Home

Monday, September 30, 2013

Sate Lilit Bali

Sudah lama banget ngga posting masakan ples resepnya, kalo masak sih tiap hari dan cuma masakan tertentu yang dipoto dan disimpen dulu krn belom sempet bikin postingan

Kali ini coba bikin Sate Lilit ala Bali, sekalian memberdayakan panci happy call yang baru lunas kreditannya hihihi...

Emang enak banget punya panci ini, agak telat sih punyanya, habisnya mehong jd mikir-mikir kalo mau beli, untung beli di temen bisa kridit (mak irit) hehe


Sate Lilit Bali (sumber dari Sajiansedap.com)

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
    200 gram ayam giling
    100 gram udang giling
    2 tangkai kucai, dipotong 1/2 cm
    1 sendok makan santan kental instan
    1/2 sendok teh garam
    1/2 sendok teh gula pasir
    2 sendok makan minyak untuk menumis
    11 batang serai untuk tusukan
    Bumbu halus:
    3 buah cabai merah keriting
    2 siung bawang putih
    3 butir bawang merah
    1 cm kunyit, bakar
    1 butir kemiri, disangrai
    1/4 sendok teh ketumbar
    1/2 sendok teh terasi, dibakar

Cara Pengolahan :
    1. Tumis bumbu halus sampai harum. Angkat.
    2. Masukkan ayam giling, udang giling, kucai, garam, dan gula pasir. Aduk rata
     
     
    3. Ambil sedikit adonan. Buat pentul di batang serai.
    4. Bakar dalam pan yang sudah dipanaskan sampai matang dan harum.


Rasanya endang bambang gulindang...rasa rempahnya khas banget, dimakan pake nasi anget aja enak. Kalo di Bali sono biasa dimakan pake lawar. Kalo mau bisa aja sih dimakan pake sambel terasi, cocok-cocok aja tuh :)

Sayangnya Hafizh ga suka, mungkin karena rasa rempah-rempah dan bumbunya tajem banget jadi dia berasa aneh kali ya..ya udah dimakan ayah ibunya aja hehe...

Oiya, yang bikin khas selain bumbunya adalah tusuk satenya, karena pakenya serai, jadi pas dibakar aroma serainya ikut merasuk ke dalam ayamnya. Yuummmm....


1 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

mudah ternyata ya cara membuatnya

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh