Pages

Tuesday, February 6, 2018

Hafizha 6 Bulan, ASI Eksklusif, Mulai MPASI


Alhamdulillah Hafizha udah 6 bulan..udah boleh mamam deh..



Alhamdulillah bisa memberikan ASI ekslusif buat anak wedokku. Ibuk belajar banyak dari pengalaman jaman mas Hafizh dulu, kalau ibuk itu sebenarnya dianugerahi ASI yang cukup untuk anak, namun karena kurang ilmu dan ga ada semangat belajar manajemen ASI buat ibu bekerja jadinya Mas Hafizh dulu ASI campur sufor hehe..

Gapapa ya Mas Hafizh, mudah-mudahan semua anak ibuk sehat selalu. Untuk sekarang buat dek Hafizha ibuk berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahn dulu, alhamdulillah belajar manajemen menyimpan ASI buat ibu bekerja, jadi sampai sekarang Hafizha masih menikmati ASI.

Di usia 6 bulan ini berat badannya ga nambah banyaknya, cuma 300gr hehehe jadi sekarang 7,3 Kg dan panjang 68 cm. Ibuk ga boleh khawatir apakah Hafizha ini kurus atau gimana, yang jelas tinggal lihat panduan perkembangan BB bayi sesuai umur, kalau memang masih ada rentang yang sesuai ya sudah...ga usah dibuat pusing hehehe...ga kaya dulu suka baper kalau dibilang kok kurus, kok begini kok begitu ehehe....maklum ibu baru, bawaannya suka perfeksionis dan gampang panik.

Untuk soal MPASI sejak jaman Mas Hafizh ibuk selalu memberikan homemade mpasi, ya beli yang instan sekali-kali juga kalau darurat hehehe. Ternyata metode dulu sama sekarang beda ya hehe belajar lagi deh soal MPASI. Jadi kalau yang ibuk baca MPASI sekarang itu memperkenalkan protein hewani itu sesegera mungkin setelah anak memasuki usia 6 bulan. Kalau dulu kan protein hewani mulai 8-9 bulan ya kalau ga salah, bahkan ada sayur tertentu yang baru boleh diperkenalkan setelah usia tertentu.

Kalau sekarang semuanya boleh diberikan sejak usia 6 bulan, hanya teksturnya aja yang ditingkatkan dari mulai semi cair, lembut, tim kasar, sampai akhirnya ikut menu keluarga. Malah lebih simple ya hehehe....namun jika baby ada kecenderungan alergi terhadap makanan tertentu bisa diperkenalkan menu tunggal terlebih dahulu, jadi dari mulai buah, sayur, protein hewani semua dibikin puree satu persatu, ada ketentuannya...yang tinggi serat ga boleh diberikan bersamaan. Misal  kentang dan pisang tidak boleh diberikan berurutan karena akan memicu sembelit.

Buat baby, makanan tinggi serat justru memicu sembelit, beda sama orang dewasa...baru tau hehe pantesan dulu Hafizh sembelit dikasi pepaya malah tambah sembelit hehehe, harusnya dikasi buah yang banyak mengandung air seperti pir.

Ini contoh menu tunggal diambil dari http://www.buatmpasisendiriyuk.com/2017/08/mpasi-baby-afzar.html



Item yang dikasi asterix adalah menu tinggi serat, makanya diberikannya ga boleh satu hari berurutan. Tapi menu tunggal ini ga wajib lohh ya, paling lama 2 minggu menu tunggal selanjutnya baby harus diberikan menu 4 bintang. Menu 4 bintang merupakan menu lengkap gizi yang  terdiri dari karbohidrat, protein nabati, sayur, protein hewani.

Misal:
Karbo : beras putih/kentang/jagung
Protein nabati : buncis/tempe/tahu
Protein hewani: ayam/daging/ikan
Sayur : bayam/brokoli

Daaan, jangan lupa lemak tambahan...lemak tambahan ini diperlukan diantaranya adalah untuk meningkatkan BB bayi, melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dll. Lemak tambahan bisa berupa minyak goreng, margarin, mentega (unsalted), evoo (extra virgin olive oil), eloo (extra light olive oil). Banyak ya..tapi ga harus evoo atau eloo yang mahil itu, yang ada di rumah aja macam minyak goreng/margarin juga gpp. 

Trus Hafizha mpasi menu 4 bintang langsung apa menu tunggal dulu? Ibunya galau, kayaknya bakal nyoba menu tunggal dulu selama beberapa hari baru deh menu 4 bintang. Tapi ngga sampai 14 hari, ribet juga harus nyiapin menu yang beda pagi dan sore, sementara kalau menu 4 bintang kan bisa sekali bikin bisa buat 2 kali makan.

Perlengkapan perang MPASI apa saja yang sudah dibeli?

Perlengkapan makan Pigeon (dapet kado)
Baby Food maker (punya Hafizh dulu masih ada)
Saringan (beli lagi karena saringan yang lama terlalu kecil)
Slowcooker Babysafe 
Bib/slaber (kado)
Food container (beli ikea pruta, dapet banyak hehe)
Hand blender
Boaster seat

Udah segitu aja...

Mari menjalani petualangan MPASI...

2 comments:

ndutyke said...

Intip ahhh tips trik nya :) anakku masih ntar bulan juni apa juli gitu. Skrg lg berjuang spy bs asix minimal 6 bulan :)

sari kusuma said...

mba tike...semangaat mbaa...