Pages

Monday, February 12, 2018

Merasa Cukup

Lagi viral status ibu2 yang membeberkan pengeluaran rumah tangganya dalam sebulan cuma 2,5 juta, lalu banyak yang nyinyir dan menyangsikan....trus ada lagi heboh di instagram, financial planner yang sedang menangani klien yang bangkrut karena tagihan CCnya luar biasa jumlahnya padahal gaji sebulan si klien ini adalah 27 juta per bulan. Dan setelah dianalisis satu persatu oleh financial plannernya ternyata salah satu pengeluaran terbesar dia adalah ngopi di kedai kopi terkenal..bisa mencapai angka 47 juta sekian dalam setahun. Wah....
Dari kedua hal tersebut bisa dipetik (buah kali dipetik) pelajaran bahwa ternyata besarnya gaji tidak selalu berbanding lurus dengan kenikmatan yang didapat, bisa aja kan si ibu dengan 2,5 juta merasa nyaman-nyaman saja menjalani hari-harinya, justru yang bergaji 27 juta selalu merasa kekurangan. Semua ada pada keberkahan dan rasa qanaah (perasaan selalu cukup). Mau banyak apa sedikit yang penting berkah, mengesampingkan keinginan daripada kebutuhan, karena keinginan kadang ga sepadan dengan apa yang kita punya untuk mewujudkannya.
Apalagi kalau sudah menyangkut standar hidup, ga sengaja kadang jadi ikutan naik seiring naiknya pendapatan, ya ga sih...saya juga kadang gitu soalnya hehe untung cepet inget woooi masih ada bayaran anak sekolah, bayar listrik bayar ini itu, ga usah boros woiii hehe...
Yah...yang penting kita bisa mengukur diri lah, jangan sampai apa yang menjadi trend atau style yang sifatnya sebenernya cuma kebutuhan yang ga terlalu penting bisa sampai menjerat dan mempersulit diri kita di kemudian hari.
Duh ngomong apa aku barusan, serius amat wkwkwkk
Ya udah lah kalo saya minum kopi sasetan cemplungin es batu juga udah seneng hehehe....

Tuesday, February 6, 2018

Hafizha 6 Bulan, ASI Eksklusif, Mulai MPASI


Alhamdulillah Hafizha udah 6 bulan..udah boleh mamam deh..



Alhamdulillah bisa memberikan ASI ekslusif buat anak wedokku. Ibuk belajar banyak dari pengalaman jaman mas Hafizh dulu, kalau ibuk itu sebenarnya dianugerahi ASI yang cukup untuk anak, namun karena kurang ilmu dan ga ada semangat belajar manajemen ASI buat ibu bekerja jadinya Mas Hafizh dulu ASI campur sufor hehe..

Gapapa ya Mas Hafizh, mudah-mudahan semua anak ibuk sehat selalu. Untuk sekarang buat dek Hafizha ibuk berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahn dulu, alhamdulillah belajar manajemen menyimpan ASI buat ibu bekerja, jadi sampai sekarang Hafizha masih menikmati ASI.

Di usia 6 bulan ini berat badannya ga nambah banyaknya, cuma 300gr hehehe jadi sekarang 7,3 Kg dan panjang 68 cm. Ibuk ga boleh khawatir apakah Hafizha ini kurus atau gimana, yang jelas tinggal lihat panduan perkembangan BB bayi sesuai umur, kalau memang masih ada rentang yang sesuai ya sudah...ga usah dibuat pusing hehehe...ga kaya dulu suka baper kalau dibilang kok kurus, kok begini kok begitu ehehe....maklum ibu baru, bawaannya suka perfeksionis dan gampang panik.

Untuk soal MPASI sejak jaman Mas Hafizh ibuk selalu memberikan homemade mpasi, ya beli yang instan sekali-kali juga kalau darurat hehehe. Ternyata metode dulu sama sekarang beda ya hehe belajar lagi deh soal MPASI. Jadi kalau yang ibuk baca MPASI sekarang itu memperkenalkan protein hewani itu sesegera mungkin setelah anak memasuki usia 6 bulan. Kalau dulu kan protein hewani mulai 8-9 bulan ya kalau ga salah, bahkan ada sayur tertentu yang baru boleh diperkenalkan setelah usia tertentu.

Kalau sekarang semuanya boleh diberikan sejak usia 6 bulan, hanya teksturnya aja yang ditingkatkan dari mulai semi cair, lembut, tim kasar, sampai akhirnya ikut menu keluarga. Malah lebih simple ya hehehe....namun jika baby ada kecenderungan alergi terhadap makanan tertentu bisa diperkenalkan menu tunggal terlebih dahulu, jadi dari mulai buah, sayur, protein hewani semua dibikin puree satu persatu, ada ketentuannya...yang tinggi serat ga boleh diberikan bersamaan. Misal  kentang dan pisang tidak boleh diberikan berurutan karena akan memicu sembelit.

Buat baby, makanan tinggi serat justru memicu sembelit, beda sama orang dewasa...baru tau hehe pantesan dulu Hafizh sembelit dikasi pepaya malah tambah sembelit hehehe, harusnya dikasi buah yang banyak mengandung air seperti pir.

Ini contoh menu tunggal diambil dari http://www.buatmpasisendiriyuk.com/2017/08/mpasi-baby-afzar.html



Item yang dikasi asterix adalah menu tinggi serat, makanya diberikannya ga boleh satu hari berurutan. Tapi menu tunggal ini ga wajib lohh ya, paling lama 2 minggu menu tunggal selanjutnya baby harus diberikan menu 4 bintang. Menu 4 bintang merupakan menu lengkap gizi yang  terdiri dari karbohidrat, protein nabati, sayur, protein hewani.

Misal:
Karbo : beras putih/kentang/jagung
Protein nabati : buncis/tempe/tahu
Protein hewani: ayam/daging/ikan
Sayur : bayam/brokoli

Daaan, jangan lupa lemak tambahan...lemak tambahan ini diperlukan diantaranya adalah untuk meningkatkan BB bayi, melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dll. Lemak tambahan bisa berupa minyak goreng, margarin, mentega (unsalted), evoo (extra virgin olive oil), eloo (extra light olive oil). Banyak ya..tapi ga harus evoo atau eloo yang mahil itu, yang ada di rumah aja macam minyak goreng/margarin juga gpp. 

Trus Hafizha mpasi menu 4 bintang langsung apa menu tunggal dulu? Ibunya galau, kayaknya bakal nyoba menu tunggal dulu selama beberapa hari baru deh menu 4 bintang. Tapi ngga sampai 14 hari, ribet juga harus nyiapin menu yang beda pagi dan sore, sementara kalau menu 4 bintang kan bisa sekali bikin bisa buat 2 kali makan.

Perlengkapan perang MPASI apa saja yang sudah dibeli?

Perlengkapan makan Pigeon (dapet kado)
Baby Food maker (punya Hafizh dulu masih ada)
Saringan (beli lagi karena saringan yang lama terlalu kecil)
Slowcooker Babysafe 
Bib/slaber (kado)
Food container (beli ikea pruta, dapet banyak hehe)
Hand blender
Boaster seat

Udah segitu aja...

Mari menjalani petualangan MPASI...

Monday, February 5, 2018

Piknik Ke Mekarsari

Selama kurang lebih 2 mingguan Kakung (ayah saya) mengunjungi cucunya di Bekasi. Sebenarnya tujuan utama tadinya nganterin Hafizh yang habis liburan akhir tahun di Semarang hehe. Hafizh tadinya ikut bareng liburan akhir tahun, tapi karena liburnya dia lebih lama daripada ibuknya akhirnya dia di Semarang dulu ngabisin liburnya hehe.

Kakung nganterin Hafizh naik kereta. Walaupun Hafizh tergolong udah gede dan ga ngerepotin tapi sempet khawatir juga kalau Hafizh ntar ngerpotin Kakungnya di kereta hehe...tapi alhamdulillah enggak, Hafizh cooperatif hehe. Malah kata Kakung Hafizh makan mulu di kereta, dibekelin jajanan banyak sama Yangti. Yangti kebetulan ga ikut karena masih ada kewajiban mengajar anak PAUD di deket rumah seminggu 3 kali.

Selama di Bekasi Kakung sebenernya udah kemana-mana, diajak ayah Hafizh kerja tepatnya, ke Depok, Tangerang buat urusan orderan buku hehe. Kakung ga capek sama sekali katanya, malah seneng hehe...sempet diajak sama ayah Hafizh ke masjid Kubah Mas dan masjid-masjid laiinya di seputaran Jakarta Depok...safari masjid katanya hehehe.

Trus menjelang Kakung pulang kita sempetin ajak ke Taman Buah Mekarsari, tadinya sekedar cari tempat adem buat duduk-duduk trus makan bekal gitu kayaknya enak hehehe, dan pilihan jatuh di Taman Buah Mekarsari yang ga begitu jauh, tapi macet juga ternyata jadi jauh hehehe.

Trus malamnya kita sempetin masak buat bekel besok, ga macem-macem sih cuma nasi, ayam goreng, tumis kacang bakso sama sambel hehe...

Berangkat kira-kiran jam 8 pagi. Ini pertama kalinya kita ke sana. Sering denger dulu pas masih tinggal di Semarang dan setelah 2 tahunan di Bekasi baru sempat main ya sekali ini. Ternyata tempatnya geday banget dan sempat bingung. Kok sepi ya tempat kita gelar tiker di bawah pohon, sementara Hafizh dan Kakung lihat-lihat ternak dan kasi makan.

Setelah nanya-nanya sama Pak Satpam dikasi tau kalau yang biasanya duduk-duduk gelar tiker gitu adanya dekat danau dan kita kesananya naik semacam shuttle bus gitu bentuknya kereta sebangsa itu lah hehehe...

Okey, kita naik kereta, lumayan jauh ternyata, tapi asyik banget jadi berasa keliling kebun buah tapi ngga capek. Oiya Tiket naik kereta ini per orang 15ribu. Sedangkan masuk ke Taman Buah Mekarsari ini tiketnya 25rb. Untuk  berbagai wahana ada biayanya tersendiri.

Ternyata bener, di pinggir danau ramai banget banyak orang. Ada yang acara family gathering, bersepeda, memanah, outbound, atau sekedar duduk-duduk di pinggir danau menikmati angin semilir. Di sini juga lengkap ada penjual makanan, toilet, musholla.

Langsung deh kita gelar tiker dan ngeluarin perbekalan. Ternyata seru ya piknik ngebekel sendiri, irit hehehe. Oiya Hafizha seneng banget diajak jalan begini. Cuma pas naik kereta dia agak tegang mukanya hehehe mungkin karena keretanya jalannya agak ngebut.

Alhamdulillah cuaca cerah jadi bisa menikmati piknik di pinggir danau. Hafizha juga ga rewel, dia tidur di stroller. Penting banget bawa stroller, bisa buat baby atau kalau pas baby digendong bisa buat naruh barang hehehe...

Semakin sore semakin rame tapi anginnya kenceng juga, serem lama-lama, akhirnya 15.30 kita pulang.