Home

Tuesday, February 25, 2014

Semester Ini

Liburan tlah usaaaiii...liburan semester yang sebulanan itu sudah berakhir, semester baru segera dimulai, malah ada yang sudah mulai. Kembali berkutat dengan textbook, tugas mahasiswa, slide-slide buat mengajar, upload materi buat ngajar di blog dan lain sebagainya.

Semester ini Alhamdulillah dikasi kesempatan mengajar selain di tempat yang biasanya. Letaknya agak jauh tapi kampusnya asyik. Luas dan rindang. Kalo di kampus sebelumnya kan di tengah kota, di pinggir jalan dekat pemukiman jadi ga ada taman-taman atau pohon peneduh gitu, enaknya sih kalo mau kabur ke mol/toko buku habis ngajar deket banget hehe.

Kalau di kampus yang baru ini agak ke pinggir dan sering kena banjir (akses ke sananya) kalo pas musim hujan, tapi tempatnya lebih luas, rindang, dan adeeemmmm. Tempat duduk-duduk di outdoor gitu banyak dan colokan di mana-mana hihihi (maklum, penggila colokan laptop smenjak laptop batrenya mati). Yang rumahnya Semarang pasti deh tau kampus manakah ini hehe.

Dan semester ini dapet mata kuliah yang semuanya teori, ESP (English for Special Purposes) dan Sociolinguistics. Aheeyy akhirnya dapet juga mata kuliah Linguistik, selama ini dapetnya selalu kalo ga skill, ya teori-teori pengajaran, atau Business Correspondence, eh sama Secretaryship. Duuuhh hidupku penuh teori ahahaha. Padahal kalo ngajar teori ini potensi ndremimil tak berkesudahan di kelas amatlah besar hihihi. Gapapa, tapi aku suka (ya suka lah wong emang kerjaannya hehe)


Kebetulan di kampus rindang bin teduh sudah dimulai semester genapnya, jadi sudah ada 2 kali pertemuan mata kuliah Sociolinguistics. Ini mata kuliah favorit aku banget pas S2 kemarin, jadi pas dapet ini rasanya hepiii banget (dibanding Fonologi *uhuk*). Karena mata kuliah ini (Sociolinguistics) ini menurutku sangat menarik. Kajian bahasa dikaitkan dengan society. Menarik.

Saya menangkap kesan pertama pas ngajar anak-anak, eh adik-adik mahasiswa bakalan bosen. Sudah maklum kalau mata kuliah teori itu mbosenin dan bikin ngantuk. Tapi saya ngga pengen dong mereka bosen atau ngantuk atau ngbrol sendiri. Jadi dari awal saya sudah mengumandangkan asiknya Sociolinguistics ini. Mereka bisa menemukan fenomena-fenomena kebahasaan disekitar mereka yang tanpa mereka sadari itu merupakan fenomena Sociolinguistics.

Kemarin sih diskusi dikit-dikit tentang contoh-contoh fenomena itu, dan asiknya mereka sangat antusias. Dimulai dengan celetukan salah satu mahasiswa yang memberikan contoh bahasa-bahasa alay macam kepo, keles, cucok, sampai cabe-cabean. Hadooohh...gpp sih memang kenyataanya itu fenomena kebahasaan yang terjadi hehe.

Dan akhirnya saling memberikan contoh-contoh fenomena dan kadang tertawa bareng. Paling enggak ke depannya (10 pertemuan lagi ) mereka ga akan bosen karena yang dibahas ternyata hal-hal menarik tentang fenomena kebahasaan. Jaman socmed gini pastilah banyak bahasa-bahasa baru yang tercipta.

Pengennya sih mereka tertarik ambil ranah sociolinguistics ini buat skripsi mereka, konon katanya di kampus ini kebanyakan mereka masih berkutat pada skripsi sastra/pengajaran aja. Yang bener-bener mengangkat linguistik belum ada.  Jadi di sini linguistik hanya semacam mata kuliah pengayaan aja.

Dan mudah-mudahan mereka manis-manis ga suka bolos dan rajin ngumpulin tugas ples paham tentang mata kuliah ini, sukur-sukur tertarik mendalami lebih jauh. 


9 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

banyak bahasa2 baru tercipta kadang aku gak ngerti

belalang cerewet said...

Saya juga suka mengamati gejala bahasa di sekitar kita. Menarik ya Mbak. Salam kenal dan semoga kuliahnya lancar jaya! :)

sari said...

mb lidya: iya, bahasanya semakin ajaib hehe

mas belalang cerewt: aamiin trimakasih kunjungan baliknya

Ellajati Jepara said...

Tempat Tidur Mewah
Tempat Tidur Klasik
Set Kamar Ukir
Set Kamar pengantin
Set Kamar Remaja
Set Kamar Anak
Ranjang Susun
Beby Box
Set Kamar Utama
Set Kamar Ukir

Ellajati Jepara said...

set kamar tidur
kamar tidur set
set kamar mewah
kamar set mewah
set tempat tidur mewah
tempat tidur set
tempat tidur set mewah
set ranjang tidur
ranjang set mewah
ranjang tidur mewah
ranjang tidur set
jual kamar tidur
jual tempat tidur set
jual tempat tidur mewah
jual ranjang tidur
jual ranjang mewah
harga kamar tidur
harga tempat tidur mewah
harga ranjang mewah
ranjang pengantin
tempat tidur utama
kamar tidur utama
ranjang tidur set
set tempat tidur
kamar tidur utama
tempat tidur syahrini
tempat tidur duco

Ellajati Jepara said...

Tempat Tidur susun
Tempat Tidur anak
Tempat Tidur tingkat
ranjang Tidur susun
ranjang Tidur tingkat
ranjang anak susun
ranjang anak tingkat
kamar anak
Tempat Tidur sorong
Jual Tempat Tidur susun
harga Tempat Tidur tingkat
Tempat Tidur murah
ranjang susun multifungsi

Ellajati Jepara said...

furniture anak
mebel anak
kamar anak
ranjang anak
tempat tidur anak
set kamar anak
kamar tidur anak
jual kamar anak
jual ranjang anak
jual tempat tidur anak
harga set kamar anak
harga ranjang anak
harga tempat tidur anak
interior kamar anak
desain kamar anak
model ranjang anak
lemari anak
meja belajar anak
kamar anak minimalis
tempat tidur anak murah

Ellajati Jepara said...

kursi ukir
kursi tamu
kursi sofa
kursi tamu mewah
kursi sofa mewah
kursi tamu ukir
kursi sofa ukir
kursi tamu minimalis
kursi tamu klasik
kursi sofa sudut
jual kursi sofa
jual kursi tamu
kursi sofa murah
kursi sofa terbaru
kursi sofa elegan
kursi tamu jati
furniture kursi tamu

Ellajati Jepara said...

meja kantor
meja kerja
furniture kantor
mebel kantor
meja kantor jati
meja kantor mewah
meja kantor elegan
meja kantor modern
meja kerja klasik
meja kerja mewah
jual meja kantor
harga meja kantor
meja kantor murah
meja kantor terbaru
meja kantor direktur
meja kantor executive
meja kantor eksekutif
meja kantor manager

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh