Home

Monday, August 22, 2016

Lebaran 2016


Beberapa hari sebelum Lebaran tiba, kakung datang dari Semarang. Jadi ada semingguan kakung nginep di rumah Hafizh di Bekasi. Hafizh seneng banget seperti yang diceritain di postingan sebelumnya.

Hari Jumat tanggal 1 Juli 2016 adalah hari terakhir masuk sebelum cuti lebaran. Yang bikin sedih adalah tahun ini pemerintah ga bolehin PNS cuti tambahan selain cuti bersama. Jadi tar harus balik lagi masuk pertama kali setelah lebaran tanggal 11 Juli 2016.

Lumayan sih ada semingguan libur, tapi kan kuraang tetepan. Aku ngajuin cuti tahunan 3 hari tanggal 11-13 Juli sebenernya tapi ditolak (dan semua PNS di unit tempat aku kerja juga mengalami nasib yang sama). Ada yang udah telanjur booking tiket, booking hotel di waktu-waktu mereka ambil cuti tahunan. Tahun kemarin boleh cuti soalnya, asalkan dalam 1 bagian harus ada yang piket (biasanya yang ga lebaran/ga mudik), tapi sekarang udah ga boleh lagi. Hiks.

Jadi kita berangkat dari Bekasi jam 3 sore (kantor dipulangin jam 13.30 habis sholat Jumat), langsung cuss ke Semarang. Dari Bekasi sampai Cirebon lancar jaya. Lewat tol Cipali keluar Plumbon langsung Cirebon mau buka puasa dulu di tempat pakde Hafizh di SwissBel. 

Begitu habis buka kok ditawarin nginep, ya udah nginep semalam dan berangkat lagi habis sholat Subuh. Ga masuk tol lagi (dan bersyukur ga masuk tol mengingat exit tol pejagan dan Brexit ada tragedi macet). Walaupun tetap kena macet dari Brebes-Pemalang. Total yang biasanya 10 jam udah sampe Semarang (pakai istirahat), kemarin hampir 20 jam. Jam 7 malam (Sabtu) baru sampai Semarang.

Di Semarang masih ada 3 hari sebelum lebaran. Bisa ikut buka puasa 3 kali di Semarang. Kebetulan suami ada acara bukber sama temen SMA nya dulu, aku sama Hafizh ga ikut karena ada bukber sama keluarga besar. Sempet nyobain Portobello depan Dçost Jalan Depok. lumayan enak. Trus buka bareng di Salam Laos..standar sih rasanya, tapi yang seru ya karena bareng sama kakak dan ponakan-ponakan yang lucu-lucu.

Malam takbiran kumpul di rumah mertua sebelum keesokan harinya pada mencar masing-masing pada mudik ke daerah lain. Acara angpao juga dong. Cucu mertua ada kali 24 hehe. Suami aja anak ke 8 dari 10 bersaudara. Waks...banyak banget ya hehe.

Lebaran pertama setelah Sholat Id kumpul keluarga besar dari keluarga eyangti. Kebetulan eyangti ketempatan buat acara. Acara diadain di Pemancingan Baron kawasan Marina Semarang. Di rumah Cinde udah ga memungkinkan mengingat udah buanyaak banget cucu-cucu hehe. Ada kali 100-an orang. Jadi cari tempat yang gede.

Tempatnya ini enak. Di saung-saung di atas tambak pinggir pantai. Anak-anak hepi lari-larian, tapi tetep diawasin juga takut nyemplung hehe. Acara meriah banget. Seperti biasa yang paling heboh acara bagi angpau. Angpao untuk anak-anak ada kali nyiapin 60-an amplop...seneng sih...rame gt...seneng juga soalnya Hafizh juga dapat angpao banyak hahaha.

Lebaran ke dua nyekar ke makam mbah buyutnya Hafizh di daerah Kd. Jati Grobogan. Jalan ke sana asik banget, desanya bersih, jalannya mulus. Jadi kepikiran besok kalau tua pengen tinggal di desa aja hehe. 

Di sini ketemu keluarga yang lebih besar lagi, 1 buyut. Yang paling ditunggu ya menu-menu ndeso nan maknyusss seperti sayur tempe bosok (semangit), gendar pecel, glandir sambel asem (glandir=daun ubi jalar), dll. 

Udah hari Jumat aja, hiks. Rencana balik Bekasi sih Minggu pagi, biarin gpp mepet soalnya sayang kalo ga dilama-lamain di Semarang hehe. Tapi lihat berita soal Brexit kemarin jadi ketar-ketir. Ples ada berita yang meninggal pula (al fatihah buat mereka) jadi takut kena macet. Akhirnya diputuskan balik ke Bekasi Sabtu dini hari jam 01.00.

Jadi masih ada waktu Jumat seharian. Diisi dengan ngemol ke mol fav dulu, Java Mol dan sorenya masih sempet reunian sama temen SMP 2 Semarang. Seru banget acaranya. Sedihnya ga sempet nikmatin kuliner-kuliner yang dipengenin. Kemarin cuma sempet jajan nasgor babat (itu juga bukan langganan biasanya), bakso langganan, udah itu aja. Ga da soto, nasi ayam, bubur ayam..hiks.. September nanti balik mau dipuas-puasin ah hehe.

Pas balik Hafizh nangis ga mau ikut, maunya di Semarang aja sama kakung yangti dan sepupu-sepupu. Hiks. Iya naak,,,,ibuk juga sedih, tapi gimanaa. Tempat kita sekarang di Bekasi, semoga tar bisa kembali ke Semarang dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

Perjalanan balik ternyata lancar jaya, ga ada macet. Jam 11 siang (Sabtu) udah sampe rumah Bekasi. Daaan,,,,begitu buka pintu, Hafizh nangis lagi...jiaaah emaknya ikutan mewek lagi dah. Akhirnya telepon kakung di Semarang, dinasehatin, akhirnya berenti nangisnya. Kok aku jadi kasian sama Hafizh, kesepian. Mudha-mudahan tar kalo sekolah udah mulai udah keslimur ga sedih lagi. Semangat ya Hafizh...kan Agustus kakung yangti mau nginep ke Bekasi, dan September kita mudik lagi ke Semarang, horeee....(ada sodara nikahan)







0 komentar:

There was an error in this gadget

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Our Beloved Hafizh