Posts

Showing posts from 2014

Ulang Tahun Hafizh ke 5

Image
Hari minggu 7 Desember kemarin Hafizh berulang tahun yang ke 5. Udah makin gede aja kamu nak...

Kebetulan emang ga rencana ngerayain khusus, karena udah pernah di sekolahnya sekali, sama saudara juga pernah, kali ini kebetulan barengan sama arisan di rumah eyangtinya Hafizh. Jadi sekalian deh bawa kue ultah dan gudibeg isi makanan kecil buat dibagiin sama sepupu-sepupu Hafizh yang kecil. Makan besarnya? Kan nebeng sama acara arisan eyang hahahaha *emak oportunis*





Semoga Hafizh makin gede makin pinter, sehat, soleh dan sayang sama ayah ibu dan semua orang, banyak rejeki, dan semoga habis ini Hafizh dikasi adek sama Allah ya nak...kiss kisss...




Trip to Yogyakarta (Kids Fun Yogyakarta)

Image
Udah lama tak menyentuh blog ini…sapu-sapu dulu ah, banyak kotoran (ga Cuma debu..mungkin kecoak, jerapah dan gajah hihi…lebay). Untuk itu menyudahi hiatus yang cukup lama, marilah memulai dengan postingan jalan-jalan saja.
Tanggal 17 November kebetulan saya ada jadwal tes CPNS dosen untuk penempatan di PIP alias Politeknik Ilmu Pelayaran yang bernaung di bawah Kemenhub. Pas daftar sih mikirnya pasti tesnya di Semarang, kan PIP kampusnya ada di Semarang. Ternyata eh ternyata tesnya dijadikan satu di bawah koordinasi BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan saya diminta memilih lokasi terdekat buat tes, ya pilih Yogyakarta lah yang paling deket dari Semarang. Yipiiiieee…skalian liburan #eh.
Sama seperti tes CPNS sebelumnya (Ya Allah saya tes melulu tapi belum lolos juga hiks…doanya ya temans…), yang diselenggarakan di luar kota yaitu di Malang (postingan di sini) saya mengajak keluarga…eh lebih tepatnya minta dianterin suami, dan karena tempat tes-nya bernuansa kota liburan ya sudah anak diaja…

Takut Kalah

Tahun ini Hafizh masuk TK A. Senangnya. Anaknya juga excited banget sekolah, walaupun sekolahnya masih sama lokasi dengan PAUD kemarin. Nanti sih rencananya kalau udah TK B dia mau pindah biar ga bosen.
Selama ini Hafizh belum terlalu sering ikut lomba-lomba. Palingan lomba mewarnai dan lomba-lomba 17-an gitu. Setiap ada perlombaan di mall gitu pengen ngedaftarin Cuma kadang telat infonya hehe. Saat ini sedang taraf mengajari Hafizh kalau kalah itu ngga apa-apa. Menang kalah ayah ibunya pasti bangga. Cuma dianya yang kadang enggan ikut perlombaan dan selalu beralasan “Aku nanti kalah, ga mau ah…” Rasa percaya dirinya kurang banget kalau soal berkompetisi. Tapi kalau bergaul dia sih oke-oke aja. Bukan tipe anak pendiem.
Pernah lomba memakai kaus kaki di sekolah dia kalah Cuma dapet juara dua kecewanya minta ampun sampai nangis dan ngambek minta pulang. Padahal semua yang kalah dapat hadiah. Duuuh…sempet khawatir juga kalau dia jadi ogah ikut-ikut perlombaan gitu.
Padahal juga nih, aku sam…

Pilpres yang Penuh Drama

Image
Seharusnya hari-hari ini udah saatnya tenang karena Alhamdulillah proses pencoblosan pada pilpres kali ini berjalan lancar tak ada huru-hara, tertib, walau ada beberapa TPS yang harus mengulangi proses penncoblosan karena dianggap tidak sesuai aturan dari KPU atau ada indikasi kecurangan.

Seharusnya sih begitu, tenang.

Tapi kenyataannya enggak tuh. Justru makin ramai. Apalagi setelah Piala Dunia berakhir, ajang di mana sempat meredam panasnya dua kubu yang bersaing. Makin panas aja menjelang pengumuman dari KPU tanggal 22 Juli nanti.

Pilpres kali ini memang luar biasa dramanya. Bangsa Indonesia seakan terbelah menjadi 2 kubu yang berseberangan. Ga hanya capres dan elit politik yang serasa "terpisah" namun juga pendukungnya di bawah. Luar biasa karena hanya ada 2 calon (yang sudah-sudah ada 3 pasang calon) dan kebetulan pilpres kali ini datang di saat dunia socmed lagi marak-maraknya. Alhasil, perang status atau twit biasa kita liat sehari-hari.

Yang tadinya teman berdebat luar b…

Kangen Masak

Rasanya sudah seabad ngga masak! Dan hari ini masak menu yang aku suka banget, tumis cumi tauco. Simple aja sih, cumi ditumis pake pelengkap jagung muda+tauge. Makannya pake nasi anget, enak bangeetttt.

Bahkan Hafizh yang biasanya ga suka cuma karena penampakannya yang "nggilani" (dimasak item gitu) tadi suka, padahal agak pedes, tapi dia enjoy aja. Emaknya yg ketar-ketir, dooh jangan2 jatah cumi sewajan diabisin ni anak hwahahaha *emakpelit*

Kenapa kangen masak? Karena udah beberapa hari ini beli makan di luar melulu, semacam eneg gitu. Eneg menunya dan eneg duitnya tentu. Dan lagi menu makan yang kita beli di sekitar rumah ya berkisar menu seperti bakmi goreng, capcay, mie ayam, bakso, penyet-penyetan, bosen lama-lama. Ya beberapa kali nyoba menu di tempat lain yang agak beda, tapi rasanya tetap aja bosen....
Kenapa makan di luar mulu? Jadi gini, jadwal setiap harinya sekarang agak mulai berubah. Hafizh udah mulai masuk sekolah (meski cuma seminggu 3 kali), di mana sekolahnya…

Antara Patrik Berger dan Dosen Bahasa Inggris.

Image
Siapkah gerangan Patrik Berger? Apa pula hubungannya dengan dosen Bahasa Inggris? Sebelum aku jawab pertanyaan di atas, cerita dulu soal ini deh…
Jadi gini, ada kontes keren bin kece yang diadain Mister Potato yang hadiahnya gak main-main, jalan-jalan gratis ke Inggris. Maakk…Inggris Maakk!!! (lari jejeritan sepanjang jalan masuk kampung)
Ya ampun siapa sih yang nolak? Musti ikut nih dan berharap ini keberuntunganku. Iya, berharap banget. Gimana enggak, dari jaman piyik sampai emak-emak gini gak terhitung udah berapa kali ikutan undian yang hadiahnya cuma panci atau sabun mandi, kontes dan lain sebagainya (bahkan ngelamar jadi PNS) belum pernah dapet…..eaa curcol. 
Jadi di kontes ini aku sangat-sangat berharap bisa menang dan terbang ke Inggris sekaligus mewujudkan impian yang selama ini hanya ada di angan-angan belaka. Emak-emak bersaing dengan banyak peserta lain yang lebih muda? Emang kenapa? Masalah? *gaya judes*
Inggris, salah satu negara maju di Benua Eropa ini banyak memiliki hal me…

Cinta dan Dukunganmu Menguatkanku

Image
“Topinya agak miring, aku benerin ya”
Selalu tersenyum bahagia setiap melihat foto ini. Teringat malam-malam ketika berjibaku dengan tugas, paper, maupun ketika proses penyelesaian tesis, suami tercinta rela mengambil alih tugas sementara dengan menidurkan si kecil dan mengajak bermain untuk agar ibunya bisa mengerjakan tugas di depan laptop. Saat ketika harus kembali lagi ke bangku kuliah. Menjadi mahasiswa, ibu rumah tangga, istri, dan sekaligus juga tetap mengajar tentu tidak mudah dijalani Terima kasih ya suamiku atas cinta dan dukunganmu. Rasa khawatir “dapatkah saya menyelesaikan studi ini” dengan posisi yang tidak lagi single seperti kuliah S1 dulu sirna, berganti dengan kebanggaan. 
(Foto diambil pada Agustus 2013, momen wisuda Magister Linguistik Universitas Diponegoro)
                                “Foto ini diikutsertakan dalam Lomba Blog CIMONERS" 

Roadshow Indonesia Mengajar di UNDIP: Setahun Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi.

Image
Sabtu kemarin saya diajak adik kelas di pasca linguistic di UNDIP, si Ninuk, buat ikut di acara roadshow Indonesia Mengajar yang diadakan di GD. Pasca Sarjana UNDIP. Acara ini diselenggarakan oleh IM (Indonesia Mengajar) bekerjasama dengan BEM UNDIP. Sebetulnya sudah sering saya mendengar mengenai program ini, tapi yang saya tahu ya sekedar program inspiratif yang digagas oleh Bapak Anies Baswedan yang mengirimkan para pemudah lulusan sarjana di berbagai pelosok daerah di Indonesia. That’s it.
Makanya saya tertarik ikut, pengen tahu lebih banyak mengenai program IM ini. Tujuan utama roadshow ini sebenarnya memberikan informasi bagi para adik-adik calon Pengajar Muda (PM) yang saat ini menjadi mahasiswa agar setelah lulus nanti tertarik mengikuti rekrutmen yang diadakan oleh IM. Karena sasarannya mahasiswa, tiketnya juga murah, Cuma 15rb saja hehe.
Oiya, roadshow ini selain of course dihadiri oleh wakil dari IM, di sini ada Bp. Hikmat Hardono, executive director IM, ada juga mantan Peng…

Wisata Kampoeng Rawa, Rawa Pening, Ambarawa

Image
Siapa yang tahu legenda Baru Klinting? Pasti pernah denger kan? Legenda ini ada hubungannya dengan Rawa Pening di Ambarawa. Legenda mengenai anak bernama Baru Klinting yang diejek orang sekampung karena buruk rupa dan kudisan, kemudian dia menancapkan lidi ke tanah dan menantang orang-orang kampung untuk mencabut lidi, ternyata tidak ada yang dapat melakukannya. Alhasil dia sendiri yang mencabut lidi itu dan muncratlah air dari dalam tanah tempat lidi ditancapkan. Air yang berlimpah sampai menenggelamkan seisi kampung. Konon, kini Baru Klinting berubah wujud menjadi ular raksasa yang mendiami Rawa Pening.
Yak itu sekilas legenda yang pernah saya dengar waktu kecil dulu. Waktu saya sekeluarga dan si kecil yang masih balita berkunjung ke Kampoeng Kopi Banaran, dari atas (waktu keliling kebun kopi) melihat keindahan Rawa Pening dan pengen banget ke sini. Dan kebetulan, di kawasan Rawa Pening kini sudah ada pihak pengelola yang membuat tempat ini kian nyaman dikunjungi. Tempat ini bernama …

Bermain bersama Si Kecil #1: Buat Sendiri Kotamu

Image
Seperti halnya anak-anak lain, Hafizh (4yo) suka bosen ketika di rumah dan kebetulan sekolah libur. Sekolah PAUD tempat Hafizh bersekolah hanya masuk pada hari Senin-Rabu-Kamis, itupun hanya 1 jam. Jadi bisa dibayangkan dong banyak waktu luang dia di rumah. Kadang suka bosan hanya bermain itu-itu saja, baliknya lagi-lagi ke TV (nonton Disney jr) atau main gadget. Walau tak jarang saya beri dia buku gambar/menempel atau buku mewarnai, kadang dia juga minta dibacakan buku cerita.
Karena kebetulan saya mengajar ga full time seminggu (hanya 3 hari dalam sepekan) maka punya banyak waktu bermain bersama dia. Kadang bingung juga memilih mainan apa, aktivitas di luar hanya dilakukan jika sore menjelang (main bola, sepeda, dll).
Akhir-akhir ini frekuensi dia main gadget kayaknya kelebihan, akibatnya dia suka marah-marah, rewel kalau diingatkan makan/mandi. Akhirnya saya coba lihat-lihat aktivitas anak di salah satu fanpage dari luar negeri saya mendapatkan link ini: http://kidsactivitiesblog.co…

Ketika Menilai Seseorang Hanya dari “Status” Facebook.

Image
Disclaimer: Postingan ini mungkin agak bernada bête tak berkesudahan sekaligus geli, miris, prihatin hihihi
Siapa sih yang ga pernah nyetatus di FB, pasti semua pernah dong ya (yang punya akun FB tentunya, aih kayak Cak Lontong penjelasannya wkwkwkwk). Meski punya ga smua orang rajin nyetatus sih, kalo saya yang termasuk sedang-sedang aja. Ga terlalu sering tapi juga ga terlalu jarang, biasa aja.
Di saat orang-orang ada yang ga suka FB dan beralih ke twitter/path, saya tetep penggemar FB, tapi punya twitter/instagram juga sih…semua ada kelebihan dan kekurangannya, jadi saling melengkapi. Saya bukan tipe yang nyinyir FB identik dengan orang yang begina-beginu, saya lebih melihat ke manfaatnya saja.
Soal status FB, saya juga bukan tipe yang riwil protes kenapa si A sukanya nyetatus begini, kenapa B suka begitu, walo sempet memperbincangkan tapi that’s it, ga ada judgment yang gimana-gimana. Facebook facebook dia suka-suka orang yang punya akun, asal ga porno dan SARA, resiko kan tanggung …

Anak Laki-laki Kok Masak?

Image
Gitu deh kira-kira yang biasanya diungkapkan ketika melihat anak laki-laki yang suka main masak-masakan atau suka dengan kegiatan masak.

Ini juga nih yang terjadi sama Hafizh anak saya (sekarang 4thn). Eyangnya Hafizh suka nyeletuk seperti itu kalo Hafizh pas pura-pura meragain bikin kue dengan wadah-wadah seadanya. Dia suka banget dengan memasak. Saya rasa sih terpengaruh dengan seringnya saya libatin dia dalam membuat snack atau kue-kue yang dia suka.

Saya memang suka main"prakarya" bikin-bikin kue atau snack, dari mulai cupcake, lasagna, schotel, pizza, pie, atau yang sederhana seperti roti bakar atau stik pisang fantasi seperti yang pernah saya posting di sini

Karena di rumah ga ada ART jadilah Hafizh suka ikut ngintilin ke dapur buat 'bantuin' emaknya. Dia suka banget bagian masuk-masukin bahan, aduk-aduk atau menata hiasan kue, naburin meises, keju, dll. Kalo saya larang (karena pertimbangan takut berantakan) langsung marahlah dia. Yawes daripada nanti tambah be…