Pages

Thursday, December 31, 2015

Bye 2015 Welcome 2016

Sudah di penghujung tahun...

Masih aja masuk kantor...sementara yang lain udah pada cuti
Maklum anak baru, belom dapat jatah cuti, cuma dikasi ijin 4 hari dan udah kepake...
Total selama 6 bulan kerja di Jakarta ini udah 4 kali pulkam (termasuk lebaran) hihii...jadi ya udah deh sembari nunggu dapet cuti beneran Maret nanti, hasrat pulkam ditunda dulu hehe....

Ga kerasa ya udah mau 2016 aja...
Jujur, tahun 2015 tahun yang sangat amat luar biasa...seperti naik roller coaster yang paling ektrim
Kenapa?
Yaa...tentu saja ada kaitannya dengan kepindahan domisili, pindah kerja ini lah...
Yaa..udah kurang lebih 6 bulan move dr Semarang kota yang sangat teramat kucintai yang engga kusangka bakalan ku tinggalkan, tapi Insya Allah bakal balik lagi jika Allah berkehendak...

Dimulai dari bulan Februari di mana ada pengumuman hasil tes CPNS tahun 2014 (waktu itu tes di Jogja) yang bikin shock dan nangis bin galau antara mau diambil apa enggak kesempatan diterima jadi PNS yang ternyata ditempatin di Jakarta (ngiranya posisi yang dilamar adalah di Semarang...dudul pake banget, ikut tes kok salah liat penempatan)

Sampai akhirnya, diambil deh kesempatan itu...pemberkasan ditemeni suami bulan Februari...selanjutnya nunggu dipanggilbuat diklat awal.
Selama menunggu..di rumah galau terus, ngerasa bakal ninggalin Semarang dan keluarga di sini hiks hiks...
Dan akhirnya April dipanggil diklat orientasi militer disambung diklat prajab dan diklat dasar transportasi yang mana kurang lebih 3 bulan...

3 bulan boookkk ninggalin anak suami...sungguh masa yang amat berat waktu itu...apalagi pas 3 minggu pertama ga boleh komunikasi dengan dunia luar...di sana, di Bandung ngerasa bertanya-tanya...apakah ini sebanding nantinya...nangis ga keitung deh...

Pokoknya selama 3 bulan itu hati gundah gulana...jiah istilahnya, untung ada waktu di mana bisa kabur ke Semarang ketemu Hafizh dan suam...atau Hafizh sama suami yang nyamperin ke Bogor...

Akhirnya siksaan diklat selesai.legaaa...tapi cm sebentar...tantangan berkutnya yang sesungguhnya dimulai...PINDAHAN ke Jakarta

Melow semelow2nya..seminggu setelah pindah bawaannya nangis mulu, ga pernah jauh dari ortu hiks...tapi life must go on, keputusan udah diambil...dan ternyata udah 6 bulan kami bertiga hidup di perantauan...

Bismillah...sll berdoa diberi kemudahan...ayah ibu sodara semua mensuport...kami masih bisa sering pulkam...Jakarta (eh Bekasi, Jakarta cm kerjanya doang) - Semarang cm 8 jam naik mobil, 1 jam naik pesawat, 5 jam naik kreta....alhamdulillah dipermudah....

Dan tahun 2015 banyak pembelajaran, tentang cinta keluarga, tentang rasa syukur, perjuangan, dan kesabaran, dan senantiasa menggantungkan diri dari pertolongan Allah...

Terima kasih tak terhingga ya Allah atas segala yang kau berikan di tahun 2015 ini...semoga di tahun mendatang hamba jadi manusia yang lebih baik...bisa lebih banyak bermanfaat bagi orang-orang sekitar hamba...


Selamat tinggal tahun 2015...

Selamat datang tahun 2016....


Bekasi, 31 Desember 2015


We're here now....


Friday, December 18, 2015

Hafizh 6 Tahun

Hafizh anakku sayang....

Perkenankan ya di hari ulang tahunmu ibu menulis ini buat Hafizh
Mudah-mudahan tulisan ini tetap ada saat Hafizh udah bisa browsing sendiri suatu saat nanti

6 tahun sudah nak kamu mewarnai hidup ayah dan ibu...waktu yang tak sebentar.
Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik buatmu anak, meskipun itu bukan berarti menjadikanmu anak manja.

Ibuk pengen Hafizh jadi anak yang soleh, tegar dan kuat dalam menghadapi apapun
Meskipun sekarang ini ibuk tau banget Hafizh masih suka cengeng dan gampang kecil hati
Tapi ibuk berharap seiring tumbuh besar kamu jadi anak baik dan pemberani.

Tahun ini adalah tahun yang spesial karena kita sekeluarga menempati kota lain yang gak terbayangkan sebelumnya Nak...
Ibuk dulu berpikir kita akan selalu tinggal di Semarang deket sama eyang kakung eyang putri dan sodara-sodara yang lain...
Tapi skenario dari Allah memang ga pernah kita tahu...daann...di sinilah kita sekarang
Di kota lain

Alhamdulillah kamu dah mulai nyaman dengan lingkungan dan skolah baru dan teman yang baru...
Kamu begitu cepat beradaptasi...ibuk belajar banyak dari kamu, Nak...
Kamu yang optimis...dan selalu ceria di mana saja

Kelak, ketika dewasa ibu ingin kamu tahu betapa hebatnya perjuangan kita nak...
Kelak, kamu dapat melindungi dan membimbing adik-adikmu...yang saat ini kamu tunggu tunggu...
Maafkan ibu jika belum bisa memenuhi keinginanmu untuk memiliki adik
Terus berdoa meminta sama Allah ya nak...semoga Allah mengabulkan...

Di usia yang ke 6 ini Hafizh udah tambah pinter...
Ibu ga nyangka Hafizh udah pinter baca dan menulis...
Tadinya ibu khawatir karena Hafizh udah diajarin membaca dan menulis di TK B di sini...ibuk takut Hafizh bosan jadi ibuk ga pernah meminta Hafizh mengulangi pelajaran membaca di rumah.
Ibuk biarkan Hafizh bermain sesuka Hafizh...paling ibu membacakan cerita sebelum tidur

Namun Hafizh sendiri yang sering membaca cerita buat ibuk...gantian ya Nak hehhee
Hafizh bacain cerita dan ibuk diminta pura-pura tidur habis didongenin Hafizh
Hehehehe...lucu banget kamu Nak...

Semoga Hafizh tumbuh jadi anak soleh dan rajin beribadah...
Hanya itulah yang Ayah dan Ibu inginkan...Hafizh bisa mendoakan ayah ibu kelak...

Selamat Ulang Tahun anakku sayang
Kasih ayah dan ibu tak hentinya tercurah buatmu, Nak...

Bekasi, 7 Desember 2015


Hafizh makin gede makin item...tapi ttep ganteng kok hehehe


Ultah ke 6 ga ada kue ultah ya nak...gantinya pizza aja 


Makan di luar bareng pakde yang kebetulan pas main ke Bekasi

Tuesday, November 24, 2015

Kejadian Kemarin

Minggu kemarin pas diklat dikasi tau suami kalau bapak sakit dan sampai opname. Hiks sedihnya bukan main, setelah ibu sehat gantian bapak yang sakit dan saat itu saya sedang mengikuti diklat di Bogor selama 8 hari. 

Pengen pulang saat itu juga tapi ibu sama kakak bilang ga usah, selesaiin diklat dulu aja karena bapak sudah ditangani. Katanya bapak vertigo dan kecapekan jadi harus dirawat. Hal seperti inilah yang kadang bikin sedih, saat orang tua sakit kita yang jauh di luar kota ga bisa serta merta pulang.

Setelah diklat selesai baru deh hari Jumat langsung ke Semarang, pake ijin setengah hari dari kantor karena naik pesawat yang jam 14.30. Sebenernya ibuk sama kakak ga ngebolehin saya pulang karena saya sekeluarga baru saja pulang September kemarin, kasian bolak balik katanya. Makanya kita ga ngabarin kalau pulang. Dan ketika pulang bapak posisi sudah dibawa ke rumah karena sudah diperbolehkan pulang sama dokter. 

Ibu yang ikut menunggui bapak katanya juga jadi ikutan kurang sehat, karena ibuk memang belum sembuh benar dari sakit sebelumnya...duhhh makin pengen pulang...

Pas sampe rumah bapak sama ibu kaget campur seneng liat Hafizh tiba-tiba nongol dari pintu. Hafizh dikangenin banget sama eyangti dan eyangkungnya nih...mudah2an bisa segera pindah Semarang ya bapak ibuk...saya juga ga tahan jauh2an lama sama bapak ibuk.

Dan ternyata bapak memang harus dioperasi prostat, dulu dokter memang menyarankan tapi bapak belum mau, jadi masih diobatin aja, sekarang bapak pengen operasi saja. Semoga operasi bapak lancar dan semuanya kembali sehat.

Doanya semoga banyak rejeki biar bisa sering-sering pulang nengok orang tua di Semarang.

Kejadian kesekian kalinya yang bikin panik dan sedih adalah Jumat kemarin, si ayah tiba-tiba sesak dan pusing hebat sampai akhirnya masuk UGD hiks...jadi si ayah ceritanya minum suplemen capek gitu tapi entah kenapa habis minum langsung jantungnya berdebar kencang, keringat dingin dan pusing. Mata sampe merah banget. Saya panik mana kejadian jam 10 malam Hafizh udah tidur.

Akhirnya memberanikan diri ngetok tetangga sebelah dan alhamdulillah dianterin ke UGD sampe ngebut gt...sepanjang jalan berdoa semoga ayah ga kenapa-kenapa. Hafizh saya ajak karena kasian kalo ditinggal, ga punya pembantu.

Sampe di RS Mitra Keluarga Bekasi diobservasi, di rekam jantung (EKG) dan disuntik, dikasi obat dan diberi oksigen....sambil nunggu obat bekerja saya di dalem nungguin dan Hafizh ditemenin tetangga di luar UGD.

Saat seperti itu saya sedih banget, ga ada sodara yang deket, sendirian...untung ada tetangga yang baik. Sengaja belum ngasi tau keluarga Semarang karena takut mereka panik apalagi bapak ibuk kurang sehat juga kondisinya. Sempet nangis sendirian.

Kasian Hafizh bolak balik saya bangunin saya ajak ngurus ini itu, ambil obat dll padahal jam 1 malam. Tetangga pulang duluan karena anaknya juga sedang panas di rumah.

Akhirnya jam 3 kondisi si ayah membaik dan dibolehin obat jalan aja. Alhamdulillah ga sampai opnam, bingung saya kalo si ayah sampai opnam hiks....Hafizh gimana hiks....

Semoga semua diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah...

Monday, September 28, 2015

Edisi Kangen-kangenan

Rasanya seperti baru bangun dari mimpi ketika kembali menginjakkan kaki di tanah rantau. Sekitar 4 hari menyempatkan pulang ke Semarang memanfaatkan libur panjang sekaligus nengok ibunda yang habis diopname.

Ibu diopname karena ada gangguan di empedu dan ginjal. Di ginjal ada endapan yang membuat ginjal terganggu fungsinya. Penyebabnya adalah kebiasaan ibu yang suka minum jamu-jamuan penghilang rasa nyeri akibat asam urat atau saat kelelahan karena aktifitas.

Kami bukannya tidak mengingatkan bahaya minum jamu2 itu, tapi gimana...ibu masih suka minum, katanya enak di badan...bikin enteng gt. Mengingat aktifitas ibu masih banyak jadi jamu ini jadi andalan.

Ibu emang udah pensiun tapi masih semangat mengajar anak Paud deket rumah dan sesekali ikutan acara himpaudi, belum lagi kalau ada acara pertemuan rutin rekan ex SMP, SMA, rekan sesama rombongan haji dll.

Ibuk emang wanita super aktif, tapi sayang fisik sudah ngga mendukung, kalau kelelahan ibuk langsung bengkak2 kakinya...susah emang ya kalau melarang orang tua senang beraktifitas yang membuatnya gembira. Mungkin itu hiburan tersendiri di kala pensiun hehe.

Sempat nangis dan langsung pengen pulang pas ada kabar ibu masuk RS, tapi kakak tertua, Mas Farid bilang ga usah, ibu sudah ditangani dan kebetulan mas farid yang biasa bolak balik Surabaya Semarang pas lebih banyak di Semarang, begitu juga dengan kakak saya no 2, mas arif.

Sebagai anak bontot dan cewek sendiri ngerasa sediiih bgt pas denger kabar itu, cuma bisa ngedoain dan rutin telepon nanyain perkembangan ibuk.
Alhamdulillah libur idul adha bisa berkesempatan pulang...rasanya seneng banget. Walau sebenernya ga dpt tiket kereta yang diincer, akhirnya naik bis...yoweslah yang penting sampai Semarang.
Alhamdulillah Hafizh diajak naik bis kooperatif banget, ga rewel...nice banget.

Sampai sana eyangkung dan eyangti seneng banget, yangti sampe nangis meluk Hafizh...kangen banget, pdhl baru 2 bulan hehe...

Dan selama hari2 di Semarang eyangkung melepas kangen sama Hafizh. Menggambar bersama, bobok dikelonin eyangkung juga. 4 hari sebenernya kurang banget, masih kangen hehe...

Daan pas kita pamitan kemarin Hafizh sempat nangis dan ga mau diajak pulang, emaknya ikut mewek...dan setelah dibujuk2 akhirnya Hafizh mau...

Sehat2 terus ya yangti kakung...besok Desember Insya Allah mudik lagi...

Daaan sekarang udah di Bekasi lagi...cepatnya liburan selesai...pas menantikan datangnya hari bakal ke Semarang itu sungguh sangat membahagiakan...

Semoga diberi banyak rejeki dan kesehatan biar bisa sering2 pulang Semarang...aamiin...

Hafizh becanda sama ponakan, Zheva

Wednesday, August 26, 2015

Belajar dari Hafizh

Postingan ini dipersembahkan oleh emak-emak cengeng dan gampang mewek....

Dulu kukira aku adalah orang yang kuat, mandiri, tahan banting. Terbukti selama kecil sejak dewasa aku bukan tipe anak manja yang harus diantar kemana-mana, yang harus diturutin segala keinginannya dan hal-hal lain yang menunjukkan kalau aku wanita kuat dan ga bergantung sama orang lain.

Emang sih pas di Semarang kemarin aku kemana mana sendiri naik motor, ga ngerepotin suami, termasuk ngemol sendiri juga oke aja hehehe

Tapi kayaknya semua ga terbukti ketika harus pindah dari Semarang dan menetap di lain kota dan meninggalkan semua yang ada di Semarang. Bener2 bikin shock...rumah kudu dikontrakkin (untung langsung ada yg ngontrak), rempongnya ngurus pindahan dengan segala perabot, nyari kontrakan di sini, ndaftarin sekolah Hafizh, penyesuaian di sana sini, cari pembantu dll.

Mendadak aku jadi manusia lemah. Ga sanggup rasanya. Makanya awal awal begitu tau mau pindah udah kaya orang stress, mana di kota lain itu ga ada sodara, jauh dr ortu itu yang bikin sangat galau. Banyak kepikiran hal-hal jelek, nanti di sana gimana, Hafizh gimana nanti ga ada eyang kakung yg paling deket selama ini, nanti dia betah ga....ah pokoknya parno maksimal.

Dan semua memang kudu dijalani. Seminggu dua minggu sejak pindah masiiih aja melow kalo inget dan ngebandingin enaknya tinggal di Semarang, enaknya deket ortu, feeling secure dan berbagai kenyamanan lain.

Dan sekarang udah sebulan rasanya kayak luamaaaa banget, padahal kita akan tinggal di sini ga cm itungan bulan, tapi tahun. Sukur sukur 2 tahun bisa mutasi ke Semarang aamiin.....(amin nya kenceng banget).

Karena saking sering melownya...Hafizh dan ayahnya suka ngegodain...misalnya: ayo Hafizh mandi dl habis ini jalan2 ke klipang yuk nyari jajanan. Klipang itu dekat perumahan kami tinggal, banyak makanan enak.

Atau tiba2 ayah bilang: say...tar malam ke cowek ireng yuk....halaaahhh si ayah malah nambahin galau hikssss....

Lama2 mikir juga sih...kalau dijalanin dengan terpaksa dan melow yang ga uwis uwis yang rugi ya aku sendiri. Saking melow mikirin seandainya di Semarang sampai lupa mensyukuri hal-hal asyik yang didapat di sini dan berbagai kemudahan.

1. Sekolah Hafizh deket dr rumah, cuma 3 menit, sekolah TK Islam, dimana ia enjoiii banget ketemu teman baru.

2. Kantor yang deket pula dr rumah, cuma 15 menit dr rumah. Sore pulang kantor masih bisa jemput Hafizh ngaji, masih bisa nemenin sepedaan dan mainan di taman. Sebuah kemewahan kalau kata Ayah mengingat tinggal di kawasan ini orang bs pulang kerja jam 7 malam dan berangkat jam  5 subuh.

3. Karena kantor deket makanya bs anter Hafizh ke sekolah dulu. Ga perlu brangkat pagi2, jam 7 aja nyampe. Masih sempat masak pula pagi2.

4. Jual sayur deret2 deket banget sm rumah. Ini penting buat emak2.

5. Cluster kami tinggal ada musholla di mana ada TPQ juga tiap sore, deket banget tinggal ngesot. Hafizh suka brangkat sendiri. Di sana ga cm diajarin ngaji iqro, tapi juga hafalan surat, doa, pengetahuan Islam. Ples temen2nya banyak. Hafizh senang, tiap pulang langsung setor hafalan tadi di musholla sama bu ustadzah. Alhamdulillah.

6. Dekat bgt sama supermarket besar, macem Giant, Carefour, cuma 15 menit. Dan juga resto2 favorit, sebut saja: mcD, KFC, PH, Tawan, Yoshinoya, Tekko, Steak 21, XO suki, Bebek Kaleyo, Hokben dll termasuk kawasan kuliner sekitar perumahan yang buanyak banget.

7. Lingkungan sekitar rumah yang aman dan asik buat anak main di playground atau sekedar sepedaan.

Tuuh banyak banget kemudahan. Dulu yang khawatir nanti Hafizh gimana, sekolahnya...nyaman ga di sana...eh Hafizhnya aja enjoy banget trus kenapa emaknya masih melow aja? *getok kepala sendiri*

Emang sih di sini sama di Semarang pasti ada bedanya. Dan kalau mbandingin pasti ga ada habisnya karena emang beda. Tapi beda bukan berarti kita ga bs menikmatinya kan. Halah ngomong apa pula ini hehehe....

Ya udahlah, keistimewaan enaknya pas tinggal di Semarang kita simpan dl, sekarang menikmati tinggal di Bekasi sambil terus berdoa semoga bs deket lagi sama eyang2nya Hafizh di Semarang suatu saat nanti.

Hiks. Iya ya...kadang kalau banyak mengeluh lupa mensyukuri nikmat yang didapat.

Belajar dari Hafizh ah, yang gampang banget menyesuaikan dengan lingkungan baru. Yang selalu happy dan ceria. Belajar bersyukur dan menjalani hari dengan semangat.

Bismillah.


Langkah kaki kecilnya di sore hari penuh semangat menuju musholla untuk.belajar agama. Jadi anak soleh ya naak...ayah dan ibu selalu mendoakanmu..Terima kasih Hafizh udah kasi contoh ibuk bagaimana harus semangat dalam menghadapi hari-hari baru kita di sini.  

Tuesday, August 25, 2015

Karnaval HUT RI 2015

Kemarin sempet rasan-rasan kok 17an di sini di perumahan tempat kami tinggal sepi2 aja ga ada gregetnya...sedih juga padahal biasanya rameee kalau di Semarang.

Dan, ternyata kemarin Sabtu ada acara yang cukup meriah juga akhirnya. Info bakal ada sepeda hias disampaikan ustadzah Hafizh di musholla perumahan. Dan bakal ada acara lain seperti pertandingan futsal bapak-bapak dan acara makan siang bersama. Woww...ternyata baru sekarang acaranya hehe....

Langsung deh jumat malam hunting perlengkapan buat menghias sepeda Hafizh. Yaaa karena emak bapaknya ga jago2 amat ngehias dan waktunya juga mepet, hiasan sepeda Hafizh ya minimalis aja hehe...yang penting anaknya seneng krn dia juga ikut ngehias.

Hari sabtu pagi dimulailah acara. Start di taman di dalam cluster. Rameee banget suasananya, ditambah ada ondel-ondel ples tanjidor...duuh berasa Jakarte.banget hahaha....suasana baru bagi kami wong.Semarang ini.

Akhirnya jam 8an pawai dimulai. Ga cuma sepeda hias, tapi stroller para bayi juga dihias dan ikutan keliling cluster hahaa lucuuu banget.

Walaupun cuma keliling cluster tapi lumayan gempor, karena clusternya lumayan besar. Tapi asik banget...seruuu....Hafizh juga excited, emaknya yg ngos2an ngikutin dr belakang.

Kelar sepeda hias, bapak2 mulai lomba futsal antar RT dan masih dlm 1 cluster juga. Sementara emak2 siapin makan siang buat disantap bersama.
Jadi tiap RT ngeluarin hidangan 50 porsi buat disajikan, RT saya menyediakan mie goreng aja yang simple hehe...

Daan makan siang pun dimulai, waaa menunya beragam, dan semuanya bebas mencicipi. Ada nasi pecel lengkap, nasi kuning, ayam goreng, bakso, mi goreng, lontong sayur, es buah dan masih banyak lagi.

Ternyata 17an di sini ga sesepi yang saya kira hehe, meski agak telat...biasanya kan acara begini diadakan sebelum tanggal 17, lha ini sesudahnya jadi sempet suuzon hehehe....






Tuesday, August 18, 2015

17an Tahun Ini

Alhamdulillah negeriku tercinta genap berusia 70 tahun. Seperti biasa setiap tgl 17 Agustus ga di rumah, ga di sekolah, ga di perkantoran semua sibuk mengadakan perayaan.

Tahun ini perayaan sedikit berbeda, ada rasa hilang, ga seperti perayaan tahun lalu...mulai melow hahaha

Yang jelas, ga ada lagi acara tirakatan bareng tetangga di perumahan sendangmulyo Semarang karena kita udah tinggal di Bekasi. Dan kebetulan di wilayah cluster ini ga ada acara apapun hiks sedih yaaa....ga ada tirakatan, ga ada lomba anak2, sepiiii pokoknya...

Tadinya mikir...ah apa mungkin krn di perumahan yg tergolong elit ini orang jd males mikir2 perayaan gini? Tapi di blok sebelah ada perayaan sih...blok sini aja yg sepi.

Kata tetangga sebelah, biasanya sih ada, cuma.ketua RT yg skrg emang orangnya ga terlalu antusias apa pasif gt, ya sudahlah...

Jadi kangen perayaan di Semarang, meski tinggal di perumahan juga, tapi lebih merakyat...halah...maksudnya warganya guyub bgt, kayak kampung biasa gt....biasanya selain lomba anak, juga ada lomba bapak ibu, pentas dan tirakatan, pokoknya meriaah...

Mana sempet dikirimin tetangga di Semarang acara 17an di sana, pake ada acara drama ande2 lumut yg dibawain sama ibu2 di perumahan...duh pasti seruuu....hiks...

Hafizh juga tanya...kok hari kemerdekaan di sini sepi ya buk...hehehe untung di sekolah lumayan banyak acara 17an, ada karnaval dan perlombaan, jadi ga terlalu garing hehe

Dan buat aku, 17an ini, perayaan pertama di kantor baru, di mana karena kantor pemerintahan ya pasti lah ada upacara. Duuh udah brapa abad ga upacara bendera hehe

Eh iya, beberapa bulan sebelumnya kan udah dilatih apel pagi dan malam tiap hari pas diklat, jadi ga terlalu kaget. Malah upacara nya lebih santai drpada pas diklat, yaeyalah...di sini ga diawasin kopasus hhehehe....

Yah begitulah...semoga next 2 tahun lagi perayaan HUT RI bisa ngerayain di Semarang, aamiin...
Sekali Merdeka tetap Merdeka!!!!!




Thursday, August 6, 2015

2 minggu yang lalu

Hampir 2 minggu yang lalu, mulai benar-benar sendiri eh bertiga sama suami dan anak di kota asing yang blm pernah ditinggali sebelumnya....

Pas di hari sabtu habis subuhan, eyangti dan eyangkungnya Hafizh pulang ke Semarang setelah seminggu ikut nemenin di Bekasi.

Malam sebelumnya ga bs tidur, rasanya ga pengen malam berlalu. Paginya...bapak sama ibuk pamit pulang Semarang, ga bisa gak nangis...ibuk sy juga nangis sambil meluk saya anak wedok satu2nya sambil pesan hati-hati, jangan suka marahin Hafizh...hehe eyangti ni suka ga terima kalau Hafizh saya marahin pas dia nakal...

Peluk bapak juga sambil nangis...ga rela pokoknya rasanya. La gimana, dari lahir sampe punya anak ga pernah jauh dr mereka, meski setelah nikah ga satu rumah tapi tiap hari slalu ketemu karena Hafizh skolah dekat rumah bapak ibuk saya.

Rasa takut, ragu-ragu dan perasaan khawatir lainnya terus hinggap, mana di sini juga ga ada sodara hiks hiks....dan hari minggunya sukses nangis seharian....bolak balik bbm sama telpon yangti kakung dan terus disemangatin...

Ngebayangin...selalu ada dekat dengan mereka, Hafizh juga deket banget sama yangkungnya, diajak sholat bareng, ngaji, ke mesjid, diajak nggambar atau mainan bareng...rasanya ga sanggup bayangin habis ini udah jarang merasakan kedekatan itu....bahkan sampai aku merasa telah merenggut kedekatan Hafizh sama eyangkungnya hiks....lebay ya

Hafizh juga kadang tetiba inget dia bilang: ibuk aku kangen kakung...sekarang aku nggambar sendiri ga ditemenin kakung...emaknya deh mewek....

Kata suami mungkin saatnya skrg benar2 mandiri, dulu kalau di Semarang biarpun emang tinggal sendiri tapi kami kadang masih sangat tergantung sama ortu.

Kalau saya ngajar, Hafizh dititipkan ke eyangti, kalau ga ngajar ya Hafizh di rumah. Nah pas di rumah itu kakung suka sms "dek hafizh kok ga ke cinde" pdhl sehari sebelumnya udh dr cinde...kebayang kan kakung juga kesepian....

Rasanya ayem deket bapak ibuk....bisa melihat mereka setiap hari...demikian juga sama saudara2...hampir semua kakak, sepupu, pakde bude semua di Semarang, sering ada arisan keluarga pula....jadi berasa dekat sama keluarga...

Dan sekaranglah kami di sini, kalo libur di rumah aja, paling ke mall atau supermarket. Biasanya kalo minggu ada acara pertemuan keluarga, pokoknya banyak acara dengan keluarga, membahagiakan banget....

Apalagi kmrn bunda alias guru hafizh di TK BBm saya...nanyain kabar dan bilang kangen Hafizh yg ceriwis...hiks jadi mewek....begitu banyak kebahagiaan yang kami harus tinggalkan di Semarang...bukannya di sini ga bahagia...tapi...banyak hal yg ga bs kami temui di sini, kebiasan2, tempat2 yg biasa kami kunjungi...rasanya susah melepas keterikatan dengan Semarang, dan emang ga pengen hehe....

Apalagi yg berkaitan sama Hafizh, dia udah banyak temen di Semarang,banyak sepupu sebaya yg sering ketemu.kayak dik Vano, dik Andika, Mas Zhiven dll...pasti heboh kalo mereka ketemuan, dan sekarang Hafizh paling jauh sendiri....itu yg sangat bikin khawatir emaknya...takut dia merasa kesepian dll. Ga tega liatnya....

Kata temen, perasaan melow seperti ini paling 3 bulan laah...habis itu ya udah biasa aja...skrg kalau ada kejadian yang mengingatkan akan Semarang langsung deh mewek....

Kayak kemarin tuh ujug2 pengen nasgor babat...biasanya hbs magrib kita cari makanan di sekitar perumahan, naik motor keliling...moment itu nampak membahagiakan banget sekarang....

Trus pas kangen jajanan pagi di pasar deket perumahan yang enak2 hiks...dan..biasanya pulang kerja bisa mampir ke mana2 tuh deket...ke java mall lah, toko ramai atau simpanglima...kemana2 deket...sekarang pulang kerja ya pulang hehe....mol.agak jauh...kalo yg deket giant sama carefour....

Trus kmrn si ayah di kirimin gambar lomba2 anak2 di RT di perumahan sama tetangga....kebetulan sebelum pindah si ayah jadi Pak RT, dan kami dekat banget sama tetangga2 di rumah....jadi makin kangen rumah hehe....

Ya gitu lah, masih tahap membanding2kan kehidupan di Semarang sama di Bekasi....blm bisa move on dr kehidupan di Semarang....

Tapi kenyataannya memang harus tinggal.di sini dan berusaha membayangkan bahwa semuanya sama aja...ga ada.bedanya sama di Semarang, kan masih bs pulang kalo kangen....dan suatu saat nanti mudah2an bisa pindah lagi ke Semarang....aamiin....

Sempat pengen ga ambil kesempatan ini (ketrima PNS ditempatkan di luar kota karena dikira penempatan Semarang eh ternyata bukan, aku salah liat pengumuman) tapi bapak ibuk semua mendukung dan aku pengen bikin mereka bahagia...semoga bapak ibuk sehat semua...dan semoga nanti bs nemenin bapak ibuk di masa senja di Semarang, aamiin....

Panjang banget curhatnya....






Wednesday, July 29, 2015

Sekolah Baru Hafizh

Semenjak tahu bakal pindah ke Bekasi, saya dan suami selain hunting tempat tinggal juga hunting skolah TK buat Hafizh.
Alhamdulillah nemu skolah TK Islam ga jauh dari rumah, cuma 3 menit naik motor. Waktu itu Hafizh belum tahu sekolahnya. Setelah itu langsung daftar dan dapet macem2 seragam yang lucu2.
Dan tanggal 27 kemarin adalah hari pertama dia sekolah. Anaknya udah excited banget pas libur. Nanya2 kok ga sekolah-sekolah, kapan masuknya? Aku pengen tahu skolahku yang baru.
Sementara itu emaknya mellow, yaelah melllw kok terusan hehe. Ya gimana ga melow, kemarin pas TK A di Semarang dia sekolah di tempat yang mana yang jadi guru TKnya adalah eyangtinya sendiri, dan saya kadang ngliat Hafizh masih suka manja dan seenaknya sendiri kalo.di sekolah mentang2 ada eyangnya dan kadang malah rewel kalo ada yang ga sesuai sama kemauannya.
Naah...apa kabar nanti di skolah baru? Bakal ga ada eyangti yang jadi pelindung dia hehe...khawatir lah si emak ini...gimana anakku nanti...
Alhamdulillah setelah menjalani 3 hari di skolah baru ini di luar dugaan Hafizh mandiri banget. Ditinggal ayahnha anterin saya ke kantor dia mau, langsung main sama teman, sama ibu guru juga langsung akrab.
Saya sempet anterin sampe dia pulang pas hari pertama, cuma sampai jam 8.30.sih.krn cm halal bihalal. Alhamdulillah dpt ijin dari atasan.
Tapi hari selasa dan rabu Hafizh cm ditungguin si ayah, dan si ayah kirim2 foto Hafizh selama di sekolah. Dia udah mau maju.ke depan. Alahmdulillah ternyata kekhawatiran emaknya tdk terbukti.
Malah emaknya yg mewek liat Hafizh mandiri gitu...jadi inget yangti kakung di Semarang. Biasanya saya yang nungguin di sekolah, tar kakung yang jemput, atau kalau saya ada jam ngajar, kakung yang jemput Hafizh...
Semoga seterusnya dimudahkan ya nak...jadi anak soleh, mandiri dan senantiasa dalam.perlindungan Allah....aamiin



Hafizh maju berhitung dan bercerita

Thursday, July 23, 2015

Hunting Kuliner Favorit di Semarang

Selama libur puasa- lebaran kemarin dipuas2in nyoba kuliner di Semarang, ga semua bisa teralisasi, soalnya banyak banget....dan waktunya mepet hehe....Sebagian memang kuliner khas Semarang, tapi sebagian mungkin bisa ditemukan di tempat lain. Yang jelas, postingan ini bisa mengobati kangen jika tiba-tiba melow pengen pulang Semarang.

1. Tahu Gimbal Taman KB


Makanan khas Semarang ini mirip tahu kupat magelang, sejenis itu lah...gimbal di sini maksudnya adalah semacam udang yang digoreng pake tepung semacam peyek tapi ga setipis peyek. Isinya ada lontong, kol, kecambah, tahu, gimbal udang, taburan bawang goreng dan seledri dan disiram kuah kacang, bisa juga ditambah telur ceplok.

kebanyakan adanya di kawasan Taman KB Menteri Supeno Semarang, buaaanyak pedagang tahu gimbal di sini, biasanya skalian sama es campur, bisa minta pake durian lhooo...

2. Martabak Niki Sae



Kebetulan sebelah tahu gimbal ada martabak kekinian yang jual anak2 muda gituu...penasaran pengen nyoba, toppingnya bisa macem-macem, ada nutella, ovomaltine, oreo, keju dll...harganya lumayan mahal hehe mengingat toppingnya kekinian banget hehe...kemarin saya pesan 2 rasa aja ukuran medium dengan harga 75rb (isi nutella dan keju). Cocok laah...martabaknya empuuuk sampe pagi, keju dan nutella melimpah.

Selain martabak, nyobain juga kue cubit aneka topping. Sekarang Taman KB ga hanya didominasi jajanan seperti tahu gimbal dan jagung bakar saja, tapi banyak jajanan baru yang penjualnya biasanya anak muda/mahasiswa. Dari mulai sosis bakar, nachos, aneka kerang dengan berbagai bumbu, es krim roti, es krim pot, ketan susu, es aneka isian di dalam batok kelapa muda ( ga tau namanya) pokoknya buanyak jajanan terbaru lah di daerah ini. Sampai-sampai tiap malam kalau lewat sini selalu macet.



3. Zuppa Soup dari Kedai Zuppa



Berlokasi di Jl. Siliwangi sebelah pom bensin. Kedainya ga terlalu besar. Menu utama ya zuppa soup, ada juga dimsum dan aneka minuman. Kemarin pesan zuppa soup keju ples jagung manis dan zuppa soup ayam jamur, ditambah dimsum ceker alias ceker presto yang wenaaakk....

4.Mi Jowo Pak Wito

Ini sih deket rumah Sendangmulyo, tepatnya di Ruko Klipang, langganan kami. Mi Jowo kayaknya jarang ya di Jakarta, kebanyakan mi surabaya. Mi goreng sama cap cay di sini enaaakk....menu favorit, jangan lupa minta satenya di bakar dulu biar sedep hehe...

5. Bakso Kang Bagong

Nyoba bakso di jalan majapahit, ternyata rasanya ga terlalu istimewa, masih enakan bakso di deket rumah, bakso Kang Bagong. Kuahnya ngaldu banget gitu, ada bakso jumbo yang isinya cacahan daging, manteepp...

6. Bakso Lasino

Paling favorit bakso yang berlokasi di Jl Hayam Wuruk ini adalah bakso gorengnya, kalau yang suka iso pasti demen ke sini. Isonya direbus laamaaa sampai gempi hehe bahasa indonesianya apa ya gempi hehe...

7. Soto Semarang Pak Man

Soto Semarang biasanya kan identik dengan Soto Bangkong ya, tapi sekarang Soto Bangkong kayaknya ga semoncer dulu, mahal pula. Sekarang banyak soto semarang yang ga kalah enaknya, ada soto Pak Sipit, Soto Pak Man, soto Pak Wito dll. Kalau paling favorit Soto Pak Wito di depan perumahan Kinijaya Kedungmundu. Tapi karena bukanya sore jadi kemarin pas sarapan nyarinya soto Pak Man di jl. trilomba juang depan stadion tri lomba juang.

Yang saya suka dr soto semarang itu aneka aksesoris seperti sate2an, tempe dan perkedel. Paling fav sate kerang...

8. Seafood Pak Darno


Tahu tempat ini dari grup kuliner Semarang, lokasinya ada di Tanah Mas (belakang ruk-ruko Tanah Mas). Kepitingnya muantaaapp bumbunya dan bertelor, kerang simpingnya juga enak. Kemarin beli masih suasana lebaran jadi masih mremo alias menaikkan harga, tapi masih lebih murah dibanding tempat lain.

9. Nasi ayam


Nasi ayam ini mirip nasi liwet Solo, cuma kuahnya agak banjir, isinya juga hampir sama, nasi gurih, sayur jipang (labu siam) pedes, opor ayam dan suwiran ayam ples sate usus. Nikmaatt...yang sering kita beli nasi ayam Bu Wido di Jalan Melati (Gajahmada)

10. Nasi Goreng Babat



Salah satu kuliner khas Semarang yang ga ada di kota lain ya ini, nasi goreng babat. Bakalan kangen nih hiks...tapi di Bekasi kata temen juga ada kok...tapi pasti beda sensansinya hehe. Nasgor babat terkenal di Semarang diantaranya Pak Karmin di Mberok sama Pak Taman di Stadion. Tapi yang ini juga favorit kita, Nasgor Pak Kas deket rumah hehe...

11. Gulai Kepala Ikan Pak Oeban




Sebenernya ini bukan masakan khas Semarang, tapi di Semarang jadi salah satu favorit kuliner. Lokasinya di Pamularsih (ruko). Rasanya asem segerrrr dan harganya ga terlalu mahal. Kalau ga mau ribet makan kepala ikan, bisa pesan fillet kakap aja biar tinggal lheeppp...oiya ada telur ikan goreng juga.

Sebenarnya masih banyak kuliner favorit yang pernah dicoba dan sempat di foto tapi entah ke mana fotonya, dan ada yang udag\h dicoba tapi keburu laper jadi lupa moto hehe. Sebenarnya ada satu kuliner yang mana orang luar kota pada berduyun2 mendatangi lokasi kuliner ini tapi saya yang justru orang Semarang malah belum pernah, dan sampai kemarin mau balik ke Bekasi pun belum kesampean nyoba hiks...LEKER PAIMO!!!! Bayangkan saja, leker ngeheiitsss se Semarang ini malah belum pernah kucoba...ga afdol banget ga sih hehe...










Cerita Mudik (Jauh) Pertama Lebaran 2015

Selalu ada yang pertama...
Dan saya mengalaminya tahun ini, mudik jauh untuk pertama kalinya...
Kalo tahun sebelumnya mudik cuma ngesot aja kalau sekarang mudik pake perjuangan hehe...

Berangkat ke Semarang tanggal 10 Juli 2015 Jumat tengah malam, Hafizh masih tidur langsung aja diangkut. Waktu itu tepat seminggu kita menempati rumah di Bekasi, dan kebetulan eyang kakung ikut serta, jadi pas mudik kakung ikutan ngerasain mudik ke Semarang hehe

Pas berangkat ke Semarang sih lancar jaya ga ada macet sama sekali, mungkin karena masih H-7dan kebetulan kita ga lewat tol Cipali, jadi lewat jalan biasa. Macetnya , malah pas di Semarang di Tol Krapyak hehe...sampai Semarang sekitar jam 12 siang, ga ada 12 jam lah...

Karena Sabtu ke Jumat (lebaran pertama) itu jaraknya lumayan hampir seminggu jadi ya dipuas2in buka bersama keluarga, ples hunting makanan enak di Semarang. Eciyeeeh mendadak norak sama kota sendiri hehe...

Kebetulan Senin - Rabu dapet jatah momomg ponakan yang masih 4 bulan, emaknya masih kerja dan pembantu yang biasa ngasuh udah mudik, lumayan gempor juga hehehe....

Pas lebaran hari pertama seperti biasa Sholat Ied di lapangan deket rumah dan salaman sungkem sama bapak ibuk...ples keliling ke sodara dan kumpul di rumah Om di perumahan Klipangm sekalian syukuran rumah barunya Om.

Malam sebelumnya pas takbiran, keluarga dari suami udah kumpul duluan buat sungkeman.

Menu lebaran pertama sungguh menggiurkan, setelah paginya makan ketuppat opor sama sambal goreng ples emping yang endesss pisan, siangnya disuguhi aneka masakan non opor, ada bakso, sate, rawon, dll. Kuenyaaaanhgggg....

Lebaran hari kedua seperti biasa nyekar ke makam eyang dan pakde, di sini juga sekaligus pertemuan keluarga, makaaann lagiii hehe....



Acara setelah lebaran pertama dan kedua istirahat...eh ngemol sebelum seninnya balik ke Bekasi, hiks...
Perjalanan ke Bekasi sangat melelahkan karena udah mulai macet...kasian kakung sama utinya Hafizh yang pengen ikut ke rumah di Bekasi, jadi capek...jam 8 malam berangkat jam 3 sore baru sampai.

Dari mulai kota Batang udah macet...sapalagi rest area, mana toilet penuuhh dan kudu antri, nyari makan susah...rest area apa stress area sih...

Sekarang ini kakung sama yang uti masih nginep di Bekasi sampai Sabtu, pulang ke Semarang bareng pakdenya Hafizh...hiks,,,tar sepi deh di rumah, benar2 mulai ngerasain hidup jauh dari orang tua di kota lain. Sabar dan kuatkan aku ya Allah.... (nasib anak wedok masih mbok2en)





Tuesday, July 14, 2015

Pagi Ini

Sendangmulyo, Semarang
Genap seminggu masuk kerja di tempat baru di kota yang baru pula dan sekarang saya udah mudik ke Semarang lagi hehe....
Alhamdulillah mudik kemarin lancar
Siapa sangka akhirnya ngalamin mudik
Dulu mudik paling pol 20 menit
Kemarin 9 jam-an
Dan saat ini lagi bermelow melow tidur di rumah yang habis lebaran nanti mau dikontrakin
Barang2 memang udah ga ada, cm perlengkapan tidur dan mandi yg sengaja dibawa biar masih bs menikmati malam2 di sini hehe
Sounds lebay yes....
Tapi gimana...rasanya kangen sama rumah ini
Mungkin beberapa tahun lagi baru bisa menempati rumah ini lagi...mudah2an ga lama
Setelah nanti minta mutasi pindah Semarang...
Woalah kerja baru seminggu dah mikir mutasi haha....
Padahal menurut rekan2 di kantor....biasanya kalo udh penempatan di skolah itu...pada betah dan yg dari daerah pada pengen ditempatin di skolah dinas itu...ini embak (saya) kok malah minta pulang ke daerah...
Yaaa gimana yaaa....
Pengen deket aja sm ortu dan sodara2 di Semarang
Tapi entahlah biar waktu yang menjawab.
Jadi kerjaan selama mudik ini dan sebelum lebaran tiba adalah....
Pagi di rumah eyangti kakung...malam tidur di rumah SendangMulyo (SM)
Atau pagi sore beredar main ke sodara/ketemuan temen lama...malam balik lagi ke SM
Ples tiap malam hunting kuliner khas Semarang yang mungkin bakal jarang ditemui nanti di Bekasi
Sebut saja: tahu gimbal, nasgor babat, soto semarang, dll...ples tempat2 makan yang membangkitkan memori indah...halah
Kerjaan lain adalah: menikmati pagi yang sejuk di SM...memandang tiap sudut rumah..di mana dulu kami.bertiga menghabiskan waktu, di mana dl mengasuh dan main sama Hafizh sejak dia umur 3 bulan sampai 5 tahun, dapur tempat bereksperimen aneka masakan bersama Hafizh juga...
Menikmati merasakan punya tetangga2 baik, segala kemudahan yang didapat dll
Hiks jd sedih...
Salah sendiri lebay...
Yess...saya memang manusia lebay hehe...
Itu baru pindah kota...belum pindah negara hehehe....
Ya sudahlah...mungkin saya diberi kesempatan buat melihat dan merasakan bagian dari bumi Allah yang lain biar tambah bersyukur
Semoga senantiasa diberikan kemudahan dimanapun kami berada...aamiin....


Rumah ijo yang akan slalu dirindukan

Saturday, July 4, 2015

Besok

Malam ini serasa ga pengen tidur. Kenapa? Karena ngebayangin besok adalah hari di mana saya bersama Hafizh dan suami akan memulai hidup baru di kota lain.

Sabtu rencana kami berangkat naik mobil, baru keesokan harinya menyusul.barang2 yg dibawa buat pindahan.

Rasanya campur aduk, sedih, khawatir, takut tapi juga penasaran. Memang belum lama kami tinggal di rumah ini, 5 tahunan. Rumah yang kami beli sebelum menikah, jerih payah kami (walau masih nyicil KPR). Di rumah inilah kami belajar bagaimana awal hidup berumah tangga. Sedih senang tawa dan banyak kenangan di rumah mungil ini. Dan besok kami akan meninggalkan rumah ini untuk waktu yg belum.bs dipastikan.

Rumah yg akan sangat kami rindukan...berharap suatu saat bisa tinggal di sini.lagi. Mudah2an yang ngontrak juga sayang sama rumah ini.

Udah jadi sifat manusia kali ya kadang takut dan ga nyaman akan perubahan meski itu sebenarnya mengarah ke hal yang positif....hiks. Karena kita harus beradaptasi lagi dengan segala hal di tempat baru dan pasti akan membanding2kan dengan segala kenyamanan di tempat yang lama. Namun saya percaya dimanapun kami.berada asal slalu bersama, di situlah "rumah" kami sesungguhnya...

Bismillahirrohmanirrohim....

Sunday, June 28, 2015

Akhirnya... Pulang

Alhamdulillah...proses yg dimulai dari orientasi kesamaptaan awal april dilanjut dengan diklat prajab dan diklat teknik transportasi akhirnya selesai akhir Juni. Bahagia tak terkira, jelas....

Dan setelah menoleh ke belakang ada rasa lega, akhirnya saya bisa melewati proses yang menghantui saya sejak Februari hehe. Senang bisa kembali berkumpul sama keluarga, ngelonin Hafizh, main sama Hafizh....

Tak terasa sudah 3 bulan berlalu, segala kejenuhan, rasa lelah, tawa ples tangis juga berjalan beriringan selama 3 bulan ini. Kemarin saat penutupan baru tersadar kita ber 200 orang sudah seperti keluarga sendiri, pada sedih harus berpisah karena semuanya akan kembali ke penempatan masing2 di seluruh Indonesia.

Tapi kesedihan itu bukan berarti kita mau memperpanjang proses diklat lagi lho..NO..cukup sudah hehe. Walaupun nanti2 tetap ada.diklat2 lain, tapi setidaknya pasti saat itu di benak semua teman ya maunya pulang haha...

Alhamdulillah segala tugas selesai dan semua.dinyatakan lulus, saya yang suka ngantukan di kelas ternyata berhasil menduduki.peringkat ke 5 di kelas hihi...lumayan lah buat yang suka ga sengaja ketiduran di kelas hehe...

Tapi.proses yang paling wow adalah 3 minggu di Cipatat ketika orientasi/kesamaptaan oleh bapak2 infanteri TNI AD. WOOOWWW banget dan bakal ga dilupain seumur hidup...asli!

Bangun pagi jam 4 langsung mandi massal hehe dilanjut sholat shubuh dan persiapan senam pagi jam 5. Sehabis senam langsung ganti kostum PDL ijo2 gitu dan persiapan makan pagi dan dilanjut dengan kegiatan fisik.

Tiap hari beda2, kadang PBB, long march, outbound, dll. Yang paling wow itu aktifitas jalan kaki jauh alias long march yang ga kira2, betis sampe gede muka item gara2 keseringan naik tanjakan yang biasa disebut tanjakan astagfirullah karena curamnya.

Gongnya adalah saat jalan 2 hari berturut-turut sekitar 5 dan 8 km di kebun teh.ciwidey sampai Situ Patenggang dalam kondisi hujan-hujanan dan direndam di lumpur guling2 ala ikan lele. Dan alhamdulillah bs melewati itu semua dan SEHAT!!!

Fisik dan mental benar2 ditempa...awal2 sempat shock dan kadang nangis krn 3 minggu penuh tekanan fisik dan mental alias dibentak2 ples ga boleh komunikasi pake hape dan sejenisnya...tapi krn banyak teman jadi merasa senasib sepenanggungan, seru aja akhirnya menjalaninya....kalo ada yg mulai melow langsung rame-rame disemangatin. Dan ternyata banyak yang statusnya ibu2 beranak macam saya :)

Pas selesai orientasi dilanjut dengan diklat prajab di pusdiklat di Bogor. Bener2 kebalikan 180 derajat. Di Bogor dimanjain bener, kamar ala hotel, makan prasmanan, bs pegang hape.dan ada.acara pesiar tiap libur. Bisa ngemol dan main2 ke luar asrama diklat deh hehehe...

Alhasil segala kuliner Bogor dicari...kalap tiap keluar asrama, bawa tentengan mostly isi makanan, nonton juga jd hal wajib saat libur.

Kegiatan diklat di asrama lebih santai walau tetap ada pengawasan dr kopasus untuk menjaga kedisiplinan kami.

Olahraga pagi, apel pagi, apel malam jd kegiatan harian selain materi di kelas. Alhamdulillah selama ramadhan kegiatan senam dan apel malam ditiadakan demi menghormati bulan Ramadhan.

Walo begitu rasa kangen tetap mendera apalagi buat emak2 macam saya. 3 minggu ditambah 46 hari pisah sama keluarga itu terutama anak dan suami itu sungguh menyiksa.

Tapi alhamdulillah selama libur Hafizh sempat nyamperin ke Bogor sama si ayah dan saya juga sempat pulang saat Hafizh ada acara city tour alias piknik di skolahnya.

Sekarang, udah kembali berkumpul sama anak dan suami, perjuangan bukannya selesai tapi mungkin setelah ini adalah awal dr perjuangan kami sekeluarga karena sesudah ini kami akan menetap di kota lain, tidak lagi di Semarang. Tapi kami yakin suatu saat nanti kami akan kembali ke kota tercinta ini.

Friday, June 5, 2015

Pulaanggg.....Nemenin Hafizh Piknik



Kemarin Sabtu ceritanya Hafizh piknik di sekolahnya. Ga jauh-jauh sih, cuma ke Pantai Cahaya Weleri, ga jauh dari Semarang. Dan Jumatnya ibuk (saya) kabur ke Semarang sejenak. Jadi jumat sore ibuk udah ditunggu ayah di luar kampus tempat ibuk ngajar.

Rasanya sueneeeng banget hari itu bakal pulang ke Semarang walau pulangnya nggak lama, cuma sampai Selasa aja. Ayah udah nungguin pake taksi yang nawarin tarif naudzubillah buat ke Terminal Rawamangun, maklum lah kampus tempat ibuk ngajar ini biarpun kampus ternama dan punya salah satu kementerian, tapi tempatnya terpenciiilll...nyari taksi susah, ya udah deh apa yang ada demi ketemu Hafizhku sayang.

Beneran loh selama perjalanan itu ibuk excited banget kayak mau ketemu pacar hehehe....dan sampai di Semarang jam 4.30 subuh gitu langsung naik taksi menuju rumah eyangti Hafizh. Sampai rumah Hafizh masih tidur, pas dielus-elus sama dipeluk dia bangun dan langsung suprise liat ibuknya...dipeluk kencenglah hehehe...ibuknya nangis bombay. Pas ketemu eyangti dan eyangkung ibuk juga nangis...udah 2 bulan ga ketemu mereka hehe....

Pagi jam 7 Hafizh udah siap berangkat piknik bareng teman sekolahnya. Semua didampingi sama ibuknya, kalau Hafizh didampingi ayah, ibuk, kakung sama eyangti hehe. Lengkap yaahh...lah gimana dong, gurunya eyangtinya sendiri, eyangkung sebagai penasehat sekolah hehehehe....

Hafizh excited banget di Pantai main pasir, dia udah ga takut air lagi, main sepuasnya sampe item pokoknya. Dan ibuk walo habis perjalanan Jakarta Semarang naik bis juga ga ngerasa capek...capeknya ilang karena senangya nemenin Hafizh piknik.

Pulang piknik langsung deh pulang ke rumah Sendangmulyo yang udah ibuk tinggalin selama 2 bulan juga. Jadi seneng luar biasa haha lebay...tapi ada rasa sedih karena gak lama lagi rumah ini bakal dikontrakin karena sekeluarga bakal pindah Jakarta.

Pas di rumah dipuas-puasin jajan di tempat yang biasa kita samperin, mi jowo Pak Wito, Bakso Pak Bagong, Es Potul, Soto Pak Harno, Sop Ayam Klaten Pak Min, apa lagi ya...kalap nih ceritanya hehe....

Dan nyempetin juga jalan-jalan pagi beli jajan pasar di Pasar Kaget di deket perumahan yang adanya cuma hari Minggu. Senenggggggg banget...skaligus ada perasaan berat karena sebenarnya ibuk dah cintaaa banget tinggal di Sendangmulyo hiks....tapi apa daya, nasib membawa ke tempat lain.

Mudah-mudahan 2-3 tahun lagi bisa minta mutasi ke Semarang dan tinggal di Sendangmulyo lagi. Aamiin...

Dan waktu 4 hari itu ibuk puas-puasin main sama Hafizh, jalan-jalan, kruntelan...dan ga terasa, tau-tau udah Selasa hiks, saatnya pulang kembali ke Jakarta. Pas pamit Hafizh, anaknya kalem aja, dia tau ibuknya lagi sekolah dan ga rewel.

"Ga papa ibuk sekolah, nanti kalau udah selesai Hafizh diajak ke Jakarta ya....aku sayang ibuk" gitu kata Hafizh. Makin bikin mbrebes mili gak sih...anakku kuat ibuknya juga harus kuat.

Kurang lebih diklat kurang 3 minggu lagi dan sesudah itu kita bisa bareng terus ya naaakkk....




Kebetulan pas eyangti ulang tahun, dibawain kue tart dan dinyanyiin sama murid-murid tercinta


Mi Jowo Pak Wito deket rumah yang endessss banget...



Nasi gudeg pake babat di warung tenda Gama...


Thursday, May 28, 2015

Hafizh Udah Gede

Ceritain soal milestone anak memang selalu menyenangkan...

Barusan iseng buka blog dan baca postingan di tahun 2012 sewaktu Hafizh umur 3 tahun, di situ saya nulis mengenai keceriwisan Hafizh yang bikin saya ketawa lagi...postingannya di sini nih

Anehnya...saya agak lupa kejadian itu...ada apa ini, apakah saya udah mulai kena penyakit PDI alias Penurunan Daya Ingat? Oh nooo...masih muda padahal (rapiin bedak)

Jadi kepikiran...ada bagusnya (bagus banget makah) bikin tulisan milestone anak...supaya kelak ketika anak udah gede bisa jadi bahan cerita yang berharga...

Sekarang Hafizh udah 5,5 tahun...udah mau TK B. Urusan ngomong mah jangan ditanya...ceriwis pollll...tapi Hafizh ini anaknya nice...dia bukan anak yang tengil suka isengin temennya gitu, tapi ya itu..kalo sekali dia disalahin, dia akan marah dan ga sungkan mukul hehehe...gapapa lah, namanya anak-anak...

Salah satu sifat Hafizh yang nampak sejak dulu adalah Hafizh ini anaknya ekspresif banget, bahkan kadang lebay...kadang aja sih hehe....ekspresif dalam segala hal, ekspresif ngungkapin sayang ke emak bapaknya, atau eyang kakung eyang uti, sepupu, pokoknya orang terdekat gt deh....

Dan itu yang kadang membuat saya meleleh bahagia...anaknya juga tough. Terbukti ketika saya diklat lama, kurang lebih 2 bulanan, dan sampai sekarang belum selesai, dia ga pernah marah, kalau ditelepon dia akan selalu menjawab dengan suka cita. Kelihatan dong dari suaranya...lagian anak ga bisa pura-pura kan. Dia selalu nanyain...ibu lagi apa...aku lagi ini sama kakung yangti...dan ujung2nya dia cerita banyaaakk soal kegiatannya hari itu.

Dia mudah sekali dikasi pengertian kalau ibunya lagi sekolah dulu...hiks...jadi mewek ngetik ini. Hafizh udah sekali ngunjungin saya pas di Bogor, kurang lebih 4 hari. Dan Insya Allah besok sabtu saya bisa nemanin dia karya wisata TK, yesss...I'm going homeeee....walaupun cuma sampai selasa karena rabu mesti balik diklat lagi.

Tapi itu sangat membahagiakan buat saya....bisa menemani kegiatan sekolahnya...gak sabar pengen buru-buru Sabtu. Kebetulan si ayah nanti juga ikut nemenin...

Cerita dia soal ngaji di TPA juga sukses bikin saya selalu terharu bahagia...terima kasih tak terhingga sama bapak dan ibu saya yang udah ngebantu jagain Hafizh selama saya diklat...

Setiap nelpon saya selalu nanya, Hafizh rewel ga...suka nangis nanyain ibuknya ga...dan eyangnya bilang Hafizh aman...anak kamu itu hebat..dia always ceria, ngaji juga semangat, sekolah juga...ga pernah rewel atau bandel..

Kemarin di Bogor pas si emak mau masuk asrama lagi dan nyeletuk: Ibuk masih kangen sama Hafizh sambil peluk-peluk si anak, eh dia nyeletuk sambil bales peluk ples seakan-akan nenangin emaknya gitu: Ibuk jangan nangis...nanti kalau kangen aku ibuk mimpiin aku aja to... (sambil dengan logat medoknya itu)

Alhasil si emak malah jadi makin mewek hehe...hufff....diklat masih 3 minggu lagi...bentar lagi...gak lama lagi...

Semoga jadi anak soleh ya naakk....insya allah kita ketemu besok sabtu...

Tuesday, May 19, 2015

Magang

Jadi, setelah diklat prajab..ada program baru yg ndilalah kok ya diterapin tahun ini. Program off campus alias magang. Siswa prajab akan magang sesuai penempatan, jadi yaaa....bye asrama diklat, untuk sementara ngekos selama 14 hari sebelum nanti balik ke asrama lagi buat diklat lanjutan...hhhnmmm mabok.diklat critanya.

Untungnya selama magang ditemeni suami, yeaayy...aku ga pernah ngekos seumur-umur. Skolah, kuliah, nikah, beranak..smua di Semarang jd ga pernah ngekos. Sebenernya kasian si ayah jd capek bolak balik Semarang-Bogor-Jakarta.

Kemarin si ayah sama Hafizh liburan 4 hari ke Bogor, bahagianyaaaaa luar biasa bs ketemu setelah 1,5 bulan ga ketemu. Terakhir line video sama Hafizh bikin emaknya.nangis kejer krn kangen...akhirnya si ayah membawa Hafizh ke Bogor. Pas mau ketemu di hotel, sempat2nya.si Hafizh ngerjain emaknya dengan mumpet.di lemari hotel. Begitu liat Hafizh langsung pecah tangis...emak cengeng ni...nangis.sesenggukan sambil si bocah.

Dan sekarang Hafizh udah di Semarang lagi.sama eyangkung dan eyangti dan si ayah perjalanan menuju Jakarta nemenin si emak ini.
Semangattt...smoga tahap demi tahap ini terselesaikan dengan baik...bisa.cepet kumpul sama.keluarga...aamiin...

Thursday, May 7, 2015

Kangen

Daann...sudah sebulan lebih terdampar di luar Semarang. 3 minggu kmrn di Cipatat buat orientasi dan langsung dilanjut diklat prajab di Bogor..dan semuanya ini akan berakhir sekitar akhir Juni. Lamaaa banget rasanya. Kalau ditotal sekitar 3 bulan nantinya.

Untungnya diklat ini boleh dikunjungi keluarga. Kemarin jumat sampai minggu suami ke sini. Sendiri ga sama Hafizh karena blm tau medan jd takutnya ga nyaman. Jadi semangat lagi stlh ditengok suami...tapi setelah si ayah pulang...suka mewek lagi hehe.

2 minggu lagi Hafizh ikutan ke sini...itu anak kalo ditelp atau pake line video bikin mewek...dianya sih ceria ceria aja tapi emaknya yang mendadak nangis bombay...super kangen...tapi ini akan segera berakhir dan kjta segera kumpul lagi...

Bogor, Mei 2015

Sunday, April 5, 2015

Mulai Besok

Fave Hotel, Tanah Abang

Barusan nangis sesenggukan gara2 ingat Hafizh dadah-dadah semalam waktu aku mau pergi. Tadi malam melow juga saat pamitan bapak ibuk kakak dan terutama Hafizh...sempet nangis tapi ga heboh.

Dan, siang ini di Jakarta...tetiba ga tau knapa langsung nyesek nangis lagi...untung masih ditemenin suami dan ditenangin...maklum ga pernah ninggalin Hafizh lama...

Mulai besok udah masuk asrama selama 3 minggu ditambah diklat prajab kemenhub selama...ah males nyebutin jumlah harinya...ini tahapan yg harus dilalui setelah dinyatakan lolos tes CPNS kemarin (waktu tes di Jogja)

Jadi beberapa minggu ini akan berada di Bandung-Bogor dan ninggalin Hafizh (dan suami). Kangen suami pasti...masih bisa ditahan....tapi kangen anak...hiks....berharap nanti di tempat diklat ada ibu2 mengalami hal yg sama...jadi bisa saling menguatkan

Gapapa ya Hafizh...bentar kita ketemu lagi...Insya Allah ga lama....demi masa depan yg lbh baik...ibu udah dapet tempat ngajar yang fix, ga terbang sana sini lagi hehe....Dosen PNS....akhirnya harapan itu terwujud,  Alhamdulillah.....

Semoga bisa lebih banyak lagi memberi manfaat di tempat baru nanti...lebih berkah...aamiin....

Thursday, March 12, 2015

Malam Mencekam

Semalam beneran bukan situasi yang mengenakkan. Horor bukannya yang berkaitan sama makhluk halus dan sebangsanya gitu ya...amit-amit jangan sampe ngalamin *knock on wood*

Siang kemarin si ayah telpon ternyata udah di rumah, katanya ijin pulang soalnya badan ga enak, serasa kaya kena tipes dulu. Sementara saya sama Hafizh masih di rumah eyangtinya Hafizh. Hafizh sekolah memang deket sama rumah ortu karena pertimbangan kalau pas ga ada yg jemput bisa ke rumah yangtinya dulu (dijemput kakung).

Pas kemarin itu masih libur ngajar karena kelas baru dimulai minggu depan. Habis jemput Hafizh langsung deh pulang buru2. Biasanya pulang nunggu sore karena Hafizh ikutan TPA dulu.

Sampe rumah si ayah emang lemes panas pusing katanya. Sorenya rencana mau preksa ke dokter Taufik (Sp. PD) deket rumah. Sore si ayah periksa sendiri naik motor trus balik lagi karena ternyata kalau Rabu bukanya jam 8.

Malam balik ke sana lagi jam setengah 8 (saya ikut nemenin, Hafizh dititipin ke rumah kakak gak jauh dr rumah). Ebuset penuuuh banget. Sampai sana semua pasien kebanyakan pada tes lab, termasuk si ayah (darah dan urin) setelah konsultasi bentar.

Nunggu hasil tesnya itu lamaaaaa bgt, pas hasil tes kluar itupun masih antri dipreksa dokter padahal si ayah giliran ke 7 atau 8 gitu lah. Kasian ada embah2 putri sampe minta ijin bebaring di kursi. Suami lemes juga sebenernya tp dikuat2in...mau pulang ujan deres dan nanti malah capek bolak-balik.

Hujannya ga santai banget, mana mati lampu pula huwaaaa......ples ledakan kabel listrik keras banget di deket prakter dokter, nambah horor pokoknya. Waktu udah menunjukkan pukul 10an malem. Suami udah mulai ga sabaran. Hiks.

Akhirnya dipanggil juga. Setelah liat hasil lab ternyata ya masih berkaitan dengan pencernaan gt deh. Dokter tau kalo si ayah pernah kena tipes. Jadi tipes itu ga bisa ilang ya...cuma istilah gampangnya tipes nya udah mati. Jadi ini bukan hal yg mengkhawatirkan. Cuma jangan makan sayuran ijo2 dulu. Intinya sih kecapekan juga.

Oiya sambel juga saya mau stop beneran. Si ayah ini bandel makan sambel mulu. Dan akhirnya malam itu ditutup dengan nunggu resep lagi di apotek KF deket RSUD Semarang. Masih mati lampu doong...ujan juga...assooy pokoknya hehe.

Semoga si ayah lekas sembuh...khawatir kalo tipesnya kumat kayak dl mesti mondok hiks. Mudah2an enggak. Optimis. Sehat sehat sehat.

Tuesday, March 3, 2015

DeMata Trick Eye Museum, Yogyakarta

Tanggal 14-15 Februari lalu ceritanya dalam rangka anniversary yang ke 6, kita jalan-jalan ke Yogyakarta. Udah sering ke yogya juga tapi ga bosen-bosen hehe...
Tadinya pengen ke Jepara, pantainya kan asik juga tuh. Tapi suami pengen ke Jogja aja yang spot jalan-jalannya banyak hehe. Istri mah manut aja yg penting judulnya jalan-jalan hehehe....
Di Yogya kita main ke pantai Indrayanti, Malioboro, Museum 3D, sama kebun binatang Gembiraloka. Untuk cerita pantai next post aja ya...sekarang mau cerita soal museum yang unik di Yogyakarta.
Nama museumnya museum DeMata. Museum ini ngga memamerkan benda-benda kuno atau bersejarah seperti museum lain tapi menyajikan lukisan-lukisan yang dibuat layaknya gambar 3D dan memberi kesempatan para pengunjung untuk bernarsis ria di depan lukisan-lukisan yang dipamerkan. Yap...tempat ini memang passs banget buat orang2 narsis kayak kita hahahaha...
Letaknya di XT Square (basement) di JL. Veteran Yogyakarta.
Harga tiket 35rb (weekend) dan 25rb (hari biasa).
Tips buat yang mau ke sini cuma 1. Siapkan memori hape/kamera yang cukup ya...hihihi. Kalau bisa sih kamera SLR gt deh biar cakep hasilnya. Karena ga punya kamera canggih kita cm pake kamera pocket aja sama kamera hape hehe.
Di tiap lukisan ada petunjuk gimana harus berpose agar menghasilkan gambar yang oke seperti nyata adanya haha lebay.com. Hafizh semangat banget lihat petunjuk langsung deh dipraktekin hehe. Oiya mbak mas dari deMata kadang ikut ngarahin gaya dan gak sungkan bantu ambilin foto looh hehe....trus buat yang ga bawa kamera canggih kayak kita kemarin sebenernya disediain jasa pengambilan foto dengan tarif tertentu menggunakan kamera dari sana ples dicetak juga (kemarin lupa nanya harganya).
Berhubung pengen irit hehe kita pake kamera seadanya ajah...tiket masuknya buat 3 orang kan udah lumayan ye bookk....(tiket pas wiken).
Dan inilah hasil jepretan di museum DeMata. Tumben suami mau diajak narsisan hehe...
Oiya...dekat museum De Mata ada museum De Arca (macam madame tussaud gt mungkin hehe).

Thursday, February 5, 2015

Suka Menggambar

Anakku yang ganteng ini lagi hobi banget menggambar. Menggambar ya bukan mewarnai. Jadi sekarang rajin beliin buku gambar baru karena buku gambar bakal cepet abis. Kalaupun habis dan kadang saya lupa beli biasanya dia pakai buku bergaris buat menggambar. Pantang menyerah ya Hafizh sayang....
Gambarnya selalu meriah, banyak elemen (halah istilahnya). Biasanya dia terinspirasi dari kartun atau kejadian sehari-hari. Biasanya sehabis menggambar dia selalu menawatkan diri untuk menceritakan apa yang dia gambar.
"Buk gambarku dah selesai nih...mau aku ceritain gak buk?"
Dan mulailah dia bercerita hehe. Seru pokoknya.
Biar ada kenangan, selain menyimpan gambar, saya juga suka motretin gambar dia. Apalagi akhir-akhir ini dia lagi suka ngegambar pake whiteboard mini seharga 20rb hehe. Jadi sayang kalo udah ngegambar trus dihapus kan ga ada kenangannya. Jadi selalu difoto deh.
Malah kadang Hafizh yang ngingetin buat motret hehe...
Kadang dia minta saya menuliskan keterangan, misal ini mobil perbaiki (mobilmekanik) dll
Ini sebagian gambar-gambar dia.











maafkan pemandangan jemuran yg baru diangkat di belakang hehe...