Home

Tuesday, January 6, 2015

Cara Menghilangkan Trauma Berenang pada Anak

Seperti halnya anak kecil pada umumnya, Hafizh (5thn) suka sekali kegiatan berenang di kolam renang. Walaupun belum bisa berenang beneran alias masih main-main air saja namun kegiatan ini banyak nilai positifnya.

Suatu saat Hafizh pernah terpeleset lantai kolam renang yang licin dan kepalanya masuk ke air (istilah bahasa jawanya gelagepan kemasukan air), walaupun saat itu si ayah yang memang di dekatnya langsung mengangkatnya Hafizh spontan nangis ga berhenti dan takut melanjutkan kegiatan berenangnya.

Sedihnya sejak kejadian itu Hafizh selalu menolak kalau diajak berenang. Dia marah dan nangis kalau diajak berenang. Mungkin Hafizh sedikit mengalami trauma. Sempat khawatir juga takutnya trauma ini terbawa sampai besar. Dia takut ke kolam, takut ke pantai, dll, tentu sebagai orang tua saya ga mau hal ini terjadi.

Walaupun selalu menolak diajak nyemplung ke air, jika ada kesempatan kami tetap membujuk dia berenang dan meyakinkan dia kalau berenang itu aman asalkan berhati-hati. Perlahan-lahan Hafizh mulai mau nyemplung ke air, walau diawali dengam nyelupin kaki saja (istilah Hafizh: renang kaki hehe).

Dan sekarang Hafizh sudah mau berenang lagi, sudah ngga takut masuk ke air walaupun sekarang agak lebih bawel, meski belum seberani anak lain. Gapapa deh pelan-pelan ya nak.

Tips dari saya kalau misal si kecil trauma seperti Hafizh bisa dilihat di bawah ini:

1. Selalu bangun kata positif yang menyemangati dia bahwa berenang itu asyik, aman jika ditemani, bisa bikin badan sehat dan kata-kata penyemangat lainnya.

2. Kalau anak takut berenang bukan berarti kita berpikir bahwa "ah .emang mungkin hobinya bukan renang" dan kita ngga.pernah lagi membawanya berenang. Ingat bahwa pakar mengatakan renang itu merupakan life skill yang penting untuk dikuasai.

3. Tetap ajak anak ke kolam renang, bisa bersama.saudara sepupu atau teman seumuran. Meski awal-awal dia cuma melihat dari pinggir kolam bukan jadi masalah. Yang penting dia bisa melihat asyiknya teman-temannya berenang.

4. Tahap selanjutnya bisa mulai diajak mencelupkan kaki, main kecipak-kecipak air (kalau belum mau turun sepenuhnya ke kolam ya ga apa-apa, kita harus sabar).

5. Mungkin bisa mulai dengan menggendongnya sambil berjalan di dalam kolam. Kalau kemarin suami yang menggendong Hafizh mengelilingi kolam. Pertama takut tapi yakinkan kalau dia aman dalam gendongan.

6. Kuncinya adalah sabar menyesuaikan emosi dia, jangan dipaksa, kalau dia sudah mulai takut ya hentikan mainnya.

7. Kira-kira 5-6 kali mulai diajak berenang, Hafizh sudah mulai berani lagi. Disesuaikan saja dengan keberanian anak. Mungkin bisa kurang/lebih.

Itu tadi sharing cerita dan tips mengatasi anak.yang takut/trauma berenang. Mudah-mudahan bermanfaat :)

3 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

harus sabar ya mbak, Allahmdulillah udah mulai suka berenang ya sekarang

Idah Ceris said...

Bangun semangat untuk anak ya, mbak. Biar mentalnya makin bagus. :)

Guru Renang Jakarta said...

Guru Renang Belajar Kursus Les Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

- Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
- Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
- Pembayaran dibayar dimuka.
- Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
- Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
- Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
- Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
- Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
- Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
- Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh