Home

Monday, February 3, 2014

Balita yang (kadang) Sok Tua

Umur Hafizh udah 4 tahun Desember kemarin, dan melihat cara dia berkomunikasi, begitu cerewetnya dia saat ini dulu sungguh sangat membanggakan buat emaknya ini. Karena dulu semasa teman-teman sebayanya udah pada ngomong banyak (lupa umur berapa) Hafizh belum terlalu banyak bicara. Sempet minder juga melihat anakku kok belum bisa kaya anak lain ya (emak kompetitip haha), tapi tiap anak emang beda ya, ada yang jalan dulu baru bicara, ada yang lancar bicara dulu baru jalan. Kalo Hafizh? Bicara juga ga terlalu dini bisanya, jalan juga baru setahun lebih baru bisa jalan.

Tapi sekarang wooow omongannya merepetttt ga brenti brenti, walo kadang masih cadel tapi kata-kata yang keluar kadang membuat emak dan orang dewasa sekitarnya kadang amazed. Soal stimulasi, ya sebagai emak saya juga memberikan stimulasi yang sewajarnya, ga yang mendrill dia harus begini begitu. Dan salah satu yang banyak menambah perbendaharaan kosakata dia ya sering-sering beliin buku cerita trus dibacain, sering diperlihatkan dvd edukasi yang berbahasa Indonesia kaya DVD anak muslim (Syamil dan Dodo) dan kebetulan dia suka Disney Junior (yang menurut saya banyak menambah kosa kata bahasa Indonesia bakunya).

Kenapa baku? Karena rata-rata yang di Disney Jr itu kan dubbernya pakai bahasa baku jadi ya gitu deh, kadang jadi kaya telenovela juga deh ngbrol sama Hafizh. Seperti kalimat Aku tak sengaja, itu sungguh menakutkan, ini bagaimana caranya, dan lain sebagainya haha...

Dan diantara celotehan-celotehan dia sering banget kita dibikin geli dan jleb-jleb karena dia kadang sok tua banget. Diantaranya seperti di bawah ini:

1. Situasi: Waktu itu kita pamit sama eyang kakungnya Hafizh. 

Hafizh: Kung, Hafizh pulang dulu yaa
Kakung: Lhoo...kok pulang, ntar kakung sama siapa?
H  : Besok Hafizh kesini lagi kok kung, yaa? (sok tua #1) - dengan logat seperti dia lagi ngomong sama anak yg lebih kecil

K: Jangan pulang ya di sini saja sama kakung

H: Nanti kakung aku kasih pedang wis, yaa? (sok tua #2)

Spontan ngakak, dia mencoba "membesarkan hati eyangkung dengan memberikan pedang dan janji besok datang lagi.

2. Situasi : si emak lagi bad mood super lah pokoknya. Sementara si Hafizh terus-terusan minta ini itu. Kayaknya dia tahu dan spontan nyeletuk:

H: Ibuk jangan marah-marah, nanti dimarahin Alloh... #jlebbbbb

3. Situasi : Eyangti barusan pulang dari pengajian, waktu itu hujan. Sampai di rumah Hafizh langsung tanya:

H: Yangti tadi kehujanan nggak? Bawa payung nggak *so sweet*

4. Situasi: di sekolahnya kebetulan ada anak yang menjatuhkan makanan ringan. Hafizh bantuin mungutin makanan dan berkata:

"Makanya hati-hati, bawanya begini, jangan miring" (anakku sok tua bangetttt)

5. Cerita kelima ini bukan soal sok tua, tapi hal yang bikin kita yang denger ketawa juga

Situasi: Hafizh melihat adik sepupunya diganti popok dan dia kaget ples serta merta nyeletuk

H: lho adik tititnya kok dipotong, punyaku kok panjang 

Ada satu lagi cerita yang sebenarnya malu buat diceritain hehe. Hafizh kadang suka marah dan kalau sudah marah karena suatu hal dia kaya ngambek dan memalingkan muka sambil berkata "Huh, ibuk nakal, aku marah!" (ala sinetron) dan kejadian kaya gini sering banget.

Kadang emaknya jengkel juga dengan sikap ngambeknya ini. Kemarin spontan nyeletuk seperti ini (emaknya)

"Hafizh ga boleh dikit-dikit marah gt dong (iya saya masih susah menghindari kata "jangan" buat anak)...nanti kalo Hafizh marah terus nanti dimarahi ibu mau???"

Sesaat setelah mengeluarkan statement itu saya jadi mikir, laah ini gimana sih malah saya ngancam anak, ga bolehin anak marah tapi kok dia saya ancam akan saya marahin, bukan justru ngasi contoh supaya ga marah wkwkwkkwk *malu*

Jadi orang tua memang ga ada sekolahnya, terus dan terus belajar sepanjang hidup.

 


4 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

heheh kakungnya dikasih pedang supaya gak nangis ya

Anggie...mamAthar said...

Hahaha.. paling lucu kakungnya mau dikasih pedang, hihi... Pintar sekali kamu Hafizh..

sari said...

mb lidya: iya hehehe dianggepnya sebaya

mb anggie: modus itu tante wkwkwkk

Icha said...

Hahaha bocah ada aja yah obrolannya sar...;-)

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh