dek? jatuh ya?" eh dia jawab "tuh...aduh...". Jadi dia laporan kalo dia jatuh sama plus bilang "aduh". Aduh-nya telat hihihi....gak pas dia jatuh tapi pas dia bilang kalo jatuh...ada ada aja

Trus selain "aduh" dia juga suka bilang "awas..awas". Entah dia sering denger ato gimana, tapi perasaan aku ga pernah ngajarin dia deh hehe....jadi kalo dia mau lewat trus ada yang ngalangin dia bilang "awas...awas" sambil nyingkirin badan orang yang ngalangin dia hehe...

Plus, kalo misalnya dia ga mau dijejerin duduknya, dia ngusirnya dengan kata awas2 itu tadi sambil dorong2 badan orang ybs, hehe...

Wednesday, December 14, 2011

Rolade Ikan


Nama kerennya dari resep aslinya sih Fish Terrine (dari Bahasa Prancis), tapi nampaknya seperti rolade ikan atau siomay ikan...ya sebangsa gitu deh.

Dapet dari resep di Buku Panduan Menu Balita Sebulan. Bikinnya lumayan gampang, dan ga cuma balita yang doyan, yang tua juga hihihi....

Rolade Ikan

Bahan:

500 gr fillet kakap
1 wortel potong kecil
1 jagung manis pipil
6 buncis, iris (saya ga pake buncis)
1-2 butir telur
kurleb 50 ml susu segar

Bumbu:

2 batang daun bawang iris
3 siung bawang putih cincang
1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Blender ikan hingga lembut. Campur dengan sisa bahan. Aduk rata
  2. Bungkus adonan ikan dengan plastik. Gulung dan tekan hingga padat, lalu kukus 10 menit.Potong bulat dan sajikan
Gampang ya? Khusus ibunya habis dikukus trus digoreng, rasanya lebih gurih hehehe....

Note: klo adonannya terlalu lembek ga bisa padet bisa dikasi maizena dikit.



Thursday, December 8, 2011

Hafizh 2 Tahun



Yeaaayy...Rabu kemarin (tanggal 7 Desember) Hafizh berulang tahun yang ke-2. Ga dirayain yang gimana-gimana sih. Cuma pesen kue ultah buat sendiri dan bagi2 makanan aja ke tetangga.

Kebetulan di tempat eyangnya Hafizh ketempatan arisan, dan karena aku masih terdaftar jadi penduduk sana ya ikut arisan juga. Sekalian lah acara Ultah Hafizh dibarengin sama arisan PKK yang kebetulan kelompok PKK di tempatku itu (Dasa Wisma) berulang tahun yang ke-2 juga. Kok bisaaa bareng hehe...

Btw soal pesta yang dibarengin sama arisan ibu2 PKK ternyata juga dialami sama Zayyan. Kata mamanya ultah Zayyan juga bareng sama acara arisan di tempat eyangnya. Yaaa kok bisa sama sih hehe...

Jadi nih temanya, Birthday at Arisan PKK, dresscode ijo-ijo ala PKK hahaha...





Kue Upin-Ipin kesukaan Hafizh

Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan di sepanjang usiamu nak, jadi anak yang cerdas, sehat, sholeh, menambah kebahagiaan dan kebanggaan kami orang tuamu.

Kiss-kiss Hafizhku Sayang....

Friday, December 2, 2011

Success is (sometimes) a long journey

Masih menyambung postingan sebelumnya, tapi kali ini fokusnya lebih ke salah satu poin yang dibahas kemarin. Soal usaha seseorang yang berbeda satu sama lain. Kenapa satu orang (terlihat) lebih cepat sukses dibanding orang yang lainnya dengan usaha yang kurang lebih sama.

Saya ngga ngiri kok karena orang sudah ada garis kesuksesannya sendiri-sendiri. Saya bangga punya temen yang udah sukses di usia muda, tentu jujur saya juga pengen sama suksesnya.


gambar dari sini

Namun perjalanan buat ke sana kan tiap orang ga sama. Entah berliku liku atau lurus mulus semua itu jadi bagian menuju kesuksesan. Misalnya apa yang saya alami: udah berapa belas kali ngelamar PNS, atau sekian kali melamar di perusahaan-perusahaan, ternyata saya sekarang malah ada di posisi sekarang ini: mengajar.

Padahal profesi yang berhubungan dengan ngajar mengajar, entah itu guru maupun dosen saya kurang begitu berminat. Makanya pas kuliah saya ngga ambil Bahasa Inggris yang kependidikan, saya ambil yang sastra inggris, jadi berharapnya tar lulus ya kerja kantoran lah hehehe...

Namun nasib membimbing saya masih terus berhubungan dengan bidang bahasa Inggris secara murni, entah itu penerjemah di suatu perusahaan, tutor di lembaga bhs inggris, sampe editor bahasa inggris. Sempet ngerasain kerja 8-4 yang melelahkan, ya di pabrik buku itu. Kalo deadline malah sampe nginep segala. Pekerjaan sebagai editor inilah yang mengantar saya berkenalan dengan seorang dosen (yang kebetulan pengarang buku yang saya edit) yang menggeret alias menarik saya menjadi dosen juga di Universitas tempat dia mengajar.

Karena pertimbangan sudah berkeluarga, saya ambil tawarannya...akhirnya dimulailah dunia sebagai pengajar yang dahulu sangat saya hindari hehehe...

Pertama kali sih rasanya gimana gitu...yaaahhh kok malah kecebur ngajar beneran hehe...ibu saya yang seneng, soalnya dari dulu saya memang diarahkan buat jadi guru atau dosen, katanya bagus buat cewek..ga tll menyita waktu bla bla bla hehe...

Akhirnya dijalani, walo pertama grogi dan kurang menikmati tapi begitu melihat banyak sisi positip, diantaranya waktu fleksibel, jadi makin ke sini makin enjoi aja, dan akhirnya memutuskan buat ambil S2 yang artiya saya memang sudah serius di bidang ini.

Mungkin memang jalan saya di sini, ga ketrima pas nglamar di mana-mana mungkin memang diarahinnya ke sini, mungkin begitu...kita kan ga pernah tau mana yang terbaik buat kita, cuma Allah yang tahu.

Sekarang sih seneng dan sangat menikmati seperti saya bilang, atur waktunya gampang banget...siang bolong mau jalan ke mol juga bisa...anak kuliahan libur panjang, saya juga dong hehehe....dan yang terpenting waktu buat Hafizh banyak...eh waktu buat bapaknya juga ding hehehe

Pokoknya sekarang dijalani yang sebaik-baiknya..targetnya sih karena saat ini baru dosen swasta...ngincernya dosen PNS hihihi....

Oiya, selain itu cita2 saya sejak dulu pengen punya bisnis sendiri juga masih tetap menyala-nyala...semangatnya doang tapi..realisasinya belum hihihi. Cita2nya sih selain ngajar juga pengen punya usaha sampingan apaaa gitu....

Walopun sudah mencoba keras hal2 yang dulu saya inginkan dan ternyata tidak terkabul sampe saya akhirnya terdampar jadi pengajar, saya ga nyesel...at least sudah berusaha dan itu semua proses..lebih nyesel kalo kita ga mencoba apapun...kita ga tau apa yang memang baik buat kita...langkah pertama mengantar ke tahap selanjutnya..dan selanjutnya dan selanjutnya...

Okeeehhh sekian penggalauan jilid 2, eh...ga ding ini bukan penggalauan..ini renungan malam :)