Home

Wednesday, January 18, 2012

Bitterballen Ayam Keju



Sebenernya udah sering bikin ini, cuma ga pernah diposting, kali ini diposting ah :)
Sebenernya si ga beda jauh sama kroket ya, ini juga kroket, kroket londo hehe karena ini emang cemilan ala negeri Kincir angin sono, cuma kalo bitterballen ini (biasanya) ga pake wortel, dan kadang ada yang ga pake kentang juga. Trus banyak kejunya, kalo kroket biasa kan resep aslinya ga pakai keju, isiannya ya ragout sama ayam.

Kalo versi yang saya bikin ini pake kentang, sebenrnya banyak versi yang sudah dimodif, misalnya bitterballen nasi, trus biterbalen roti tawar dll. Tapi intinya sama, semua enyaaaakkkk hehehehe...

Oke..ini resepnya:

Bitterballen Ayam keju

Bahan:

ayam giling 350 gram
(aku rebus dulu ayamnya, jadi tar pas dimasukin tumisan bentar aja karena udah mateng)
kentang 250 gram (kukus, haluskan)
keju parut (terserah, makin banyak makin enak hehe...)
Bawang bombay cincang 1 biji
Tepung terigu 3 sdm
Susu cair kira-kira 100 ml (pokoknya dikira-kira jangan sampai adonan tll lembek, tar ga bisa dibentuk)
Minyak untuk menggoreng
Garam dan merica secukupnya
Gula pasir secukupnya

Bahan pencelup dan pelapis:

Telur kocok
Tepung terigu
Tepung panir (aku pake breadcrumb biar crunchy)

Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay cincang sampai layu, masukkan tepung terigu 2sdm, aduk2 sampai mnggerindil
  2. masukkan susu cair aduk sampai rata dan kental
  3. Masukkan ayam cincang
  4. Masukkan kentang halus
  5. Masukkan keju parut
  6. Bumbui dengan garam, merica, gula
  7. Masak sampai meletup letup dan agak susut
  8. Matikan kompor, diamkan sebentar
  9. Siapkan adonan pencelup dan pelapis
  10. Setelah adonan tumisan dingin, bentuk bulat-bulat, gelindingkan ke tepung terigu - celupkan ke telur kocok - gelindingkan ke tepung panir/breadcrumb
  11. Lakukan sampai adonan habis
  12. Kalau sudah semua, masukkan ke kulkas agar lapisannya set (menempel)
  13. Goreng dengan minyak panas sedang.
  14. Bisa dinikmati dengan saus sambal atau mayones, hhhmmm...yummmiii... :)





Kaya gini nih penampakannya, bikinnya gendut2 biar cepet selesai hahahaha



Hafizh suka banget looohh...sekali makan dia habis 3 biji, kenyang deh hehe


This is it, biterballen made by my ibu... :)

10 komentar:

Lidya - Mama Pascal said...

hafiz boleh minta ga? :)

Anggie...mamAthar said...
This comment has been removed by the author.
Anggie...mamAthar said...
This comment has been removed by the author.
Anggie...mamAthar said...

Sini2 Hafizh... anter ke t4 Athar.. :)

Ri.. ada sesuatu untukmu disini ya... http://maylav.blogspot.com/2012/01/7-shadow-award.html

sari said...

mb lidya: boleh tante... :)

mb anggi: makasih mba segera meluncur

Bintang said...

waaa..boleh juga neh di coba resepnya...

Opini Indonesia said...

Kelihatannya enak banget tuh bu. Bagi donk ?

sari said...

bintang dan opini indonesia: monggo dicoba resepnya :)

Kreasi Marie said...

boleh nih dicoba, silakan mampir ke http://www.kreasimarie.com/home/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi

Anggi said...

mba kalau bikin adonannya malam buat goreng besok pagi bisa gak?

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh