Chicken burger

Habis blogwalking ke beberapa blog yang banyak memajang makanan enak, jadi kepikiran pengen bikin burger sendiri, pengennya sih bikin beef burger tapi tadi pas ke pasar dagingnya lagi kosong, jadinya ayam aja sementara...

Resepnya kira2 aja, cemplang cemplung aja hehe...dari yang aku lihat di beberapa blog si bahannya hampir sama komposisinya, ya diinget-inget aja cara bikinnya:

Chicken Burger

bahan:

ayam giling 500 gr
telur ayam 1 butir
tepung panir 5 sdm

bumbu:
bawang bombay 1 biji dicincang halus
bawang putih 3 butir cincang halus
garam dan merica secukupnya

cara membuat:

1. campur ayam giling dengan bumbu2, tepung panir dan telur.
2. Aduk/uleni sampai rata
3. bulat dan pipihkan tipis2, ukuran sesuai selera, lebih baik kecil2 biar cepet mateng
4. siapkan wajan anti lengket, lelehkan margarin
5. goreng sebentar hingga matang (kalo saya sukanya agak gosong2 gitu permukaannya hehe...)

Saus:

Sebenarnya saus yang pas saus BBQ gitu kali..tapi lagi ga punya saus BBQ yang dah jadi jadi bikin ala2 saus steak gitu

bawang putih cincang ditumis, tambah saus tiram, saus tomat, kecap, merica, air...tambah maizena yang dikentalkan...dirasain kalo kurang asin bisa ditambah garam, soalnya biasanya saus tiram kan udah asin ya...

Pelengkap: jagung manis dan wortel yang dipotong kecil2...trus dikukus...




Voila..ini jadinya chicken burger cemplang cemplung hehe...nyaaammm...si Hafizh nambah terus (emaknya juga :)). Oh iya, makannya pake nasi ya , ga pake roti bun itu..ga kenyang lah...perut Jawa soalnya hehe...

Comments

Haha.. sama dong Ri.. kl bikin steak daging makan tetep pakai nasi ya... Kyknya ada yg kurang kl belom kemasukan nasi...
Walopun pake ilmu kira-kira dan cemplang cemplung, tapi hasilnya tetep sedep yah :D
sari said…
mb anggi: haha iya...betul..ga manteb kalo ga pake nasi

mb alissa: iya...alhamdulillah enak mba..
Outbound Malang said…
wah mantap tu pasti mbak..

Popular posts from this blog

Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Islamic Parenting (Mendidik Anak ala Ali, R.A)

Ketika Bayi Sembelit