Pages

Wednesday, January 18, 2012

Bitterballen Ayam Keju



Sebenernya udah sering bikin ini, cuma ga pernah diposting, kali ini diposting ah :)
Sebenernya si ga beda jauh sama kroket ya, ini juga kroket, kroket londo hehe karena ini emang cemilan ala negeri Kincir angin sono, cuma kalo bitterballen ini (biasanya) ga pake wortel, dan kadang ada yang ga pake kentang juga. Trus banyak kejunya, kalo kroket biasa kan resep aslinya ga pakai keju, isiannya ya ragout sama ayam.

Kalo versi yang saya bikin ini pake kentang, sebenrnya banyak versi yang sudah dimodif, misalnya bitterballen nasi, trus biterbalen roti tawar dll. Tapi intinya sama, semua enyaaaakkkk hehehehe...

Oke..ini resepnya:

Bitterballen Ayam keju

Bahan:

ayam giling 350 gram
(aku rebus dulu ayamnya, jadi tar pas dimasukin tumisan bentar aja karena udah mateng)
kentang 250 gram (kukus, haluskan)
keju parut (terserah, makin banyak makin enak hehe...)
Bawang bombay cincang 1 biji
Tepung terigu 3 sdm
Susu cair kira-kira 100 ml (pokoknya dikira-kira jangan sampai adonan tll lembek, tar ga bisa dibentuk)
Minyak untuk menggoreng
Garam dan merica secukupnya
Gula pasir secukupnya

Bahan pencelup dan pelapis:

Telur kocok
Tepung terigu
Tepung panir (aku pake breadcrumb biar crunchy)

Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay cincang sampai layu, masukkan tepung terigu 2sdm, aduk2 sampai mnggerindil
  2. masukkan susu cair aduk sampai rata dan kental
  3. Masukkan ayam cincang
  4. Masukkan kentang halus
  5. Masukkan keju parut
  6. Bumbui dengan garam, merica, gula
  7. Masak sampai meletup letup dan agak susut
  8. Matikan kompor, diamkan sebentar
  9. Siapkan adonan pencelup dan pelapis
  10. Setelah adonan tumisan dingin, bentuk bulat-bulat, gelindingkan ke tepung terigu - celupkan ke telur kocok - gelindingkan ke tepung panir/breadcrumb
  11. Lakukan sampai adonan habis
  12. Kalau sudah semua, masukkan ke kulkas agar lapisannya set (menempel)
  13. Goreng dengan minyak panas sedang.
  14. Bisa dinikmati dengan saus sambal atau mayones, hhhmmm...yummmiii... :)





Kaya gini nih penampakannya, bikinnya gendut2 biar cepet selesai hahahaha



Hafizh suka banget looohh...sekali makan dia habis 3 biji, kenyang deh hehe


This is it, biterballen made by my ibu... :)

Tuesday, January 17, 2012

Main Cat Air



Kemarin pas ke pasar pagi-pagi ga sengaja lihat penjual cat air yang udah di set sama kuas, palet kecil plus gambar yang siap diwarnai. Ih lucu-lucu gambarnya. Langsung dh disamperin. Ternyata yang satu set gitu harganya murah, Cuma 10rb saja yang isinya: satu kuas kecil, satu palet kecil, 4 warna dasar (merah, hijau, kuning, biru), plus 2 lembar gambar yang siap diwarnai. Plus ditambah 1 gambar sama yang jual hihihi….


Katanya yang jual, kalo di TK-TK gitu biasanya mereka pakai jari buat mewarnai, lebih asyik katanya. Tapi kalau takut kotor yang pake kuas aja. Berhubung baru pertama nyoba dan pengalaman pertama juga buat Hafizh, jadi pake kuas aja deh, tar takutnya dia emut-emut tangannya hihi.

Sampe rumah langsung deh dibuka dan dicoba, Hafizhnya sih seneng, mainan baru hehe. Aku arahin tangannya lewat kuasnya buat mewarnain, asik ternyata.




Pas gambar udah jadi semua, saatnya beres2, eh Hafizh ga mau berenti main cat ini. Pas mau diberesin dia bilang “(J)angan..(j)angan..” sambil tangannya dadah2 (tanda ga boleh). Huruf J-nya dikurung soalnya pelafalan J belum jelas di dia hehe…





Dan inilah hasil karya (ibunya) Hafizh..hehe…

Monday, January 16, 2012

Masih Soal Toilet Training

Pee r kedua yang sangat penting setelah weaning hehe..


Kalo weaning kayaknya mungkin mundur, ga bisa pas 2 tahun ini. Selain emaknya sendiri ga siap, anaknya juga susah dikasi tau hihi..ntar aja deh pasti ada jalan, yang jelas sudah berkurang sih kalo siang, tapi kalo malem kudu wajib nenen menjelang tidur dan kalo malam ujug2 kebangun..ya sutralahsabar dulu aja…


Yang mau diceritain sebenernya soal TT alias Toilet Training. Selama ini kalo siang Hafizh lepas diaper sama sekali. Pakenya kalo malem dan kalo pergi pergi aja.


Jadi, kalo siang ya gitu deh..ngompol, bisa bilang pipis tapi setelah pipisnya keluar.


Tapiiii…kemarin, sekitar seminggu yang lalu Hafizh bikn surprise. Selama ini memang kalo ngompol gitu, sambil mbersihin ompol dan gantiin celana selalu sambil aku omongin: lhooo kok ngompol..kalo mau pipis bilang ya…bilang pipis gitu…. Selalu aku omongin kaya gitu, tapi yaa ga mempan, tetep aja ngompol, setelah sekian lama akhirnya kemarin seminggu yang lalu itu, kayaknya dia mulai bisa bilang pipis sebelum pipisnya keburu keluar.


Waktu itu kebetulan aku lagi cuci piring, tiba2 dia nyamperin aku sambil bilang “pipis pipis…” sambil pegang tit*tnya. Langsung deh aku bilang, ayo ke kamar mandi, sambil gandeng dia, pas di kamar mandi, begitu aku buka celananya, dia pipis. Horeee….akhirnya.


Seneng dong, dia udah mulai mudeng perasaan mau pipis, jadi mulai no ngompol nih. Tapi ternyata sorenya dia masih ngompol, lupa lagi kali..hehe…Tapi aku terus omongin dia “Hafizh kemarin kan bisa bilang pipis, kalo pipis di kamar mandi yaa?” kataku sambil nunjuk kamar mandi. Dan dia Cuma ngeiyain sambil bilang “ndi..” maksudnya kamar mandi.


Akhirnya setelah beberapa kali, dia mulai bener2 bisa bilang pipis sebelum pipisnya keluar. Sampe sekarang Hafizh udah ga ngompol lg klo siang. Dia bisa bilang sendiri. Tapi klo malam msh pke diaper, pe-er nih hehe. Semangattttt....