Home

Thursday, July 23, 2015

Hunting Kuliner Favorit di Semarang

Selama libur puasa- lebaran kemarin dipuas2in nyoba kuliner di Semarang, ga semua bisa teralisasi, soalnya banyak banget....dan waktunya mepet hehe....Sebagian memang kuliner khas Semarang, tapi sebagian mungkin bisa ditemukan di tempat lain. Yang jelas, postingan ini bisa mengobati kangen jika tiba-tiba melow pengen pulang Semarang.

1. Tahu Gimbal Taman KB


Makanan khas Semarang ini mirip tahu kupat magelang, sejenis itu lah...gimbal di sini maksudnya adalah semacam udang yang digoreng pake tepung semacam peyek tapi ga setipis peyek. Isinya ada lontong, kol, kecambah, tahu, gimbal udang, taburan bawang goreng dan seledri dan disiram kuah kacang, bisa juga ditambah telur ceplok.

kebanyakan adanya di kawasan Taman KB Menteri Supeno Semarang, buaaanyak pedagang tahu gimbal di sini, biasanya skalian sama es campur, bisa minta pake durian lhooo...

2. Martabak Niki Sae



Kebetulan sebelah tahu gimbal ada martabak kekinian yang jual anak2 muda gituu...penasaran pengen nyoba, toppingnya bisa macem-macem, ada nutella, ovomaltine, oreo, keju dll...harganya lumayan mahal hehe mengingat toppingnya kekinian banget hehe...kemarin saya pesan 2 rasa aja ukuran medium dengan harga 75rb (isi nutella dan keju). Cocok laah...martabaknya empuuuk sampe pagi, keju dan nutella melimpah.

Selain martabak, nyobain juga kue cubit aneka topping. Sekarang Taman KB ga hanya didominasi jajanan seperti tahu gimbal dan jagung bakar saja, tapi banyak jajanan baru yang penjualnya biasanya anak muda/mahasiswa. Dari mulai sosis bakar, nachos, aneka kerang dengan berbagai bumbu, es krim roti, es krim pot, ketan susu, es aneka isian di dalam batok kelapa muda ( ga tau namanya) pokoknya buanyak jajanan terbaru lah di daerah ini. Sampai-sampai tiap malam kalau lewat sini selalu macet.



3. Zuppa Soup dari Kedai Zuppa



Berlokasi di Jl. Siliwangi sebelah pom bensin. Kedainya ga terlalu besar. Menu utama ya zuppa soup, ada juga dimsum dan aneka minuman. Kemarin pesan zuppa soup keju ples jagung manis dan zuppa soup ayam jamur, ditambah dimsum ceker alias ceker presto yang wenaaakk....

4.Mi Jowo Pak Wito

Ini sih deket rumah Sendangmulyo, tepatnya di Ruko Klipang, langganan kami. Mi Jowo kayaknya jarang ya di Jakarta, kebanyakan mi surabaya. Mi goreng sama cap cay di sini enaaakk....menu favorit, jangan lupa minta satenya di bakar dulu biar sedep hehe...

5. Bakso Kang Bagong

Nyoba bakso di jalan majapahit, ternyata rasanya ga terlalu istimewa, masih enakan bakso di deket rumah, bakso Kang Bagong. Kuahnya ngaldu banget gitu, ada bakso jumbo yang isinya cacahan daging, manteepp...

6. Bakso Lasino

Paling favorit bakso yang berlokasi di Jl Hayam Wuruk ini adalah bakso gorengnya, kalau yang suka iso pasti demen ke sini. Isonya direbus laamaaa sampai gempi hehe bahasa indonesianya apa ya gempi hehe...

7. Soto Semarang Pak Man

Soto Semarang biasanya kan identik dengan Soto Bangkong ya, tapi sekarang Soto Bangkong kayaknya ga semoncer dulu, mahal pula. Sekarang banyak soto semarang yang ga kalah enaknya, ada soto Pak Sipit, Soto Pak Man, soto Pak Wito dll. Kalau paling favorit Soto Pak Wito di depan perumahan Kinijaya Kedungmundu. Tapi karena bukanya sore jadi kemarin pas sarapan nyarinya soto Pak Man di jl. trilomba juang depan stadion tri lomba juang.

Yang saya suka dr soto semarang itu aneka aksesoris seperti sate2an, tempe dan perkedel. Paling fav sate kerang...

8. Seafood Pak Darno


Tahu tempat ini dari grup kuliner Semarang, lokasinya ada di Tanah Mas (belakang ruk-ruko Tanah Mas). Kepitingnya muantaaapp bumbunya dan bertelor, kerang simpingnya juga enak. Kemarin beli masih suasana lebaran jadi masih mremo alias menaikkan harga, tapi masih lebih murah dibanding tempat lain.

9. Nasi ayam


Nasi ayam ini mirip nasi liwet Solo, cuma kuahnya agak banjir, isinya juga hampir sama, nasi gurih, sayur jipang (labu siam) pedes, opor ayam dan suwiran ayam ples sate usus. Nikmaatt...yang sering kita beli nasi ayam Bu Wido di Jalan Melati (Gajahmada)

10. Nasi Goreng Babat



Salah satu kuliner khas Semarang yang ga ada di kota lain ya ini, nasi goreng babat. Bakalan kangen nih hiks...tapi di Bekasi kata temen juga ada kok...tapi pasti beda sensansinya hehe. Nasgor babat terkenal di Semarang diantaranya Pak Karmin di Mberok sama Pak Taman di Stadion. Tapi yang ini juga favorit kita, Nasgor Pak Kas deket rumah hehe...

11. Gulai Kepala Ikan Pak Oeban




Sebenernya ini bukan masakan khas Semarang, tapi di Semarang jadi salah satu favorit kuliner. Lokasinya di Pamularsih (ruko). Rasanya asem segerrrr dan harganya ga terlalu mahal. Kalau ga mau ribet makan kepala ikan, bisa pesan fillet kakap aja biar tinggal lheeppp...oiya ada telur ikan goreng juga.

Sebenarnya masih banyak kuliner favorit yang pernah dicoba dan sempat di foto tapi entah ke mana fotonya, dan ada yang udag\h dicoba tapi keburu laper jadi lupa moto hehe. Sebenarnya ada satu kuliner yang mana orang luar kota pada berduyun2 mendatangi lokasi kuliner ini tapi saya yang justru orang Semarang malah belum pernah, dan sampai kemarin mau balik ke Bekasi pun belum kesampean nyoba hiks...LEKER PAIMO!!!! Bayangkan saja, leker ngeheiitsss se Semarang ini malah belum pernah kucoba...ga afdol banget ga sih hehe...










4 komentar:

dyka said...

hai mba sari, salam kenal ya

mau tanya mi jowo pak wito yang deket KPA itu bukan? tiap malem lewat selalu rame banget

Dewi Rieka said...

mantaaa[ kulinernya ya mbaaa, aku baru coba beberapa hihi, penasaran dengan zuppa soupnya ntar ah kalau balik mudik mau coba..maaf lahir batiiin

Uniek Kaswarganti said...

Zuppa soup dah ada di depan BI mba...ngga usah jauh2 ke Siliwangi ;)
Trus klo soto pak man mendingan yg di Pasar Burung Kartini aja. Yg di trilomba juang sepertinya kalkulatornya heng, harganya bedaaaaa ;) Yg di pasar burung justru warung pertamanya Pak Man. Ntar kapan2 cobain ya mba.
Kalau bakso aq sukanya yg kuahnya enggak nggajih. Bakso Krebo (di Sukun) dan Bakso Pak Mitro (masuk gang samping Ada Siliwangi) adalah yg paling endezz menurutku ;) Di Pak Mitro ada emping gorengnya yg segede gaban.

sari kusuma said...

Dyka: halo dyka...iya bener ini mi jowo di ruko kpa...tinggal sekitar situ juga ya hehehe....enak banget mi nya...

Mb dewie: ayok jajan mbak hehe....maaf lahir batin juga ya mbak...

Mb unjek: wooo ada to....iya soto pak man mugas agak mahal...kalonaku suka soto.pak wito...

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh