Home

Tuesday, August 12, 2014

Takut Kalah

Tahun ini Hafizh masuk TK A. Senangnya. Anaknya juga excited banget sekolah, walaupun sekolahnya masih sama lokasi dengan PAUD kemarin. Nanti sih rencananya kalau udah TK B dia mau pindah biar ga bosen.

Selama ini Hafizh belum terlalu sering ikut lomba-lomba. Palingan lomba mewarnai dan lomba-lomba 17-an gitu. Setiap ada perlombaan di mall gitu pengen ngedaftarin Cuma kadang telat infonya hehe.
Saat ini sedang taraf mengajari Hafizh kalau kalah itu ngga apa-apa. Menang kalah ayah ibunya pasti bangga. Cuma dianya yang kadang enggan ikut perlombaan dan selalu beralasan “Aku nanti kalah, ga mau ah…” Rasa percaya dirinya kurang banget kalau soal berkompetisi. Tapi kalau bergaul dia sih oke-oke aja. Bukan tipe anak pendiem.

Pernah lomba memakai kaus kaki di sekolah dia kalah Cuma dapet juara dua kecewanya minta ampun sampai nangis dan ngambek minta pulang. Padahal semua yang kalah dapat hadiah. Duuuh…sempet khawatir juga kalau dia jadi ogah ikut-ikut perlombaan gitu.

Padahal juga nih, aku sama ayahnya ga pernah tuh mengecilkan hati dia kalau dia kalah atau mengharuskan dia menang. Dia sudah beranggapan bahwa kalah itu memalukan. Entah dapat dari mana kesimpulan seperti itu. Pernah sih iseng dulu-duluan ngapain gitu kalau di rumah sama kakak sepupunya dan dia selalu kalah kakakknya ini ngejek-ngejek.

Kalau sama eyang kakung lomba puzzle atau apa gitu dia ga boleh kalah harus menang, kakungnya ngalah. Kalau kalah dia ngamuk. Naah kalau di luar ga mungkin kan minta orang lain ngalah hehehe.


Gapapa deh lama-lama mungkin dia mengerti. Sekarang ini PR nya ya selalu menyemangati dia, kasi cerita/dongeng soal motivasi yang penting biar dia ga merasa kalau kalah itu memalukan.  Semoga semakin besar dia ga takut untuk berkompetisi. 

7 komentar:

Idah Ceris said...

Orangtuanya harus ekstra banget kasih supportnya ya, Mba.

Keke Naima said...

Ayo, Hafizh! Tetep semngat, ya. Pasti bisa :)

Lidya said...

anak-anak ya kadang bisa menerima kekalahan kadang gak bisa. Tapi Insya Allah mengerti ya setelah di kasih penjelasan

Putri said...

tetap semangat hafizh

Ayu said...

jangan patah semangat ya hafizh, kamu pasti bisa ^_^. salam perkenalan ya bu, ditunggu kunjungan baliknya

Riri said...

kalau diberi pengertian yang benar pasti akan bisa menerima kekalahan ya bu Insya Allah

Tita Bunda Aisykha said...

anakku kmrn2 jg ngga mau kalah dn ngga mau ngalah mba,,sama,,mgkn emang usia anak2 sgitu yaa,,tp stlh berkali2 dikasi motivasi,,sama kyk mba gt,,alhamdulillah skrg udah mendingan,,mau menerima kekalahan,,

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh