Pages

Wednesday, August 26, 2015

Belajar dari Hafizh

Postingan ini dipersembahkan oleh emak-emak cengeng dan gampang mewek....

Dulu kukira aku adalah orang yang kuat, mandiri, tahan banting. Terbukti selama kecil sejak dewasa aku bukan tipe anak manja yang harus diantar kemana-mana, yang harus diturutin segala keinginannya dan hal-hal lain yang menunjukkan kalau aku wanita kuat dan ga bergantung sama orang lain.

Emang sih pas di Semarang kemarin aku kemana mana sendiri naik motor, ga ngerepotin suami, termasuk ngemol sendiri juga oke aja hehehe

Tapi kayaknya semua ga terbukti ketika harus pindah dari Semarang dan menetap di lain kota dan meninggalkan semua yang ada di Semarang. Bener2 bikin shock...rumah kudu dikontrakkin (untung langsung ada yg ngontrak), rempongnya ngurus pindahan dengan segala perabot, nyari kontrakan di sini, ndaftarin sekolah Hafizh, penyesuaian di sana sini, cari pembantu dll.

Mendadak aku jadi manusia lemah. Ga sanggup rasanya. Makanya awal awal begitu tau mau pindah udah kaya orang stress, mana di kota lain itu ga ada sodara, jauh dr ortu itu yang bikin sangat galau. Banyak kepikiran hal-hal jelek, nanti di sana gimana, Hafizh gimana nanti ga ada eyang kakung yg paling deket selama ini, nanti dia betah ga....ah pokoknya parno maksimal.

Dan semua memang kudu dijalani. Seminggu dua minggu sejak pindah masiiih aja melow kalo inget dan ngebandingin enaknya tinggal di Semarang, enaknya deket ortu, feeling secure dan berbagai kenyamanan lain.

Dan sekarang udah sebulan rasanya kayak luamaaaa banget, padahal kita akan tinggal di sini ga cm itungan bulan, tapi tahun. Sukur sukur 2 tahun bisa mutasi ke Semarang aamiin.....(amin nya kenceng banget).

Karena saking sering melownya...Hafizh dan ayahnya suka ngegodain...misalnya: ayo Hafizh mandi dl habis ini jalan2 ke klipang yuk nyari jajanan. Klipang itu dekat perumahan kami tinggal, banyak makanan enak.

Atau tiba2 ayah bilang: say...tar malam ke cowek ireng yuk....halaaahhh si ayah malah nambahin galau hikssss....

Lama2 mikir juga sih...kalau dijalanin dengan terpaksa dan melow yang ga uwis uwis yang rugi ya aku sendiri. Saking melow mikirin seandainya di Semarang sampai lupa mensyukuri hal-hal asyik yang didapat di sini dan berbagai kemudahan.

1. Sekolah Hafizh deket dr rumah, cuma 3 menit, sekolah TK Islam, dimana ia enjoiii banget ketemu teman baru.

2. Kantor yang deket pula dr rumah, cuma 15 menit dr rumah. Sore pulang kantor masih bisa jemput Hafizh ngaji, masih bisa nemenin sepedaan dan mainan di taman. Sebuah kemewahan kalau kata Ayah mengingat tinggal di kawasan ini orang bs pulang kerja jam 7 malam dan berangkat jam  5 subuh.

3. Karena kantor deket makanya bs anter Hafizh ke sekolah dulu. Ga perlu brangkat pagi2, jam 7 aja nyampe. Masih sempat masak pula pagi2.

4. Jual sayur deret2 deket banget sm rumah. Ini penting buat emak2.

5. Cluster kami tinggal ada musholla di mana ada TPQ juga tiap sore, deket banget tinggal ngesot. Hafizh suka brangkat sendiri. Di sana ga cm diajarin ngaji iqro, tapi juga hafalan surat, doa, pengetahuan Islam. Ples temen2nya banyak. Hafizh senang, tiap pulang langsung setor hafalan tadi di musholla sama bu ustadzah. Alhamdulillah.

6. Dekat bgt sama supermarket besar, macem Giant, Carefour, cuma 15 menit. Dan juga resto2 favorit, sebut saja: mcD, KFC, PH, Tawan, Yoshinoya, Tekko, Steak 21, XO suki, Bebek Kaleyo, Hokben dll termasuk kawasan kuliner sekitar perumahan yang buanyak banget.

7. Lingkungan sekitar rumah yang aman dan asik buat anak main di playground atau sekedar sepedaan.

Tuuh banyak banget kemudahan. Dulu yang khawatir nanti Hafizh gimana, sekolahnya...nyaman ga di sana...eh Hafizhnya aja enjoy banget trus kenapa emaknya masih melow aja? *getok kepala sendiri*

Emang sih di sini sama di Semarang pasti ada bedanya. Dan kalau mbandingin pasti ga ada habisnya karena emang beda. Tapi beda bukan berarti kita ga bs menikmatinya kan. Halah ngomong apa pula ini hehehe....

Ya udahlah, keistimewaan enaknya pas tinggal di Semarang kita simpan dl, sekarang menikmati tinggal di Bekasi sambil terus berdoa semoga bs deket lagi sama eyang2nya Hafizh di Semarang suatu saat nanti.

Hiks. Iya ya...kadang kalau banyak mengeluh lupa mensyukuri nikmat yang didapat.

Belajar dari Hafizh ah, yang gampang banget menyesuaikan dengan lingkungan baru. Yang selalu happy dan ceria. Belajar bersyukur dan menjalani hari dengan semangat.

Bismillah.


Langkah kaki kecilnya di sore hari penuh semangat menuju musholla untuk.belajar agama. Jadi anak soleh ya naak...ayah dan ibu selalu mendoakanmu..Terima kasih Hafizh udah kasi contoh ibuk bagaimana harus semangat dalam menghadapi hari-hari baru kita di sini.  

Tuesday, August 25, 2015

Karnaval HUT RI 2015

Kemarin sempet rasan-rasan kok 17an di sini di perumahan tempat kami tinggal sepi2 aja ga ada gregetnya...sedih juga padahal biasanya rameee kalau di Semarang.

Dan, ternyata kemarin Sabtu ada acara yang cukup meriah juga akhirnya. Info bakal ada sepeda hias disampaikan ustadzah Hafizh di musholla perumahan. Dan bakal ada acara lain seperti pertandingan futsal bapak-bapak dan acara makan siang bersama. Woww...ternyata baru sekarang acaranya hehe....

Langsung deh jumat malam hunting perlengkapan buat menghias sepeda Hafizh. Yaaa karena emak bapaknya ga jago2 amat ngehias dan waktunya juga mepet, hiasan sepeda Hafizh ya minimalis aja hehe...yang penting anaknya seneng krn dia juga ikut ngehias.

Hari sabtu pagi dimulailah acara. Start di taman di dalam cluster. Rameee banget suasananya, ditambah ada ondel-ondel ples tanjidor...duuh berasa Jakarte.banget hahaha....suasana baru bagi kami wong.Semarang ini.

Akhirnya jam 8an pawai dimulai. Ga cuma sepeda hias, tapi stroller para bayi juga dihias dan ikutan keliling cluster hahaa lucuuu banget.

Walaupun cuma keliling cluster tapi lumayan gempor, karena clusternya lumayan besar. Tapi asik banget...seruuu....Hafizh juga excited, emaknya yg ngos2an ngikutin dr belakang.

Kelar sepeda hias, bapak2 mulai lomba futsal antar RT dan masih dlm 1 cluster juga. Sementara emak2 siapin makan siang buat disantap bersama.
Jadi tiap RT ngeluarin hidangan 50 porsi buat disajikan, RT saya menyediakan mie goreng aja yang simple hehe...

Daan makan siang pun dimulai, waaa menunya beragam, dan semuanya bebas mencicipi. Ada nasi pecel lengkap, nasi kuning, ayam goreng, bakso, mi goreng, lontong sayur, es buah dan masih banyak lagi.

Ternyata 17an di sini ga sesepi yang saya kira hehe, meski agak telat...biasanya kan acara begini diadakan sebelum tanggal 17, lha ini sesudahnya jadi sempet suuzon hehehe....






Tuesday, August 18, 2015

17an Tahun Ini

Alhamdulillah negeriku tercinta genap berusia 70 tahun. Seperti biasa setiap tgl 17 Agustus ga di rumah, ga di sekolah, ga di perkantoran semua sibuk mengadakan perayaan.

Tahun ini perayaan sedikit berbeda, ada rasa hilang, ga seperti perayaan tahun lalu...mulai melow hahaha

Yang jelas, ga ada lagi acara tirakatan bareng tetangga di perumahan sendangmulyo Semarang karena kita udah tinggal di Bekasi. Dan kebetulan di wilayah cluster ini ga ada acara apapun hiks sedih yaaa....ga ada tirakatan, ga ada lomba anak2, sepiiii pokoknya...

Tadinya mikir...ah apa mungkin krn di perumahan yg tergolong elit ini orang jd males mikir2 perayaan gini? Tapi di blok sebelah ada perayaan sih...blok sini aja yg sepi.

Kata tetangga sebelah, biasanya sih ada, cuma.ketua RT yg skrg emang orangnya ga terlalu antusias apa pasif gt, ya sudahlah...

Jadi kangen perayaan di Semarang, meski tinggal di perumahan juga, tapi lebih merakyat...halah...maksudnya warganya guyub bgt, kayak kampung biasa gt....biasanya selain lomba anak, juga ada lomba bapak ibu, pentas dan tirakatan, pokoknya meriaah...

Mana sempet dikirimin tetangga di Semarang acara 17an di sana, pake ada acara drama ande2 lumut yg dibawain sama ibu2 di perumahan...duh pasti seruuu....hiks...

Hafizh juga tanya...kok hari kemerdekaan di sini sepi ya buk...hehehe untung di sekolah lumayan banyak acara 17an, ada karnaval dan perlombaan, jadi ga terlalu garing hehe

Dan buat aku, 17an ini, perayaan pertama di kantor baru, di mana karena kantor pemerintahan ya pasti lah ada upacara. Duuh udah brapa abad ga upacara bendera hehe

Eh iya, beberapa bulan sebelumnya kan udah dilatih apel pagi dan malam tiap hari pas diklat, jadi ga terlalu kaget. Malah upacara nya lebih santai drpada pas diklat, yaeyalah...di sini ga diawasin kopasus hhehehe....

Yah begitulah...semoga next 2 tahun lagi perayaan HUT RI bisa ngerayain di Semarang, aamiin...
Sekali Merdeka tetap Merdeka!!!!!




Thursday, August 6, 2015

2 minggu yang lalu

Hampir 2 minggu yang lalu, mulai benar-benar sendiri eh bertiga sama suami dan anak di kota asing yang blm pernah ditinggali sebelumnya....

Pas di hari sabtu habis subuhan, eyangti dan eyangkungnya Hafizh pulang ke Semarang setelah seminggu ikut nemenin di Bekasi.

Malam sebelumnya ga bs tidur, rasanya ga pengen malam berlalu. Paginya...bapak sama ibuk pamit pulang Semarang, ga bisa gak nangis...ibuk sy juga nangis sambil meluk saya anak wedok satu2nya sambil pesan hati-hati, jangan suka marahin Hafizh...hehe eyangti ni suka ga terima kalau Hafizh saya marahin pas dia nakal...

Peluk bapak juga sambil nangis...ga rela pokoknya rasanya. La gimana, dari lahir sampe punya anak ga pernah jauh dr mereka, meski setelah nikah ga satu rumah tapi tiap hari slalu ketemu karena Hafizh skolah dekat rumah bapak ibuk saya.

Rasa takut, ragu-ragu dan perasaan khawatir lainnya terus hinggap, mana di sini juga ga ada sodara hiks hiks....dan hari minggunya sukses nangis seharian....bolak balik bbm sama telpon yangti kakung dan terus disemangatin...

Ngebayangin...selalu ada dekat dengan mereka, Hafizh juga deket banget sama yangkungnya, diajak sholat bareng, ngaji, ke mesjid, diajak nggambar atau mainan bareng...rasanya ga sanggup bayangin habis ini udah jarang merasakan kedekatan itu....bahkan sampai aku merasa telah merenggut kedekatan Hafizh sama eyangkungnya hiks....lebay ya

Hafizh juga kadang tetiba inget dia bilang: ibuk aku kangen kakung...sekarang aku nggambar sendiri ga ditemenin kakung...emaknya deh mewek....

Kata suami mungkin saatnya skrg benar2 mandiri, dulu kalau di Semarang biarpun emang tinggal sendiri tapi kami kadang masih sangat tergantung sama ortu.

Kalau saya ngajar, Hafizh dititipkan ke eyangti, kalau ga ngajar ya Hafizh di rumah. Nah pas di rumah itu kakung suka sms "dek hafizh kok ga ke cinde" pdhl sehari sebelumnya udh dr cinde...kebayang kan kakung juga kesepian....

Rasanya ayem deket bapak ibuk....bisa melihat mereka setiap hari...demikian juga sama saudara2...hampir semua kakak, sepupu, pakde bude semua di Semarang, sering ada arisan keluarga pula....jadi berasa dekat sama keluarga...

Dan sekaranglah kami di sini, kalo libur di rumah aja, paling ke mall atau supermarket. Biasanya kalo minggu ada acara pertemuan keluarga, pokoknya banyak acara dengan keluarga, membahagiakan banget....

Apalagi kmrn bunda alias guru hafizh di TK BBm saya...nanyain kabar dan bilang kangen Hafizh yg ceriwis...hiks jadi mewek....begitu banyak kebahagiaan yang kami harus tinggalkan di Semarang...bukannya di sini ga bahagia...tapi...banyak hal yg ga bs kami temui di sini, kebiasan2, tempat2 yg biasa kami kunjungi...rasanya susah melepas keterikatan dengan Semarang, dan emang ga pengen hehe....

Apalagi yg berkaitan sama Hafizh, dia udah banyak temen di Semarang,banyak sepupu sebaya yg sering ketemu.kayak dik Vano, dik Andika, Mas Zhiven dll...pasti heboh kalo mereka ketemuan, dan sekarang Hafizh paling jauh sendiri....itu yg sangat bikin khawatir emaknya...takut dia merasa kesepian dll. Ga tega liatnya....

Kata temen, perasaan melow seperti ini paling 3 bulan laah...habis itu ya udah biasa aja...skrg kalau ada kejadian yang mengingatkan akan Semarang langsung deh mewek....

Kayak kemarin tuh ujug2 pengen nasgor babat...biasanya hbs magrib kita cari makanan di sekitar perumahan, naik motor keliling...moment itu nampak membahagiakan banget sekarang....

Trus pas kangen jajanan pagi di pasar deket perumahan yang enak2 hiks...dan..biasanya pulang kerja bisa mampir ke mana2 tuh deket...ke java mall lah, toko ramai atau simpanglima...kemana2 deket...sekarang pulang kerja ya pulang hehe....mol.agak jauh...kalo yg deket giant sama carefour....

Trus kmrn si ayah di kirimin gambar lomba2 anak2 di RT di perumahan sama tetangga....kebetulan sebelum pindah si ayah jadi Pak RT, dan kami dekat banget sama tetangga2 di rumah....jadi makin kangen rumah hehe....

Ya gitu lah, masih tahap membanding2kan kehidupan di Semarang sama di Bekasi....blm bisa move on dr kehidupan di Semarang....

Tapi kenyataannya memang harus tinggal.di sini dan berusaha membayangkan bahwa semuanya sama aja...ga ada.bedanya sama di Semarang, kan masih bs pulang kalo kangen....dan suatu saat nanti mudah2an bisa pindah lagi ke Semarang....aamiin....

Sempat pengen ga ambil kesempatan ini (ketrima PNS ditempatkan di luar kota karena dikira penempatan Semarang eh ternyata bukan, aku salah liat pengumuman) tapi bapak ibuk semua mendukung dan aku pengen bikin mereka bahagia...semoga bapak ibuk sehat semua...dan semoga nanti bs nemenin bapak ibuk di masa senja di Semarang, aamiin....

Panjang banget curhatnya....