Posts

Showing posts from 2016

Outing Class Hafizh: Ke Bank dan Kolam Renang

Image
Senin kemarin ada kegiatan outing class di sekolah Hafizh. Kegiatan ini untuk yang pertama kali sejak si anak lanang ini masuk SD. Outing class nya ga jauh-jauh, cuma ke bank dan kolam renang. Udah sejak Jumat diumumkan mengenai kegiatan ini. Si ibuk Hafizh agak galau karena ini yang pertama kali outing tanpa ditemani ortu. Pihak sekolah menyarankan ortu ga usah ikut jadi percayakan saja sama guru-guru Hafizh di sekolah.

Yang bikin khawatir adalah saat nanti di kolam renang, karena biasanya anak kecil kan suka bercanda atau ikut-ikutan teman ke mana lah main ke kolam yang dalam. Tapi miss An guru Hafizh meyakinkan bahwa pihak sekolah akan benar-benar menjaga anak-anak.

Berulang kali saya sounding ke Hafizh apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat outing nanti. Ya intinya harus manut sama guru, ga boleh main ke kolam yang dalam, ga boleh lari-larian dll. Bolak balik diulangi sampai anaknya bosen haha.

"Ibuk ni...iyaa aku inget buuk..ga boleh ke kolam yang dalam kan....…

Bekal Hafizh Si Anak SD

Image
Semenjak Hafizh jadi anak SD dan pulangnya lebih siang daripada pas TK, ibuk mulai memutar otak buat menu bekal Hafizh. Kalau dulu masih TK kan cuma istirahat sekali dan jam 10 udah pulang, jadi bekalnya ya dikit, kalau pas rajin ya bikin cemilan homemade macam schotel, biterbalen, spaghetti, risoles mayo, atau sekedar roti tawar tabur meises dan beli jajanan di alfamart kalo pas ga sempet masak hehe.

Nah sekarang kan sekolahnya sampai jam 2 jadi ada dua kali istirahat, istirahat pertama jam 9.30 dan istirahat kedua ples ishoma jam 11.30. Jadi harus ada snack buat istirahat pertama dan lunch buat istirahat kedua.

Sebenernya sekolah menyediakan catering untuk anak, snack dan makan siang. Pas awal masuk  ortu murid diberi edaran berupa tawaran katering berupa makan siang dan snack, per bulannya 350 ribu, juga dengan jemputan sekolah.

Kebetulan jemputan Hafizh ga pakai karena si ayah yang akan antar jemput, kalau soal katering memang agak galau hehe. Jadi sekolah Hafizh memang menganjurkan …

SKI Tajur, Bogor

Image
Baru inget pernah main ke SKI Tajur Bogor tapi belum pernah diposting hehe. Posting sekarang masih afdol lah yaa...

Jadi acara ke SKI Tajur ini sebenernya ga direncanakan. Waktu itu Ibuk (saya) lagi diklat di Bogor selama seminggu, dan diklatnya melewati hari Sabtu dan Minggu, jadinya ayah sama Hafizh nyusul deh ke Bogor, sekalian ajak Hafizh main ke Bogor.

Kunjungan Hafizh ke Bogor ini yang kedua kalinya, yang pertama pas Hafizh nengok emaknya pas diklat juga selama 2 bulan sebelum masuk jadi PNS. Waktu itu ga kemana-mana cuma wisata kuliner aja di seputaran Jl. Pajajaran dan main ke Botani Square.

Oiya, pas di Bogor nginep di Horison Hotel. Horison sini (Bogor) beda sama di Semarang, lebih gede yang di Semarang. Tapi soal interior kamar ga tau juga, karena belum pernah nginep di Horison Semarang hehe.

Meski hotelnya kecil tapi fasilitas lengkap dengan kolam renang dan makanannya enak. Dan lagi Horison Bogor terletak di tempat yang strategis, banyak makanan, deket mol (ga jauh dari Botan…

Lebaran 2016

Image
Beberapa hari sebelum Lebaran tiba, kakung datang dari Semarang. Jadi ada semingguan kakung nginep di rumah Hafizh di Bekasi. Hafizh seneng banget seperti yang diceritain di postingan sebelumnya.

Hari Jumat tanggal 1 Juli 2016 adalah hari terakhir masuk sebelum cuti lebaran. Yang bikin sedih adalah tahun ini pemerintah ga bolehin PNS cuti tambahan selain cuti bersama. Jadi tar harus balik lagi masuk pertama kali setelah lebaran tanggal 11 Juli 2016.
Lumayan sih ada semingguan libur, tapi kan kuraang tetepan. Aku ngajuin cuti tahunan 3 hari tanggal 11-13 Juli sebenernya tapi ditolak (dan semua PNS di unit tempat aku kerja juga mengalami nasib yang sama). Ada yang udah telanjur booking tiket, booking hotel di waktu-waktu mereka ambil cuti tahunan. Tahun kemarin boleh cuti soalnya, asalkan dalam 1 bagian harus ada yang piket (biasanya yang ga lebaran/ga mudik), tapi sekarang udah ga boleh lagi. Hiks.
Jadi kita berangkat dari Bekasi jam 3 sore (kantor dipulangin jam 13.30 habis sholat Ju…

Weekend Getaway: Puncak-Agrowisata Gunung Mas-Taman Safari Indonesia

Image
Kamis minggu kemarin eyangti dan eyangkung Hafizh datang ke Bekasi. Kangen sama cucu ceritanya. Padahal mah saya juga kangen banget sama mereka hehe. Alhamdulillah eyangti dan kakung sehat jadinya bisa jalan-jalan ke Bekasi nengok anak bontot kesayangannya :)

Eyangti masih sering terapi buat kakinya namun kondisi kakinya sudah jauh lebih baik. Eyangkung alhamdulillah juga sehat.

Sabtu Minggunya kita jalan-jalan ke Puncak. Sebenarnya berbarengan dengan acara family gathering di kantor saya. Karena ga mungkin lah kita tinggalin eyang-eyang di rumah jadinya kita ajak juga ke Puncak. Kita menginap di hotel Seruni.

wiih ternyata bagus banget hotel dan viewnya. Terus terang ini kesempatan pertama kali saya ke Puncak, maklum dulu kan jauh di Semarang, mau ke sini ongkosnya mahal hehe. Hotelnya bernuansa Bali. Pas masuk ke hotel Seruni lewatin jalan sempit, ga nyangka ternyata ada hotel semegah itu. Hafizh juga hepi banget. Tapi sayangnya karena kita telat datangnya jadi sampai sana udah malam.

J…

Hafizh Anak SD

Image
Udah semingguan lebih Hafizh sekolah di SD. Sekolahnya ini ga terlalu jauh dari rumah. Kalo ga ada macet paling 15 menit naik motor nyampe. Meski ga lewat jalan gede alias jalan perumahan aja rutenya, tapi kalo pagi ya macet kadang-kadang hehe.

Minggu pertama cuma nganterin hari pertama aja, hari berikutnya Hafizh sama ayah. Karena sekolahnya ga lama, alias masih perkenalan lingkungan sekolah doang ya cuma jam 10 aja. Hari hari di minggu pertama Hafizh seneng banget. Dia belum pake seragam karena ada beberapa anak yang masih belum jadi seragamnya, jadi seminggu itu masih pakai baju bebas.

Di minggu pertama anak-anak dikenalkan dengan lingkungan sekolah dan guru-guru. Selain itu ada banyak aktivitas misalnya, pemutaran film edukasi, praktek memakai alat sholat yang benar, membawa mushaf, senam pinguin, outbound, game, tata cara sikat gigi dan ke MCK dll.

Murid di kelas Hafizh berjumlah 28 orang dengan 1 guru dan 1 lagi asisten guru. Gurunya bernama Miss Anik dan asistennya Miss Gina. Pang…

Diklat UNJ

Image
Seminggu ini luar biasa...
Udah mikirin sejak minggu sebelumnya kalau minggu ini bakalan capek, sibuk dsb dsb...Hafizh pertama kali masuk sekolah, excited banget...udah ngebayangin senengnya, apalagi boleh telat sama pak menteri.Ternyata eh ternyata, ada panggilan diklat di UNJ di Rawamangun seminggu pula. Sebeel banget pas nerima SPT diklat.Ini gimana ceritanya bisa pas gini. Jadi inget pas Hafizh manasik haji di sekolah TKnya pas diklat juga tuh di Bogor. Sempet nangis dan curhat ssma ibuk di Semarang. Melow pokoknya...padahal udah kebayang pengen nemenin Hafizh.Akhirnya Hafizh waktu itu ditemeni ayah, dan menyusul emaknya ke Bogor setelahnya, itung2 liburan dadakan hehe....Naaa kemarin itu udah ga melow sampe nangis2 sih, cuma emosi aja...tapi ya sudahlah, resiko jadi abdi negara hahaRencananya hari pertama diklat tgl 18 Juli tetep mau anter Hafizh sekolah di SD. Telat telat laah...santai si soalnya yang ngadain UNJ pasti maklum laah hehe pede. Hari pertama antar Hafizh sampai jam …

Pindahan

Image
Tepat setahun kontrak di kompleks yang sekarang ini, tadinya mau diperpanjang aja karena males beberes hehe. Tapi ternyata ada tawaran menarik. Depan rumah udah kosong, yang kontrak udah pergi dan pemilik rumah kebetulan lagi bersih-bersih dan ngecat biar kece rumahnya kalau ada yang ngontrak lagi.

Iseng suami nanya, rumahnya mau disewain ngga. Malah si bapak bilang kalo mau ambil aja. Harga lebih murah dari yang ditempatin sekarang dengan banyak plus. Udah ada kanopi, pompa air (ga cuma pam), rumah udah dimodif ruangannya dari bentuk asli jadi lebih enak dan lega, ples menghadap ke timur.

Rumah yang lama menghadap ke barat jadi kalo sore berasa panas bener. Akhirnya dari iseng berbuah serius. Karena ini yang megang langsung pemilik rumah jadi lebih murah juga, kalo kemarin karena belum tau daerah sini jadi pake agen. Daaan akhirnya tadi malam pindahan.

Meski cuma pindahnya deket banget, karena adep-adepan dengan rumah lama tetep aja usung-usung (duh bahasanya) barang itu capek juga.…

Taman Legenda TMII: Petualangan Dinosaurus

Image
Sebelum puasa kemarin setelah Hafizh wisuda TK nya, kita piknik ke Taman Mini (TMII). Waaa udah berapa abad ga kesini hehe. Terakhir kayaknya jaman ibuknya Hafizh SMP deh waktu study tour, Lama banget yah.

Yah secara emang bukan tinggal di ibukota dan ga punya sodara di Jakarta jadi ya ga pernah lagi main di marih. Tadinya karena lihat postingan orang di fesbuk tentang wahana baru di TMII, Taman Legenda Dinosaurus. Lihat foto-fotonya kok kayaknya seru dan Hafizh pasti seneng diajak ke sini. Karena dia penggemar dinosaurus, anak kecil mana sih yang enggak hehe.

Pas deh, habis wisuda sebagai hadiah Hafizh yang dapet peringkat 2 diajak deh piknik ke sini, Taman Mini ada di Jakarta Timur dan kita tinggal di perbatasan Bekasi Jakarta Timur. Jadi mayan deket lah. Masuk tol Cakung keluar udah Taman Mini deh.

Kayaknya ga banyak berubah deh. Perasaanku lho yaaa hehe. Hari Sabtu itu lumayan ramai suasana di sana. Taman Legenda ini letaknya deket Teater Keong Emas. Jadi begitu masuk taman Legen…

Nonton Badminton Kelas Dunia

Image
Sabtu kemarin (4 Juni 2016) si ayah ngajakin nonton badminton di senayan. Belum pernah si seumur-umur nonton pertandingan langsung kelas dunia pula di Istora Senayan. Ya gak nolak lah hehe...
Apalagi Hafizh juga excited banget. Jadilah kita jam 8 nan berangkat ke Senayan.

Sampai kompleks Senayan sekitar jam 10an (karena banyak mampir-mampir beli jajan hehe) dan udah ramai aja. Padahal katanya petugas sih pertandingan baru akan dimulai jam 11.00. Mayan nunggu bentar.

Akhirnya nongkrong lah kita di sekitar area pembelian tiket. Oiya tiket yang tersedia dari mulai Kelas 2, Kelas 1 sampai VIP. Kita beli yang kelas 2 aja lah yang paling murah hihihi. Tiket kelas 2 seharga 100rb, buat bertiga udah 300rb sendiri. Mayan kan hehe.

Nongkrong nungguin pertandingan juga ga ngebosenin, karena banyak booth makanan, ada live music, ada arena games, trus banyak penjual pernak-pernik badminton juga. Yang ga boleh ketinggalan ya poto-potoan sama maskot BCA Indonesia Open si BIO namanya. BCA selaku spo…

Ramadhan 2016

Puasa pertama di 2016

Puasa tahun ini kedua kalinya mengawali puasa jauh dari rumah di Semarang. Tahun lalu puasa di Pusbang diklat di Bogor. Lebih sedih dahulu sih, udah jauh dari Semarang, jauh dari keluarga juga. Kalo yang sekarang emang jauh dari Semarang tapi kan ada Hafizh dan ayah, jadi melownya agak berkurang.

Tapi puasa di pusbang diklat tahun kemarin kadang ngangenin, puasa bareng temen-temen seperjuangan. Bangun sahur bareng dan buka bareng. Seru, kalo agak telat dikit langsung deh keabisan es buah atau snack hehe....kalo bosen sama menu asrama ya keluar jajan. Duh kangen sama Galuh, Erin, Bundo, Mayang, Mba evi dan lainnya. Sekarang udah pada tugas di unit masing-masing di segala penjuru Indonesia.

Kalo yang dikangenin di Semarang itu ya berbuka bareng sama bapak ibuk di Cinde. Ibuk selalu masak banyak dan lengkap. Dari mulai makanan berat (meski kadang lauk sederhana juga) dan selalu ada cemilan gorengan, es kolak atau es buah. Dan kebersamaannya yang membuat kangen bang…

Bukan Anak TK Lagi

Image
Yeaayy...Hafizh lulus TK...

Alhamdulillah ternyata udah setahun sekolah di Sekolah Baru Hafizh di TK Islam deket rumah, bentar lagi ini anak udah SD aja.

Kemarin di sekolah diadain acara Isra Mi'raj sekaligus akhirussanah alias perpisahann buat anak TK B yang bentar lagi udah masuk SD. Hafizh udah sounding sebelumnya bahwa dia harus datang pagi karena dia kebagian nyanyi paduan suara...caelah...

Kemarin ada acara wisuda2an juga...pake toga. Denge-denger dari eyangtinya Hafizh yang juga guru TK sebenernya pakai toga buat anak TK itu ngga boleh...aturan dari atas gt lah. Tapi skolah Hafizh masih pake toga2an hehe...

Lucu aja sih anak piyik-piyik udah pake toga.

Alhamdulillah Hafizh cepet banget menyesuaikan di sekolah baru ini. Anak mah cepet ya. Udah punya geng dia hehe. Dan aku lihat di kelasnya ga ada anak yang tengil atau nakal. Soalnya pernah liat anak yang agak suka ganggu anak lain, mukul lah...ngejek lah. Di kelas Hafizh mah anaknya tipe-tipe Hafizh semua, ga akan rese kalo…

Pagi Ini

Selalu datang paling pertama di ruangan, entah kenapa. Ada sih yang datang duluan tapi dese cuna naruh tas abis itu katanya sarapan tapi seringnya ga balik lagi sampe siang hihi.Sementara ibu satunya ga tentu, kadang pagi kadang siang. Dan pak bos, hhhmmm pak bos walo SK nya di unit ini tapi belom bisa move on dari unitnya terdahulu. Orang emang beda-beda. Aku mungkin juga punya kebiasaan yang menurut orang beda. Yang penting ga ngerugiin siapa siapa sih kalo aku.Ngajar beres, kerjaan kantor kelar. Kalo bosen paling yutub-an atau kalo ga nyamperin Rime anak sebelah yang ngocol abis. Curhat lah dia seringnya, mentang-mentang eike emak emak udah makan asam garam hahaha padahal kalo kata dia aku ini emak emak koplak juga.Oiya tadi malem buntut dari pam mati, akhirnya kebangun jam 1 malam. Naluri emak-emak ya bok, tidur ga nyenyak gegara cucian piring numpuk. Mumpung malam biasanya air kenceng ngocornya. Alhamdulillah.Langsung deh isi bak, isi ember, cuci piring sampe bersih semua. Kerja …

Duniaku Sekarang

Udah hampir setahun tinggal di Bekasi, dan merasa belum kemana-mana. Taunya cuma mol ini mol itu. Malah seringnya main ke Jakarta, beda propinsi. Enaknya tinggal di Bekasi perbatasan ga terlalu jauh kalo mau ke Jakarta. Maju dikit dari perumahan udah nyampai Cakung, which is udah masuk Jakarta, beda propinsi.Caelah Gubernur ku bukan lagi Pak Ganjar Pranowo yang ganteng itu looh..hihi. Gubernurku beda, wakil gubernurku artis ternama, keren kan...haha Ke Jakarta udah ga keitung sering nyasar, ketilang di tol sekali gara-gara suami galau mau masuk tol mana. Ya suka duka pendatang. Tapi seneng juga liat mol-mol di Jakarta yang guede-guede. Secara disini anak mol gitu...kebiasaan di Semarang ngemol kalo ga Java mol (eh ini ga kuanggap ngemol, karena cuma tinggal ngesot dari rumah eyangti Hafizh), Citraland-Matahari, dan Paragon. Mol di Semarang jangan dibandingin ya sama mol di sini, gede -gede di sini. Sampe pusing pokoknya haha.Swalayan Ada atau Carefour ga dianggep lah ya. Kalo ke situ …

Hunting SD Hafizh

Image
Dulu….setahunan yang lalu, pernah merencanakan Hafizh akan sekolah di SD Negeri dekat rumah eyangtinya, alias sekolah aku dulu juga. maklum, kita masih SD negeri minded hehehe….dan aku lihat sekolah itu bagus baik dari fisik bangunan, fasilitas dan kualitas guru karena kebetulan eyangti Hafizh kan ngajar di sekolah itu juga, jadi tau banget.
Tapi rencana tinggal rencana, nasib membawa Hafizh sekolah di luar kota tepatnya di Bekasi hehehe….
Semenjak masuk TK udah mulai survey SD di deket2 rumah, banyak ternyata, baik SD negeri maupun SD Swasta Islam. Yang aku liat sekolah SD negerinya kurang bagus, ga kaya di Semarang, apa mungkin karena masuk Kabupaten Bekasi ya hehe….
Jadi rumah yang saya tempatin ini satu perumahan ada yang masuk Kab. Bekasi ada yang masuk Kota Bekasi, kalo di Semarang mungkin semacam di daerah Pucang gading gt kli ya, ada yang masuk Semarang ada yang masuk Demak.
Melihat bangunan fisik SD yang ga bagus, kotor, tergenang air, akhirnya memutuskan masuk SD swasta Isl…

Puff pastry Beef Cup aKa Picnic Roll Gagal

Image
Tadinya sih mau bikin Picnic Roll nyontek resep JTT, karena kebiasaan males buka resep pas masak jadi cuma mengandalkan ingatan ketika melihat resep buat pertama kalinya...daaann terjadi kegagalan hehehe...jadi, sebenarnya adonan isian harusnya liat. Naah ini jadinya agak cair karena kebanyakan susu, tentu saja kalo dimasukkan ke adonan puff pastry pasti bleber kemana-mana. Akhirnya diakalin pakai cup alumunium foil deh, untung ada persediaan di rumah.

Ga fatal sih ya kegagalannya, at least masih bisa diakalin dan tentu saja dimakan...akhirnya jadi makanan lain yang mana ga tau namanya hehe jadi judul ,makanannya juga asal, Puffpastry Beef Cup

Hafizh ikut bantuin masuk masukin adonan daging ke cup, dia masih excited diajak masak cemilan di dapur...mau jadi chef terkenal ya nak..

Puffpastry Beef Cup

Bahan:

Puff pastry merk Edo
Daging giling 250gr
Susu cair 300 ml
Roti tawar 3 lembar
Telur rebus 3 buah
Telur untuk campuran isian daging 1 buah
Bawang bombay cincang
Garam
Merica

Cara:

1. Siapkan puff pa…

Mudik Liburan Akhir Tahun 2015

Image
Udah 6 bulan jadi anak rantau...
Alhamdulillah akhir tahun ini bisa mudik...ga lama sih cuma berangkat Rabu 23 Des pulang Senin 27 Des.

Itu udah alhamdulillah dapet ijin di hari Senin, ijin mau ngurus perpanjangan SIM juga hehe...

Hari Rabu pulang cepat dan lancar menembus tol cikampek-cipali...yang mana berita yang kita dengar mulai Rabu sore macetnya ga ketulungan...alhamdulillah

Adzan ashar sampai di Cirebon makan nasi jamblang dulu di Mang Dul...lanjut Semarang kena macet di Brebes 3 jam-an hiks...dan sampai Semarang sekitar jam 1 dini hari dan langsung memutuskan makan nasi ayam simpanglima yang bukanya memang malam sampai pagi hari


Nasi Jamblang "Mang Dul"


Nasi ayam Bu Sami, Simpanglima

Alhamdulillah nikmatnya....setelah makan langsung ke rumah kakak di Sendangmulyo karena takut ngeganggu bapak ibuk hehe.

Paginya...langsung diniatin main ke pasar sendangmulyo yang aku kangenin banget hehe...langsung deh borong jajanan pagi kayak gendar pecel, sate lontong, nasi jagung…