Pages

Monday, July 30, 2018

Alergi Hafizha

Masih soal alergi anak wedokku, Hafizha

Alergi memang bisa diturunkan, nah Hafizha nih nurun emaknya. Emaknya punya alergi, dingin, panas, seafood, tapi itu timbul tenggelam, maksudnya ga selalu. dan sekarang ini ga pernah muncul alerginya. Yang paling sering waktu masih sekolah, dingin dikit langsung biduran, sumuk juga langsung merah2 kulitnya, kalau seafood efeknya lebih jarang, paling kalo kedapetan makan seafood yang ga fresh aja, baru deh gatal-gatalnya datang.

Kalau Hafizha ini yang aku inget mulai muncul ruam merah pas umur 8 bulanan. Sempat mengira karena aku makan tengiri kebanyakan, sempat marah sama si ayah, soalnya dia yang mancing, jadi stok tengiri banyak, aku makan tengiri terus, laaah yang makan siapa yang disalahin siapa hahaha...laki-laki memang selalu salah...

Terus pendapat itu mentah semenjak Hafizh test alergi pakai bio-E, ternyata seafood, ikan, daging malah enggak bikin alergi, justru ayam dan telor ayam. Duuh ngakak deh, padahal dalam kurun waktu sejak 8 bulan itu aku menghindari seafood, ikan, daging, yang kupikir paling aman ya makan ayam sama telur, bingung kan.

Oke deh, telur dan ayam ga makan, lainnya makan, kok masih aja alergi. Bahkan sudah 2 minggu ini ruamnya sampai ke muka, aduuh sedih lihatnya. Merasa sebagai ibu yang gagal, hiks. Anaknya sih aktif-aktif aja, makan juga banyak dan gampang alhamdulilah. Oiya selama alergi ga jelas ini Hafizha cuma makan sayur tahu tempe aja, alhamdulillah kok ya anaknya semangat maemnya, diselingi maem buah. Dia hobi banget makan pisang sama buah naga, kalau snack aku kasih biskuit promina, yang aku tau ternyata mengandung susu jadi aku ganti snack lain, yummy bites yang nggak mengandung susu. 

Karena kemarin itu ruamnya makin merah, dan penasaran gimana sih pendapat Dokter anak tentang alergi Hafizha ini, nanti bagaimana nutrisinya kalau makannya ga pakai protein hewani, dll...ssoalnya kemarin-kemarin itu cuma ke dokter kulit dan dikasi salep racikan buat ruamnya, yang mana setelah aku banyak baca salep racikan itu mengandung steroid biasanya dan ga bagus kalau dipakai terus menerus. Ya sudah akhirnya ke dokter anak dekat rumah.

Di sana diperiksa dan disaranin ganti susu formula, Hafiza memang sudah campur sufor sejak umur 8 bulan, kalau siang dia minum sufor, kalau malam nenen langsung. Kemungkinan alergi Hafizha karena sufornya. Laah baru nyadar, Hafizha kan campur sufor umur 8 bulan, dan alergi dia muncul juga pas dia 8 bulan, sebelumnya dia makan apa aja gak alergi even salmon dan ikan2an, duuuh dodoool dodooolll kenapa malah  nyalahin tengiri haha. 

Jadi susu yang selama ini dia minum (sufor) memang udah susu alergi tapi yang terhidrolisa sebagian, jadi butuh yang ekstensif macam nutramigen, pregestimil, neocate, pepti junior, yang mana setelah browsing allahuakbar, mahal benerrr....alhamdulillahnya (masih tetap alhamdulillah) dia sebagian masih nenen juga, lumayan menekan cost hehe...

Dan dokternya pesan supaya nghindarin telur dan seafood, menurutnya ayam itu gpp, ikan air tawar juga ga papa...naah bingung ya, kemarin di tes alergi bio-E katanya ayam itu alergen. Emang sih ada sebagian dokter yang berpendapat kalau tes alergi model begitu ga akurat. Yaah daripada bingung sementara ini aku diet segala protein hewani aja dulu lah...makan sayur sama tahu tempe aja hehe. Kalau produk dairy, ya susu, keju, mentega memang harus dihindari, cuma ya kadang susah ya, suka ga nyadar haha, contohnya:
Aku emang ga suka susu putih gt, tapi kaan, thai tea, es kopi gitu2 suka pake susu juga kaaan, hehe...berat ini mah, apalagi kemarin habis beli risoles keju, hadududuuhh...belum lagi roti2an pasti ada telur dan kadang susu kan, fix dieet ketaatt...

Yang aku baca, alergi anak biasanya berkurang 50% setelah 1 tahun, aamiin..mudah2an ya. Kemarin selain disaranin ganti susu juga diresepin probiotik sama zinc buat vitamin tambahan, sama cetirizin buat alerginya. Ruam muka ga diresepin apa2, katanya pakai aja noroid yang emang udah kita pakai. 

Semoga cepat cantik lagi ya sayang, alergi ga datang lagi, hiks...sedih deh..alergi itu bikin stress emaknya, plus ngabisin biaya hehe...tapi apapun itu demi kesembuhanmu sayang...


No comments: